Bacaterus / Misteri Dunia / 10 Makhluk dan Hewan Mitologi Yunani yang Paling Terkenal

10 Makhluk dan Hewan Mitologi Yunani yang Paling Terkenal

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2019

Berbicara mengenai mitologi Yunani memang tidak akan pernah ada habisnya. Yunani dikenal sebagai negara yang memiliki begitu banyak sejarah dan mitologi.

Sebut saja dewa-dewi dari Yunani yang terkenal, seperti Apollo, Ares, Aphrodite, Poseidon, Zeus, dan masih banyak lagi. Tak hanya terkenal karena dewa-dewanya saja, mitologi Yunani juga terkenal karena mahluk dan hewan-hewannya dengan rupa yang aneh.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai mitologi Yunani, Bacaterus sudah mengumpulkan 10 mahluk dan hewan mitologi Yunani yang paling terkenal. Yuk, langsung saja simak daftarnya berikut ini.

10 Mahluk dan Hewan Mitologi Yunani

1. Medusa

Hewan Mitologi Yunani

Mahluk mitologi Yunani berambut ular ini memang sangat terkenal. Bahkan, saking terkenalnya, Medusa juga diangkat menjadi beberapa karakter di dalam game. Medusa digambarkan sebagai sosok wanita dengan rambut yang dipenuhi ular berbisa. Konon, Medusa dulunya adalah gadis cantik dan berubah menjadi menyeramkan setelah diperkosa oleh Poseidon di Kuil Athena.

Medusa memiliki kemampuan untuk mengubah manusia menjadi batu jikalau manusia tersebut menatap wajahnya. Pada akhirnya, Medusa tewas di tangan Perseus. Pahlawan Perseus menggunakan cermin untuk melihat refleksi Medusa agar tidak melihat langsung ke makhluk tersebut. Akhirnya, Perseus berhasil memenggal kepala Medusa dan menjadikannya sebagai senjata untuk melawan musuh.

2. Cerberus

Cerberus

Yang satu ini adalah hewan mitologi Yunani yang merupakan hewan peliharaan Dewa Hades, dewa dunia bawah dalam mitologi Yunani. Cerberus adalah anjing berkepala tiga yang menjadi penjaga pintu masuk dunia bawah. Keberadaan anjing ini membuat siapapun tidak bisa kabur dari dunia bawah.

Cerberus gemar menyantap daging manusia yang masih hidup. Namun, hewan ini akan membiarkan arwah orang yang sudah meninggal lewat begitu saja.

Tiga buah kepala Cerberus melambangkan masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Konon, hanya Hercules yang mampu mengalahkan Cerberus tanpa menggunakan senjata. Hercules membawa Cerberus ke dunia manusia dalam keadaan hidup dan memberikannya kepada Raja Eurystheus.

3. Sphinx

Sphinx

Sphinx adalah manusia setengah hewan. Kepala mahluk ini berwujud kepala wanita, tetapi tubuhnya singa dan memiliki sayap burung elang. Sphinx ini sangat terkenal dalam legenda Oedipus, di mana mahluk ini menghalangi perjalanan Oedipus. Sphinx memberikan teka-teki kepada Oedipus. Namun, Oedipus berhasil menjawab teka-teki tersebut dengan benar.

Setelah dikalahkan oleh teka-tekinya sendiri, Sphinx menjatuhkan dirinya sendiri dari tebing. Versi lain menyebutkan bahwa Sphinx langsung melahap dirinya sendiri karena marah dan frustasi. Seandainya Oedipus tidak menjawab teka-teki tersebut dengan benar, maka Oedipus akan dicekik dan dimakan oleh Sphinx.

4. Pegasus

Pegasus

Hewan mitologi Yunani yang sangat terkenal hingga saat ini adalah Pegasus. Ini adalah kuda putih bersayap yang sering diabadikan dalam karya seni, baik patung maupun lukisan. Pegasus adalah anak dari Medusa dan Poseidon.

Pegasus sempat menjadi tunggangan bagi Bellerofon, seorang pahlawan dalam mitologi Yunani, ketika melawan Chiamera dan bangsa Amazon. Kemudian, Pegasus juga mengabdi pada Zeus.

Pegasus sempat dipercaya menjadi pembawa petir dan kilat dari Olympus. Setelah kematiannya, Zeus mengubah Pegasus menjadi formasi bintang dan meletakkannya di langit. Mungkin inilah asal usul rasi bintang Pegasus yang berada di belahan utara.

5. Harpies

Harpies

Dalam mitologi Yunani kuno, Harpies digambarkan sebagai sosok burung dengan kepala manusia. Harpies dikenal sebagai mahluk jahat yang selalu mengambil sesuatu, terutama makanan milik manusia. Dahulu, makhluk ini adalah roh yang membawa orang-orang jahat ke Erinyes, sebuah tempat untuk membalas dendam.

Suatu hari, Zeus menghukum Raja Phineus dengan meninggalkannya di sebuah pulau bersama sekelompok harpies. Zeus memberikan meja berisi makanan, tetapi Phineus tidak pernah bisa memakan makanan tersebut karena harpies selalu merebutnya terlebih dahulu. Mahluk aneh ini memang suka menyiksa manusia dan membiarkannya mati secara perlahan-lahan.

6. Chimera

Chimera

Masih saudara jauh dari Cerberus, Chimera adalah mahluk yang memiliki tiga kepala dari hewan yang berbeda, yakni singa, ular, dan kambing. Hewan ini sering menjadi lambang kekuatan setan. Chimera inilah yang merupakan hewan mitologi Yunani yang bertarung melawan Pegasus dan Bellerofon.

Kemunculan Chimera ini biasanya merupakan pertanda akan datangnya badai besar, kapal tenggelam, dan sejumlah bencana alam lainnya. Konon, dalam pertarungan Bellerofon itulah Chimera akhirnya tewas karena semua kepala mahluk itu dipenggal oleh sang pahlawan.

7. Minotaur

Minotaur

Minotaur adalah sebuah mahluk berkepala banteng, tetapi tubuhnya adalah manusia. Mahluk ini adalah wujud dari kutukan bagi Minos, seorang Raja Kreta.

Kala itu, Minos harusnya memberikan banteng kepada Poseidon, tetapi Minos berbuat curang dan menyimpan banteng itu diam-diam. Poseidon yang mengetahui perbuatan Minos memberi kutukan agar istri Minos, Pasifae, jatuh cinta pada banteng itu.

Pasifae meminta Daidalos, arsitek dalam mitologi Yunani, untuk membuat tiruan banteng betina. Akhirnya, Pasifae masuk ke dalam tiruan banteng itu dan bercinta dengan banteng jantan yang disembunyikan Minos. Dari hubungan tersebut, Pasifae mengandung dan melahirkan Minotaur. Mahluk ini dikurung dalam sebuah labirin rumit buatan Daidalos.

8. Griffin

Griffin

Griffin adalah hewan mitologi Yunani dengan wujud tubuh, ekor, dan kaki belakangnya menyerupai singa, tetapi kepala, sayap, dan kaki depannya adalah milik burung elang. Mengingat mahluk ini terbentuk dari dua gabungan raja binatang biasa dan raja burung, maka Griffin memiliki kecerdasan dan keagungan.

Pada mitologi Yunani, Griffin merupakan lambang kekuatan dan keagungan. Mahluk ini memiliki kesamaan dengan Hippogriff, yang menurut sejarah adalah keturunan Griffin jantan dan kuda betina. Kabarnya, Hippogriff lebih mudah dijinakkan karena sifatnya lebih lembut dan bersahabat ketimbang Griffin.

9. Centaurus

Centaurus

Kalau melihat perwujudan Centaurus, makhluk mitologi Yunani ini mirip sekali dengan lambang zodiak Sagitarius. Centaurus memiliki kepala, setengah tubuh, dan lengan berbentuk manusia, tetapi bagian bawah tubuhnya adalah kuda. Mahluk ini dikenal liar, buas, dan penuh nafsu.

Di antara bangsa Centaurus, ada satu Centaurus yang paling terkenal, yaitu Chiron. Berbeda dengan saudara sejenis lainnya, Chiron memiliki kecerdasan dan sangat bijaksana. Suatu ketika, Chiron hendak menghentikan pertarungan Heracles dengan Pholus, salah satu Centaurus. Namun, panah beracun Heracles justru menggores lutut Chiron.

Karena Chiron adalah makhluk abadi, ia tidak bisa mati dan harus menanggung rasa sakit seumur hidupnya. Chiron kemudian menangis dan memohon pada Zeus untuk mengakhiri hidupnya. Zeus pun jatuh kasihan dan mengambil hidunya. Untuk menghormati Chiron, Zeus memberikan Chiron tempat di antara bintang-bintang.

10. Hydra

Hydra

Hydra adalah hewan mitologi Yunani yang paling kuat dan sering muncul menjadi karakter di sejumlah game modern. Sosok Hydra digambarkan sebagai monster air yang memiliki beberapa kepala menyerupai naga.

Nafas Hydra ini mengandung racun dan dapat menewaskan manusia dengan mudah. Mahluk ini dapat meregenerasi kepalanya dengan cepat, sehingga ketika satu kepalanya dipenggal maka akan muncul dua kepala baru.

Hercules juga sempat melawan Hydra, tetapi ia langsung menyadari bahwa ia tidak bisa mengalahkan Hydra dengan pukulannya saja. Hercules memenggal satu kepala Hydra dan membakar sisa bekas penggalannya agar mahluk ini tidak bisa menumbuhkan kepalanya lagi. Dengan taktik tersebut, Hercules berhasil menebas semua kepala Hydra.

Dari 10 makhluk dan hewan mitologi Yunani ini, manakah yang paling familiar bagi Anda? Tentu saja makhluk mitologi Yunani ini tidak asing karena sebagian besar memang sudah diadaptasi menjadi karakter untuk permainan modern.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar