Bacaterus / Binatang Langka / Ini Dia 10 Hewan Terlangka di Dunia dengan Rupa yang Unik

Ini Dia 10 Hewan Terlangka di Dunia dengan Rupa yang Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2018

Berbicara mengenai hewan langka, apa yang langsung terbesit dalam benak Anda? Apakah Anda memikirkan hewan yang spesiesnya terancam punah, seperti beberapa jenis gorila? Atau justru hewan-hewan dengan rupa yang unik dan jarang Anda temui?

Ya, hewan langka bukan hanya hewan yang hampir punah, melainkan hewan dengan rupa unik yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Disebut langka karena hewan unik tersebut hanya ada di beberapa wilayah tertentu saja.

Di tulisan kali ini, Bacaterus tidak akan membahas hewan yang nyaris punah, melainkan 10 hewan terlangka di dunia dengan rupa yang unik dan mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Yuk, langsung saja simak daftar lengkapnya berikut ini.

10 Hewan Terlangka di Dunia

1. Cendrawasih Botak

Cenderawasih Botak Hewan Terlangka di Dunia

Cenderwasih Botak adalah satu dari sekian banyak hewan langka di Indonesia. Asal hewan langka ini adalah Raja Ampat, Papua. Hal ini membuktikan bahwa bukan alamnya saja yang indah, tetapi fauna di Papua juga memiliki rupa yang sangat cantik seperti burung ini.

Dikatakan sebagai hewan terlangka di dunia karena burung endemik ini hanya bisa ditemukan di dua pulau kecil, yakni di Waigeo dan Batanta, Kepulauan Raja Ampat.

Kecantikan burung ini berasal dari bulunya yang berwarna merah dan hitam, di bagian tengkuk berwarna kuning, dan di atas kepalanya berwarna hijau kebiruan. Yang menarik, ekor Cendrawasih Botak berbentuk dua lingkaran yang sepintas terlihat seperti pegangan gunting.

2. Ili Pika

Ili Pika

Selanjutnya, ada spesies kelinci langka yang kabarnya hanya ditemukan di Negeri Tirai bambu saja, yakni Ili Pika. Hewan yang lucu ini mendadak tenar setelah National Geographic merilis foto-fotonya. Maklum saja, kabarnya hewan baru terlihat lagi setelah 20 tahun terakhir.

Sayangnya, hewan ini masuk dalam kategori hewan langka yang hampir punah karena diperkirakan jumlahnya hanya tersisa 1.000 ekor saja di dunia, jumlah yang lebih sedikit ketimbang angka populasi panda di dunia. Kepunahan Ili Pika disebabkan karena spesies ini menjadi mangsa rubah, musang, dan burung.

3. Monyet Hidung Pesek

Monyet Hidung Pesek

Anda pasti dibuat kaget dengan penampilan Monyet Hidung Pesek. Pasalnya, jenis monyet ini memang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Asal hewan langka ini adalah di Burma, Myanmar. Namun, ada yang mengatakan bahwa monyet ini juga bisa ditemukan di Himalaya.

Monyet ini memiliki kombinasi bulu berwarna putih dan hitam, serta ada jambul di atas kepalanya. Yang membuat monyet ini nampak lucu, hidungnya yang pesek itu justru membuatnya selalu bersin saat musim hujan. Ya, jika Anda perhatikan hidung pesek monyet ini seperti menghadap ke atas, sehingga lebih mudah kemasukan air.

4. Ubur-ubur Emas

Ubur-ubur Emas

Ketika berenang di laut atau danau, kita seringkali khawatir diserang oleh predator atau justru disengat oleh hewan laut seperti ubur-ubur. Namun, Anda tidak perlu khawatir disengat jika berenang dengan ubur-ubur emas. Hewan terlangka di dunia ini sangat bersahabat dan karena sengatannya tidak akan terasa bagi manusia.

Ubur-ubur emas hanya bisa ditemukan di danau yang berada di Pulau Eil Malik yang berada di Republik Palau, Samudra Pasifik. Di Indonesia, Anda bisa menemukan ubur-ubur langka ini di Danau Kakaban, Kalimantan Timur.

5. Kelelawar Putih Honduras

Kelelawar Putih Honduras

Yang satu ini bukan boneka TsumTsum, tetapi adalah salah satu spesies kelelawar paling langka di dunia, namanya Kelelawar Putih Honduras. Asal hewan langka ini adalah Amerika Tengah dan mereka sangat senang tinggal di antara dedaunan.

Bagian telinga, wajah, hidung, dan sebagian kakinya berwarna kuning. Sementara bulunya berwarna putih bersih dan sayapnya berwarna hitam. Kelelawar putih Honduras ini hanya bisa memakan buah-buahan saja. Ukurannya pun sangat mini, yakni hanya sekitar 4,7 cm saja, sehingga Anda bisa meletakkannya di atas satu telapak tangan saja.

6. Kadal Berduri

Kadal Berduri

Penampilan kadal berduri ini pasti membuat Anda ngeri saat melihatnya. Maklum, dari ujung wajah sampai ekornya memang ditumbuhi dengan duri-duri tajam. Habitat asli dari kadal ini adalah gurun gersang yang berada di Australia. Kadal berduri termasuk jenis hewan langka karena sulit untuk dijumpai di daerah lain.

Hebatnya, kadal berduri ini memiliki kemampuan mengubah warna kulit seperti bunglon. Warna kulitnya bisa berubah cokelat, kuning, hitam, sampai kemerahan tergantung dengan warna tanah yang dilewatinya. Reptil yang juga memiliki julukan sebagai thorny devil ini benar-benar langka sekaligus seram, ya!

7. Octopus Dumbo

Octopus Dumbo

Octopus Dumbo atau yang juga dikenal dengan nama Grimpoteuthis adalah salah satu hewan terlangka di dunia yang tinggal di laut dalam. Keunikan binatang yang termasuk keluarga gurita ini terletak pada sirip yang berada di antara membran kakinya yang bentuknya menyerupai telinga gajah terbang yang dinamakan Dumbo di sebuah film animasi terkenal.

Pada umumnya, Octopus Dumbo hidup di dalam laut berkedalaman 3.000 meter dari dasar laut. Hal tersebut yang membuat hewan ini memang sangat jarang terlihat manusia. Ukuran Octopus Dumbo memang lebih kecil dibanding gurita pada umumnya karena panjang hewan ini hanya sekitar 20-30 cm saja.

8. Bidadari Halmahera

Bidadari Halmahera

* sumber: www.mongabay.co.id

Kembali kita membahas hewan langka dari jenis burung, kali ini ada Bidadari Halmahera, burung endemik di Kepulauan Maluku. Dengan kata lain, burung yang cantik ini hanya ada di bagian barat Kepulauan Maluku. Bidadari Halmahera jantan memiliki tampilan yang sangat menarik di mana bulunya memiliki kombinasi warna cokelat, hijau, dan zaitun.

Burung jantan Bidadari Halmahera memiliki sifat poligami. Sementara makanan utama hewan ini adalah serangga, artropoda, dan buah-buahan. Mengingat burung ini tidak banyak dijumpai di daerah lain selain Kepulauan Maluku, maka jumlah burung ini memang sangat terbatas dan bisa dikategorikan sebagai hewan terlangka di dunia.

9. Kanguru Pohon

Kanguru Pohon

Kanguru Pohon adalah hewan langka yang bisa ditemukan di Papua. Selain di Papua, habitat asli dari hewan ini adalah hutan hujan di Australia dan Queensland. Jika kanguru lain warnanya lebih ke cokelat muda, Kanguru Pohon ini warnanya lebih gelap. Bulu-bulunya yang berwarna cokelat akan terlihat seperti keemasan apabila terkena sinar matahari.

Sayangnya, Kanguru Pohon ini termasuk hewan langka yang mendekati kepunahan. Penyebab Kanguru Pohon nyaris punah adalah perburuan yang dilakukan manusia dan habitat aslinya yang mulai rusak.

10. Lumba-lumba Amazon

Lumba-lumba Amazon

Walaupun warnanya pink dan penampilannya mirip sekali dengan lumba-lumba pada umumnya, Lumba-lumba Sungai Amazon ini sangat tidak bersahabat dan tidak bisa dilatih seperti lumba-lumba yang biasa memainkan atraksi di sirkus atau kebun binatang.

Habitat lumba-lumba ini memang berada di sepanjang Sungai Amazon. Ia sangat suka tinggal di sungai yang luas dan berlumpur. Diperkirakan lumba-lumba jenis ini terancam punah karena setiap tahunnya ada 1.500 ekor lumba-lumba yang dibunuh di Sungai Amazon. Bangkai lumba-lumba ini dijadikan umpan untuk menangkap ikan Piracatinga yang sejenis dengan ikan lele.

Demikianlah 10 hewan terlangka di dunia yang memiliki rupa unik dan memang jarang atau bahkan tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Apabila Anda ingin menambahkan jenis hewan langka lain di seluruh dunia, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar