Bacaterus / Mainan Anak / 10 Mobil Hot Wheels Langka dengan Harga yang Fantastis

10 Mobil Hot Wheels Langka dengan Harga yang Fantastis

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kebanyakan orang saat mendengar nama Hot Wheels pasti berpikir “Oh, miniatur mobil”. Tapi siapa sangka jika miniatur mobil ini ternyata memiliki harga yang sangat fantastis. Bahkan beberapa mobil Hot Wheels ini memiliki harga hingga milyaran rupiah. Inilah yang membuat beberapa jenis Hot Wheels menjadi langka dan sulit untuk didapatkan.

Beberapa jenis mobil memang ada yang menjadi edisi khusus dengan jumlah cetak sedikit. Beberapa adalah Hot Wheels edisi lawas yang makin sulit dicari. Hot Wheels sendiri memang sudah populer di Indonesia sejak tahun 90-an. Mainan mobil ini menjadi sangat populer baik untuk dewasa dan juga anak-anak.

Mainan mobil asal Amerika Serikat ini kini sudah banyak dikoleksi oleh orang dewasa. Penasaran dong kira-kira seri Hot Wheels mana saja sih yang paling langka dan dicari? Informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

1. White Custom Camaro

White Custom Camaro

* sumber: news.yahoo.com

White Custom Camaro menjadi mobil yang sangat langka dengan harga $100.000 atau lebih dari 1 milyar rupiah. Mobil ini langka karena merupakan mobil Hot Wheels yang pertama kali dirilis. Custom Camaro dirilis pada tahun 1968, yang dijadikan prototipe bagi para desainer kala itu. Tapi beberapa justru dikemas dan kirim ke beberapa toko. Meski begitu, untuk mendapatkan mobil sangatlah sulit.

Pada awalnya mobil ini dijadikan bahan evaluasi untuk mengetahui kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu pabrik biasanya mengecat berwarna putih atau hitam untuk memeriksa ketidaksempurnaan. Kini mobil ini hanya ditemukan dalam versi warna putih saja, sedangkan warna hitamnya tidak pernah ditemukan.

2. Purr Cheetah

Purr Cheetah

* sumber: www.hotcars.com

Mobil Purr Cheetah yang karismatik ini merupakan salah satu mobil langka yang sulit didapat. Purr Cheetah adalah satu dari 16 model diecast Hot Wheels asli yang dirilis pada musim semi 1968. Mobil ini pertama kali diproduksi di Hongkong, dengan nama Cheetah Python. Namun, Eksekutif GM Bill Thomas merubah namanya menjadi Cheetah. Kini harga mobil ini sekitar 144 juta rupiah.

Mobil Purr Cheetah yang didominasi dengan warna merah ini, tidak seharusnya diketahui publik. Tetapi terjadi kebocoran pada bagian produksi, sehingga mobil ini kini menjadi legenda tersendiri. Mobil Purr Cheetah hanya diproduksi sedikit saja sebelum namanya diubah. Dean Jefferis adalah desainer untuk versi Hot Wheels. The Python ini sebenarnya adalah mobil impian yang dirancang oleh Bill Cushenberry.

3. Missing Sunroof VW Bug

Missing Sunroof VW Bug

* sumber: www.hotcars.com

Missing Sunroof adalah mobil yang hanya di rilis di Jerman dan Inggris pada tahun 1968. Mobil rancangan Ira Gilford ini terinspirasi dari Volkswagen Beetle yang sangat populer pada saat itu. Mobil ini sebenarnya di produksi di Hong Kong, dengan warna orange, merah, hijau dan tembaga. Tapi yang paling umum ditemukan adalah warna biru atau aqua dan kini mobil ini dihargai sekitar 22 juta rupiah.

Mobil super langka ini menampilkan sunroof dan mesin di bagian depan (bukan belakang). Sementara bagian bagasi mobil ini, diberikan mesin V-8 yang ditiup. Interior mobil ini menampilkan kaca berwarna biru, roda kemudi hitam dan empat lubang suspense dasar dan detail. Sebenarnya ada versi non sunroof pada mobil ini, dengan interiornya yang sangat-sangat berbeda.

4. Pink Beach Bomb

Pink Beach Bomb

* sumber: www.pinterest.co.uk

Mobil berwarna hot pink ini memang cukup menarik jika dilihat dari tampilannya. Pink Beach Bomb yang dimiliki oleh Bruce Pascal ini mungkin menjadi mobil mainan paling mahal.

Mobil mainan yang terinspirasi dari mobil bermerk Volkswagen ini hanya diproduksi dua buah di dunia. Jumlah produksi mobil yang sangat minin ini membuat mainan ini kini memiliki harga hingga satu hingga 2 milyar rupiah.

Pada awal kemunculan Pink Beach Bomb, mobil ini tidak bisa menembus set Hot Wheels track. Karena mobil model ini terlalu berat sehingga tidak bisa melewati track. Padahal pada tahun 70-an Hot Wheels track sedang menjadi hot-sellers di mana-mana.

5. Diamond Encrusted Car

Diamond Encrusted Car

* sumber: www.hotcars.com

Tampilan dari mobil Diamond Encrusted Car memang lebih fancy dibanding dengan mobil lainnya. Mobil ini sebenarnya dirilis sebagai perayaan memperingati produksi Hot Wheels ke-4 milyar. Mobil ini mungkin menjadi mobil mainan dengan harga fantastis lainnya nih. Dibanderol dengan harga lebih dari 2 milyar rupiah, mungkin akan sebanding dengan material mobil.

Seperti namanya Diamond Encrusted Car, mobil ini terdiri dari berlian, emas dan batu rubi. Bayangkan saja untuk kerangka mobilnya saja, terbuat dari 18 karat emas putih. Belum lagi badan mobil dihiasi dengan 2.700 belian beraneka warna, mulai dari biru, putih dan hitam. Lampu rem mobil ini terbuat dari batu ruby berwarna merah, belum lagi bagian bawah mobil di cat biru spectraflame.

6. The Blue Rodger Dodger

The Blue Rodger Dodger

* sumber: news.yahoo.com

Mobil Hot Wheels langka lainnya adalah The Blue Rodger Dodger yang dirilis pertengahan tahun 1970. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 7 buah saja di dunia, sehingga membuat mobil ini jadi sangat langka. Menurut banyak sumber, mobil ini hanya bisa ditemukan di Inggris sebagai barang langka. Mobil ini dibanderol dengan harga sekitar 115 juta jika dalam rupiah.

Mengenai penampilan mobil The Blue Rodger Dodger, mobil ini dirancang oleh Larry Wood. Pada awalnya mobil ini terbuat dari logam dan memiliki redline di belakang saja. Lalu dicat dengan plum crazy enamel dengan tampo api. Sebenarnya tipe lain dari mobil ini yang juga langka dengan interior yang didominasi warna putih.

7. Collector Number 271 Funny Car

Collector Number 271 Funny Car

* sumber: intersport.id

Mobil yang hanya di prduksi 12 saja di dunia ini menjadi mobil Hot Wheels langka lainnya. Mobil ini dirilis pada tahun 1995 dan hingga sekarang hanya ada tujuh mobil saja yang telah ditemukan. Meski menemukan mobil yang bentuknya serupa, mobil ini perlu dibuktikan keasliannya. Karena sebenarnya banyak mobil palsu yang ditemukan di luar sana lalu diperjualbelikan.

Rancangan mobil Funny Car 271 didominasi warna biru, dengan tulisan ‘271’ tercetak di atasnya. Yang membuatnya langka karena sampai sekarang hanya tujuh mobil saja yang dinyatakan asli. Sementara mobil lainnya yang dijual secara bebas, kebanyakan adalah mobil palsu. Sehingga kondisi ini membuat mobil Funny Car 271 dihargai cukup tinggi sekitar 50 juta rupiah.

8. Red Baron

Red Baron

* sumber: www.hotcars.com

Mobil yang cukup langka ini disebut-sebut terinspirasi dari kartun Snoopy. Hotshot Ace atau yang lebih dikenal dengan Hot Baron merupakan mobil Hot Wheels yang terinspirasi dari film Peanuts. Mobil ini bergaya kit hot-rod yang menampilkan helm infanteri Jerman WWI dan Iron Cross di radiatornya. Mobil ini dirilis pada tahun 1968 dan kembali dirilis tahun 1970 yang sangat populer kala itu.

Desain Red Baron sendiri didominasi dengan warna merah spectraflame, dengan lonjakan runcing pada helm dan roda redline tertutup. beberapa mobil Red Baron yang dirilis tahun 1970 ditemukan dengan desain interior yang berbeda. Desain mobil lainnya yaitu berwarna hitam yang sampai saat ini belum ditemukan satupun. Kini harga mobil Hotshot Ace ini di harga sekitar 58 juta rupiah.

9. Blue Ed Shaver Custom AMX

Blue Ed Shaver Custom AMX

* sumber: www.antiquetrader.com

Ed Shaver Custom AMX adalah mobil Hot Wheels yang dirilis pada tahun 1969. Mobil ini sebenarnya hanya dibuat di Amerika Serikat saja, dan didominasi dengan interior mobil berwarna putih. Bagian mobil yang kala itu dibuat memiliki ban redline dengan perak. Tapi dalam model terbarunya menampilkan ban redline dengan chrome capped.

Menurut beberapa sumber mobil Ed Shaver Custom AMX ini hanya dijual di Inggris. Perbedaan mencolok dari mobil yang asli ada pada stiker. Sehingga jika ingin membeli mobil ini, perlu memeriksakan keaslian stiker yang hanya bisa dibeli bersamaan dengan mobil. Mobil Hot Wheels ini digadang-gadang memiliki harga sekitar 144 juta rupiah.

10. Larry Wood Beetle

Larry Wood Beetle

* sumber: www.worthpoint.com

Mobil dengan nama Larry Wood Beetle ini bukanlah mobil mainan yang biasa. Seperti namanya, mobil ini dirancang oleh Larry Wood sebagai perayaan 35 tahun kecerlangan rancangannya. Hal yang membuat mobil ini spesial, karena terdapat tanda tangan Larry Wood dalam mobil ini. Jika kamu masih baru mengenal Hot Wheels, Larry Wood adalah salah satu desainer mobil Hot Wheels yang terkenal.

Larry merancang VW Beetle asli untuk Hot Wheels pada tahun 1989. Mobil ini dibuat semirip mungkin dengan versi aslinya yang mengingatkan pada Hong Kong cast. Mobil VW ini didominasi dengan warna ungu berbayang, ditambah dengan roda redline. Mobil ini di harga sekitar 36 juta rupiah, sehingga membuat Hot Wheels satu ini layak menjadi barang investasi yang berharga dan langka.

Meski terlihat usang dan biasa saja, ternyata mobil-mobil ini memiliki harga yang sangat fantastis. Jika sebelumnya kita berfikir mobil mainan yah hanya untuk anak-anak saja. Ternyata mobil mainan pun bisa menjadi barang investasi yang harganya melebihi sebuah rumah mewah di kawasan elit.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *