bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Hewan yang Dapat Berubah Warna Secara Menakjubkan

10 Hewan yang Dapat Berubah Warna Secara Menakjubkan

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 13 Maret 2021

Menakjubkan! Kata tertentu memang pantas disematkan pada hewan-hewan yang akan dibahas oleh Bacaterus kali ini. Selain penampilannya yang eksotis, hewan-hewan ini juga dianugerahi kemampuan luar biasa, yaitu dapat merubah warna tubuhnya.

Selain berguna untuk mengecoh predator yang sedang mengincarnya, beberapa hewan juga memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk berburu makanannya. Nah, jika kamu ingin tahu hewan apa saja yang memiliki kemampuan unik tersebut, maka simak ulasan menarik yang telah kami rangkum dalam artikel di bawah. Berikut adalah penjelasannya.

1. Bunglon

Bunglon

Bunglon adalah spesies reptil yang memiliki daya tarik. Hewan yang satu ini memang dikenal sejak lama memiliki kemampuan untuk berubah warna. Bunglon atau Calotes merupakan spesies yang masuk dalam keluarga Agamidae. Bunglon banyak ditemukan di kawasan Asia bagian selatan, hingga kepulauan yang ada di tanah air.

Bunglon menggunakan kemampuannya untuk berkamuflase dan juga beradaptasi terhadap perubahan suhu dan cahaya. Menurut beberapa peneliti, perubahan warna yang terjadi pada hewan ini merupakan cara dirinya dalam melakukan interaksi sosial dengan Bunglon lainnya. Secara garis besar hal warna pada tubuhnya yang berubah merupakan gambaran suasana hati yang mereka rasakan.

2. Ikan Sebelah (Flounder Fish)

Ikan Sebelah (Flounder Fish)

Flounders Fish atau ikan sebelah adalah salah satu jenis ikan yang memiliki penampilan yang unik dan berbeda dengan jenis ikan lain. Ikan berbentuk datar ini biasa hidup di dasar pasir atau lumpur dengan kedalaman sekitar 200 meter di bawah laut.

Selain karena bentuknya yang unik, ikan ini juga dikenal memiliki kemampuan untuk berubah warna. Perubahan warna sendiri terjadi karena ikan ini memiliki sel melanofora yang terkandung dalam bagian kulit Ikan. Kemampuannya tersebut digunakan sebagai mekanisme pertahanan diri maupun berkamuflase saat hendak memburu mangsanya.

3. Kumbang Kura-Kura Emas (Golden Tortoise Beetle)

Kumbang Kura-Kura Emas (Golden Tortoise Beetle)

Kumbang kura-kura emas memiliki nama ilmiah Charidotella sexpunctata. Di Indonesia sendiri hewan ini lebih dikenal dengan nama Kepik emas. Hewan ini bisa dengan mudah ditemukan di Amerika Utara. Kumbang kura-kura emas biasa hidup di daerah persawahan, perkebunan atau di tepian hutan.

Nah, kumbang kura-kura emas sendiri diketahui sebagai serangga pertama yang diketahui memiliki kemampuan untuk berubah warna tubuhnya dengan sangat cepat. Konon, perubahan warna ini terjadi bila dirinya sedang merasa terancam oleh predator yang hendak memangsanya. 

4. Gurita Penyamar (Mimic Octopus)

Gurita Penyamar (Mimic Octopus)

Hewan yang memiliki kemampuan berubah warna selanjutnya adalah Gurita penyamar atau masyarakat luar negeri kerap menyebutnya dengan nama Mimic Octopus. Hewan pemilik nama ilmiah Thaumoctopus mimicus ini pertama kali ditemukan di tanah air pada tahun 1998, yaitu di perairan Sulawesi.

Hewan ini dikenal karena kemampuannya baik dalam berkamuflase. Selain merubah warna tubuhnya, hewan ini juga memiliki kemampuannya untuk meniru bentuk dari benda mati seperti terumbu karang, pasir, batu, atau pun spesies hewan laut lainnya.

5. Kuda Laut

Kuda Laut

Selain bentuknya yang menawan, Kuda laut juga diketahui memiliki kemampuan untuk merubah warna. Kuda laut merupakan jenis ikan laut dari genus Hippocampus. Kuda laut dapat dengan mudah ditemukan di perairan tropis dan menengah yang ada di seluruh dunia. 

Hewan ini memang dikenal karena keunikannya. Selain dapat melakukan perubahan warna, kuda laut sendiri adalah salah satu hewan dimana jantannya diketahui dapat hamil. Kuda laut umumnya berubah warna dengan menyesuaikan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Sampai Hari Ini

6. Laba-Laba Kepiting (Crab Spider)

Laba-Laba Kepiting (Crab Spider)

Laba-laba kepiting adalah salah satu spesies laba-laba yang mempunyai kemampuan untuk berubah warna sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Hewan pemilik nama ilmiah Thomisus spectabilis ini sangat menyukai bunga.

Nah, kemampuan berubah warnanya sendiri dilakukan ketika hendak memburu mangsa atau mempertahankan diri dari predator pemangsanya. Laba-laba ini beraksi dengan sangat cepat ketika melumpuhkan mangsanya. Untuk melakukan kamuflase dengan baik, laba-laba ini akan tampak fokus dan terdiam dalam waktu yang cukup lama.

7. Katak Hijau Pasifik (Pacific Tree Frog)

Katak Hijau Pasifik (Pacific Tree Frog)

Katak pohon Pasifik atau yang dikenal dengan nama ilmiah Pseudacris regilla merupakan salah satu spesies katak yang bisa berubah warna. Katak jenis ini biasa hidup di atas permukaan laut yang berada di atas ketinggian hingga mencapai 10.000 kaki.

Spesies katak ini biasanya berkembang biak dengan baik di lingkungan perairan. Umumnya ditemukan berwarna hijau atau cokelat. Namun, warnanya sendiri  dapat berubah selama beberapa jam bahkan hingga beberapa minggu tergantung dari situasi suhu dan cahaya yang ada.

8. Sotong (Cuttlefish)

Sotong (Cuttlefish)

Hewan lainnya yang diketahui dapat berubah warna dengan baik adalah Cuttlefish atau yang sering dikenal dengan ikan Sotong. Sotong adalah jenis moluska yang biasa ditemukan di hampir semua perairan  mulai dari air tawar, air payau, maupun air asin. Hewan ini hidup di kedalaman yang cukup bervariasi.

Sotong dikenal mampu mengubah pola dan tekstur kulitnya menyerupai tempat persembunyiannya seperti batu karang dan pasir. Perubahan warnanya sendiri terjadi karena ikan Sotong ini memiliki sel warna, yaitu kromatofor yang berada tepat di bawah kulit. Masyarakat sendiri kerap memanfaatkan ikan jenis ini untuk santapan karena rasanya yang lezat.

9. Ikan Bermulut Babi (Hogfish)

Ikan Bermulut Babi (Hogfish)

Hogfish adalah jenis spesies ikan yang juga diketahui memiliki kemampuan unik untuk merubah warnanya. Nah, yang unik dari hewan ini adalah selain memiliki kemampuan merubah warna tubuhnya, Ikan ini juga memiliki kemampuan untuk merubah wajah.

Sama seperti jenis ikan hewan laut lain yang bisa berubah warna. Ikan Hogfish diketahui memiliki sel kromatofor di bawah kulit yang dimanfaatkannya untuk berkamuflase di lingkungan sekitarnya. Ikan dengan nama ilmiah Lachnolaimus maximus ini biasa ditemukan di kawasan perairan Samudra Atlantik Barat.

10. Cyanea Octopus

Cyanea Octopus

Nah, hewan terakhir yang dapat berubah warna lainnya adalah Octopus Cyanea. Hewan ini dikenal juga dengan nama lain, yaitu Octopus biru. Octopus biru diketahui aktive berburu makanan di siang hari. Hewan ini dikenal karena kemampuannya dalam melakukan kamuflase.

Selain mampu berubah warna, Octopus juga memiliki kemampuan untuk mengubah pola dan juga tekstur kulitnya. Ketika hewan ini bergerak, warna tubuhnya akan menyesuaikan substrat yang ada di bawahnya. Kemampuan unik inilah yang sering dimanfaatkan oleh Octopus biru untuk melindungi diri maupun berburu mangsa seperti ikan kecil, crustacea, kepiting maupun hewan laut lainnya.

Demikian informasi mengenai 10 hewan yang bisa mengubah warna tubuhnya. Kemampuan unik dari hewan-hewan di atas memang sebuah bukti betapa luar biasanya makhluk ciptaan Tuhan yang ada di alam. Nah, kira-kira hewan mana yang menurutmu cukup baik dalam berkamuflase di alam? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram