Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Gurun Pasir Terluas di Dunia yang Sangat Menakjubkan

10 Gurun Pasir Terluas di Dunia yang Sangat Menakjubkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 September 2018

Gurun pasir identik dengan hamparan padang pasir bergunduk yang jika siang hari panasnya sangat ekstrem, tetapi ketika malam hari udaranya bisa menjadi sangat dingin. Jika mendengar kata “gurun pasir”, Arab Saudi pasti menjadi negara pertama yang muncul dalam benak kita. Namun, benarkah gurun pasir terluas di dunia hanya ada di Arab Saudi?

Faktanya, ada sejumlah gurun pasir terluas yang tersebar di beberapa Negara. Bahkan, ada juga gurun yang luasnya melebihi daratan di Indonesia, lho. Penasaran di mana saja tempat gurun pasir terluas di dunia? Simak ulasan dari  Bacaterus berikut ini.

10 Gurun Pasir Terluas di Dunia

1. Sahara

Sahara Gurun Pasir Terluas di Dunia

Nama Gurun Sahara pasti tidak asing lagi di telinga Anda. Ini adalah gurun terluas di Afrika yang melintasi berbagai Negara, mulai dari Algeria, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Mesir, Niger, Sudan, dan Tunisia. Total luas keseluruhan Gurun Sahara ini mencapai 9.000.000 KM2.

Tidak hanya terdiri dari gurun pasir saja, Gurun Sahara ini juga memiliki pegunungan gersang, dataran tinggi, dan oasis. Uniknya, salah satu gurun terpanas ini memiliki kurang lebih 20 danau dan waduk bawah tanah.

Intensitas curah hujan di gurun ini sangat rendah, sehingga cuacanya di siang hari sangat panas dan terik. Sementara pada musim dingin, suhu di Gurun Sahara bisa mencapai suhu beku dan beberapa titik di gurun ini tertutup salju.

2. Arabia

Arabia

Belum ke Arab rasanya jika tidak sekaligus mampir ke salah satu gurun pasir terluas di dunia, yaitu Gurun Arabia. Total luas keseluruhan gurun ini adalah 2.330.000 KM2. Kondisi di gurun ini sangat kering dan panas karena curah hujan yang terjadi sepanjang tahun hanya sekitar 100 mm saja.

Adapun spesies fauna yang hidup di Gurun Arabia adalah rusa, kijang, kucing pasir, dan kadal berekor duri. Gurun yang suhu tertingginya bisa mencapai 46 derajat celcius ini juga merupakan penghasil sumber daya minyak, belerang, gas alam, dan fosfat.

3. Gobi

Gobi

Berada di Tiongkok dan Mongolia, Gurun Gobi juga merupakan padang pasir terbesar di Asia karena luasnya mencapai 1.300.000 KM2. Meskipun Gurun Gobi termasuk gurun musim dingin, suhu di gurun ini terbilang ekstrem. Di siang hari, suhu di Gurun Gobi bisa mencapai 40 derajat celcius, sedangkan di malam harinya, suhu bisa mencapai minus 40 derajat celcius.

Nama Gobi diambil dari Bahasa Mongolia, yang artinya besar dan kering. Nama tersebut memang sangat cocok sekali dengan gurun ini. Di samping itu, di Gurung Gobi juga hidup spesies cacing maut Mongolia yang sangat mematikan. Nah, apakah Anda masih berani berkunjung ke Gurun Gobi?

4. Kalahari

Kalahari

Ketika membahas seputar gurun pasir terluas di dunia, nama Gurun Kalahari memang harus ada di dalam daftar ini. Gurun Kalahari adalah salah satu gurun terluas di Afrika. Luas dari gurun subtropis ini adalah 900.000 KM2. Gurun yang berada di Afrika Selatan ini melintas beberapa Negara, seperti Bostwana, Namibia, dan Afrika Selatan.

Intensitas curah hujan di gurun ini berkisar antara 3 – 7,5 inci. Kalahari bukan sepenuhnya gurun pasir yang panas dan gersang sehingga lebih banyak spesies flora dan fauna yang dapat hidup di sini. Adapun binatang yang memiliki habitat di Gurun Kalahari adalah meerkat, hyena cokelat, babi hutan, jackal, antelop, singa, jerapah, dan sejumlah spesies burung dan reptil.

5. Patagonia

Patagonia

Sebuah gurun musim dingin yang berada di Argentina Selatan ini adalah Gurun Patagonia yang cukup terkenal. Luas gurun ini adalah 673.000 KM2. Gurun ini berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik dan Pegunungan Andes.

Mengingat Patagonia termasuk gurun musim dingin, suhu di gurun ini bisa mencapai 3 derajat celcius dan tidak pernah lebih dari 12 derajat celcius. Musim dingin di gurun ini berlangsung selama 7 bulan, sedangkan musim panasnya hanya 5 bulan.

Walaupun suhu di Gurun Patagonia ini terbilang ekstrem, tetapi ada beberapa jenis hewan yang bisa tinggal di gurun ini, yakni armadilo kerdil, musang, puma, burung hantu, rubah abu-abu, dan beberapa jenis elang.

6. Great Victoria

Great Victoria

Sebuah gurun pasir di Australia ini bukan hanya berisi hamparan pasir saja, tetapi ada juga dataran padang rumput, gurun berkerikil, dan daun garam. Total luas keseluruhan Gurun Great Victoria adalah 647.000 KM2. Gurun ini sering dilewati oleh badai, terhitung ada sekitar 15-20 badai yang terjadi di sini setiap tahunnya.

Pada musim panas, suhu udara di Great Victoria bisa mencapai 40 derajat celcius, sedangkan di musim dingin sekitar 18-23 derajat celcius. Sebagian besar populasi yang menghuni gurun ini berasal dari Suku Aborigin. Sementara untuk spesies floranya, Great Victoria didominasi oleh Eucalyptus Gongylocarpa, Eucalyptus Youngiana, dan Mulga (Acacia Aneura).

7. Suriah (Syrian Desert)

Syrian Desert

Gurun Suriah merupakan jenis gurun subtropis yang melintasi bagian tenggara Suriah, timur laut Yordania, utara Saudi Arabia, dan barat Irak. Luas kombinasi stepa dan gurun pasir ini mencapai 520.000 KM2.

Mengingat gurun ini merupakan jenis gurun subtropis, lebih banyak spesies hewan yang memiliki habitat di gurun ini, seperti bangau, kuntul, jackal, rusa, tikus kecil, burung unta, sampai dengan predator seperti laba-laba, ular, dan kalajengking.

8. Great Basin

Great Basin

Great Basin adalah gurun pasir terluas di dunia yang melintasi Nevada, Utah, Oregon, dan California. Gurun musim dingin ini memiliki luas wilayah 492.000 KM2. Curah hujan di gurun ini merata dengan kuantitas 7-12 inci per tahun.

Mengingat Great Basin adalah gurun musim dingin yang berada di dataran tinggi, maka suhu di setiap ketinggian berbeda. Setiap ketinggian 1.000 kaki, suhu akan menurun sebanyak 3,6 derajat fahrenheit. Great Basin juga merupakan gurun penghasil sumber daya emas, perak, bijih besi, dan tembaga.

9. Taklamakan

Taklamakan

Gurun Taklamakan merupakan gurun pasir yang berada di Cina. Sebelah timur Taklamakan bahkan berbatasan langsung dengan Gurun Gobi. Secara geografis, luas gurun ini mencapai 337.000 KM2, yakni sedikit lebih kecil dari luas Negara Jerman.

Suhu paling ekstrem di gurun ini bisa mencapai -20 derajat celcius saat musim dingin, sedangkan musim panas bisa mencapai 40 derajat celcius. Taklamakan adalah gurun yang minim sumber air, sehingga sangat sulit untuk menemukan oasis di Gurun Taklamakan.

10. Karakum

Karakum

Di Turkmenistan terdapat gurun pasir yang cukup besar, yaitu Karakum. Gurun yang berada di Asia Tengah ini luasnya berkisar antara 350.000 KM2.

Yang membuat gurun ini ramai dikunjungi adalah terdapat sebuah kawah gas alam yang mengeluarkan api yang tidak pernah padam sejak tahun 1971. Kawah Gas Darvaza yang juga dijuluki sebagai “Gates of Hell” dipercaya sebagai gerbang masuk ke neraka. Setiap tahun ada ribuan pengunjung yang datang ke Karakum hanya untuk melihat kawah berapi ini.

Itulah 10 gurun pasir terluas di dunia. Saking luasnya, gurun pasir ini hampir menyaingi luas dari sebuah Negara. Apakah Anda berminat untuk berwisata ke gurun pasir?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment