Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Februari 2019

Hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon rimbun memang identik dengan kesan seram. Pada siang hari, hutan tidak memperoleh pencahayaan yang cukup karena sinar matahari terhalang oleh pepohonan yang rimbun. Suasana siang di hutan saja sudah cukup bikin merinding, apalagi jika di malam hari.

Di Indonesia ternyata ada sejumlah hutan yang memperoleh predikat sebagai hutan terangker. Jika hutan biasa saja sudah terlihat seram, apalagi 6 hutan terangker di Indonesia yang akan dibahas oleh Bacaterus berikut ini.

6 Hutan Terangker di Indonesia

1. Alas Purwo – Banyuwangi, Jawa Timur

Misteri Alas Purwo

Keangkeran Alas Purwo memang tidak perlu diragukan lagi. Selain mendapat predikat hutan terangker di Indonesia, Alas Purwo juga dikenal sebagai tempat paling angker di Pulau Jawa.

Hutan ini sebenarnya adalah taman nasional yang terletak di Banyuwangi. Ada banyak spesies hewan yang menghuni hutan ini. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi keangkeran Alas Purwo. Konon, Alas Purwo merupakan lokasi kerajaan jin terbesar di Nusantara. Jadi, jumlah makhluk gaib di hutan ini jauh lebih banyak dibanding hutan-hutan lainnya.

Hutan ini juga terkenal dengan sejumlah cerita mistisnya, mulai dari dijadikan tempat untuk ritual di hari-hari tertentu, tempat mencari pesugihan, mitos orang-orang yang bisa masuk kemari tapi tidak bisa menemukan jalan keluar, sampai dengan terowongan gaib yang membuat bus-bus tersesat.

Ya, sudah beberapa kali ada kejadian bus yang tadinya berjalan di jalan utama, tiba-tiba berada di dalam Alas Purwo secara misterius.

2. Alas Roban – Batang, Jawa Tengah

Pantangan saat melewati Alas Roban Misteri Alas Roban

Salah satu hutan di Pulau Jawa yang keangkerannya mampu menandingi Alas Purwo adalah Alas Roban yang berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jalanan yang diapit dengan Alas Roban sendiri memiliki sejarah kelam.

Pasalnya, pembangunan ini melibatkan banyak pribumi yang dipaksa bekerja tanpa henti. Akhirnya, banyak pribumi yang meninggal karena kelelahan dan dibuang begitu saja di tepi jalan. Alas Roban juga dikenal sebagai tempat pembuangan jasad korban peristiwa G30S-PKI dan korban dari “Petrus” alias penembak misterius di era kepimpinan Soeharto.

Bukan hanya sekedar seram, Alas Roban juga merupakan jalur maut karena banyak menyebabkan kecelakaan pada kendaraan yang melintas. Entah hal tersebut karena jalurnya yang berkelok-kelok atau campur tangan hal gaib, yang pasti Anda harus tetap hati-hati dan waspada saat melintas di Alas Roban.

3. Hutan Gunung Semeru – Jawa Timur

Hutan Gunung Semeru

* sumber: www.radarcirebon.com

Keindahan panorama di Gunung Semeru memang membuat banyak pendaki ingin menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Akan tetapi, gunung yang satu ini juga menyimpan begitu banyak misteri. Hutan yang berada di Gunung Semeru terkenal angker. Setiap tahun selalu ada saja pendaki hilang di hutan ini.

Kawasan Arcopodo di Gunung Semeru disinyalir sebagai salah satu tempat yang angker. Di hutan ini terdapat dua patung penjaga yang konon merupakan jelemaan prajurit Kerajaan Majapahit. Tidak semua orang bisa melihat patung ini karena patung tersebut bersifat gaib.

Selain itu, kawasan Kelik di Gunung Semeru juga merupakan hutan yang sangat angker. Banyak kejadian pendaki yang kesurupan makhluk gaib di kawasan Kelik tersebut.

4. Hutan Bukit Barisan – Sumatera

Hutan Bukit Barisan

* sumber: www.pedomanwisata.com

Pegunungan Bukit Barisan membentang dari ujung utara Aceh sampai dengan ujung selatan Lampung. Pegunungan yang membentang sepanjang 1.650 KM ini memiliki titik tertinggi di Gunung Kerinci. Di pegunungan tersebut, tentu saja terdapat hutan yang rimbun. Hutan tersebut dikenal dengan nama Hutan Bukit Barisan.

Kisah misteri di Hutan Bukit Barisan nampaknya sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Sumatera. Konon, ada makhluk gaib yang gemar menyesatkan orang-orang yang masuk ke hutan ini. Selain itu, ada juga makhluk kerdil yang kerap kali menampakkan diri kepada penjaga hutan.

Hutan Bukit Barisan menjadi semakin angker sejak ada dua kecelakaan pesawat di tahun 1948 dan 2011. Entah kecelakaan tersebut dibuat oleh makhluk gaib atau benar-benar murni kecelakaan, image angker dari Hutan Bukit Barisan sudah terkenal di Nusantara.

5. Hutan Halimun Salak – Jawa Barat

Hutan Halimun Salak

* sumber: wisatahalimun.co.id

Gunung Halimun dan Gunung Salak adalah dua gunung di Jawa Barat yang letaknya saling berdekatan. Di antara kedua gunung tersebut ada sebuah hutan yang dikelola pemerintah setempat menjadi taman nasional. Di balik keasrian Hutan Halimun Salak, ada beragam cerita misteri yang menaungi tempat ini.

Penampakan dan gangguan dari makhluk gaib penunggu hutan adalah hal yang sudah sering dialami oleh pengunjung atau penjaga hutan. Masyarakat sekitar percaya bahwa di Hutan Halimun Salak dihuni pula oleh prajurit gaib Prabu Siliwangi.

Yang membuat Hutan Halimun Salak mendapat predikat sebagai hutan terangker di Indonesia adalah serangkaian kecelakaan pesawat terbang yang terjadi di titik hutan tersebut.

Salah satu kecelakaan yang masih membekas dalam benak masyarakat Indonesia adalah kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di tahun 2012 yang menewaskan semua awak pesawat dan penumpangnya dengan jumlah 45 orang.

6. Hutan Paloh – Kalimantan Barat

Hutan Terangker di Indonesia Hutan Paloh

Dikenal sebagai lokasi kerajaan siluman, Hutan Paloh juga merupakan hutan terangker di Indonesia. Konon, tidak semua orang bisa melihat negeri gaib yang berada di Hutan Paloh. Masyarakat sekitar hutan percaya bahwa setiap malam-malam tertentu, pintu gerbang kerajaan gaib tersebut terbuka.

Manusia yang tidak sengaja masuk ke dalam gerbang gaib kerajaan siluman itu tidak akan bisa kembali ke dunia manusia. Ada yang mengatakan bahwa negeri gaib di Kerajaan Paloh ini lebih maju peradaban dan teknologinya dibanding yang ada di dunia manusia.

Kerajaan gaib di Hutan Paloh dihuni oleh makhluk yang bernama Bunian. Ciri-ciri Bunian bisa dikenali dari tidak adanya garis yang terdapat antara hidung dan bibir. Makhluk Bunian kabarnya suka membantu manusia, tapi kadang-kadang mereka juga suka menahan manusia agar tidak bisa keluar dari alamnya.

Misteri Hutan Paloh semakin menjadi tanda tanya tatkala pernah ada pesawat TNI yang jatuh dan masuk ke dalam hutan, tapi pesawat tersebut tidak pernah ditemukan. Usut punya usut, menurut orang pintar yang menerawang, awak dan penumpang pesawat tidak meninggal, melainkan diselamatkan oleh makhluk Bunian dan sudah menetap di kerajaan gaib Hutan Paloh.

Cerita 6 hutan terangker di Indonesia ini memang bisa membuat Anda merinding. Apalagi jika Anda berkunjung ke sana, bisa-bisa Anda tidak dapat menemukan jalan keluar dari hutan tersebut.