Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis Drama Hwarang yang Bertaburan Flower Boys

Review & Sinopsis Drama Hwarang yang Bertaburan Flower Boys

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Serial drama Korea Selatan  bertemakan kolosal memang tak pernah kehabisan cerita. Drama yang ditayangkan KBS2 dari 19 Desember 2016 sampai 21 Februari 2017, mendapat banyak perhatian penonton yang penasaran akan kisah didalamnya. Hwarang mengambil latar Kerajaan Silla pada masa Raja Jinheung yang menurut sejarah adalah Raja Silla ke-24.

Dimana ia diangkat menjadi Raja saat usia 14 tahun menggantikan sang kakek Raja Beopheung yang meninggal. Menjadi Raja di usia muda, pada awalnya pemerintahan diambil oleh ibunya, Ratu Jisoo yang adalah anak dari Raja Beopheung. Selain dibuat penasaran dengan kisah Hwarang, penonton juga menantikan interaksi dari para aktor yang dijuluki flower boy.

Ini karena Hwarang sendiri memiliki arti laki-laki yang indah seperti bunga. Kamu termasuk yang penasaran juga? Menghilangkan rasa penasaran kamu, sebelum menontonnya lihat rangkuman dramanya berikut ini, yuk!

Sinopsis

Sinopsis Hwarang

  • Tahun rilis : 2016
  • Genre : Historical Romance, Coming of Age
  • Produksi : Hwarang SPC; Oh! Boy Project
  • Sutradara : Yoon Sung-sik
  • Pemeran : Park Seo-joon, Go A-ra, Park Hyung-sik

‘Hwarang: The Poet Warrior Youth’ adalah sekumpulan pemuda elite yang berjuang akan cinta, gairah, serta kesetiaan pada Raja Silla. Kisah persahabatan yang terjadi dalam kekacauan Kerajaan Silla (57 SM – 935 SM) pada masa pemerintahan Raja Jinheung atau dikenal juga dengan nama Sammaekjong. Raja Jinheung disembunyikan diluar Seorabeol, ibukota Kerajaan Silla.

Sementara ibunya Ratu Jisoo memerintah kerajaan. Sang Ratu sengaja menyembunyikan putranya karena ia khawatir putranya akan dibunuh oleh bangsawan lain yang ingin merebut tahtanya. Sebagai upaya melindungi sang putra dan mematahkan kekuatan para bangsawan, Ratu Jisoo membentuk pasukan elit Hwarang sebagai prajurit untuk melindungi Raja dan Kerajaan.

Pasukan Hwarang ini terdiri dari para putra bangsawan yang dibentuk dengan harapan menjadi prajurit handal yang setia pada kerajaan, dicintai rakyat, dan disegani kerajaan lain. Adalah Kim Wi-hwa disebut juga Pungwolju, yang dipercaya Ratu melatih dan memimpin Hwarang dan menjadi figur kebapakan terhadap anak-anak Hwarang.

Sebelum dilantik menjadi prajurit Hwarang, para murid diajarkan berbagai ilmu literasi juga seni beladiri seperti pedang, bertarung, berburu, memanah, dan berkuda.Singkat cerita Sang Raja yang tidak diketahui wajahnya turut bergabung bersama pasukan Hwarang di asrama. Ia menyamar sebagai Ji-dwi, keponakan dari Wi-hwa.

Di sekolah Hwarang, ia bertemu dengan Seon-woo yang sebenarnya adalah Moo-myung, ia memiliki dendam kepada Raja karena telah menyebabkan kematian sahabatnya Seon-woo yang kini ia pakai sebagai identitas dirinya untuk bisa menjadi prajurit Hwarang.Keduanya terlibat kisah cinta segitiga dengan Ah-ro, saudara Seon-woo yang menjadi tabib di sekolah Hwarang.

Keadaan semakin memanas saat para bangsawan dan menteri kerajaan mencurigai Seon-woo sebagai Raja dan mencoba membunuhnya. Melihat ada orang yang mati karena rumor yang ditukan kepadanya, Seon-woo semakin membenci Raja yang menurutnya pengecut.

Melihat secara langsung, membuat Ji-dwi semakin tertekan namun menginginkan tahta untuk mengubah kerajaan.Momen ini dimanfaatkan para menteri pembelot untuk menggulingkan Ratu, betapa terkejutnya mereka, Raja Jinheung muncul mendeklarasikan dirinya sebagai Raja dari Kerajaan Silla.

Mendekati akhir cerita, Hwarang yang dipimpin Seon-woo setuju membantu Raja Jinheung memberantas para pembelot di Kerajaan Silla demi menjadikan Silla sebagai kerajaan yang dicintai rakyatnya dan begitupun sebaliknya.

Kisah Dua Raja

Kisah Dua Raja

Bukan drama Korea namanya jika tidak ada plot twist yang membuat penonton semakin penasaran menantikan kelanjutannya. Siapa yang mengira jika Seon-woo yang sebenarnya adalah Moo-myung ternyata bisa menjadi Raja Kerajaan Silla?

Berawal dari Moo-myung, dikenal dengan sebutan Dog-bird karena pribadinya yang liar seperti anjing dan bebas seperti burung yang membantu sahabatnya Mak-moon mencari keluarganya di ibukota Seorabeol. Dalam perjalanan Mak-moon terbunuh, sedang ia ditemukan ayah kandung Mak-moon yang menjadikan identitasnya berubah menjadi Seon-woo.

Namun faktanya, Moo-myung adalah anak dari Kim Hwi-kyung, Raja Silla yang terbuang karena menderita polio (dalam kerajaan Korea orang dengan cacat fisik tidak bisa menjadi Raja). Ia sengaja ditinggalkan di desa bersama seorang pengrajin agar semua orang tak tahu identitasnya dan dia bisa tetap hidup tanpa diburu anggota kerajaan.

Atas dasar silsilah keturunan kerajaan inilah, ia bisa saja kembali lalu merebut tahta Raja Jinheung dan menjadikan dirinya sebagai Raja di Kerajaan Silla.

Para Pemuda Hwarang

Para Pemuda Hwarang

Sebenarnya bisa dibilah inilah daya tarik utama drama Hwarang, para cast dalam drama dan bagaimana interaksi mereka sangat dinantikan. Tentu saja termasuk Park Seo-joon dan Park Hyung-sik sebagai anggota Hwarang. Aktor pendukung yang turut menjadi pemuda Hwarang adalah Do Ji-han (Ban-ryu), Choi Min-ho SHINee (Soo-ho), Jo Yoon-woo (Yeo-Wool), dan Kim Tae-hyung/ V BTS (Han-sung).

Soo-ho, Hwarang yang tak pernah membedakan kasta, kurang pintar dalam hal akademik namun ahli beladiri dan pedang, dikenal playboy dan tebar pesona. Ban-ryu, Hwarang cool dan misterius, dia kaku dan sombong, berlaku semena-mena dan meremehkan orang lain, namun jatuh cinta ternyata dapat merubah sikapnya.

Yeo-wool, Hwarang yang gemar berdandan, bermulut tajam dan paling santai, dia selalu menghindari konflik dan tak mau terlibat didalamnya, paling dekat dengan Han-sung dan paling terpukul saat kepergian Han-sung. Yeo-wool dan karakternya menambah kesan tersendiri dalam Hwarang, seperti kalimatnya “Kau belum pernah melihat pria cantik sebelumnya?”.

Han-sung, maknae Hwarang, sosoknya yang ceria dan sedikit konyol membuatnya di sangat di sayangi anggota Hwarang, dia tak mau menjadi Hwarang dan tak suka beladiri namun demi sang kakek dan kakanya Han-sung rela bergabung.Han-sung sangat mengagumi Seon-woo, bahkan rela mati demi melindungi Seon-woo.

Karakter pendukung dalam drama ini mempunyai efek yang meninggalkan kesan hangat dengan hubungan satu sama lain. Seperti hubungan menegangkan dari Ban Ryudan Soo-ho dimana mereka selalu menjadi rival, namun tetap peduli satu sama lain. Lalu hubungan antara Yeo-wool dan Han-sung yang menggemaskan.

Interaksi keseluruhan anggota Hwarang adalah yang terbaik, terlebih pada scene saat mereka bertanding bola, berburu, hingga tampil dalam pagelaran dan membantu Raja Jinheung demi Kerajaan Silla. Tingkah laku mereka cukup menghibur dan menjadi poin yang tak terlupakan.

Soundrack yang Catchy

Soundrack yang catchy

Belum lengkap rasanya kalau nonton drama tanpa soundtrack yang menemani alur seritanya. Soundtrack atau OST memang punya tempat tersendiri bagi para penikmat drama, mendengarkan soundtrack sebuah drama membuat penonton kembali mengingat adegan drama dalam pikirannya.

Selain keseluruhan sountracknya yang catchy, kejutan juga datang dari para cast Hwarang. Seperti soundtrack yang dinyanyikan oleh Park Seo-joon dengan “Our Tears” dan Park Hyungsik dengan “I’ll Be Here”. Tak ketinggalan soundtrack dari V yang berduet dengan member BTS lainnya Jin dengan “It’s Defenitely You” yang berhasil masuk nominasi di Melon Music Awards.

Hwarang menjadi drama Korea pertama yang menceritakan kisah di zaman Kerajaan Silla. Kebanyakan drama saeguk atau historical Korea mengambil setting di era Joseon atau Goryeo, namun tidak dengan Hwarang. Cerita baru yang coba dibawakan oleh drama ini patut diapresiasi, termasuk setting latar dan kostum yang eye catchy.

Kabarnya syuting drama ini dilakukan saat musim panas yang menjadi tantangan bagi para pemain karena harus bertarung dengan panas mencapai 40°C. Dimana mereka syuting di lokasi outdoor dengan kostum tradisional yang berlapis, wah, perjuangan sekali ya.

Jika kamu tertarik menonton drama historical dengan banyak konflik dalam satu cerita, Hwarang adalah drama yang layak untuk kamu tonton. Jangan lupa siapkan camilan untuk menemani kamu dalam 20 episode dramanya ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *