bacaterus web banner retina
Bacaterus / Binatang / 10 Hewan yang Memiliki Kemampuan Indera Keenam Tak Terduga

10 Hewan yang Memiliki Kemampuan Indera Keenam Tak Terduga

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 9 Mei 2021

Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang kerap membuat manusia kagum dengan kemampuannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa beberapa jenis hewan memang dianugerahi kemampuan unik untuk bisa bertahan hidup. Setelah sebelumnya kita membahas jenis-jenis heran yang memiliki kemampuan untuk berubah warna.

Kali ini, Bacaterus akan membahas beberapa hewan yang diketahui memiliki kemampuan indera keenam, yaitu kemampuan untuk memprediksi sesuatu secara akurat. Kemampuan yang mereka miliki biasa digunakan untuk bisa bertahan hidup di alam liar dari berbagai serangan predator maupun untuk berkembang biak.

Supaya kamu  tidak semakin penasaran dengan hewan-hewan tersebut. Yuk, simak artikel mengenai hewan-hewan luar biasa tersebut dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya.

1. Laba-Laba

Salah satu hewan yang dikenal memiliki indera keenam yang pertama adalah laba-laba. Hewan ini diketahui memiliki sensor reseptor atau dikenal juga dengan mekanoreseptor, yang berguna untuk  mengetahui perbedaan gerakan yang ada di sekitarnya. Sensor tersebut berada di dalam organ slit sensilla.

Laba-laba sendiri biasa memanfaatkan kemampuan indera keenamnya ini untuk mendeteksi keberadaan mangsa, yang terperangkap dalam jaring yang dibuatnya. Selain itu, kemampuannya tersebut juga kerap dimanfaatkannya untuk menghindari predator yang akan memangsanya.

2. Ubur-Ubur

Ubur-ubur adalah sejenis hewan laut tidak bertulang belakang atau invertebrata yang dikenal memiliki kemampuan indera keenam. Ubur-ubur dikenal mempunyai sebuah reseptor keseimbangan yang disebut statocysts. Reseptor inilah yang digunakan oleh hewan-hewan tertua yang ada di bumi ini untuk membantu mereka untuk bergerak atau pun beradaptasi di samudera yang luas.

Jadi, jangan heran apabila makhluk laut yang terlihat lemah dan tidak berdaya ini mampu bergerak dengan sangat baik di arus laut yang kerap berubah dengan ekstrim. Kemampuannya tersebut tentu sangat mengagumkan.

3. Merpati

Hewan selanjutnya yang memiliki kemampuan indera keenam adalah burung merpati. Hampir sebagai besar spesies burung yang bermigrasi memiliki kemampuan untuk mendeteksi medan magnet bumi yang disebut magnetoreception. Kemampuan ini hampir sama dengan alat navigasi kompas yang biasa digunakan dalam penerbangan.

Diantara sekian banyak jenis burung migrasi, merpati adalah salah satu jenis burung yang dikenal memiliki kemampuan navigasi yang cukup baik. Kemampuan yang dimilikinya ini membuat mereka dapat mengidentifikasi letak geografis keberadaannya.

4. Hiu

Selain dikenal sebagai predator mematikan di bawah lautan, ikan hiu juga dikenal karena memiliki kemampuan mendeteksi medan listrik yang ada di sekelilingnya dengan sangat baik. Kemampuan tersebut kerap disebut juga dengan electroreception. Seperti kita ketahui, air asin memiliki daya hantar listrik yang cukup baik.

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh ikan hiu untuk mendeteksi keberadaan mangsa melalui aliran listrik yang dikeluarkan oleh ikan saat mengerutkan ototnya. Beberapa jenis ikan hiu sendiri konon memiliki sensitivitas yang cukup tinggi hingga dapat merasakan keberadaan perubahan muatan listrik yang cukup kecil dari jarak yang cukup jauh, bahkan mencapai 1000 mil.

5. Platipus

Salah satu hewan unik yang satu ini juga dikenal memiliki kemampuan indera keenam. Platipus adalah salah satu hewan semi-akuatik yang banyak ditemukan di benua Australia. Meskipun dikenal tergolong hewan bertelur, namun pada dasarnya hewan berparuh mirip dengan bebek ini tergolony sebagai  jenis hewan mamalia.

Salah satu keunikan yang dimiliki hewan ini adalah mampu merasakan detak jantung dari hewan lain melalui indra yang berada di bagian paruhnya. Kemampuan yang dimilikinya tersebut biasa ia gunakan untuk melindungi dari serangan predator, atau pun mendeteksi keberadaan mangsa buruannya, yang sebagai besar kehidupannya dihabiskan di sungai berlumpur.

Baca juga: Hewan yang Dapat Berubah Warna Secara Menakjubkan

6. Ikan Salmon

Selain sering disajikan sebagai hidangan yang lezat, jenis ikan yang cukup digemari oleh masyarakat dunia ini juga dikenal memiliki indera keenam yang mampu membuat ilmuwan dari seluruh dunia kagum. Ikan salmon diketahui mampu mengetahui sungai tempat ikan-ikan tersebut dilahirkan.

Para ilmuwan sendiri menyimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan ikan salmon berkat kemampuan ikan salmon untuk mendeteksi medan magnet bumi, serta sensitivitas penciuman yang cukup tinggi sehingga membuat ikan-ikan tersebut mampu mengetahui tempat asalnya.

Meskipun jarak tempat kelahiran mereka berjarak lumayan jauh, namun ikan-ikan tersebut akan menempuhnya untuk bisa menyimpan telur-telurnya di tempat tersebut.

7. Penyu

Sama seperti halnya ikan salmon, penyu juga memiliki kemampuan untuk mengetahui pantai tempat kelahirannya. Meskipun penyu-penyu tersebut telah lama meninggalkan pantai tempat kelahirannya tersebut dalam kurun waktu yang lama, namun penyu-penyu tersebut akan kembali ke tempat tersebut untuk menyimpan telur-telur mereka di tempat tersebut.

Para peneliti percaya bahwa kemampuan penyu dalam mengingat tempat kelahirannya tersebut berkaitan dengan kemampuannya untuk mendeteksi medan magnet bumi, yang biasa juga dimiliki oleh jenis-jenis hewan yang berimigrasi lainnya.

8. Ular Pit

Diantara jenis ular berbisa yang ada di dunia. Beberapa diantaranya diketahui memiliki indera keenam yang cukup kuat. Salah satu jenis ular tersebut adalah jenis ular pit. Ular ini termasuk salah satu ular paling berbisa yang ada di dunia. Ular pit diketahui memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu panas melalui lubang-lubang antara mata dan hidung.

Lubang-lubang tersebut merupakan organ yang diketahui memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Melalui lubang itulah ular pit dapat mendeteksi suhu tubuh mangsanya, serta mengetahui jarak mereka secara akurat. Hal inilah yang membuat salah satu predator yang satu ini cukup unggul saat berburu mangsa di malam hari.

9. Lumba-Lumba

Siapa tidak suka dengan lumba-lumba? Mamalia air yang dikenal bersahabat dengan manusia diketahui memiliki kemampuan indera keenam yang mungkin tidak diketahui oleh orang lain. Lumba-lumba sendiri diketahui menggunakan gelombang suara untuk menentukan posisi keberadaannya.

Suara tersebut diketahui memiliki kemampuan merambat yang jauh lebih baik ketimbang di udara. Seperti kita ketahui Lumba-lumba adalah hewan air yang memiliki penglihatan yang buruk ketika di dalam air. Beruntung, indera keenam yang dimiliki oleh lumba-lumba cukup membantu arah dalam menentukan arah air di samudera.

10. Kelelawar

Nah, hewan terakhir yang juga memiliki kemampuan indera keenam adalah kelelawar. Hewan yang biasa  mengantungkan tubuhnya di atas gua dan pohon ini memang memiliki penglihatan yang buruk. Beberapa jenis kelelawar sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk menentukan lokasi melalui pantulan suara yang dihasilkan.

Jenis kelelawar yang diketahui memiliki kemampuan ini adalah kelelawar yang memiliki laring atau pangkal tenggorokan yang dapat menghasilkan suara melalui mulut dan hidung. Pantulan suara yang dihasilkan tersebut biasa mereka gunakan sebagai navigasi saat mereka terbang. Kemampuan navigasi alami yang dimiliki oleh kelelawar adalah sesuatu yang cukup menarik.

Demikian 10 Hewan pemilik indera keenam yang berhasil Bacaterus bahas untuk kamu. Kemampuan hewan-hewan tersebut merupakan sebuah bukti betapa luar biasanya makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini. Nah, kira-kira apakah ada jenis hewan lain yang kamu ketahui memiliki kemampuan indera keenam? Tulis  komentar di bawah, ya!

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram