bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Ini Dia 10 Hewan dengan Gerakan Paling Lambat di Dunia

Ini Dia 10 Hewan dengan Gerakan Paling Lambat di Dunia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 12 Februari 2021

Hewan terdiri dari beragam spesies yang tersebar hampir di seluruh wilayah yang ada dunia. Setiap jenis hewan diketahui memiliki kemampuan yang unik dan berbeda satu sama lain. Seperti yang kita ketahui, beberapa hewan dianugerahi dengan kekuatan, kecepatan, serta bentuk yang bisa membuat orang yang melihat terkagum-kagum.

Nah, jika beberapa hewan dikenal memiliki kecepatan yang luar biasa saat berlari, maka beberapa hewan yang akan Bacaterus bahas kali ini dikenal karena gerakannya yang sangat lambat. Hewan apa saja itu? Jadi, inilah daftar 10 hewan paling lambat di dunia yang berhasil kami rangkum khusus untuk kamu. Berikut adalah ulasannya.

1. Siput Taman

* sumber: commons.m.wikimedia.org

Salah satu hewan yang dikenal sangat lambat adalah siput taman. Siput taman adalah bagian dari moluska terestrial yang berasal dari daerah Mediterania. Hewan ini dikenal memiliki cangkang yang melingkar tebal.

Siput taman sendiri diketahui memiliki kecepatan bergerak sekitar 1,3 sentimeter per detik. Hal itu yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu hewan paling lambat yang ada di dunia.

Siput taman bergerak membentuk pola gelombang serta mengeluarkan lendir untuk membantu mereka berjalan di permukaan yang keras. Jenis hewan ini biasanya banyak ditemukan di area lembab atau basah.

2. Bintang Laut

* sumber: en.m.wikipedia.org

Hewan yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan di wilayah pantai. Bentuknya yang unik memang menjadi salah satu ciri khas hewan air ini. Bintang laut sendiri adalah hewan invertebrata yang bergerak menggunakan kaki-kaki tabung.

Hewan ini diketahui termasuk ke dalam daftar hewan paling lambat, di mana kecepatannya bergerak hanya sekitar 6 inci per menit. Bintang laut sendiri adalah salah satu hewan unik yang tidak termasuk ke dalam golongan ikan. Nah, selain dikenal sebagai hewan paling lambat, bintang laut juga dikenal sebagai hewan yang memiliki penglihatan sangat buruk.

3. Kura-kura Raksasa Galapagos

* sumber: id.m.wikipedia.org

Hewan selanjutnya yang dikenal sangat lambat adalah kura-kura raksasa galapagos. Kura-kura jenis ini diperkirakan telah hidup sejak ratusan juta tahun. Kura-kura galapagos sendiri diketahui berhabitat di wilayah barat Ekuador, dan di kawasan Samudera Hindia.

Nah, ukuran kura-kura ini juga cukup beragam. Namun, kura-kura terbesar yang pernah ditemukan diperkirakan mencapai berat hingga 417 kg. Kura-kura ini diketahui memiliki kecepatan 0,3 meter meterper jam di darat. Sementara ketika hewan ini berenang bisa mencapai kecepatannya hingga 22 meter per jam.

4. Kungkang

* sumber: en.m.wikipedia.org

Hewan lain yang juga dikenal sangat lambat adalah three-toed sloth atau yang biasa disebut kungkang dalam bahasa Indonesia. Hewan ini merupakan bagian keluarga Bradypodidae. Kungkang diketahui memiliki kecepatan 0,15 meter per jam ketika bergerak.

Nah, karena kecepatannya yang lambat, tak heran jika julukan hewan paling lambat disematkan padanya. Kungkang sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di ketinggian. Hewan ini biasanya ditemukan di cabang-cabang pohon. Kungkang sendiri hanya akan turun ke darat ketika hendak membuang air besar.

5. Slug

* sumber: en.m.wikipedia.org

Hewan yang juga dikenal sangat lambat ketika bergerak adalah slug atau siput darah. Berbeda dengan siput taman yang memiliki cangkang, slug sendiri dikenal tidak memiliki cangkang keras untuk melindungi tubuhnya. Selain itu, hewan ini juga bisa mencapai ukuran tubuh hingga 25 cm.

Slug sendiri merupakan hewan moluska gastropoda yang dikenal sangat lambat. Makhluk ini memiliki kecepatan maksimum 0,03 meter per jam. Mereka biasanya hidup di daerah lembab dan basah. Hal itu terjadi karena lendir pada slug diketahui rentan mengalami kekeringan.

6. Kukang

* sumber: en.m.wikipedia.org

Selanjutnya ada kukang. Hewan lambat yang satu ini dikenal dengan nama lain, yaitu "loris". Kukang merupakan hewan nokturnal. Mereka biasa ditemukan di daerah-daerah tropis seperti India, Sri Lanka dan beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Meskipun hewan ini dikenal sangat lambat, namun mereka sendiri mampu menempuh jarak yang lumayan jauh, terutama ketika hendak berburu makanan. Kukang sendiri diketahui memiliki kecepatan sekitar 2 km per jam. Nah, karena kecepatannya tersebut, kukang pun termasuk ke dalam daftar hewan paling lambat yang ada di dunia.

7. Kuda Laut

* sumber: id.m.wikipedia.org

Kuda laut adalah salah satu hewan berbentuk unik yang biasa ditemukan di dasar laut. Hewan ini termasuk ke dalam genus Hippocampus dari keluarga Syngnathidae. Kuda laut memiliki ukuran yang cukup beragam mulai dari 16 mm sampai 35 cm. Mereka bisa hidup di perairan tropis yang ada di seluruh dunia.

Selain karena bentuknya yang unik, kuda laut juga dianggap sebagai hewan paling lambat di dunia. Hewan ini memiliki kecepatan sekitar 1, 5 meter per jam. Hal itu karena kuda laut tidak memiliki sirip ekor yang dapat membantu mereka bergerak dengan cepat seperti yang dimiliki ikan pada umumnya.

8. Gila Monster

* sumber: en.m.wikipedia.org

Gila monster merupakan salah satu jenis kadal yang diketahui hampir punah. Hewan ini dikenal sebagai hewan berbisa. Mereka biasa ditemukan di beberapa wilayah yang ada di Amerika Serikat bagian barat daya dan Meksiko.

Gila monster sendiri memiliki kecepatan bergerak sekitar 1,6 km per jam. Hal itu disebabkan karena metabolisme tubuh hewan ini diketahui sangat rendah. Hewan ini sendiri cukup membahayakan karena bisa dalam tubuhnya mampu membuat luka serius pada kulit yang terkena semburan.

9. Manatee

* sumber: simple.m.wikipedia.org

Manatee atau sapi laut adalah salah satu hewan air yang termasuk ke dalam golongan hewan mamalia. Dinamakan sebagai sapi laut karena hewan berukuran besar ini hanya memakan tanaman. Hewan ini dikenal memiliki bobot tubuh yang cukup besar, yaitu sekitar 500 kg. Sementara itu, panjang tubuhnya sendiri mencapai 4,5 meter.

Manatee menghabiskan makan sekitar 7 jam sehari dengan jumlah 7-15% dari berat tubuh mereka. Mamalia ini biasa hidup di wilayah perairan dangkal yang hangat. Nah, mamalia ini termasuk hewan lambat yang memiliki kecepatan bergerak sekitar 22 meter per jam.

10. Koala

* sumber: sw.m.wikipedia.org

Nah, hewan terakhir yang dikenal lambat adalah koala. Koala merupakan salah satu hewan yang berasal dari Australia. Hewan ini biasa ditemukan di bagian Australia Selatan, New South Wales, Victoria, dan Queensland. Koala sendiri termasuk dalam spesies beruang yang dikenal paling lambat di antara jenis beruang lain.

Kecepatan maksimum yang bisa mereka tempuh sekitar 10 km per jam. Selain lambat, hewan ini juga dikenal pemalas dan lebih suka menghabiskan waktu dengan tidur dan berdiam diri selama hampir 20 jam sehari.

Itulah 10 hewan terlambat di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Keberadaan hewan-hewan ini merupakan sesuatu yang menarik. Selain karena bentuknya yang unik, tingkah laku hewan-hewan tersebut juga cukup menarik. Jika kamu mengetahui hewan lambat lainnya yang ada di dunia, kamu bisa berbagi dengan pembaca lain di kolom komentar.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram