Bacaterus / Binatang / Ini Dia 10 Hewan Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia!

Ini Dia 10 Hewan Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Januari 2019

Hewan apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika disebutkan “hewan paling berbahaya”? Mungkin bagi kebanyakan orang akan menyebutkan harimau, ular, atau laba-laba sebagai hewan paling berbahaya. Memang hewan-hewan tersebut juga berbahaya. Namun ternyata ada hewan yang lebih berbahaya bahkan mematikan lebih dari tiga hewan itu lho.

Hewan mematikan atau hewan beracun biasanya ditandai dengan warnanya yang sangat mencolok bahkan tergolong indah. Namun, justru warna kulitnya yang mencolok dan indah itu biasanya menyimpan racun mematikan.

Berikut bacaterus akan mengulas beberapa hewan-hewan yang mematikan dan juga berbahaya. Penasaran hewan-hewan apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut ini:

Chironex Fleckeri

Chironex Fleckeri Hewan Paling Berbahaya

Chironex Fleckeri atau yang disebut dengan ubur-ubur kotak merupakan salah satu hewan yang paling berbahaya juga mematikan. Dalam bahasa inggris ubur-ubur ini disebut dengan box jellyfish. Banyak orang yang mengakui tentang betapa bahayanya binatang yang satu ini.

Anda harus berhati-hati ketika bertemu dengan ubur-ubur kotak. Sengatan yang ada pada ubur-ubur ini sangat mematikan. Jika tersengat, racun dari ubur-ubur akan menyerang jantung, system syaraf serta sel-sel kulit.

Dan yang lebih berbahaya lagi karena sengatan ubur-ubur kotak ini sangat menyakitkan. Saking menyakitkannya dapat membuat orang yang tersengat bisa mengalami shock kemudian serangan jantung secara tiba-tiba sampai pada akhirnya tewas tenggelam sebelum bisa menyelamatkan diri.

Lalat tsetse

Lalat tsetse

Lalat tsetse juga termasuk binatang yang dipertimbangkan sebagai hewan mematikan dan cukup mengganggu di Afrika. Dilansir bahwa lalat ini memiliki kemampuan dan juga membawa penyakit yang disebut dengan sleeping sickness serta nagana.

Sleeping sickness merupakan penyakit yang menyerang manusia. Penyakit ini bersifat parasite yang dapat menimbulkan rasa ngantuk. Sedangkan nagana merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh lalat tsetse kepada hewan.

Untungnya penyakit yang dibawa lalat tsetse saat ini sudah ada obatnya. Namun tetap saja penyakit sleeping sickness akan sangat berbahaya jika didiamkan begitu saja karena penyakit sleeping sickness menyerang system syaraf.

Siput marmer kerucut

Siput marmer kerucut

Jika dilihat dari gambarnya siput ini memiliki cangkang dengan ukiran yang cukup menarik dan indah. Namun justru ini merupakan hewan yang berbahaya. Siput marmer atau yang memiliki istilah Cornus Marmoreus merupakan siput pemangsa.

Siput ini dapat ditemui di daerah perairan Chagos, Madagaskar, Teluk Benggala India, bagian barat Samudera Pasifik kea rah Fiji dan juga kepulauan Marshall. Jika diperhatikan siput ini seperti memiliki belalai.

Hal yang menyerupai belalai pada siput ini dilengkapi dengan adanya gigi tajam. Gigi inilah yang mengandung racun untuk siput mempertahankan diri. Dia akan menyengat makhluk lautnya dan menjadikannya sebagai mangsa siput.

Dengan gigi yang tajam tersebut atau disebut dengan marbled cone snail akan sangat mudah menusuk baju para penyelam. Sehingga penyelam dapat terluka, pada saat itulah siput dapat melarikan diri. Jika tersengat racunnya, maka akan menimbulkan kelumpuhan bahkan kematian.

Poison dart frog

Poison dart frog

Katak yang satu ini perlu Anda waspadai. Pasalnya Poison dart frog juga merupakan salah satu hewan paling berbahaya. Katak ini adalah hewan asli asal hutan hujan Amerika Selatan. Poison dart frog akan sangat aktif di siang hari. Ia memiliki tubuh yang berwarna cerah sehingga akan menarik perhatian makhluk lainnya.

Katak beracun asal Amerika ini memiliki ukuran yang terbilang kecil, hanya sekitar satu inci. Namun, jangan anggap remeh karena ukurannya kecil. Justru katak ini merupakan katak yang paling beracun di dunia lho.

Si katak beracun akan mempertahankan dirinya dari serangan makhluk lain. Jika ia merasa terancam, katak akan mengeluarkan racun yang berupa lendir di tubuh mereka. Racun inilah yang mampu membunuh 10 manusia sekaligus. Bahkan penduduk lokal kerap menggunakan racun ini sebagai alat berburu.

Gurita cincin biru
Gurita Cincin Biru

Selanjutnya hewan paling berbahaya datang lagi dari makhluk laut, gurita. Gurita cincin biru atau Hapalochlaena bisa juga disebut dengan Blue-Ringed Octopus merupakan hewan mematikan yang ada di lautan.

Gurita cincin biru berada di sepanjang Australia dan bagian barat Indo-Pasifik. Seperti Katak beracun sebelumnya, gurita ini memiliki ukuran kecil. Gurita cincin biru hanya memiliki ukuran sebesar bola golf. Cukup kecil bukan untuk ukuran gurita?

Warna kulitnya yang mencolok dengan warna bir terang pada cincinnya membuat makhluk lain akan terkesan ketika melihatnya. Namun, Anda tidak disarankan untuk membawanya atau memegang gurita ini.

Ketika ada penyelam yang mengambil hewan beracun ini dan membawanya ke daratan, mungkin si gurita akan merasa terancam. Saat gurita merasa terancam, ia akan mengeluarkan bisa beracun yang ada pada tubuhnya. Bisa ini mengakibatkan kebutaan, gangguan pernafasan akut, sampai kematian.

Ikan batu

ikan batu

Lagi-lagi masih datang dari hewan laut. Kali ini hewan beracun datang dari jenis ikan. Ikan lepu batu dengan istilah biologinya synanceia ini terkenal sebagai ikan yang mematikan dan termasuk berbahaya. Para penyelam cenderung akan menghindarinya.

Para penyelam selalu berhati-hati ketika bertemu dengan ikan batu yang satu ini. Ikan batu memiliki racun yang sangat kuat pada duri-duri di tubuh ikan batu. Ketika tertusuk duri tersebut maka akan menyebabkan luka dan menyebarkan racun. Racun tersebut akan merusak jaringan syaraf yang menimbulkan kelumpuhan bahkan kematian. Maka dari itu ikan yang satu ini disebut-sebut sebagai hewan yang paling berbahaya.

Laba-laba pisang

Laba-laba pisang

Laba-laba pisang atau disebut dengan Brazilian Wandering Spider merupakan salah satu hewan yang tercatat paling berbisa dan merupakan hewan paling berbahaya dalam Guinness World Records di tahun 2010. Laba-laba ini dapat ditemukan di kawasan tropis Amerika Latin.

Laba-laba pisang mampu mengeluarkan racun berbisa yang berdampak pada kematian. Kandungan racun yang ada pada laba-laba ini dikenal sebagai PhTx3 yang mengganggu penyerapan kalsium dan juga mengeluarkan asam glutame. Sehingga membuat manusia lumpuh bahkan meninggal dunia.

Ular king cobra

Ular king cobra

Siapa yang tidak mengenal hewan paling berbahaya yang satu ini? Ular king cobra bisa disebut juga sebagai Ophiophagus Hannah. Hewan ini terkenal dengan bisanya yang mematikan. Biasanya ular ini mudah ditemukan di hutan-hutan daerah India dan Tiongkok.

Ular ini dikenal sebagai ular berbahaya ketika ia sudah mengembangkan lehernya kemudian menyerang korbannya dengan cara menyemburkan bisa mematikan. Jika sang korban terkena bisa ular ini, maka akan mengalami kematian dengan waktu yang sangat singkat. Ular ini bahkan dapat membunuh seekor gajah atau 20 orang manusia.

Carpet Viper

Carpet Viper

Masih dalam pembahasan tentang hewan berbahaya, ular. Kali ini ular berbahaya datang dari Carpet Viper. Selain king cobra, ular ini juga merupakan ular yang sangat berbahaya meskipun bukanlah ular yang paling beracun. Namun, Carpet Viper dikenal sebagai ular yang banyak menyebabkan kematian.

Hewan ini akan menjadi hewan paling berbahaya karena gigitannya. Gigitan dari ular ini dapat menyebabkan korbannya keracunan. Ketika korban digigit oleh Carpet Viper maka sang korban akan menderita pendarahan pada bagian yang digigit. Memang fasilitas medis saat ini sudah sangat memadai, namun kejadian gigitan ular ini sering terjadi di daerah yang kurang akan fasilitas medis.

Ikan Buntal

Ikan Buntal

Ikan yang satu ini mungkin terlihat lucu. namun siapa sangka bahwa ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan berbahaya. Ikan buntal atau Tetraondontidae merupakan ikan yang dapat mengembungkan badannya seperti balon. Pada bagian badannya terdapat duri-duri yang berfungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Dalam bahasa inggris dikenal sebagai Ballonfish, Globefish, dan juga Puffer fish. Ikan ini juga merupakan salah satu hewan paling berbahaya. Bukan hanya durinya saja yang berbahaya, namun dalam tubuh ikan ini memiliki racun yang disebut dengan tetrodotoxin. Racun ini merupakan salah satu racun berbahaya. Kabarnya bahwa racun ini 100 kali lipat lebih berbahaya dibandingkan dengan sianida.

Racun ini dapat bereaksi dalam waktu kurang dari setengah jam saja. Meskipun beberapa orang mengkonsumsi ikan ini walau hanya 0,001 miligram namun menyebabkan hal fatal untuk orang yang mengkonsumsinya.

Nah itulah 10 hewan mematikan dan paling berbahaya di dunia. Jika anda bertemu salah satunya, jangan dipegang atau dibawa karena akan berakibat sangat fatal untuk Anda sendiri.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *