Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2019

Tindakan kriminal bisa dilakukan di mana, kapan, dan oleh siapa saja. Hukuman pun ditegakkan demi meminimalisir terjadinya pelanggaran. Di dunia ini, beragam hukuman telah dibuat manusia.

Jika biasanya hukum itu bersifat keras, dengan tujuan agar si pelanggar tidak melakukan kembali kesalahannya. Tapi, ada juga hukuman yang diluar nalar dan malah menjadi lucu. Tak jarang, hukuman seperti ini dibuat agar si pelaku malu.

Di bawah ini, Bacaterus punya daftar hukuman-hukuman lucu yang pernah diberikan kepada para pelanggar yang bakal membuat kamu tertawa.

10 Hukuman Paling Lucu di Dunia

1. Menuntun Kedelai

Menuntun Kedelai

* sumber: assets.baptiststandard.com

Jessica Lange dan Brian Patrick adalah pemuda asal Ohio berusia 19 tahun pada 2002. Namanya anak muda, tangannya tidak lepas dari keusilan. Kala itu, 22 Desember 2002, mereka melakukan vandalisme dengan menusuk dan mencoret patung Yesus bertuliskan “666” di dahinya.

Setahun kemudian, pada 2003, kedua remaja itu mengakui perbuatannya. Akhirnya, pengadilan setempat memerintahkan untuk mengganti patung yang rusak dan harus menuntun keledai di jalan yang tertutup salju sebagai hukuman. Kedelai itu ditandai dengan tulisan “Maaf atas perbuatan buruk kami.”

Menurut hakim Michael Cicconetti, hukuman yang diberikan merupakan pelajaran karena telah melakukan penghinaan kepada masyarakat setempat ketimbang tentang symbol agama.

2. Liburan Natal di Penjara

Liburan Natal di Penjara

* sumber: www.goldenstatenewspapers.com

Masih dari Ohio, Amerika Serikat, Betina Young dituduh menjual kartu identitas dan surat izin mengemudi palsu untuk imigran gelap pada 2013. Berdasarkan investigasi, ia telah menjual sebanyak 95 ID dan mengaku telah merusak beberapa catatan sipil.

Kejahatan yang dilakukan Young harusnya mendapat ganjaran 15 tahun penjara. Namun, hakim Michael Holbrook punya cara lain untuk menghukumnya. Halbrook memberikan Young masa percobaan dengan denda sebesar US$ 3.000 atau 43,5 juta rupiah (dalam kurs saat ini). Tak hanya denda berupa uang, Young juga harus menghabiskan minimal tiga hari di penjara setiap natal selama lima tahun.

Holbrook sengaja memberikan hukuman ini karena tahu jika natal adalah waktu yang sangat penting bagi mereka. Hukuman ini juga dianggap sangat efektif. Orang-orang menyebut hukuman ini sebagai Holbrook Holidays.

3. Merajut Sweater untuk Korban

Merajut Sweater untuk Korban

* sumber: www.thesprucecrafts.com

Alangkah baiknya kita tidak parkir sembarang di depan rumah orang. Apalagi ia adalah tetanggamu. Bisa jadi Ia berubah seperti Heidi Kohl. Nenek berusia 89 tahun itu merasa kesal kepada tetangganya karena sering parkir di jalan depan rumahnya. Kehilangan kesabaran, pada 2008, Kohl memutuskan untuk merobek lusinan ban mobil yang ada di jalanan tersebut.

Menurut sumber yang beredar, Kohl telah memangkas 50 ban mobil. Awalnya, ia dijatuhi hukuman berupa denda. Namun, karena tidak dapat membayar denda tersebut, ia menawarkan diri untuk merajut sweater untuk orang-orang yang bannya dihancurkan. Tak lama setelah itu, Kohl pun dipindahkan ke panti jompo untuk mendapatkan perawatan lanjut usia yang memadai.

4. Melanggar Lalu Lintas harus Memetik Kapas

Melanggar Lalu Lintas harus Memetik Kapas

* sumber: frontera.net

Uzbekistan memiliki ladang kapas yang sangat luas. Di musim panen, sayangnya jarang ada yang ingin menjadi pemetik kapas. Tak jarang anak-anak bekerja sebagai pemetik. Akhirnya, negara ini kehilangan pembeli karena masalah tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah setempat berkampanye untuk mendorong orang dewasa agar menjadi pemetik kapas.

Sayangnya, tak banyak perubahan. Akhirnya, pemerintah mengirim pelanggar lalu lintas untuk menjadi pemetik sebagai hukuman. Para pelanggar akan menjadi pemetik selama seminggu lebih. Setelah menjalani hukuman tersebut, lisensi kendaraan dikembalikan lagi.

5. Masuk Penjara Akibat Ponsel Tidak Disenyapkan

Masuk Penjara Akibat Ponsel Tidak Disenyapkan

* sumber: www.videoblocks.com

Pada Maret 2005, Hakim Robert Restaino di New York mengirim 46 orang ke penjara. Alasan penjeblosan itu sebenarnya terlihat sepele, yakni karena ponsel tidak disenyapkan dalam sebuah persidangan,

Restaino memberi menunjuk adanya tanda ponsel harus disenyapkan. Ia mulai jengkel dan frustasi terhadap orang-orang yang datang ke persidangan. Akhirnya ia meminta untuk membawa ponsel dan menyimpan di depan atau dijebloskan ke penjara.

Tak ada yang mengindahkan perintah Restaino. Penjara pun akhirnya sesak karena penuh. Malahan ada 14 dari mereka dikirim fasilitas lain. Namun penahanan itu tidak berlangsung lama. Restaino membebaskan semua orang sore harinya. Akibat perbuatannya, Rostaino dikeluarkan dari jabatannya oleh komisi negara.

6. Menjadi Tanda Lalu Lintas

Menjadi Tanda Lalu Lintas

* sumber: www.npr.org

Kemacetan sering terjadi di kota-kota besar. Mereka yang tidak sabaran akan menghalalkan segala cara agar bisa cepat menembus untaian kendaraan tersebut, meski harus melanggar peraturan. Salah satu yang sering dilakukan adalah berkendara di trotoar.

Shena Hardin adalah salah contoh dari sekian banyaknya pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas seperti itu. Kala itu, ia terjebak di belakang bus sekolah. Alih-alih menunggu, dia menerobos melewati bus dan mengendarai mobil di atas trotoar.

Polisi tak tinggal diam. Shena pun ditilang. Namun, ada yang unik. Hukuman yang diberikan hakim Pinkey Carr di pengadilan adalah menyuruh Shena berdiri di sudut jalan sambil memegang papan bertuliskan “Hanya seorang idiot yang akan mengemudi di trotoar untuk menghindari bus sekolah.”

7. Spam di Twitter Hingga Ratusan Unggahan

Spam di Twitter Hingga Ratusan Unggahan

* sumber: www.engadget.com

Twitter menjadi tempat sejumlah orang mengumpat dan mengungkapkan kekecewaannya terhadap seseorang. Baik itu kepada individu, pemerintah atau sejumlah politisi. Namun, cacian dan hate speech harus diwaspadai karena hal itu bisa membuat kamu terjerat hukum dan dipenjara.

Salah satu yang telah merasakannya adalah pria asal Prancis bernama Fluzin Baptiste. Ia mengungkapkan ketidakpuasannya kepada politisi local Jean-Francois Cope dan Nathalie Kosciusko-Morizet. Baptiste menyebut keduanya “son of a bitch” and “big slut“.

Baptiste dianggap mencemarkan nama baik. Kemudian pengadilan menjatuhkan hukuman berupa denda uang dan mengirim tweet permintaan maaf sebanyak 466 selama satu bulan. Kalau ada yang terlewat, satu saja, ia harus membayar 100 Euro.

Tweet itu berbunyi “Saya telah menghina Jean-Francois Cope dan Nathalie Kosciusko-Morizet. Saya menyesal dan meminta maaf.”

8. Mendengarkan Lagu Barry Manilow Berulang Kali

Mendengarkan Lagu Barry Manilow Berulang Kali

* sumber: www.independent.co.uk

Remaja di Denver, Colorado, Amerika Serikat, sering membuat kebisingan para tetangga dengan musik keras beraliran underground dan metal. Para pemuda akhirnya digiring ke pengadilan untuk dijatuhi hukuman karena mengganggu ketertiban umum. Pengadilan pun menjatuhi hukuman yang cukup unik untuk mereka.

Para pemuda harus mendengarkan Barry Manilow. Ia adalah penyanyi pop-rock tahun 70-an. Para pemuda penyuka musik keras tentu tidak menyukai Barry Manilow. Sehingga, hukuman tersebut sangat menyakitkan bagi mereka.

9. Enam Tahun Berdiri di Persimpangan Jalan dengan Tanda Pencuri

Enam Tahun Berdiri di Persimpangan Jalan dengan Tanda Pencuri

* sumber: www.seattlepi.com

Eloise Mireles melakukan kejahatan dengan menilap atau mengirim dana konsumen perusahaannya ke rekening pribadinya. Eloise telah mengambil lebih dari seperempat juta dolar. Kejahatan yang dilakukan Eloise bisa berbuah penjara seumur hidup. Eloise memohon untuk meringankan hukuman dengan alasan mengurus anak. Pengadilan pun memberikannya.

Hanya saja, hukumannya malah cukup unik. Eloise Mireles harus berdiri selama lima jam sehari selama enam tahun di pinggir jalan depan rumahnya sendiri. Tentu saja, di tangannya ia membawa papan bertuliskan “Saya adalah seorang pencuri. Saya mencuri $ 250.000 dari Dana Korban Kejahatan Harris County.”

10. Mengirim Kartu Pos Selama 15 Tahun

Mengirim Kartu Pos Selama 15 Tahun

* sumber: www.japanesepod101.com

Pria bernama Andrew Gaudioso tengah mabuk dan membunuh Thomas Towers Jr. Andrew ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Namun, hukuman itu tidak sampai di sana. Hakim memerintahkan Andrew untuk mengirim orang tua Thomas satu kartu pos per minggu selama 15 tahun.

Hukuman itu diberikan agar ia tidak pernah melupakan apa yang dilakukannya terhadap keluarga Thomas.

Hmmmm, kira-kira dari 10 hukuman di atas, mana yang paling lucu dan akan membuat jera pelakunya? Sepertinya cocok nih digunakan di Indonesia, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .