Bacaterus / Binatang / Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia

Ini Dia Berbagai Fakta Seputar Gurita Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Tahukah Anda bahwa Indonesia termasuk 10 besar negara pengekspor gurita terbesar di dunia? Gurita atau octopus adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (hewan yang kakinya terletak di kepala). Meskipun tampilannya seram, gurita bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Jepang adalah negara yang paling sering mengolah gurita menjadi berbagai hidangan yang lezat, seperti Takoyaki atau Sushi.

Sebagai hewan berkaki lebih dari 4, gurita memiliki tampilan yang cukup menyeramkan. Bentuknya dengan ukuran yang normal saja sudah membuat bergidik ngeri, apalagi jika harus melihat gurita terbesar di dunia yang besarnya berkali-kali lipat lebih banyak dari ukuran gurita normal.

Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda mengenal fakta seputar gurita terbesar di dunia. Apakah dalam ukuran besar gurita masih layak untuk dikonsumsi? Apakah gurita dengan ukuran yang besar berbahaya bagi keselamatan manusia? Temukan jawaban selengkapnya di sini.

Fakta Gurita Terbesar di Dunia

Fakta Gurita Terbesar di Dunia

Gurita Pasifik Raksasa atau yang dikenal dengan nama Giant Pacific Octopus adalah spesies gurita terbesar di dunia yang tinggal di kedalaman Samudra Pasifik. Sampai saat ini, ukuran terbesar dari gurita pasifik ini adalah dengan panjang 30 kaki dan berat 600 kilogram. Ukuran rata-rata gurita pasifik adalah panjang 7 meter dengan berat 71 kilogram.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat besar, gurita pasifik ini adalah jenis hewan yang pemalu. Hewan ini lebih suka bersembunyi di balik batu-batu karang dan memanfaatkan kemampuan untuk mengubah warna kulitnya agar tampak sama dengan benda-benda di sekitarnya, persis seperti bunglon.

Dikatakan sebagai hewan pemalu karena gurita ini lebih suka berada di kedalaman 1.500 meter dan bersembunyi di dalam liangnya. Gurita raksasa ini hanya keluar saat hendak mencari makan saja.

Mangsa Gurita Raksasa

Mangsa Gurita Raksasa

Dengan ukuran sebesar ini, gurita terbesar di dunia ini memang dapat mengalahkan hiu anjing. Namun, pada dasarnya predator tersebut bukan makanan utama dari gurita pasifik. Gurita raksasa ini hanya akan menyerang jika sang predator berusaha memangsanya. Lantas, apa sebenarnya makanan dari gurita raksasa?

Gurita pasifik merupakan hewan karnivora (pemakan daging). Hewan laut yang menjadi mangsa bagi gurita raksasa adalah kerang, udang, cumi-cumi, dan lobster. Gurita ini akan menggunakan lengan-lengannya yang besar dan kuat untuk mencengkeram mangsanya.

Setelah berhasil mencengkeram mangsanya, gurita pasifik akan mencabik tubuh mangsanya dengan menggunakan mulutnya yang keras seperti paruh dan menyuntikkan racun untuk melelehkan daging mangsanya hingga sehalus bubur. Akan tetapi, metode ini hanya digunakan gurita raksasa untuk memangsa hewan dengan cangkang yang keras, seperti lobster dan kepiting.

Gurita Pasifik, Hewan Bertubuh Besar yang Cerdas

Boleh dibilang bahwa gurita adalah hewan invertebrata yang paling cerdas di antara hewan sejenis lainnya. Hewan ini memiliki kemampuan untuk mempelajari berbagai macam hal baru. Saat menjalani percobaan di laboratorium, seekor gurita pasifik raksasa berhasil membuka tutup toples hanya dari melihatnya saja.

Sebagai binatang yang cerdas, gurita raksasa juga pernah memecahkan akuarium untuk bertandang ke akuarium lain dan mencari makanan. Selain itu, kecerdasan lain yang pernah ditunjukkan oleh hewan yang memiliki 8 buah tentakel ini adalah meniru gaya gurita lain.

Fakta yang paling mengejutkan, gurita pasifik pernah ditemukan memanjat kapal nelayan dan membuka tutup tempat penyimpanan ikan untuk mengambil beberapa ekor kepiting yang akhirnya menjadi santapannya. Wah, cerdas sekali, ya!

Reproduksi

Reproduksi

Beberapa hewan memiliki musim kawin tersendiri, tapi tidak dengan gurita terbesar di dunia ini. Spesies ini dapat kawin kapan saja. Gurita pasifik betina yang baru saja kawin akan menghasilkan telur-telur yang jumlahnya bisa mencapai 100 ribu butir.

Pengorbanan gurita betina sebagai induk memang patut diacungi jempol. Gurita betina akan menyimpan telur-telurnya di lubang di dasar laut lalu ia akan menjaga telur-telurnya. Sementara menjaga telurnya, gurita betina tidak akan pergi kemana pun untuk mencari makan. Alhasil, saat telur-telurnya menetas, gurita betina mulai melemah dan akhirnya mati.

Waktu yang dibutuhkan telur-telur gurita pasifik untuk menetas bisa mencapai 3 – 12 bulan. Semakin hangat tempat penyimpanan telurnya, maka semakin cepat telur itu menetas. Bisakah Anda membayangkan gurita betina tidak akan makan apapun sampai telurnya menetas?

Perjuangan hidup bayi gurita pasifik tidak berhenti sampai di situ saja. Bayi-bayi gurita akan melayang-layang di laut layaknya zooplankton. Pada fase inilah bayi gurita sangat rentan menjadi santapan bagi hewan laut lainnya. Setelah berhasil melalui fase ini, gurita raksasa akan kembali ke dasar laut dan berperilaku seperti gurita pada umumnya. Usia gurita pasifik raksasa bisa mencapai 4-5 tahun.

Penemuan Gurita Raksasa di Seluruh Dunia

Beberapa orang pernah menjadi saksi bahwa gurita raksasa memang benar-benar ada. Bahkan, ukuran gurita yang mereka lihat melebihi ukuran gurita pasifik raksasa yang sudah kami bahas di sini. Percaya atau tidak, hewan yang diklaim sebagai gurita raksasa juga pernah ditemukan di Indonesia, lho!

Berikut adalah sejumlah fakta penemuan gurita terbesar di dunia yang pernah menghebohkan masyarakat dan netizen:

1. Gurita Sepanjang 8 meter di Kepulauan Banda

Gurita sepanjang 8 meter di Kepulauan Banda

Tahun 2015, masyarakat Indonesia digegerkan dengan penemuan mahluk raksasa yang menyerupai gurita sepanjang 8 meter di Pulau Hatta, Kepulauan Banda, Maluku. Nelayan menemukan hewan raksasa ini terkapar mati dan hampir membusuk. Diduga gurita raksasa ini mati karena usianya sudah tua dan terbawa ombak hingga ke pesisir pantai.

Sempat dikatakan HOAX, tetapi berita seputar gurita terbesar ini memang disiarkan di televisi-televisi nasional. Bahkan, masyarakat di Pulau Hatta juga menjamin keaslian berita mengenai gurita raksasa yang membuat masyarakat gempar ini.

2. Gurita Seberat 250 kilogram di Australia

Gurita seberat 250 kilogram di Australia

Lagi-lagi seorang nelayan menemukan gurita raksasa. Gurita yang memiliki berat 250 kilogram ini ditemukan di Perairan Victoria Australia. Panjang kepala guritanya 4 meter, sedangkan jika diukur dengan tentakelnya maka panjangnya mencapai 8 meter.

Jika di Kepulauan Banda bangkai gurita itu dibiarkan membusuk, gurita terbesar yang ditemukan di Australia ini justru diawetkan dan disimpan di dalam museum.

Apakah Kraken Benar-Benar Ada?

Apakah Kraken Benar-Benar Ada

Kraken adalah sebuah mahluk mitologi yang digambarkan bertubuh gurita tetapi dengan ukuran yang sangat besar. Saking besarnya, tentakel kraken bisa meremukkan dua kapal sekaligus. Konon, mahluk ini berdiam di perairan Islandia dan Norwegia.

Pada tahun 1924, seorang penulis bernama Frank T. Bullen menerbitkan sebuah buku berjudul The Cruise of the Chachalot. Di buku ini Bullen menceritakan pada suatu malam ia yang berada di sebuah kapal dan berlayar di Selat Malaka menyaksikan sendiri pertempuran paus penyembur dengan seekor mahluk seperti cumi-cumi raksasa yang ia yakini sebagai Kraken.

Namun, mengingat profesi Bullen sebagai penulis tentu banyak orang yang percaya bahwa kesaksiannya saat melihat Kraken hanya imajinasinya yang ia tuangkan dalam sebuah buku. Jadi, boleh dikatakan bahwa Kraken, gurita terbesar di dunia, hanyalah sebuah mahluk fiktif.

Itulah fakta seputar gurita terbesar di dunia yang ternyata tidak semengerikan penampilannya. Di balik ukurannya yang jumbo, gurita pasifik betina merupakan induk yang mau mengorbankan nyawanya untuk menjaga calon bayinya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *