Bacaterus / Pet / 10 Hewan Ini Bisa Dipelihara di dalam Kamar Tidur, Lho!

10 Hewan Ini Bisa Dipelihara di dalam Kamar Tidur, Lho!

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2019

Memelihara hewan adalah suatu hal yang menyenangkan sehingga kegiatan ini banyak dijadikan hobi oleh orang-orang. Selain merupakan hobi, kegiatan positif ini adalah perwujudan dari kasih sayang kita sebagai manusia terhadap sesama makhluk terutama hewan. Hewan-hewan yang  lucu dan unik biasanya menjadi hewan yang paling banyak dipelihara atau diadopsi.

Berbagai jenis hewan dapat kamu pelihara sesuka hati mulai dari reptil, unggas, maupun mamalia asalkan diurus sebaik mungkin mulai dari makanan hingga tempat atau kandang hewan tersebut agar hewan dapat merasa nyaman tanpa stress.

Pemilihan tempat atau kandang tersebut dapat kamu sesuaikan dengan ukuran serta habitat asli dari hewan peliharaanmu. Tapi tahukah kamu bahwa terdapat beberapa jenis hewan yang dapat kamu pelihara di kamar? Penasaran apa saja hewan yang dapat dipelihara di kamar tersebut? Temukan jawabannya dalam artikel Bacaterus di bawah ini.

1. Ikan

Ikan

*Sumber: https://www.pinterest.co.uk/pin/435160382735686575/

Hewan yang bisa dipelihara di kamar yang pertama adalah ikan. Ya, bukan rahasia lagi bahwa hewan yang satu ini menjadi hewan favorit yang biasa dipelihara di dalam rumah bahkan di dalam kamar.

Berbagai jenis ikan bisa kamu pelihara di kamarmu terutama jenis ikan hias karena memiliki bentuk fisik yang unik dengan warna mencolok yang sangat cantik. Ikan-ikan tersebut harus kamu tempatkan di sebuah aquarium lengkap dengan peralatan khususnya seperti aerator atau mesin oksigen.

Beberapa jenis ikan yang bisa kamu pelihara di dalam kamar diantaranya adalah ikan koi, ikan mas hias, ikan cupang, dan ikan arwana. Jangan lupa untuk membersihkan aquarium secara rutin agar ikan peliharaanmu tetap sehat dan bertahan hidup.

2. Kucing

Kucing

* sumber: www.housebeautiful.com

Memiliki wujud fisik yang lucu dan menggemaskan, kucing menjadi hewan terfavorit untuk dipelihara. Jenis kucing yang paling banyak dipelihara yaitu anggora dan persia yang  mana keduanya sangatlah unik dan lucu.

Selain itu kucing juga merupakan hewan yang cukup sederhana dari segi perawatannya sehingga tidak ribet dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya asalkan dipelihara dengan sebaik mungkin dan dicukupi segala kebutuhannya terutama makan.

Kucing merupakan hewan yang cerdas sehingga bisa dilatih untuk segala hal termasuk untuk buang air pada tempatnya. Hal ini menjadi poin lebih untuk memelihara kucing di dalam kamar sehingga kamu tidak khawatir lagi akan kotorannya yang berserakan.

Kunjungi artikel jenis kucing peliharaan paling populer di dunia ini jika kamu berencana untuk memelihara kucing di dalam kamar.

3. Iguana

Iguana

* sumber: www.instructables.com

Iguana juga menjadi hewan yang cocok untuk dipelihara di dalam kamar mengingat hewan ini merupakan hewan yang cukup jinak dengan tingkahnya yang menggemaskan. Cepat, responsif, serta lincah bergerak menjadikan hewan ini terlihat lebih menarik untuk dipelihara.

Hewan yang tergolong pada jenis reptil ini dapat kamu pelihara di dalam kamar menggunakan sebuah wadah transparan yang cukup luas untuk bergerak seperti aquarium tanpa air.

Memiliki habitat asli di daerah tropis, iguana merupakan hewan yang perlu perawan secara khusus diantaranya adalah perlunya sinar matahari pagi agar iguana tetap sehat dan fresh.

4. Hamster

Hamster

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=pZuwcttKGV0

Kecil, imut, nan menggemaskan merupakan kata yang cocok untuk mendeskripsikan hewan yang satu ini. Ya. Apalagi kalau bukan hamster si imut yang aktif bergerak. Hamster ini menjadi salah satu hewan yang cocok untuk dipelihara di dalam kamar karena tidak terlalu menyita tempat.

Perawatannya yang sederhana alias anti ribet menjadikan hamster ini banyak dipilih orang-orang sebagai hewan peliharaan. Biasanya hamster disimpan pada sebuah kandang transparan lengkap dengan wahana bermainnya yang super lucu dengan tingkah hamster yang sangat aktif berlari dan bermain.

5. Sugar Glider

Sugar Glider

* sumber: www.thesprucepets.com

Sugar glider adalah hewan kecil yang berasal dari Papua dan Maluku juga ditemukan di beberapa daerah di Australia. Namanya yang unik ini diambil dari hobinya yaitu makan makanan manis atau bergula sehingga disematkan kata sugar. Sementara untuk glider, karena hewan ini sering kali meluncur (glide).

Sugar glider memiliki perawakan yang kecil dan sangat menggemaskan sehingga cocok untuk dipelihara di dalam kamar. Hewan ini adalah hewan yang sangat ramah dan jinak pada siapapun. Selain itu, sugar glider juga dikenal sebagai hewan yang sederhana dalam perawatannya karena ia seringkali menjilati bulunya sendiri.

6. Burung Hantu

Burung Hantu

* sumber: www.elmwoodparkzoo.org

Jika kamu tak terbiasa atau merasa bosan dengan kondisi kamar yang selalu sepi dan terkesan mati, maka memelihara burung di kamar adalah solusinya. Meski terkesan aneh, tetapi faktanya tak sedikit orang yang memelihara burung dalam kamar.

Terdapat beberapa jenis burung yang cocok untuk dipelihara di dalam kamar, salah satunya adalah burung hantu. Mengapa burung hantu? Karena burung hantu biasanya tak terlalu aktif sehingga tidak terlalu membuat gaduh kamarmu.

Burung hantu yang dipelihara tidak perlu diberi sebuah sangkar atau kandang karena hal tersebut akan membuat burung yang satu ini stress. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menyiapkan dahan pohon sebagai tempat burung hantu bertengger yang telah didesain sebaik mungkin agar kokoh dan kuat.

7. Kura-kura

Kura-kura

* sumber: thegraduatejourney.wordpress.com

Kura-kura menjadi salah satu hewan yang disarankan untuk dipelihara di kamar. Hewan yang bisa hidup di dua alam ini merupakan hewan yang tidak memakan tempat sehingga kamu bisa memeliharanya di sudut kamar dengan tempat transparan seperti aquarium.

Desain aquarium tersebut sebaik mungkin dengan air jernih dan juga daratan buatan agar kura-kura bisa beristirahat di daratan tanpa berenang secara terus menerus di dalam air.

Hewan yang tergolong pada jenis hewan reptilia ini memiliki cangkang yang kuat dan indah. Teruntuk kamu yang berminat memelihara kura-kura, disarankan untuk memelihara kura-kura yang masih kecil karena terlihat lebih lucu dan menggemaskan.

Tempat tinggal kura-kura sangat mudah kotor dan keruh akibat kotoran yang dibuang, maka dari itu kamu harus membersihkannya dengan rutin, ya supaya kura-kura tetap sehat dan merasa nyaman.

8. Landak

Landak

* sumber: www.slashgear.com

Landak adalah binatang yang terkesan menyeramkan karena duri yang tumbuh hampir diseluruh bagian tubuhnya. Meskipun demikian, tetap saja banyak orang yang memilih landak untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan berkat tubuhnya yang mungil dan menggemaskan.

Landak tergolong pada hewan noktunal atau hewan yang biasa beraktivitas di malam hari. Sementara saat siang hari, landak lebih memilih bersembunyi atau beristirahat.

Landak juga merupakan hewan yang bisa dipelihara di kamar karena tubuhnya yang mungil dan tidak memakan tempat untuk memeliharanya sehingga cocok disimpan di dalam kamar .

9. Kelomang

Kelomang

* sumber: www.ukmriau.com

Kelomang adalah jenis hewan yang bisa kita temukan di pantai berpasir yang memiliki bentuk unik dengan cangkang kuat di punggungnya. Kelomang saat ini tengah banyak diperjualbelikan di beberapa tempat untuk dipelihara. Biasanya kelomang ini banyak dimainkan oleh anak-anak karena mungil serta lucu.

Kelomang menjadi salah satu hewan yang cocok dipelihara di kamar karena tidak mengganggu terhadap aktivitas kita di dalam kamar seperti tidur dan bersantai.

Kelomang adalah hewan yang bisa memanjat sehingga dikhawatirkan akan naik dari kandang dan melakukan suatu hal tak terduga seperti mencoba masuk ke dalam telinga. Maka dari itu, berikanlah kandang yang bertekstur licin seperti kaca agar kelomang sulit memanjat dan melarikan diri.

10. Ular

Ular

* sumber: www.elitereaders.com

Bagi kamu para pecinta reptil, tentu saja ular bukan lagi suatu hal yang asing karena sudah banyak dari mereka para pecinta reptil yang menjadikan ular sebagai hewan peliharaan yang disimpan di dalam kamar. Jenis ular yang paling banyak dipelihara di dalam kamar diantaranya adalah ular berjenis python.

Jika kamu berminat untuk memelihara ular dalam kamar, maka kamu harus mempersiapkannya secara matang-matang terlebih dalam memilih dan mendesain kandangnya agar tetap aman dan nyaman.

Ular sendiri merupakan hewan melata yang memiliki sisik bercorak unik dan cantik. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang lebih memilih ular untuk dijadikan hewan peliharaan dibandingkan dengan hewan lainnya.

Itu dia beberapa jenis hewan yang dapat kamu pelihara di dalam kamar agar kamarmu terlihat lebih hidup dengan adanya hewan peliharaan yang kamu sukai. Karena tempat hewan-hewan tersebut berada di dalam kamarmu, untuk menjaga kenyamanan serta kebersihan kamar, maka kamu harus rajin membersihkan serta merawatnya, ya!

Semoga informasi mengenai hewan yang bisa dipelihara di kamar sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah wawasan serta pengetahuan. Selain itu, semoga informasi di atas juga dapat menjadi referensi untukmu yang hendak memelihara hewan di dalam kamar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *