bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Ini Dia 10 Hiu Terganas di Dunia yang Paling Berbahaya

Ini Dia 10 Hiu Terganas di Dunia yang Paling Berbahaya

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 29 Mei 2020

Hiu merupakan predator yang paling ditakuti di dalam laut. Hewan ganas yang satu ini juga sudah beberapa kali difilmkan dalam layar lebar. Ada sejumlah film tentang serangan hiu yang menjadi box office. Meskipun temanya itu-itu saja, toh kita tetap tertarik untuk menonton film-film yang bertemakan serangan hiu ganas.

Apakah di dalam dunia nyata hiu memang seganas yang ada di film? Ya, hiu adalah hewan ganas yang tidak segan menyerang manusia. Bacaterus telah mengumpulkan daftar 10 hiu terganas di dunia yang paling berbahaya. Simak ulasan selengkapnya di sini.

10 Hiu Terganas di Dunia

1. Hiu Martil

Hiu Martil Hiu Terganas di Dunia

Hiu martil sangat mudah dikenali dari kepalanya yang berbentuk seperti palu. Ciri lain dari hiu martil adalah warna punggungnya yang biru kehitaman serta bagian perut berwarna putih. Jenis hiu ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 20 kaki dan berat sampai 580 kilogram.

Struktur gigi tajam yang dimiliki hiu martil sama dengan gigi hiu banteng. Hiu martil dapat melumpuhkan lawannya hanya dengan sekali gigitan, apalagi ukuran hiu ini cukup besar. Spesies hiu yang terancam punah ini tercatat pernah melakukan setidaknya 34 serangan pada manusia. Jadi, bisa dibilang bahwa hiu martil juga termasuk salah satu hiu terganas di dunia.

2. Hiu Sirip Hitam

Hiu Sirip Hitam

Ukuran hiu sirip hitam mungkin sangat kecil jika dibandingkan dengan spesies hiu ganas lainnya. Hiu sirip hitam hanya memiliki panjang kurang dari 1,6 meter dan berat maksimal 100 kilogram. Dinamakan hiu sirip hitam karena sebagian tubuh hiu ini tertutup warna hitam hingga ke bagian ekornya. Walaupun ukurannya tidak besar, hiu sirip hitam juga menjadi ancaman bagi manusia karena sifatnya yang gesit.

Hiu ini mampu melompat keluar dari air ketika mengejar mangsanya. Hiu sirip hitam juga menyebabkan serangan hiu tertinggi di Florida. Tercatat ada sebanyak 41 serangan hiu sirip hitam di berbagai negara.

3. Hiu Macan Pasir

Hiu Macan Pasir

Melihat dari tampilan giginya saja Anda pasti sudah bisa menebak jika hiu macan pasir ini sangat ganas dan bisa mengoyak bagian tubuh Anda hanya dengan sekali gigit. Ya, hiu macan pasir memang terkenal dengan giginya yang tajam, tampak tidak beraturan, dan menonjol keluar. Akan tetapi, gigi hiu macan pasir memang dirancang untuk menggigit mangsa licin seperti cumi-cumi dan ikan kecil.

Hiu macan pasir ini mampu bertumbuh hingga mencapai panjang 3,2 meter dan berat 160 kilogram. Walaupun namanya adalah hiu macan pasir, tetapi spesies hiu ini tidak memiliki hubungan kerabat dengan hiu macan. Justru hiu macan pasir masih sepupu dengan hiu putih raksasa.

4. Hiu Biru

Hiu Biru

Yang satu ini adalah spesies hiu paling umum ditemukan. Adalah hiu biru yang memiliki tubuh cukup ramping sehingga terbilang cepat dalam mengejar mangsanya. Spesimen terbesar dari hiu biru bisa memiliki panjang hingga 3,8 meter.

Hiu terganas di dunia ini biasa diburu oleh manusia. Tercatat ada 10-20 juta ekor hiu biru dibunuh setiap tahunnya. Di sisi lain, hiu biru juga cukup intens melakukan serangan pada manusia. Jenis hiu ini sering mengitari mangsanya terlebih dahulu sebelum akhirnya menyerang. Ketika mangsanya bergerak, hiu biru dengan sigap akan langsung menyergap mangsanya itu.

5. Hiu Tembaga

Hiu Tembaga

Sesuai dengan namanya, warna hiu ini memang berwarna tembaga. Hiu tembaga berada di teluk dangkal, pelabuhan, dan muara. Jenis hiu ini pernah kedapatan melahap ikan sarden di lautan Afrika Selatan secara gila-gilaan. Panjang hiu tembaga bisa mencapai 3 meter, sedangkan bobotnya mencapai 300 kilogram.

Hiu tembaga merupakan hiu perenang yang kuat dan memiliki gigi bergerigi yang panjang. Dengan ukuran dan bentuk giginya tersebut, hiu tembaga tentu dapat mengancam manusia. Terbukti bahwa hiu tembaga bertanggung jawab atas sejumlah serangan manusia. Predator ini pernah menyerang perenang dan peselancar di sepanjang pantai timur Australia.

6. Hiu Mako Sirip Pendek

Hiu Mako Sirip Pendek

Masuk dalam jajaran hiu terbesar di dunia membuat hiu mako sirip pendek juga bisa menjadi ancaman serius bagi manusia. Hiu mako sirip pendek bisa memiliki panjang hingga 4,5 meter dan berat sampai 135 kilogram. Spesies betina disinyalir memiliki ukuran yang lebih besar dibanding spesies jantan.

Keganasan hiu mako sirip pendek juga didukung dengan kecepatannya dalam berenang yang mampu mencapai 100 KM/jam. Bahkan, dengan kecepatannya ini hiu mako sirip pendek mampu melompat keluar dari air untuk masuk ke dalam kapal nelayan.

Walaupun ganas, serangan hiu ini biasanya dipicu oleh provokasi manusia, terutama ketika spesiesnya ditangkap oleh manusia. Hiu ini juga bertanggung jawab atas tiga serangan yang menyebabkan kematian.

7. Hiu Koboi

Hiu Koboi

Satu lagi spesies hiu terganas di dunia yang mendiami perairan di wilayah beriklim tropis yang bersuhu hangat, yaitu Hiu Koboi. Hiu ini bisa dikenali dari sirip ventral berujung putih yang bulat dan panjang.

Hiu koboi bisa ditemukan dengan mudah di Samudera Atlantik dan Teluk Meksiko. Di Indonesia, spesies hiu koboi dewasa sangat sulit ditemukan. Hanya beberapa spesies yang belum dewasa saja dan itupun terancam tidak bisa berkembang biak karena sering ditangkap oleh nelayan.

Perlu Anda ketahui bahwa hiu koboi adalah tipe predator yang agresif dan gigih. Dengan rahang yang kuat, gigi ini bisa merobek daging mangsanya dengan mudah. Hiu koboi juga pernah melakukan ratusan serangan sejak perang dunia II. Salah satu serangannya yang terkenal terjadi di Laut Merah pada tahun 2010 dan menyebabkan seorang wanita tewas.

8. Hiu Macan

Hiu Macan

Dinamakan hiu macan karena di bagian tubuh hewan ini terdapat garis loreng seperti harimau. Hiu besar ini cukup umum ditemukan di perairan berbagai negara.

Selain dikenal agresif, hiu macan juga merupakan “tong sampah laut” karena bisa menelan apapun. Di dalam perutnya, Anda bisa saja menemukan botol, ban, pakaian, dan sampah laut lainnya meskipun makanan utama hiu macan adalah ikan, anjing laut, lumba-lumba, burung, dan kura-kura.

Bahaya hiu macan bisa dilihat dari mulutnya yang lebih besar dari jenis hiu lainnya. Gigi tajamnya juga bisa mengiris daging mangsa dalam sekejap. Hiu macan juga jenis hiu yang sering menyerang manusia dengan jumlah korban kedua terbanyak setelah hiu putih raksasa.

9. Hiu Banteng

Hiu Banteng

Sebagian besar spesies hiu hidup di air asin. Namun, hiu banteng bisa toleransi terhadap air tawar sehingga hiu ini juga berkeliaran menelusuri hulu sungai. Ciri dari hiu banteng adalah panjangnya bisa mencapai 3,5 meter dan beratnya bisa mencapai 318 kilogram.

Yang membuat hiu banteng dicap sebagai hewan ganas adalah barisan gigi segitiga yang tajam dan sangat ideal untuk mengiris mangsanya. Hiu banteng akan menyerang siapa saja yang masuk di dalam wilayah teritorinya, termasuk manusia.

10. Hiu Putih

Hiu Putih

Ikan hiu yang satu ini sangat populer dengan serangannya yang brutal. Bahkan, kepopuleran spesies ini juga sampai difilmkan oleh sutradara Hollywood. Jaws adalah salah satu judul film serangan hiu putih terbaik sepanjang sejarah.

Hiu putih adalah spesies hiu terganas di dunia sekaligus yang terbesar. Deretan gigi segitiga yang tajam dapat mengoyak tubuh mangsa dengan mudah. Hewan yang panjangnya bisa mencapai 8 meter dan berat 3,5 ton ini dapat berenang dengan kecepatan 56 KM/jam. Hiu putih juga sangat terkenal sering melakukan serangan pada manusia di sejumlah pantai.

Inilah 10 hiu terganas di dunia yang dapat mengancam nyawa manusia. Sejatinya, masih ada sejumlah spesies hiu lainnya, hanya saja yang terganas adalah 10 spesies hiu yang kami sebutkan di sini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram