Bacaterus / Misteri Indonesia / 10 Hantu Paling Menyeramkan yang Ada di Pulau Kalimantan

10 Hantu Paling Menyeramkan yang Ada di Pulau Kalimantan

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Februari 2019

Indonesia memiliki segudang cerita mistis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kalimantan. Pulau yang terletak di sebelah utara pulau Jawa dan sebelah barat pulau Sulawesi ini memiliki berbagai cerita mistis yang terkenal.

Pulau ini memiliki cerita mengenai hantu-hantu atau mahluk halus yang tentunya bisa membuat bulu kuduk merinding. Apa sajakah hantu yang berasal dari pulau Kalimantan? Berikut ini kami rangkum 10 hantu paling menyeramkan di Pulau Kalimantan.

10 Hantu Menyeramkan Asal Kalimantan

1. Kuyang

* sumber: dafunda.com

Kuyang merujuk pada siluman kepala wanita dengan organ tubuh bagian dalam yang melayang. Meskipun disebut hantu, sosok Kuyang ini dipercaya sebagai manusia yang mempelajari ilmu hitam dan membuatnya hidup abadi. Ilmu hitam yang ia miliki membuatnya menjadi sosok perempuan di siang hari dan siluman di malam hari.

Kuyang memiliki kemiripan dengan Leak dari Bali dan Palasik dari Sumatera. Kuyang menjadi hantu asal Kalimantan yang cukup populer dan sering muncul dalam berbagai media. Selain itu, sempat muncul pula video viral mengenai penampakan Kuyang.

Hantu ini konon menjadikan darah bayi dan darah ibu melahirkan sebagai mangsanya. Tidak heran, jika banyak mitos bermunculan agar ibu hamil dan melahirkan harus benar-benar dijaga karena rapuh terhadap banyak gangguan, termasuk mahluk-mahluk ghaib yang menyeramkan.

Seiring dengan kepopulerannya, warga telah mulai menyiapkan berbagai cara untuk menangkal mahluk tersebut. Salah satu menangkalnya adalah dengan mengantongi bawang merah dan bawang putih, mengambil bagian tubuh bawahnya maupun menangkapnya beramai-ramai. Walau demikian, mahluk ini tetaplah mahluk mengerikan yang perlu diwaspadai.

2. Rabing

* sumber: mariovittone.com

Rabing ialah hantu berbahaya yang mendiami sungai-sungai angker di Kalimantan. Rabing memiliki wujud seperti penyu atau tikar. Hantu ini cukup berbahaya karena tidak segan-segan menenggelamkan manusia.

Rabing memiliki kemiripan dengan mitos Leled Samak dalam budaya Sunda. Rabing maupun Leled Samak menjadi mitos yang tidak hanya menyeramkan, namun juga membahayakan nyawa manusia.

3. Mariaban

* sumber: www.indozone.id

Mariaban merupakan siluman yang cukup berbahaya, karena konon senang memangsa darah manusia. Walau demikian, banyak yang percaya bahwa Mariaban adalah mahluk yang bisa membantu mereka. Hal ini didasari oleh kepercayaan bahwa Mariaban memiliki bulu perindu, yakni bulu yang bisa digunakan untuk memikat seseorang agar tergila-gila pada kita.

Akibatnya, Mariaban dianggap sebagai hantu yang mengerikan sekaligus hantu yang dicari untuk tujuan-tujuan tertentu. Mariaban adalah siluman yang berwujud hewan ghaib. Mariaban berbadan tinggi besar dan memiliki bulu yang sangat lebat. Sekilas, mahluk ini menyerupai mitos Genderuwo yang selama ini cukup dikenal dan muncul dalam berbagai media. Siluman ini tinggal di hutan-hutan pedalaman Kalimantan.

4. Takau

* sumber: www.deviantart.com

Takau menjadi mahluk kuat yang sangat misterius dan ditakuti di Kalimantan. Dengan kata lain, Takau bisa saja menjadi pimpinan dari para mahluk halus. Tentu saja hal ini akan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi manusia. Takau digadang-gadang sebagai mahluk ghaib paling kuat di Kalimantan.

Takau memiliki kemampuan untuk merubah wujudnya ke dalam berbagai bentuk sehingga dengan mudah bisa menipu manusia. Salah satu wujud yang paling sering digunakan adalah Kucing, hewan yang dianggap bersahabat dengan manusia.

5. Anak Sima

* sumber: beritamisterialamgaib.blogspot.com

Bayi tersebut akan memiliki kekuatan yang luar biasa serta suara tangisan yang menyeramkan. Tidak hanya itu, Anak Sima memiliki kebiasaan memakan jantung manusia. Anak Sima tidak lagi menjadi bayi yang lucu, melainkan berubah menjadi siluman yang berbahaya. Fenomena membuang bayi merupakan salah satu hal mengerikan yang seringkali dilakukan oleh manusia.

Namun, siapa sangka jika tindakan ini bisa memunculkan kehadiran mahluk yang berbahaya bagi manusia yakni Anak Sima. Anak Sima diceritakan berasal dari bayi manusia yang dibuang ke hutan. Konon, bayi tersebut akan diambil oleh Takau dan diubah menjadi sosok baru yakni Anak Sima.

6. Kambe

* sumber: www.feedme.id

Kambe ini mendiami wilayah di Kalimantan. Walau demikian, Anda tidak perlu takut karena Kambe merupakan jenis hantu yang tidak pernah mengganggu manusia. Berbeda dengan Baphomet yang dipuja oleh manusia, Kambe digambarkan sebagai hantu yang sama sekali tidak berhubungan dengan manusia sehingga tentu saja tidak berbahaya.

Kambe adalah hantu yang cenderung unik. Berbeda dari kebanyakan hantu di Indonesia, Kambe merupakan manusia berkepala kambing yang cenderung mirip dengan mitos di Eropa.

7. Orang Bunian

Orang Bunian

* sumber: www.desktopbackground.org

Wujud Orang Bunian digambarkan seperti manusia pada umumnya. Walau demikian, mereka tetaplah makhluk tak kasat mata. Terdapat banyak cerita mengenai Orang Bunian, konon mereka senang membantu manusia namun ada juga yang bisa menyesatkan dan menculik manusia. Orang Bunian merupakan mahluk-mahluk ghaib yang dipercaya berada di Sumatera dan Kalimantan Barat.

Orang Bunian menghuni daerah-daerah yang tidak dihuni termasuk pedalaman hutan, tepian, dan gunung. Mereka bukan mahluk ghaib sembarangan, mereka memiliki struktur masyarakat yang sangat kompleks. Peradaban mereka yang tinggi mencakup kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang maju.

Dengan demikian, Orang Bunian memiliki banyak kesamaan dengan manusia mulai dari peradaban, penampilan fisik hingga karakteristik yang beragam. Beberapa pendapat menyatakan orang bunian menyerupai cerita mengenai peri hutan.

8. Bute

Bute

* sumber: adiketapang.blogspot.com

Konon, Bute senang mengganggu manusia dan kerap menampakkan diri pada manusia. Bahkan, Bute seringkali menghampiri pemukiman warga. Akibatnya, Bute menjadi salah satu hantu yang ditakuti. Bute merupakan hantu lain di Kalimantan yang terbilang unik. Hantu ini berwujud seperti sapi dengan ukuran dua kali lebih besar dari ukuran normal.

9. Jaring

* sumber: www.wallpapermaiden.com

Hujan yang disertai panas memang kerap memunculkan mitos termasuk hujannya orang mati maupun kemunculan hantu Jaring. Di samping itu, sosok hantu ini sangat misterius hingga keberadaannya sulit untuk dijelaskan. Pulau Kalimantan yang dipenuhi banyak hutan menjadikan hantu di hutan sebagai salah satu hal yang paling umum.

Salah satunya adalah Jaring, hantu di hutan yang sering digunakan untuk menakuti anak-anak. Hal ini dikarenakan ada cerita bahwa hantu ini senang menculik anak-anak. Akibatnya, anak-anak akan dilarang bermain di sawah, pekarangan dan hutan terutama ketika sedang berlangsung hujan yang disertai dengan panas.

10. Kuntilanak

Kuntilanak

* sumber: lifestyle.okezone.com

Setiap daerah memiliki mitos dan kepercayaan yang berbeda mengenai hantu ini. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa kota Pontianak berasal dari nama Kuntilanak. Tidak hanya itu, permah muncul wacana akan dibangunnya tugu Kuntilanak sebagai landmark kota tersebut. Kuntilanak adalah salah satu hantu di Indonesia yang sangat populer. Hantu ini muncul di berbagai daerah di Indonesia.

Kuntilanak ini pada umumnya digambarkan sebagai perempuan berwajah pucat, berambut panjang dan mengenakan gaun putih panjang. Hantu perempuan ini juga digambarkan memiliki suara melengking yang tentu saja bisa membuat merinding siapapun yang mendengarnya.

Hantu-hantu di Indonesia memang sangat beragam dan memiliki jumlah yang terbilang banyak. Keanekaragaman budaya Indonesia turut berpengaruh pada mitos-mitos yang muncul. Hantu-hantu di atas adalah beberapa contoh hantu yang dipercaya di pulau Kalimantan. Apakah Anda pernah bertemu dengan salah satunya?

Atau kamu ingin tahu hantu-hantu yang paling menyeramkan di Indonesia? Yuk, langsung cari tahu di artikel 10 Hantu di Indonesia Terseram dengan Kisahnya yang Bikin Merinding ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar