bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Unik! Ini 10 Hewan yang Hobi Mencuri Makanan Hewan Lain

Unik! Ini 10 Hewan yang Hobi Mencuri Makanan Hewan Lain

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 18 Februari 2021

Tingkah laku hewan memang sulit untuk ditebak. Beberapa hewan diketahui mampu mengecoh manusia dengan tampilannya yang mengagumkan padahal sejatinya mereka dikenal sebagai hewan pencuri. Keberadaan hewan-hewan tersebut bahkan sangat dibenci oleh hewan-hewan lain karena sifatnya tersebut.

Nah, jenis hewan apa saja yang memiliki sifat pencuri? Yuk, simak ulasan mengenai hewan pencuri makanan yang akan Bacaterus rangkum dalam artikel di bawah.

1. Burung Jay

Burung Jay

Selain dikenal sebagai buruk tercantik di dunia, burung Jay juga memiliki predikat yang bertolak belakang dengan penampilannya yang mempesona. Ya, spesies burung pemilik nama ilmiah Cyanocitta cristata ini dikenali sebagai salah satu hewan pencuri yang cukup handal di alam liar.

Burung yang biasa ditemukan di wilayah Amerika Serikat serta Kanada ini memang dikenal sangat menyebalkan, terutama bagi spesies burung lain. Burung ini diketahui kerap mencuri makanan milik burung lain. Korbannya sendiri biasanya sesama burung Jay atau bahkan burung dari spesies lain yang memiliki kesamaan dalam hal makanan.

Nah, penampilannya yang kerap menuai pujian dari manusia memang sangat bertolak belakang dengan sifatnya yang dikenal sangat buruk.

2. Hyena

Hyena

Jika burung Jay menyembunyikan sifat buruknya dengan tampilannya yang memukau, maka hewan yang satu ini dikenal karena penampilannya yang menyeramkan. Meski begitu, namun mereka sendiri dikenal sebagai hewan yang suka bergerombol ketika melancarkan aksi pencuriannya.

Ya, Hyena dikenal sebagai hewan yang suka melakukan aksi pencurian dengan membentuk kelompok. Mereka kerap bersama-sama menghadapi singa yang sedang menyantap hasil buruannya. Nah, bila sudah seperti ini, singa pun terkadang harus mengalah dibanding harus mendapat serbuan dari sekumpulan pencuri liar tersebut.

3. Tupai

Tupai

Siapa yang tidak tersenyum ketika melihat wajahnya yang lucu dan menggemaskan? Mamalia mungil yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan bajing ini memang terlihat seperti hewan peliharaan yang baik dan tidak banyak berubah. Namun, dibalik wajahnya yang lucu dan menggemaskan. Tupai juga dikenal sebagai pencuri yang sangat berani dan cekatan.

Mereka kerap masuk ke rumah-rumah warga atau pertokoan untuk mencuri makanan yang tersimpan di dalamnya. Tupai sendiri menjadi salah satu hewan yang dikenal sangat lincah dan bisa menyusahkan bila masuk ke dalam rumah.

4. Serigala Arktik

Serigala Arktik

Serigala Arktik atau lebih populer dengan nama serigala putih atau serigala kutub ini adalah salah satu pencuri lainnya yang juga terampil ketika di alam bebas. Sekilas hewan pemilik nama ilmiah Canis lupus arctos ini memang terlihat biasa, bahkan tampak sangat bersahabat.

Nah, meski penampilannya cukup mempesona, namun hewan yang ketahui mampu bertahan hidup di suhu ekstrem ini dikenal suka mencuri telur dari sarang burung. Mereka sendiri kerap memanfaatkan bulu putih yang mereka miliki untuk berkamuflase dengan salju. Nah, sepertinya burung-burung harus lebih waspada terhadap hewan pencuri yang satu ini.

5. Gurita

Gurita

Gurita adalah salah satu hewan laut yang memiliki karakteristik fisik yang cukup unik. Bagi sebagian orang hewan ini terlihat menakutkan, namun tak sedikit pula yang menganggap hewan ini cukup mengagumkan karena kemampuan kamuflase yang dimilikinya.

Nah, di luar hal tersebut, Gurita atau Octopus dikenal sebagai pencuri yang cerdas. Ia kerap kari mencuri hasil tangkapan hewan lain seperti ikan, kepiting, dan makhluk laut lainnya. Nah, dengan menggunakan tentakelnya yang panjang dan kuat, Gurita pun bisa dengan mudah mengakuisisi hasil buruan hewan lain.

Baca juga: Menarik! Misteri Rubah Pencuri Sepatu di Zehlendorf, Jerman

6. Scorpionfly

Scorpionfly

Hewan yang satu ini dikenal manipulatif dan juga licik. Scorpionfly adalah salah atau serangga yang memiliki karakteristik fisik yang unik perpaduan antara hewan ngengat dengan scorpion pada bagian ekornya. Serangga ini kerap mencuri makanan dari sarang laba-laba untuk menarik Scorpionfly betina.

Nah, hal yang membuat hewan ini dikenal sebagai hewan licik adalah karena ia kerap kali menyamar menjadi seekor Scorpionfly betina agar mendapatkan makanan dari Scorpionfly jantan. Nah, ketika misinya telah berhasil. Ia pun akan terbang dan memberikan makan tersebut pada betinanya.

7. Burung Camar

Burung Camar

Burung yang menjadi inspirasi dalam sebuah lagu yang cukup populer di era 80-an ini dikenal sebagai Pirates of the Seashore atau burung pembajak di tepi pantai. Nah, reputasinya sebagai seorang pencuri makanan memang sudah menjadi rahasia umum.

Burung yang masuk ke dalam keluarga Laridae ini kerap kali bertindak anarkis pada hewan-hewan lain yang baru saja mendapatkan hasil tangkapan seperti berang-berang, burung pelikan, bahkan pada sesama burung camar. Meskipun burung ini bertubuh kecil, namun nyalinya saat membajak makanan dari hewan lain memang patut diacungi jempol.

8. Paus Sperma

Paus Sperma

Paus sperma dikenal juga sebagai paus pembunuh. Mamalia berukuran raksasa ini menjadi predator ganas yang ada di samudera. Selain ditakuti oleh hewan-hewan yang ada di dasar laut. Musuh bebuyutan dari Octopus raksasa ini juga ditakuti oleh para nelayan ketika sedang melaut.

Alasannya sendiri adalah karena ikan Paus Sperma kerap mencuri hasil tangkapan para nelayan dengan sangat gesit. Nah, melihat ukurannya yang besar, nelayan mana yang akan berani menghadapi ikan paus tersebut.

9. Monyet Rhesus

Monyet Rhesus

Nah, jika kamu berpapasan dengan hewan ini, maka sebaiknya jaga makanan yang kamu miliki dengan hati-hati. Monyet Rhesus adalah salah satu spesies monyet yang cukup terkenal di dunia. Meskipun monyet ini dikenal sebagai spesies monyet yang mudah untuk dipelihara dalam penangkaran, namun kebiasaan monyet ini mencuri menjadi salah satu hal yang wajib diwaspadai.

Ya, monyet ini memang dikenal iseng dan kerap mencuri makanan yang bawa oleh manusia atau hewan lain yang berada dekat dengannya. Mereka sendiri dikenal sangat suka mengumpulkan berbagai jenis makanan yang mereka cari sendiri di alam terbuka.

10. Burung Hering

Burung Hering

Hewan lain yang juga sering mencuri makanan hewan lain adalah burung Hering. Meskipun dikenal sebagai spesies burung yang kuat dan agresif, namun burung ini dikenal sangat malas untuk berburu makanannya sendiri.

Untuk bertahan hidup, ia akan terbang seraya mencari bangkai yang telah ditinggalkan sang empunya atau merebut makanan hasil buruan binatang lain. Burung ini memang dikenal sangat galak, bahkan tidak segan untuk bertarung memperebutkan hasil buruan.

Masyarakat sendiri kerap menyebut burung yang memiliki nama ilmiah Gyps fulvus ini dengan sebutan burung bangkai karena hobinya memakai bangkai hewan.

Nah, itulah beberapa hewan pencuri makanan yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Hampir sebagian besar sifat mereka memang memiliki kemiripan dengan manusia. So, hewan manakah yang menurut kamu lebih berbahaya? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram