Bacaterus / Binatang / 10 Hewan Terganas di Dunia, Berani Mendekati Mereka?

10 Hewan Terganas di Dunia, Berani Mendekati Mereka?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap hewan pasti memiliki insting untuk bertahan hidup dari berbagai hal yang mengancam mereka. Pertahanan diri dari setiap hewan tentu berbeda-beda. Pada dasarnya, semua hewan tidak menyerang jika mereka tidak merasa terancam.

Namun, ada juga hewan ganas yang tak segan-segan menyerang mahluk yang mendekati mereka. Bahkan, serangannya bisa menimbulkan luka yang serius dan kematian. Berikut ini ada 10 hewan terganas di dunia versi Bacaterus. Jika tidak ingin mendapatkan serangan yang membahayakan jiwa, maka Anda harus menjaga jarak dengan hewan-hewan ganas ini.

10 Hewan Terganas di Dunia

1. Buaya Muara

Buaya Muara Hewan Terganas di Dunia

Meskipun hidup di sungai-sungai yang ada di Indonesia, buaya muara ini juga dinamakan buaya air asin karena spesies ini memang bisa hidup di dalam air asin. Buaya jenis ini bisa ditemukan di hampir semua perairan di Indonesia. Hewan terganas di dunia ini merupakan buaya terbesar dibanding jenis-jenis buaya lainnya di dunia.

Di Indonesia, pernah ditemukan buaya muara sepanjang 12 meter di Sangatta, Kalimantan Timur. Buaya ini dapat menyerang mangsanya di darat maupun di perairan. Bahkan, buaya muara bisa melompat dari dalam air untuk menerkam mangsanya. Bukan hanya binatang, manusia pun pernah menjadi santapan dari buaya terganas di dunia ini.

2. Ular Mamba Hitam

Ular Mamba Hitam

Ular dikenal sebagai hewan melata yang sangat menakutkan. Setiap orang awam pasti langsung lari terbirit-birit ketika melihat ular mendekatinya. Padahal, tidak semua ular berbisa. Ular mamba hitam masuk dalam daftar hewan terganas di dunia karena ini merupakan ular dengan gerakan tercepat dibanding jenis ular lainnya. Kecepatan mamba hitam bisa mencapai 1 KM/jam.

Walaupun mamba hitam hanya menyerang ketika merasa terancam, ular ini akan mengejar pengganggunya sampai dapat. Ketika berhasil mendapatkan pengganggunya, ular mamba hitam akan menggigit pengganggunya berkali-kali. Yang mengerikan, satu gigitan ular mamba hitam bisa membunuh 10 orang.

3. Bison Amerika

Bison Amerika

Jika dilihat sekilas, bison adalah hewan yang mirip dengan kerbau. Akan tetapi, bison justru lebih ganas dan agresif ketimbang kerbau. Bison Amerika adalah salah satu subspesies bison yang paling ganas. Hewan yang bobotnya bisa mencapai 1 ton ini tidak segan menyerang manusia atau hewan lain yang mengganggu anaknya.

Bahkan, ketika ada hewan atau manusia yang memasuki wilayahnya, Bison Amerika akan menyerang dengan membabi buta dengan cara menanduk berkali-kali. Bukan hanya satu ekor bison saja yang menyerang, tetapi bison-bison lain yang berada di sekitarnya akan turut membantu menyerang.

4. Hiu Putih

Hiu Putih

Anda pasti setuju jika ikan predator berbahaya yang ada di laut ini masuk dalam daftar hewan terganas di dunia. Adalah hiu putih yang merupakan ikan makro predator yang biasa memangsa hewan-hewan laut, baik itu gurita atau ikan-ikan kecil lainnya. Hiu putih memiliki gigi-gigi taring yang tajam untuk mencabik daging mangsanya.

Hiu putih termasuk hewan yang agresif dan pemburu paling berbahaya di dalam laut. Tercatat ada sejumlah serangan hiu putih yang dialami oleh manusia.

Sejumlah film-film Hollywood juga menjadikan hiu putih sebagai tokoh utamanya. Dalam film-film tersebut biasanya hiu putih digambarkan sebagai sosok predator ganas yang pantang menyerah dalam memburu manusia yang dianggap sebagai targetnya.

5. Singa Afrika

Singa Afrika

Padang sabana di Afrika tentu menjadi habitat bagi sejumlah predator ganas. Namun, di antara predator-predator ganas, ada satu satwa yang terganas dan merupakan penguasa padang sabana, yaitu Singa Afrika. Hewan ini berburu secara berkelompok, di mana satu kelompok biasanya terdiri dari 40 ekor singa jantan maupun betina.

Singa Afrika sangat pantas dijuluki sebagai pemburu terganas karena otot besarnya dan kaki-kakinya yang kuat memudahkan mereka menerkam mangsanya. Apalagi hewan ini juga memiliki cakar kuat, rahang keras, dan gigi yang tajam untuk mengoyak mangsanya.

Singa Afrika juga memiliki insting memburu yang kuat karena didukung dengan indera penciuman yang peka dan penglihatan tajam meskipun di malam hari.

6. Ubur-ubur Kotak

Ubur-ubur Kotak

Satu lagi predator yang dianggap paling berbahaya sekaligus mematikan, yaitu ubur-ubur kotak. Kita semua tahu bahwa ubur-ubur adalah hewan yang dapat menyengat mangsanya. Namun, sengatan dari ubur-ubur kotak ini sangat berbahaya.

Ubur-ubur jenis ini bisa memiliki sampai 15 tentakel dan semuanya dilapisi dengan sel penyengat yang disebut nematosist. Ketika korbannya menyentuh tentakel, maka nematosist ini mengeluarkan racun yang dapat merusak jantung, sistem saraf, dan sel kulit.

Manusia yang tersengat oleh ubur-ubur kotak dapat berisiko tinggi mengalami kematian akibat tenggelam karena shock berat atau gagal jantung. Namun, ada juga manusia yang berhasil selamat dari sengatan ubur-ubur kotak karena mendapatkan pengobatan yang baik. Namun, tetap saja mereka yang selamat akan merasakan sakit berminggu-minggu walaupun sudah diobati.

7. Kerbau Afrika

Kerbau Afrika

Jangan anggap remeh Kerbau Afrika karena hewan terganas di dunia ini memiliki sifat pemarah dan agresif dalam menghabisi mangsanya. Pada dasarnya, kerbau ini terlihat seperti hewan yang tenang ketika sendiri atau bersama gerombolannya. Namun, mereka bisa menjadi hewan yang ganas bila individu atau anaknya diganggu.

Hewan yang beratnya bisa mencapai 1 ton ini akan menyerang mangsanya dengan menggunakan sepasang tanduk melengkung yang sangat kuat. Bahkan, Kerbau Afrika juga tidak segan menyerang kendaraan yang melintas di dekatnya.

8. Badak Bercula Satu

Badak Bercula Satu

Sebagai hewan yang mudah marah, badak bercula satu juga merupakan hewan ganas yang harus Anda waspadai. Tubuhnya yang besar tidak menjadi penghalang bagi mereka yang ingin menyerang mangsanya. Tanduknya yang kuat dan tajam ini biasa digunakan sebagai senjata untuk menyeruduk mangsanya.

Meskipun tubuhnya besar, badak bercula satu juga cukup gesit dalam memburu mangsa. Tentu saja badak bercula satu dapat membunuh mangsanya dengan mudah karena sekali injak, mangsanya pasti tak berkutik karena bobot hewan ini bisa mencapai 3 ton.

9. Beruang Cokelat

Beruang Cokelat

Pernahkah Anda melihat wujud asli nyata beruang cokelat yang sering dijadikan boneka atau kartun anak-anak? Ternyata beruang cokelat tidak selucu dan menggemaskan seperti yang Anda lihat pada boneka dan kartun.

Beruang cokelat adalah binatang pemburu yang sangat tangkas. Hewan ini dapat menguntit mangsanya sebelum akhirnya menerkam punggung mangsanya dan membunuhnya hanya dengan satu pukulan cakarnya. Beruang cokelat memiliki temperamen yang sangat tinggi, sehingga dapat menyerang apapun yang ada di dekatnya meskipun mereka tidak sedang lapar.

10. Komodo

Komodo

Kalau Anda pernah melihat komodo dari dekat, Anda akan mengetahui alasan mengapa petugas kebun binatang atau penangkaran melarang Anda berada dekat dengan hewan penyendiri ini. Komodo merupakan salah satu hewan terganas di dunia yang dapat mengejar mangsanya dengan kecepatan 20 KM/jam.

Salah satu spesies kadal terbesar ini dapat menggigit mangsanya sampai mati karena air liurnya mengandung racun yang mematikan. Hewan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia ini lebih sering menyerang mangsanya dengan memanfaatkan cakar-cakarnya yang tajam.

10 hewan terganas di dunia ini dikenal dapat membunuh mangsanya, termasuk manusia. Setelah mengetahui fakta-fakta ini apakah Anda masih berani mendekati 10 hewan di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *