Bacaterus / Binatang / 10 Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Sampai Hari Ini

10 Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Sampai Hari Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Februari 2020

Keberadaan hewan raksasa memang menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Di bumi sendiri terdapat jutaan spesies hewan yang tersebar di muka Bumi. Mulai dari hewan yang terkecil sampai dengan hewan yang paling besar. Sebagian dari hewan-hewan tersebut bahkan dilindungi oleh pemerintah maupun organisasi dunia untuk menjaga populasinya.

Nah, berbicara mengenai eksistensi hewan-hewan unik dan langka. Maka beberapa hewan yang akan Bacaterus bahas kali ini termasuk unik karena ukuran tubuhnya yang luar biasa. Ingin tahu hewan apa saja? Inilah 10 hewan terbesar di dunia yang masih hidup sampai hari ini. Berikut adalah penjelasannya.

1. Blue Whale

Blue Whale

Berbicara mengenai hewan terbesar yang ada di dunia. Maka mamalia air yang satu ini mungkin berada di urutan paling puncak dalam klasifikasi hewan raksasa penghuni Bumi. Blue Whale atau Paus Biru merupakan hewan terbesar yang masih eksis hingga saat ini. Mamalia ini bisa memiliki bobot tubuh mencapai 180 ton dengan panjang 35 meter.

Karena hal tersebut, paus Biru menempati rekor sebagai hewan terbesar yang ada di dunia hingga saat ini. Habitat mereka di perairan dalam yang ada di samudera. Paus biru biasa hidup berkelompok dengan jumlah 20-50. Meskipun hewan ini berukuran raksasa. Namun, paus Biru termasuk hewan yang memiliki kemampuan berenang yang sangat baik.

2. Shark Whale

Shark Whale

Hewan selanjutnya yang memiliki ukuran raksasa adalah Shark Whale. Shark Whale atau Hiu paus merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Hewan bernama latin Rhincodon Typus ini merupakan salah satu spesies ikan terbesar yang ada di dunia. Hiu paus hanya memakan zooplankton dan ikan-ikan kecil.

Meskipun hewan ini termasuk dalam satwa liar. Namun Hiu paus cukup jinak dan bersahabat dengan manusia. Ukuran Hiu paus ini rata-rata mencapai panjang kurang lebih 10 meter dengan berat hampir 9 ton. Hiu paus banyak ditemukan di samudera Pasifik, Hindia dan Antartika.

Sebagian besar populasi mereka hidup di daerah dengan temperatur suhu yang lebih hangat. Mereka sendiri akan bermigrasi bila suhu di wilayahnya mulai dingin.

3. Gajah Afrika

Gajah Afrika

Gajih Afrika merupakan hewan raksasa lainnya yang memiliki ukuran tubuh paling besar di dunia. Hewan ini termasuk dalam spesies genus Loxodonta. Tinggi hewan raksasa ini bisa mencapai 4 meter dengan bobot yang bervariasi mulai dari 2,2 ton sampai 6,3 ton. Dengan ukurannya yang fantastis gajah Afrika mampu mengonsumsi makanan hingga 400 kg dalam sehari.

Gajah Afrika termasuk dalam salah satu hewan yang dilindungi. Berdasarkan konservasi internasional yang dilakukan IUCN atau International Union for Consevation of Nature untuk World Wildlife. Populasi hewan raksasa yang satu ini dalam keadaan yang memprihatinkan.

Banyaknya perburuan liar serta perdagangan ilegal yang dilakukan manusia menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan hewan karnivora yang satu ini.

4. Beruang Cokelat Kodiak

Beruang Cokelat Kodiak

Beruang Cokelat adalah salah satu spesies beruang yang berhabitat di wilayah Eurasia timur dan Amerika Utara. Beruang ini bisa mencapai tinggi 2,5 meter dengan bobot 700 kg. Beruang Kodiak biasa hidup di Alaska Barat Daya.

Hewan omnivora ini biasa hidup soliter atau menyendiri di alam liar. Meskipun terlihat buas, namun beruang Cokelat termasuk dalam hewan yang jinak. Hal tersebut berdasarkan jarangnya laporan yang menyebutkan bahwa hewan berambut cokelat tersebut menyerang manusia.

Ancaman terbesar bagi beruang cokelat adalah perburuan liar yang dilakukan manusia. Para pemburu biasa memanfaatkan kulit beruang yang memiliki nilai jual tinggi.

5. Buaya Muara

Buaya Muara

Biaya Muara atau Crocodylus Porosus merupakan jenis buaya terbesar yang hidup dunia. Predator mematikan yang satu ini berhabitat di sungai-sungai yang berada dekat dengan air laut. Buaya ini juga sering disebut sebagai buaya air asin karena habitatnya yang dekat dengan laut.

Ukuran dari predator yang satu ini bisa mencapai 2,5 sampai dengan 6 meter. Bobotnya sendiri bisa mencapai 200 kg. Buaya jenis ini juga sering disebut sebagai “Men Eater” atau pemakan manusia. Karena seringnya memangsa manusia yang memasuki wilayah tempat tinggalnya.

Buaya ini biasa tinggal di perairan dataran rendah dan daerah pantai tropis seperti Asia Tenggara, Asia Selatan dan Indo-Australia.

6. Anaconda Hijau

Anaconda hijau

Green Anaconda merupakan spesial ular raksasa yang masih eksis hingga hari ini. Hewan yang kerap melilit mangsanya hingga tewas ini merupakan predator mematikan lainnya yang ada di dunia. Anaconda Hijau bisa memiliki panjang mencapai 9 sampai 13 meter dengan bobot mencapai 250 kg.

Hewan yang memiliki nama latin Eunectes Murinus ini biasa hidup di wilayah Amerika Selatan. Anaconda ini memiliki ciri fisik berwarna hijau dengan corak hitam di tubuhnya. Posisi mata yang berada di atas memungkinkan predator mematikan ini melihat mangsa tanpa harus mengeluarkan tubuhnya ke permukaan air.

7. Burung Unta

Burung Unta

Burung unta merupakan unggas terbesar yang masih hidung sampai saat ini. Burung jenis ini berasal dari sabana yang ada di gurun Afrika Utara dan Selatan. Burung unta memiliki ukuran tinggi mencapai 2,5 meter. Burung unta menggunakan kakinya yang kuat untuk melindungi diri dari predator yang hendak memangsa.

Di timur tengah serta wilayah Afrika utara sendiri, burung unta biasa digunakan sebagai tunggangan. Burung ini memiliki nama ilmiah Struthio Camelus dan menjadi salah satu unggas yang dikenal tak bisa terbang. Meskipun demikian burung Unta bisa berlari dengan kecepatan yang mengagumkan, yaitu sekitar 70 km/jam. Hal tersebut menobatkannya menjadi unggas tercepat yang ada di dunia.

8. Gajah Laut

Gajah Laut

Gajah laut adalah hewan yang termasuk dalam kelompok mamalia air yang bisa berjalan di daratan atau Pinnipedia. Gajah laut sendiri termasuk Pinnipedia terbesar yang pernah ada di dunia. Spesies hewan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu gajah laut yang hidup di perairan Utara yang berhabitat di perairan Alaska dan gajah laut yang hidup di perairan Antartika yang ada di Selatan.

Gajah laut terbesar sendiri berasal dari perairan Antartika dengan nama ilmiah Mirounga Leonina. Mamalia yang berasal dari perairan selatan ini memiliki ukuran yang luar biasa. Tubuhnya bisa tumbuh mencapai 6 meter dengan berat 5 ton. Spesies yang satu ini tidak memiliki belalai panjang seperti pada gajah laut yang hidup di perairan Utara.

9. Collosal Squid

Collosal Squid

Mesonychoteuthis hamiltoni atau biasa di sebut cumi-cumi kolosal atau Collosal Squid merupakan spesies invertebrata raksasa yang hidup hingga saat ini. Collosal Squid bisa memiliki panjang sampai 12 meter dengan berat hampir 230 kg.

Collosal Squid merupakan makanan utama dari paus sperma. Hal tersebut diketahui dengan banyaknya tanda luka yang sering ditemukan di tubuh paus sperma yang berasal dari tentakel cumi-cumi kolosal.

Cumi-cumi kolosal biasa hidup di kedalaman laut. Ia memangsa Chaetognatha atau sejenis ikan besar seperti Dissosthicus Eleginoide serta makhluk-makhluk laut lainnya yang ada di perairan dalam untuk bisa bertahan hidup.

10. Komodo

Komodo

Komodo merupakan sejenis kadal raksasa terbesar yang ada di dunia. Komodo sendiri termasuk dalam familia Varanadie yang bisa memiliki panjang 3 meter dengan bobot tubuh mencapai 150 kg lebih. Komodo sendiri berhabitat di pulau Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Hewan ini termasuk dalam predator langka yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Komodo sendiri terkenal karena reputasinya yang cukup berbahaya. Hewan yang satu ini memiliki gigi tajam serta air liur yang sering disebut memiliki bisa mematikan yang belum memiliki penawar. Meskipun demikian hal tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan para ilmuan.

Organisasi IUCN sendiri menyatakan bahwa kadal raksasa yang satu ini rentan akan kepunahan. Hal tersebut tentu menjadi pekerjaan rumah bagi masyarakat yang ada di tanah air untuk selalu melindungi hewan langka yang satu ini.

Demikianlah 10 hewan terbesar di dunia yang masih hidup sampai hari ini. Keberadaan hewan-hewan terbesar yang ada di dunia tersebut memang sudah sepantasnya dilindungi agar anak cucu kita bisa melihat kebesaran Tuhan dengan segala makhluk ciptaan-Nya. Sekian informasi yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga artikel hiu terganas di dunia untuk menambah pengetahuan dan wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *