bacaterus web banner retina

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 16 Juni 2021

Harry Potter adalah karakter fiksi yang terdapat dalam novel populer karya J.K. Rowling. Bercerita mengenai kehidupan Harry Potter di sekolah sihir Hogwarts, novel yang telah diangkat ke dalam layar lebar ini memang telah sukses mencuri perhatian para penonton yang ada di seluruh dunia.

Selain karena jalan ceritanya yang seru, karakter yang dihadirkan dalam cerita ini pun cukup beragam dan unik. Salah satunya adalah karakter para guru sihir yang pengajar di Hogwarts. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang mereka serta ilmu yang mereka ajarkan kali ini Bacaterus akan membahas 10 guru paling populer yang ada di Hogwarts. Siapa saja mereka? Berikut adalah ulasannya.

1. Profesor Albus Dumbledore

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 1
*

Profesor Albus Dumbledore merupakan salah satu sosok yang kerap melindungi Harry Potter dari segala ancaman berbahaya yang datang dari Lord Voldemort dan anak buahnya. Albus dikenal sebagai kepala sekolah di Hogwarts.

Sebelum Albus Dumbledore menjadi pemimpin di sekolah Hogwarts, ia merupakan seorang guru transfigurasi yang mengajar Tom Marvolo Riddle atau Lord Voldemort ketika masih menjalani pendidikan sihirnya di Hogwarts.

Albus sendiri adalah salah satu penyihir yang cukup berpengaruh di kehidupan Harry Potter. Ia merupakan orang yang menitipkan Harry pada keluarga Dursley ketika ia masih bayi.

2. Profesor Minerva McGonagall

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 3
*

Profesor Minerva McGonagall adalah salah satu karakter penyihir kuat yang ada di Hogwarts. Ia merupakan seorang wakil kepala sekolah sekaligus orang yang bertanggung jawab di asrama Gryffindor.

Minerva sendiri merupakan sosok yang menggantikan Albus Dumbledore sebagai guru transfigurasi. Ia dikenal sebagai sosok guru yang memiliki kepribadian baik, tegas dan bijaksana. Ia selalu berusaha melindungi para siswa dari peristiwa-peristiwa buruk yang kerap terjadi di lingkungan sekolah.

3. Profesor Filius Flitwick

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 5
*

Profesor Filius Flitwick adalah manusia setengah goblin. Ia merupakan seorang guru mantra yang bertanggung jawab di asrama Ravenclaw. Selain itu, Filius juga dikenal sebagai konduktor untuk paduan suara kodok di Hogwarts. Ia sendiri adalah orang yang dipercaya oleh Albus Dumbledore untuk berkontribusi melindungi kamar batu bertuah.

Sebagai seorang ahli mantra, Profesor Filius Flitwick dikenal memiliki kemampuan memikat sejumlah besar Winged Key di udara. Nah, ia juga salah satu guru yang ikut melindungi sekolah Hogwarts saat Lord Voldemort bersama pasukannya mulai menyerang.

4. Profesor Severus Snape

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 7
*

Pada awal kemunculannya, Profesor Severus Snape merupakan sosok yang dianggap killer dan tidak bersahabat oleh para siswa yang ada di Hogwarts. Ia sendiri dikenal sebagai seorang guru ramuan yang sangat dipercaya oleh Albus Dumbledore.

Nah, pada saat bersekolah di Hogwarts, Severus Snape muda merupakan saingan berat dari James Potter, yang tidak lain ayah dari Harry Potter. Severus Snape sendiri diketahui pernah beberapa kali menyelamatkan Harry Potter sebelum akhirnya tewas di tangan Lord Voldemort.

5. Profesor Remus John Lupin

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 9
*

Profesor Remus John Lupin adalah sosok guru yang muncul pada saat tahun ketiga Harry Potter bersekolah. Ia dikenal sebagai guru pertahanan terhadap ilmu hitam. Lupin dikenal sebagai sahabat baik dari James Potter ketika sama-sama menempuh pendidikan di Hogwarts.

Lupin sendiri adalah salah satu guru yang kerap berubah wujud menjadi seekor serigala. Hal itu terjadi karena saat dirinya masih muda pernah digigit oleh seorang manusia serigala bernama Fenrir Greyback.

Meskipun Harry dan kawan-kawan memiliki hubungan yang baik dengannya, namun Lupin sendiri pada akhirnya memilih mengundurkan diri dari Hogwarts karena identitasnya sebagai manusia serigala telah diketahui orang banyak.

6. Profesor Alastor "Mad-Eye" Moody

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 11
*

Selanjutnya ada Profesor Alastor "Mad-Eye" Moody. Profesor Moody dikenal sebagai auror yang cukup terampil melawan ilmu hitam. Ia sendiri dikenal sebagai orang yang banyak memenjarakan penyihir jahat di Azkaban. Hal itu yang membuat Albus Dumbledore hendak menjadikannya sebagai guru pertahanan terhadap ilmu hitam di Hogwarts.

Sayangnya, sebelum pengangkatan itu terjadi, ia diculik dan digantikan oleh Barty Crouch Jr yang menyamar. Moody sendiri akhirnya berhasil diselamatkan dan bergabung dengan Orde Phoenix kedua. Ia diketahui salah satu guru yang juga banyak membantu Harry dan kawan-kawannya ketika berada dalam kesulitan.

7. Profesor Dolores Jane Umbridge

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 13
*

Nah, salah satu guru yang sempat mengajar di Hogwarts selanjutnya adalah Dolores Jane Umbridge. Ia dikenal sebagai sosok yang guru menyebalkan dan paling dibenci di Hogwarts. Umbridge sendiri menempati posisi sebagai guru pertahanan terhadap ilmu hitam pada tahun kelima.

Sebenarnya Umbridge adalah anggota dari Kementerian Sihir yang kemudian diangkat oleh Menteri Sihir Cornelius Fudge sebagai Inkuisitor Agung Hogwarts sebelum akhirnya mengambil alih posisi Kepala Sekolah Hogwarts. Nah, melalui kebijakan gilanya, ia kerap membuat para murid Hogwarts stres.

8. Profesor Rolanda Hooch

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 15
*

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para siswa yang ada di Hogwarts adalah terbang menggunakan sapu terbang. Sapu terbang sendiri adalah salah satu alat transportasi yang identik dengan para penyihir.

Rolanda Hooch sendiri adalah guru yang berperan penting dalam mengajarkan pelajaran terbang pada murid-muridnya yang ada di Hogwarts. Ia sendiri muncul di tahun pertama ajaran sekolah. Nah, selain sebagai seorang pelatih, ia juga dikenal sebagai wasit untuk pertandingan Quidditch antar asrama yang diadakan di Hogwarts.

9. Profesor Horace Slughorn

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 17
*

Horace Slughorn merupakan guru di sekolah sihir Hogwarts yang pertama kali muncul di tahun keenam. Ia adalah salah satu orang yang sangat dipercayai oleh Albus Dumbledore. Slughorn sendiri kenal sebagai seorang guru ramuan sekaligus kepala di asrama Slytherin.

Ia sebenarnya telah pensiun. Namun, ia kemudian diminta untuk kembali mengajar di Hogwarts sebagai guru ramuan. Ia juga diketahui menjadi salah satu guru yang ikut bertempur saat Lord Voldemort dan pasukannya menyerang Hogwarts.

10. Profesor Sibyll Patricia Trelawney

10 Guru Hogwarts Paling Populer di Film Seri Harry Potter 19
*

Nah, salah satu guru di Hogwarts yang cukup ikonik adalah profesor Sibyll Patricia Trelawney. Ia dikenal sebagai guru ramalan. Trelawney kerap tampil dengan dandanan cukup nyentrik, yaitu mirip seperti seorang wanita gipsi dengan kacamata super tebal dan bola ramalan.

Ia adalah guru yang pertama kali memberitahukan ramalan tentang Harry Potter dan Lord Voldemort. Nah, cara ketika berbicara memang cukup misterius, bahkan terkadang membuat para siswa merasa bosan dan mengantuk ketika harus mengikuti pelajaran di kelasnya.

Demikian bahasan mengenai 10 guru Hogwarts paling populer di film seri Harry Potter yang telah berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Di antara kalian pasti memiliki seorang guru sihir favorit di seri Harry Potter. Nah, jika ada, maka kamu bisa sebutkan alasannya dengan menuliskan komentar kamu di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram