Bacaterus / Kuliah / 10 Halaman Persembahan Skripsi yang Unik & Anti-Mainstream

10 Halaman Persembahan Skripsi yang Unik & Anti-Mainstream

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Skripsi, alias karya tulis ilmiah terakhir mahasiswa sebelum lulus. Skripsi, musuhnya semua mahasiwa, ingin dihindari kalau bisa, tapi pada kenyataannya harus dihadapi kalau ingin terbebas dari bangku kuliah. Menyusun skripsi bukanlah perkara mudah. Tak jarang mahasiswa berhenti di tengah jalan proses pembuatannya karena merasa tidak sanggup lagi.

Wajar saja, karena skripsi bukanlah makalah biasa, melainkan sebuah karya tulis yang merupakan hasil penelitian suatu fenomena menggunakan kaidah yang berlaku. Pengerjaan skripsi butuh waktu yang cukup lama. Selama prosesnya, tak hanya waktu yang dikorbankan tapi juga pikiran, tenaga, hingga biaya.

Tapi, setelah skripsi selesai, mau tahu bagaimana rasanya? Bahagia! Rasanya semua letih itu terbayar sudah dengan acc dari dosen. Karena pembuatannya yang sulit, skripsi memiliki satu lembar khusus yang bernama Halaman Persembahan.

Biasanya, halaman ini terdiri dari ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan rasa terimakasih pada orang-orang terdekat yang sudah menyemangati dan membantu proses penyelesaian skripsi agar jadi lebih mudah. Halaman persembahan juga kadang berisi moto dan motivasi.

Akan tetapi, kadang ada juga orang yang selera humornya tinggi atau yang nyastra banget sampai membuat puisi. Bacaterus telah mengumpulkan 10 halaman persembahan skripsi yang unik, mulai dari yang lucu, sedih, hingga puitis.

10 Halaman Persembahan Skripsi yang Unik

1. Yang Hidup Merantau

Yang Hidup Merantau  halaman persembahan skripsi yang unik

* sumber: bukuhapudin.blogspot.co.id

Pasti banyak banget mahasiswa rantau. Di setiap kampus, biasanya hampir 1/2 kelas bukan terdiri dari orang kota asli di mana kampus itu berada. Wajar saja, karena setiap orang ingin mendapatkan pendidikan terbaik di kampus favorit.

Ada halaman persembahan skripsi yang unik dibuat oleh seorang mahasiswa perantauan yang rindu pada ibunya. “Untuk ibuku Nurmas”, begitu kalimat yang mengawali persembahannya. “Wanita nomor satu di dunia”, tambahnya. “Insya Allah, esok lusa kita akan bertemu kembali.” Duh, pasti doi kangen banget sama ibunya, ya?

2. Puisi untuk Papa Mama

halaman persembahan skripsi yang unik Puisi untuk Papa Mama

* sumber: d3-513l.blogspot.co.id

Ada yang puitis banget, nih. Halaman persembahan skripsi yang unik kali ini datang dari seseorang yang level sastranya melebihi mahasiswa lain. Dia membuatkan puisi untuk dua orang terhebatnya, yaitu papa dan mamanya.

Tak lupa, dia menyebutkan pula saudara-saudarinya di bait selanjutnya. Psst, orang ini mengunakan akronim dari materi yang dia ambil, yaitu Ekoteknologi. Kalau menurut author, persembahan ini merupakan yang terbaik. Anda setuju?

3. Nyari Pendamping Hidup

Nyari Pendamping Hidup

* sumber: jogja.tribunnews.com

Ada-ada saja mahasiswa yang satu ini. Pada awalnya semua terlihat normal, ketika dia menyebutkan orang-orang tersayangnya satu persatu. Akan tetapi, ujungnya dia mengatakan “dan buat pendamping hidupku (kelak)”. Sambil menulis halaman persembahan skripsi sambil mencari jodoh, dia, hihi. Jadi penasaran, sekarang penulisnya sudah bertemu pendamping hidupnya belum, ya?

4. Minta Beasiswa

halaman persembahan skripsi yang unik Minta Beasiswa

* sumber: cakshon.com

Ada juga orang yang sudah lulus S1 ingin langsung lanjut S2, kalau bisa pakai beasiswa ke luar negeri. Di halaman persembahan skripsi yang unik ini menyebutkan sederet kawan-kawannya. Tapi, ada yang unik di sana. Dia menambahkan komentar di dalam kurung yang bertuliskan meminta informasi beasiswa ke luar negeri. Hihi, ada-ada saja, ya?

5. Untuk Istri dan Anak Tercinta

Untuk Istri dan Anak Tercinta

* sumber: bee-ndud.blogspot.co.id

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Begitu pula dengan semangat yang biasanya bersumber dari orang terkasih, contoh di sini adalah istri dan buah hatinya. Anda bisa menjadikan persembahan skripsi ini sebagai inspirasi. Tapi, sayangnya halaman persembahan skripsi yang unik kali ini cuma bisa Anda tiru kalau Anda sudah punya istri dan anak juga, hihi.

6. Tak Mau Ketinggalan Semuanya

Tak Mau Ketinggalan Semuanya

* sumber: skatersklk.blogspot.co.id

Kadang, kalau kita melupakan seseorang dari halaman persembahan, orang itu suka ngambek. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa membuat list orang terdekat mulai dari keluarga besar, dosen, staf kampus, dan teman-teman seperjuangan supaya nanti tidak ada yang absen di daftar persembahan.

7. Sekalian Nyindir si PHP

Sekalian Nyindir si PHP

* sumber: kabarkawan.com

Kalau Anda ingin tahu halaman persembahan skripsi yang unik dan yang lucu, ini yang paling-paling, deh! Wira Setianagara, seorang kontestan Stand Up Comedy SUCI 5, juga mengalami yang namanya menulis skripsi. Pada halaman persembahannya, Wira berterimakasih dengan cara yang nyeleneh dan lucu.

Dia menyebutkan seseorang yang seharusnya dia tulis namanya, tapi sudah tidak jadi miliknya, karena wanita itu lebih memilih pria lain yang tidak selucu Wira. Kalimat sebelum itu adalah “Dalam skripsi aku tuliskan, halaman persembahan dari hati yang pernah kau patahkan”. Mas Wira ada-ada saja, ya?

8. Ketika Capek Ditanya “Kapan Skripsi Beres?”

Ketika Capek Ditanya

* sumber: feedram.club

Sama seperti pertanyaan “Kapan kawin?” yang sudah jadi basa-basi official-nya orang Indonesia, “Kapan skripsi?” juga merupakan pertanyaan paling menyebalkan yang sayangnya sering banget dilontarkan oleh orang-orang. Kalau Anda kesal ditanya terus seperti itu, sekarang waktunya Anda membalas mereka dengan menyiapkan halaman persembahan skripsi yang unik.

9. Sayang Semuanya tapi Bingung Ngungkapinnya

Sayang Semuanya tapi Bingung Ngungkapinnya

* sumber: fitrisusanti.wordpress.com

Ketika kita memiliki banyak orang yang ingin kita ucapkan terimakasih, tapi bingung bagaimana cara menuliskannya karena terlalu banyak, boleh lah halaman persembahan skripsi yang unik ini menjadi panutan.

Tulis saja “Untuk semua orang yang ku sayangi.. Terimakasih atas bantuan, doa, dan motivasi yang telah diberikan.” Selesai! Orang tidak akan ada yang BT ketika tidak tersebut, kan Anda sudah menyebutkan semuanya di sana, hehe.

10. Akrab dengan Pembaca

Akrab dengan Pembaca

* sumber: jurus-jarrib.blogspot.co.id

Halaman persembahan skripsi yang unik satu ini pasti orang yang membuatnya memiliki sifat yang easy going banget, nih. Soalnya, di tulisannya dia menyebutkan pula “sobat pembaca sekalian”. Berarti dia menyapa semua pembaca skripsinya juga. Unik banget, kan?

Nah, itulah sepuluh halaman persembahan skripsi yang unik dari Bacaterus. Kumpulan halaman persembahan ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda contoh di lembar skripsi Anda nanti. Anda lebih suka tulisan yang menyentuh atau yang lucu? Share persembahan skripsi terbaik menurut Anda di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *