Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Inilah 10 Jenis Hewan yang Paling Lucu dan Menggemaskan

Inilah 10 Jenis Hewan yang Paling Lucu dan Menggemaskan

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang tinggal dan menempati bumi dan berdampingan dengan manusia. Hewan sendiri memiliki berbagai macam jenis, di antaranya hewan bertulang belakang, serangga, reptil, dan amfibi. Adanya hewan merupakan salah satu unsur penyeimbang ekosistem kehidupan dan menjadi salah satu makhluk hidup yang bisa diambil manfaatnya.

Banyak sekali jenis hewan yang ditemukan di muka bumi ini dengan bentuk yang beragam, ada yang terlihat lucu serta menggemaskan, bahkan ada pula yang menakutkan. Biasanya, hewan yang memiliki bentuk lucu dan menggemaskan banyak dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian orang. Lalu hewan apa saja yang paling lucu dan menggemaskan? Di bawah ini kami telah merangkumnya untuk Anda.

10 Hewan yang Paling Lucu dan Menggemaskan

1. Kucing

Pada list pertama adalah kucing. Kucing merupakan hewan karnivora atau pemakan daging yang memiliki bentuk yang lucu serta menggemaskan. Kucing sendiri memiliki banyak jenis, di antaranya yang paling populer adalah anggora dan persia. Saking lucunya, tak heran banyak orang yang mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan.

kucing merupakan hewan yang cerdas dan mampu dilatih kebiasannya, seperti misalnya dalam hal membuang kotorannya sendiri. Kucing memiliki indera penciuman khusus yang tajam berada tepat di atas langit-langit mulutnya yang bernama Vomeronasal. Kucing adalah salah satu hewan yang bersih karena selalu rutin membersihkan tubuhnya dengan cara menjilati menggunakan lidahnya.

Air liurnya atau yang biasa disebut Saliva merupakan alat pembersih yang dinilai kuat dalam membersihkan bulu-bulunya, tetapi ternyata juga berpotensi menyebabkan alergi bagi sebagian orang.

2. Kelinci

Kelinci

* sumber: www.hewan.id

Kelinci atau yang dalam bahasa Inggris disebut rabbit merupakan salah satu hewan yang menggemaskan. Hewan yang satu ini terbilang hewan yang sangat unik karena memiliki telinga yang panjang dan pendengarannya yang kuat. Kelinci bergerak dengan cara melompat, hal ini menjadikan kelinci terlihat lebih menggemaskan sehingga banyak dipelihara oleh orang-orang.

Hewan mamalia yang satu ini bisa dimanfaatkan dagingnya karena memiliki rasa yang lezat juga kaya manfaat. Daging kelinci memiliki kandungan zat gizi makro yang tinggi sehingga bermanfaat sebagai sumber energi manusia. Selain dagingnya, bulunyapun bisa dimanfaatkan sebagai sumber fashion, karena bulu kelinci tertentu memiliki kualitas yang sangat baik dan mahal.

3. Hamster

Hamster SyrianHamster hampir terdapat di seluruh dunia. Memiliki bentuk yang lucu dan berukuran kecil menjadikan hamster terlihat sangat menggemaskan dan mudah dibawa juga tak perlu menggunakan kandang yang berukuran besar. Hamster termasuk dalam hewan Omnivora. Biasanya, mereka memakan padi, akar, buah, bagian hijau pada tumbuhan, dan yang lainnya.

Jenis-jenis hamster sangatlah beragam, di antaranya adalah hamster ekor panjang, hamster korea, hamster kerdil, dan hamster gansu. Karena bentuknya yang kecil, tempat tinggal yang diperlukanpun tak perlu terlalu besar dengan suhu 18 sampai 26 derajat celcius. Di Indonesia, hamster telah banyak diperjual-belikan dan menjadi salah satu hewan popular untuk dipelihara.

4. Anjing

Pudel Jenis Anjing Kecil

Anjing adalah mamalia yang mengalami domestikasi dari serigala berdasarkan temuan fosil dan tes DNA. Anjing memiliki banyak sekali jenis yang tersebar di seluruh dunia diantaranya adalah doberman, wels corgi, pudel, bulldog, dan yang lainnya. Orang-orang memelihara anjing karena beberapa tujuan, misalnya untuk sistem keamanan rumah atau hanya untuk dipelihara seperti biasanya.

Anjing merupakan hewan yang cerdas dan setia pada pemiliknya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa anjing banyak digemari dan diadopsi oleh banyak orang. Anjing memiliki otot yang sangat kuat yang mendukung ketahanan fisik untuk berlari dan melompat.

5. Marmot

* sumber: www.hewan.id

Marmot adalah sejenis hewan pengerat yang pada umumnya hidup di daerah pegunungan. Kata marmot berasal dari bahasa latin yang berarti tikus gunung. Makanan utama dari marmot adalah tumbuh-tumbuhan, misalnya rumput, akar, dan juga bunga.

Jenis-jenis marmot di antaranya adalah marmot flaviventris, marmot tanah, marmot caligata, dan marmot olympus. Marmot menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara di Indonesia karena memiliki bentuk yang lucu dan sangat menggemaskan.

6. Koala

* sumber: www.businesslive.co.za

Unik, lucu, imut dan menggemaskan adalah sebutan yang cocok diberikan untuk koala. Koala adalah salah satu hewan berkantung khas Australia. Koala dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia sampai ke Semenanjung Cape York. Koala memiliki bulu yang tebal juga lembut dan cakar yang panjang untuk membantunya memanjat dan mencengkram sebuah dahan pohon.

Walaupun bentuknya yang lucu dan menggemaskan, koala pada umumnya tidak dijadikan sebagai binatang peliharaan karena koala tidak cocok dengan lingkungan perkotaan. Bahkan di Australia, memelihara koala adalah salah satu pelanggaran hukum dan akan mendapatkan sanksi yang tegas.

Koala sering disebut binatang yang malas karena koala memiliki tingkat metabolisme yang rendah serta istirahat tanpa bergerak selama 20 jam dalam satu hari, dan kebanyakan waktu tersebut digunakan koala untuk tidur. Mereka makan tidak dikekang waktu, namun biasanya koala makan pada malam hari yaitu dengan mengonsumsi daun eucalyptus sebanyak 500 gram perharinya.

7. Kupu-kupu

* sumber: www.kompasiana.com

Kupu-kupu menjadi salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Pasalnya, kupu-kupu merupakan hewan yang unik karena mengalami metamorfosa dari sebuah ulat menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu memiliki sayap yang beraneka ragam warna dan corak. Hal inilah yang menjadikan kupu-kupu menjadi lucu dan indah.

Kupu-kupu memiliki banyak sekali jenisnya. Bahkan, hanya di Pulau Jawa dan Bali saja, tercatat lebih dari 600 spesies yang hidup lho. Pada umumnya, kupu-kupu hidup dengan menghisap madu bunga atau nektar. Akan tetapi, beberapa jenis kupu-kupu menyuakai cairan yang dihisap dari buah yang jatuh atau buah yang membusuk.

8. Rusa

* sumber: pxhere.com

Selanjutnya adalah rusa. Rusa merupakan mamalia yang lucu dan menggemaskan karena terkenal dengan keunikan tanduknya terutama pada rusa jantan. Berat rusa umumnya bisa mencapai antara 30-250 kilogram. Rusa memiliki kaki yang sangat kuat, cocok untuk medan hutan yang kasar dan terjal. Rusa juga merupakan hewan pelompat dan perenang yang sangat baik.

Ada sekitar 34 spesies rusa yang tersebar di dunia yang terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu subfamilia muntiacinae dan cervinae. Rusa pada umumnya memakan rumput, wortel, sawi dan yang lain semacamnya.

9. Panda

makanan panda raksasa

* sumber: www.oceanpark.com.hk

Panda merupakan hewan yang digolongkan dalam keluarga beruang. Panda secara taksonomi merupakan hewan pemakan daging, makanannya seperti herbivora, sebagian besar tumbuhan bahkan hampir hanya bambu saja. Secara teknis, panda juga dikatakan sebagai hewan pemakan segala karena diketahui juga memakan telur.

Panda memiliki betuk fisik yang gemuk dengan bulu khasnya berwarna hitam dan putih yang lebat. Panda menjadi hewan favorit bagi sebagian orang karena lucu dan sangat menggemaskan.

10. Tupai

 

* sumber: www.google.co.id

Pada list yang terakhir, ditempati oleh tupai. Tupai adalah salah satu mamalia yang memiliki ukuran kecil yang sering disebut dengan bajing. Padahal secara ilmiah, tupai tak memiliki kesamaan kekerabatan dengan bajing. tupai memiliki ukuran otak yang relatif besar dan berbanding besar dengan tubuhnya yang mungil. Makanan tupai biasanya adalah buah-buahan.

Tupai adalah salah satu hewan yang pandai meloncat antar pohon ke pohon. Tupai memiliki ukuran yang mini dan ekor yang cukup panjang berbulu tebal. Itulah alasan mengapa tupai menjadi hewan yang lucu dan menggemaskan.

Setelah membaca pemaparan di atas mengenai 10 hewan yang lucu dan menggemaskan, kira-kira hewan mana yang paling lucu menurutmu? Atau masih ada hewan lainnya yang menurutmu lucu selain hewan-hewan di atas?

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah dan memperdalam wawasan serta pengetahuan umum untuk kita semua. Untuk semua saran dan masukkannya silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini, ya. Sampai bertemu di artikel-artikel salanjutnya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment