bacaterus web banner retina

10 Hidangan Berbuka Puasa yang Unik di Timur Tengah

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 April 2021

Timur Tengah dikenal memiliki berbagai kuliner unik yang lezat dan menggugah selera. Berbagai macam makanan khas dari Timur tengah cukup digemari di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Selain dikenal karena bumbu rempah yang khas, sebagian besar sajian khas dari Timur Tengah terjamin kehalalannya. 

Alasan tersebut pula yang membuat sajian kuliner dari Timur Tengah ini cukup bisa dinikmati di tanah air. Nah, menjelang bulan Ramadhan, berbagai sajian unik dari Timur Tengah yang akan Bacaterus bahas di bawah cukup menarik untuk dijadikan referensi hidangan berbuka puasa. Sajian Timur tengah apa saja itu? Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Kebab 

Kebab

Kebab adalah salah satu hidangan dari Timur Tengah yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air. Kebab sendiri adalah sajian yang terdiri dari irisan daging sapi atau daging domba yang ditusuk dan dipanggang, kemudian dicampur dengan beragam irisan sayuran seperti bawang bombay, selada, timun, dan tomat, yang disiram saus tomat dan dibalut dengan kulit Tortilla

Sajian unik asal Timur Tengah ini cukup banyak dijajakan di Indonesia. Kebab sendiri bisa dijadikan sebagai menu berbuka puasa yang cukup menarik. Selain rasanya yang lezat, kandungan protein, karbohidrat, dan serat dalam sajian kuliner ini cukup dibutuhkan bagi tubuh, terutama setelah menjalankan puasa selama seharian penuh. 

2. Nasi Kebuli 

Nasi Kebuli

Selain Kebab, sajian unik dari Timur Tengah yang juga cukup dikenal oleh masyarakat tanah air adalah nasi Kebuli. Hidangan berbahan utama nasi ini bisa menjadi referensi menarik bagi kamu yang ingin mencicipi hidangan khas Timur Tengah yang enak dan memiliki rasa yang cukup otentik saat berbuka puasa. 

Nasi Kebuli merupakan sajian nasi dengan bumbu rempah khas Timur Tengah, yang dimasak dengan potongan daging kambing, irisan kurma, kismis, dan minyak samin yang memiliki aroma khas. Sajian khas yang berasal dari Pakistan ini kerap disajikan sebagai menu utama di kedai atau restoran yang menjual kuliner khas Timur Tengah di tanah air. 

3. Hummus

Hummus

Hummus merupakan hidangan khas yang berasal dari Levant atau yang lebih dikenal dengan Negeri Syam. Kuliner khas dari Timur Tengah ini adalah sajian berkuah kental yang terbuat dari kacang Arab, wijen, minyak zaitun, perasan limau, garam dan bawang putih. Hummus sendiri biasa disajikan sebagai saus cocol bagi roti khas Timur Tengah. 

Hummus sendiri menjadi salah satu hidangan yang cukup populer di beberapa daerah seperti di Afrika, Turki, dan beberapa negara yang ada Timur Tengah. Di Negara asalnya, hidangan unik yang satu ini merupakan makan pokok sehari-hari. Jika kamu termasuk penggemar sajian khas dari Timur Tengah, maka Hummus bisa menjadi hidangan menarik untuk kamu coba saat berbuka puasa. 

4. Sup Harira

Sup Harira

Hidangan Timur Tengah yang selanjutnya bisa kamu coba saat berbuka puasa adalah sup Harira. Kuliner khas yang berasal dari Maroko ini dikenal sebagai makanan yang kerap disajikan saat bulan Ramadhan. Sepintas hidangan berkuah kental ini mirip dengan kari yang biasa dibuat di tanah air. 

Sup Harira merupakan sajian sup yang terbuat dari potongan daging seperti domba, ayam, dan sapi. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam sup ini memang hampir mirip dengan sup yang biasa dibuat masyarakat tanah air. 

Campuran rempah seperti bawang-bawangan, tomat, daun mint dan kayu manis membuat aroma dari hidangan ini semakin menggugah selera. Masyarakat Timur Tengah sendiri biasa menyajikan sup yang satu ini dengan roti atau nasi.

5. Qatayef

Qatayef

Berikutnya ada sajian unik bernama Qatayef. Masyarakat Timur Tengah biasa menyebut makanan bercita rasa manis ini dengan pancake Arab. Masyarakat biasa menyajikan kuliner ini sebagai hidangan penutup saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Qatayef sendiri merupakan kue yang diisi krim, kacang, apel, dan keju. 

Selain rasanya yang unik, kue yang satu ini memiliki sejarah yang cukup menarik. Qatayef sendiri berasal dari zaman Fatimiyah, yaitu pada masa Kekhalifahan Abbasiyah, 566-653 M. Qatayef menjadi salah satu sajian yang tercatat dalam buku masak Arab karya Ibnu Sayyar al-Warraq yang disebut juga Kitab Al-Ṭabih yang dibuat pada abad kesepuluh. 

6. Brick dan Chorba

Brick dan ChorbaSumber: theatredevillefranche.com

Sajian unik khas Timur Tengah yang tidak kalah unik dan menarik untuk dicoba saat berbuka puasa nanti adalah Brick dan Chorba. Brick sendiri adalah salah satu jenis kue khas Timur Tengah yang kerap disajikan menjelang bulan Ramadhan. Sajian yang satu ini biasanya berisi macam-macam isian seperti keju, telur, dan ikan tuna. 

Sepintas makanan yang diolah dengan cara digoreng ini mirip dengan sajian seperti risoles, lumpia atau kroket yang ada di tanah air. Brick sendiri memiliki cita rasa yang gurih. Sajian khas Timur Tengah ini sangat cocok dimakan sebagai takjil. Masyarakat Arab sendiri biasa menikmati kuliner ini dengan Chorba atau Shoraba, yaitu sup tradisional bertekstur kental yang berasal dari negara Tunisia.

7. Tabouleh

Tabouleh

Jika kamu berpikir bahwa kuliner Timur Tengah identik dengan rempah yang kuat dan berminyak, maka kamu salah besar. Masyarakat Timur Tengah sendiri memiliki sajian unik yang sangat pas dihidangkan bagi mereka yang menjalani gaya hidup sehat sebagai seorang vegetarian atau mungkin orang yang sedang berdiet. 

Hidangan unik tersebut adalah Tabouleh. Sajian unik ini berisi sayuran yang telah dicincang halus, dan dicampur dengan tomat, bulgur, daun mint, serta minyak zaitun untuk menambah aroma masakan. Sajian unik ini memiliki cita rasa asam dan menyegarkan. Nah, karena bahan utamanya adalah sayuran, maka kamu tidak perlu khawatir akan naik berat badan. 

8. Kunafa

KunafaSumber: hungryoungwoman.com

Datang dari negara Palestina. Sajian unik khas dari Timur Tengah ini sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa. Kunafa pada dasarnya merupakan sajian pencuci mulut berupa kue keju, yang telah siram dengan saus yang terbuat dari bihun parut yang dicampur dengan keju putih, sirup, gula kental, tetesan air mawar. Bagian atas kue biasanya ditaburi dengan pistachio dan kacang pinus. 

Kunafa dimasak dengan cara dipanggang selama 40 menit. Masyarakat biasa memberi pewarna makanan berwarna oranye agar membuat hidangan yang satu ini semakin menarik dan menggugah selera. 

9. Moutabal

Moutabal

Hidangan Timur Tengah berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah Moutabal.  Sajian unik ini berupa sup kental yang terbuat dari terong, bawang putih halus, garam, yogurt, perasan lemon dan tahina/tahini. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Sajian unik ini biasa disajikan dengan bahan tambahan lain seperti minyak zaitun, buah delima dan taburan sumac.

Sama seperti Hummus, Moutabal adalah sajian kuliner yang kerap disajikan sebagai appetizer atau sajian pelengkap untuk menu utama seperti daging panggang dan roti. Dengan teksturnya yang creamy, hidangan yang dikenal juga dengan Baba Ghanoush ini memang cukup menarik untuk dicoba saat berbuka puasa. 

10. Kofta

Kofta

Jika di Indonesia terdapat bakso, maka di Timur Tengah memiliki olahan daging berbentuk bulat yang bernama Kofta. Hidangan tradisional Timur Tengah ini cukup terkenal di negara Iran dan Pakistan. Kofta sendiri terbuat dari bahan dasar daging sapi atau domba. Berbeda dengan bakso yang kerap disajikan dengan kuah bening. 

Kofta biasanya dibumbui dengan bawang sebagai penyedap. Kofta sendiri biasa disajikan dengan cara digoreng dipanggang dalam oven. Masyarakat Timur Tengah kerap menambahkan saus pedas atau bumbu kari untuk sajian unik ini. Selain memiliki cita rasa gurih, rasa pedas dari bumbu juga membuat hidangan yang satu ini cukup menarik untuk dijadikan menu berbuka. 

Itulah 10 Hidangan berbuka puasa yang unik di Timur Tengah yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Selain rasanya enak, hidangan yang telah disebut di atas juga halal, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalankan puasa. Nah, kira-kira sajian mana yang menurut kamu paling menarik? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram