Bacaterus / Parenting / 15 Ide Hadiah untuk Anak SD yang Bagus dan Bermanfaat

15 Ide Hadiah untuk Anak SD yang Bagus dan Bermanfaat

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Sekolah dasar adalah masa penting bagi anak untuk belajar banyak hal. Bukan hanya belajar berhitung dan membaca, masa sekolah tingkat dasar juga merupakan momen yang tepat untuk mengembangkan hobi dan minat anak.

Nah, berikut 15 rekomendasi hadiah untuk anak sekolah dasar yang bisa memicu kreativitas dan bermanfaat bagi perkembangan diri anak. Langsung kita lihat yuk ulasan dari Bacaterus yang bisa menjadi bahan referensi hadiah untuk anak sekolah dasar!

1. Sepeda

United Bike merk sepeda terbaik

Belajar bersepeda merupakan hal menantang yang bisa dilakukan anak sekolah dasar. Bukan hanya untuk melatih keseimbangan, tetapi juga melatih anak untuk mengambil alih atas kemudian  mereka sendiri .

Dengan bersepeda, anak-anak akan terpicu untuk beraktivitas di luar rumah dan bisa berinteraksi dengan anak-anak lainnya. Jangan lupa untuk membeli sepeda yang nyaman dan sesuai dengan tinggi badan anak.

2. Mainan Multiplayer

Mainan Multiplayer

Memberikan mainan multiplayer adalah pilihan tepat untuk meluangkan waktu bermain bersama anak. Tidak hanya bisa digunakan bersama, tetapi bisa menolong anak yang kesulitan membuka jalur komunikasi menjadi lebih terbuka dengan bermain bersama.

Permainan dengan banyak pemain dapat melatih kerjasama dan team work. Bukan hanya itu, bermain gim juga dapat melatih konsentrasi anak. Ingatlah untuk membatasi anak menggunakan alat permainan ya, jangan sampai mereka jadi kecanduan.

3. Buku Cerita

Buku Cerita

Kebanyakan anak-anak sekolah dasar sudah dapat membaca dengan lancar. Memberikan hadiah berupa buku bisa sangat bermanfaat. Selain menghibur dan memberikan edukasi, buku juga bisa merangsang daya imajinasi dan menambah kosa kata baru untuk anak. Buku dengan cerita bergambar disertai tulisan bisa menjadi hadiah berkesan untuk anak sekolah dasar. Untuk mengetahui manfaat membaca buku lainnya, bisa baca di sini. 

4. Alat Musik

Alat Musik

Selain gim, memainkan alat musik juga bisa melatih konsentrasi anak-anak dalam berpikir dan mengingat. Beberapa studi menunjukkan adanya efek timbal balik antara memainkan musik dan prestasi akademis yang tinggi dengan anak-anak yang bermain alat musik.

Alat musik bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk anak yang tertarik akan dunia musik. Kamu bisa memberikan hadiah ukulele, gitar, harmonika, dan piano untuk mengembangkan daya tarik anak akan musik.

5. Peralatan Makan

Peralatan Makan

Tempat makan yang handy bisa menjadi mendorong anak untuk makan tepat waktu. Memberikan kotak makan dan botol air minum dengan motif karakter kesukaan anak akan sangat berkesan untuk mereka. Jangan lupa membeli peralatan makan yang tidak mengandung zat berbahaya dan bisa meracuni anak.

6. Peralatan Olahraga

Peralatan Olahraga

Anak yang cenderung aktif akan langsung menerima hadiah peralatan olahraga. Kamu bisa memberikan alat olahraga yang sesuai dengan kegemaran anak-anak. Biasanya olahraga favorit anak yaitu berenang, sepak bola, bulu tangkis dan masih banyak lagi.

Memberikan hadiah alat olahraga bisa meningkatkan kemampuan motorik anak sekolah dasar yang masih masih bisa dilatih untuk menjadi profesional atlet.

7. Dekorasi Kamar

Dekorasi Kamar

Memilihkan hadiah aksesoris dekorasi kamar bagi anak bisa menjadi referensi kalian loh. Pasalnya dengan memberikan aksesoris dekorasi ruangan membuat anak betah dan nyaman di kamar yang penuh dengan barang  favoritnya.

Biarkan anak menikmati waktunya menghias sendiri kamar mereka sendiri. Stiker bintang dan planet menjadi salah satu pilihan tepat untuk diberikan kepada anak.

8. Buku Ensiklopedia

Buku Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah buku yang berisi penjelasan dan informasi yang mudah dipahami anak-anak. Biasanya ensiklopedia menawarkan gambar dan tulisan yang menarik untuk dibaca anak. Ensiklopedia juga membahas cabang ilmu pengetahuan seperti tanaman, sejarah, budaya dan masih banyak lagi. Memberikan buku ensiklopedia kepada anak memicu anak untuk tetap penasaran dengan apa yang terjadi di lingkungan mereka.

9. Pakaian Tidur

Pakaian Tidur

Pakaian tidur dengan motif pahlawan super kesayangan mereka pasti akan digunakan hampir setiap hari dan menjadi barang yang berkesan untuk anak. Carilah pakaian yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan tidak panas digunakan dalam waktu yang lama.

10. Alat Melukis

Alat Melukis

Membangkitkan jiwa artistik anak bisa dengan memberikan alat lukis seperti cat air, cat minyak dan lainnya. Dengan melukis, anak-anak terhubung dengan dunia fantasi mereka dan mencoba menggambarkan dunia unik yang mereka bayangkan dalam suatu gambar berwarna. Sediakan kanvas agar karya anak bisa dipajang dan sebagai reward atas apa yang mereka kerjakan berbau positif.

11. Jam Alarm

Jam Alarm

Memberikan hadiah berupa jam alarm bisa melatih anak untuk tetap mengingat dan disiplin akan waktu. Dengan jam alarm yang bisa diatur dan berdering saat waktu yang telah ditentukan dapat membuat anak menjadi lebih sadar akan waktu dan mengingat jam tidur, jam bermain dan jam beraktivitas.

Membeli jam alarm yang unik dengan gambar dan memiliki fitur lampu bisa menjadi pilihan tepat untuk hadiah anak. Selain berfungsi sebagai alarm, juga bisa menjadi penerang ruangan saat anak terlelap.

12. Celengan

Celengan

Melatih anak untuk lebih pintar menabung dan menyisihkan uangnya bisa dimulai dari tingkat sekolah dasar. Menabung uang jajan bisa memicu anak untuk membawa bekal makanan dari rumah yang sudah terjamin higienis dan kebersihannya.

Celengan berbahan dasar stainless bisa menjadi pilihan kalian. Bahan stainless susah untuk dibuka dan mempunyai gembok, sehingga bisa dipakai berulang kali.

13. Ransel

Ransel

* sumber: bixbee.com

Memberikan tas bisa membantu anak dalam beraktivitas sehari-hari. Mereka bisa membawa alat tulis, kotak makanan dan benda-benda lain di dalam satu tempat agar tidak tercecer sembarangan. Tas ransel yang memiliki banyak kantung bisa menjadi pilihan kalian untuk anak sekolah dasar yang suka menyimpan banyak hal.

Pilih tas yang anti basah dan sesuai dengan ukuran anak. Tas punggung bisa menjadi pilihan tepat karena bisa menyeimbangkan tubuh anak dan tidak membuat tubuh mereka bungkuk.

14. Aksesoris

Aksesoris

Topeng pahlawan super dan pernak-pernik lucu selalu menggaet hati anak-anak. Pasalnya, mereka bisa bermain peran seolah-olah mereka adalah sosok yang mereka peragakan. Aksesoris bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu berikan kepada anak yang aktif dan ekspresif. Topeng super hero untuk anak laki-laki dan aksesoris gelang serta kalung untuk anak perempuan bisa menjadi pilihan tepat untuk dibeli sebagai kado ulang tahun.

15. Kaus Kaki

Kaus Kaki

Kamu bisa memberikan kaus kaki dengan motif lucu agar anak-anak tertarik untuk menggunakannya. Selain memberikan rasa aman dan nyaman, kaus kaki juga bisa melindungi kaki dari jamur, kotoran, gesekan dan cedera pada kaki. Kaus kaki pendek semata kaki dengan motif lucu bisa menjadi hadiah yang unik untuk diberikan kepada anak-anak sekolah dasar.

Demikian rekomendasi hadiah untuk anak sekolah dasar. Pada dasarnya semua hadiah akan selalu dikenang, akan tetapi pemilihan hadiah yang tepat juga bisa menunjang anak-anak sekolah dasar dalam hal pembelajaran dan beraktivitas menjadi lebih efektif.

Semoga hadiah diatas bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari rekomendasi untuk anak-anak sekolah dasar. Kalian punya rekomendasi hadiah lain? Tulis di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar