Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Inilah 10 Hewan Teraneh di Dunia yang Pernah Ditemukan

Inilah 10 Hewan Teraneh di Dunia yang Pernah Ditemukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 September 2018

Hewan telah hidup lama berdampingan dengan manusia. Kira-kira, nih, kamu tahu nggak berapa jumlah spesies hewan yang ada saat ini?

Menurut sejumlah ahli, ada lebih dari jutaan spesies hewan yang telah terindentifikasi sampai sekarang. Hewan-hewan itu memiliki ragam bentuk dan jenis unik yang hidup sesuai lingkungannya. Ada yang di darat seperti pedalaman hutan, gua, tanah, dan lainnya. Mereka yang tinggal di laut, tinggal di kedalaman yang berbeda, bahkan mencapai paling dalam dan membuat sinar matahari tak memasukinya.

Biasanya, hewan-hewan seperti itu terlihat aneh dan bisa saja menyeramkan karena tak pernah muncul sebelumnya. Di sini, Bacaterus berhasil merangkum hewan-hewan aneh yang pernah ditemukan para ahli dari berbagai sumber. Berikut 10 hewan aneh tersebut.

10 Hewan Teraneh di Dunia

1. Okapi

* sumber: www.zoobeauval.com

Tak sedikit orang yang pernah mendengar nama hewan ini. Apakah kamu salah satunya? Wajar jika tidak tahu karena, Okapi jarang ditemukan di kebun binatang di Indonesia.

Hewan berasal dari Republik Kongo, Afrika, itu terbilang cukup unik dan aneh. Bagaimana tidak, ciri-ciri fisiknya sangat khas dengan kaki mirip zebra, badan seperti kedelai, dan kepalanya menyerupai jerapah. Meski hanya melihat sekilas atau dari kejauhan, kamu pasti bakalan langsung tahu kalau yang satu ini adalah hewan bernama Okapi.

Walaupun terlihat seperti zebra, hewan bernama latin Okapia jhonstoni ini ternyata lebih berkerabat dekat dengan jerapah. Habitat aslinya merupakan hutan hujan tropis di Kongo seperti Taman Nasional Maiko, Hutan Ituri, Sungai Rubi, Danau Tele, Ebola, dan Sungai Ubangi.

Sayangnya, Okapi sudah jarang ditemui hidup liar karena perburuan ilegal dan pembangunan. Hingga sampai saat ini, jumlah Okapi di alam liar berjumlah sekitar 25.000 ekor dan telah berstatus terancam punah.

2. Venezuelan Poodle Moth

Venezuelan Poodle Moth

* sumber: amazing.zone

Venezuelan Poodle Moth, adalah serangga berjenis ngengat berasal dari Venezuela yang memiliki bentuk fisik lucu dan menggemaskan. Bahkan tak sedikit orang bilang, hewan ini lebih mirip pokemon. Tapi, kamu harus tahu kalau ternyata hewan yang ditemukan Dr. Arthur Anker asal Kyrgyzstan ini terbilang aneh, kerena memiliki rambut tebal dengan fungsi berbeda dari mamalia.

Pada mamalia, rambut digunakan untuk mengatur suhu tubuh agar sesuai dengan kondisi lingkungan. Namun, ngengat yang ditemukan pada tahun 2009 ini tidak menggunakan bulunya untuk mengatur suhu, karena habitatnya di hutan tropis.

Rambut-rambut itu berfungsi untuk melindungi diri dari predator, termasuk manusia. Bulunya bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Meski menggemaskan kemudian bermaksud untuk menjadikannya peliharaan, sebaiknya kamu berpikir ulang untuk itu. Hingga saat ini, belum ada penelitian lanjut mengenai serangga mirip anjing pudel tersebut.

3. Dumbo Octopus

* sumber: oceana.org

Terlihat dari namanya, hewan ini berasal dari genus gurita dengan nama latin Grimpothethis, tapi lebih dikenal sebagai dumbo karena mirip dengan karakter Disney pada 1941 yaitu Dumbo. Gurita ini memiliki sirip seperti telinga panjang yang cukup menonjol dan mata besar.

Spesies ini sebagian besar hidup di kedalaman setidaknya 3000 hingga 7000 meter di bawah permukaan laut. Gurita Dumbo sempat ditemukan di peraian Selandia Baru, Australia, Monterey Bay, dan Papua Nugini, tapi mereka merupakan spesies Octopoda paling langka dan merupakan karnivora. Beberapa mangsanya adalah isopooda, amiphipoda, cacing berbulu, dan hewan kecil yang hidup di dasar laut.

Selain masuk ke dalam hewan teraneh, Dumbo Octopus juga dikategorikan sebagai hewan terunik. Ingin tahu daftar hewan terunik lainnya? Yuk cari tahu di artikel 10 Hewan Terunik yang Bikin Gagal Paham ini.

4. Babi laut

Babi laut

* sumber: endlessocean.wikia.com

Berdasarkan nama dan bentuk, hewan ini dikenal sebagai babi laut. Tapi, kamu harus tahu jika sebenarnya hewan dasar laut  bernama latin echinodermata ini adalah jenis teripang, satu keluarga dengan bulu babi dan bintang laut. Babi laut ada di semua lautan di bumi, hanya saja tidak mudah ditemukan karena hidup di bagian yang terdingin dan paling dalam.

Babi laut terlihat memiliki antena pada kepalanya, tapi ternyata itu adalah kaki tabung yang berfungsi sebagai sensorik. Peran mereka cukup penting karena merupakan pembersih lantai lautan dari hewan-hewan kecil dan tumbuhan yang membusuk. Tak hanya hewan kecil, bahkan bangkai paus pun akan menjadi santapan babi laut ini.

5. Blobfish

* sumber: www.discovery.com

Ikan bernama latin Psychrolutes marcidus atau lebih dikenal blobfish ini dijuluki sebagai si buruk rupa. Julukan itu bukan tanpa alasan, ikan mirip agar-agar merah muda ini terpilih sebagai hewan terburuk dan dijadikan maskot resmi kelompok yang mengurus binatang buruk, yaitu Ugly Animal Preservation Society.

Blobfish benar-benar hewan aneh nan unik. Ia tidak memiliki gelembung renang seperti ikan lainnya. Habibat aslinya yang berada di kedalaman 600 meter hingga 1,2 kilometer di bawah permukaan laut tidak membutuhkan organ tersebut. Kalaupun ada, pasti sudah hancur karena tekanan air. Untuk tetap berenang, blobfish hanya menggunakan dagingnya yang bertekstur seperti gelatin.

Sebenarnya, blobfish tidak seburuk itu ketika berada di habitat aslinya. Ia terlihat seperti gumpalan agar-agar dengan wajah murung dikarenakan tidak adanya tekanan air laut, sehingga tubuhnya mengendur dan menjadikannya jelek.

6. Gobi Jerboa

Gobi Jerboa

* sumber: www.thefactsite.com

Jerboa terlihat seperti gabungan antara tikus dan kanguru pada kakinya yang memanjang. Kaki tersebut digunakan untuk melompat dengan jarak cukup jauh. Hewan kecil ini merupakan pengerat yang kuat terhadap suhu ekstrem. Mereka hidup di Gurun Gobi dan beberapa spesies lainnya di Sahara, yang memiliki suhu terpanas dan akan sangat dingin di malam harinya.

Ada yang menarik dari Jerboa, mereka tidak pernah minum air secara langsung. Selain karena hidup di gurun, mereka mendapatkan cairan dari makanan seperti serangga, biji-bijian, dan buah. Hewan pengerat ini lebih sering beraktivitas di malam hari, karena siangnya digunakan untuk bersembunyi dari predator dan mereka memang sangat pemalu.

7. Sea Pen

Sea Pen

* sumber: footage.framepool.com

Seperti namanya, hewan yang termasuk karang lunak ini terlihat mirip pena bulu yang digunakan pada zaman dahulu. Tubuhnya terdiri dari polip (koloni karang dibentuk ribuan hewan kecil) dengan tentakel membentuk bulu. Mereka tinggal di banyak lautan yang memiliki arus dan pasir di kedalaman lebih dari 5000 meter.

Pena laut diam di satu tempat yang sama. Mereka akan pindah jika makanannya berupa plankton sudah tidak ditemukan di tempat tersebut, menggunakan kakinya yang bulat. Hewan yang memiliki 300 spesies di dunia ini menjadi santapan empuk para ikan. Sebagai perlindungan, pena laut dapat memberi sengatan kecil dengan mengeluarkan cahaya dari tubuhnya.

8. Yeti Crab

* sumber: www.bbc.com

Nama Yeti identik dengan makhluk mitos besar dan berbulu. Tak jauh berbeda dengan itu, hewan ini terlihat berbulu dan cukup besar daripada kepiting biasanya. Hanya saja, sebenarnya itu bukanlah bulu tetapi merupakan penutup setae yang padat yang bisa ditemukan pada kaki udang. Penutup setae berfungsi sebagai filter untuk membersihkan air dari racun.

Yeti crab atau lobster berbulu ini ditemukan pada 2005 di aliran hydrothermal di Lautan Pasifik, dengan kedalaman sekitar 2.296 meter. Berada di lautan yang gelap, hewan ini mudah ditemukan karena warnanya yang putih. Mereka juga termasuk hewan buta warna.

9. Silkie Chicken

Silkie Chicken

* sumber: en.wikipedia.org

Silkie merupakan jenis ayam yang populer dan menjadi favorit untuk dikoleksi karena bulunya yang cantik dan perilaku ramah. Ayam ini diyakini berasal dari kawasan China, bahkan telah ada sejak Dinasti Han tahun 206 sebelum masehi.

Uniknya, meski memiliki bulu putih yang sangat lebat, ayam silkie berdaging dan tulang berwarna hitam. Dagingnya sering dijadikan pengobatan karena mengandung dua kali lebih banyak karnitin (zat anti-penuaan) daripada ayam lainnya.

10. Blue Ocean Slug (Serangga Laut Biru)

Blue Ocean Slug (Serangga Laut Biru)

* sumber: boredomtherapy.com

Hewan aneh yang terakhir adalah blue ocean slug atau serangga laut biru, atau orang-orang menyebutnya blue dragon karena bentuknya yang sangat unik, terlihat seperti terbang daripada berenang. Mereka berukuran sekitar 58 centimeter dan banyak ditemukan di perairan hangat di seluruh dunia, terutama di wilayah Eropa dan Afrika.

Meski terlihat lucu, si blue dragon ini adalah hewan karnivora. Bahkan, makanan favoritnya adalah ubur-ubur beracun. Mereka tidak akan terkena racun ubur-ubur karena tubuhnya sangat kebal. Para ilmuan juga percaya, hewan dengan warna terang ini memiliki sifat kanibalisme yang memakan sesama jenis.

Bagaimana? Cukup aneh, kan? Atau kamu tak percaya kalau ada hewan-hewan seperti itu di bumi? Memang sulit dipercaya, tetapi mereka benar-benar hidup di planet yang sama dengan kita. Jika suatu saat bertemu, kamu setidaknya sudah mengetahui sifat-sifat hewan aneh ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

2 Comments

  1. aden 6 November 2018 at 08:36 - Reply

    sungguh ciptaan allah ayang amat hebat

    • Bacaterus 7 November 2018 at 16:05 - Reply

      👍🏻

Leave A Comment