Bacaterus / Misteri Indonesia / 8 Gunung Paling Angker di Indonesia Beserta Mitosnya

8 Gunung Paling Angker di Indonesia Beserta Mitosnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak ada gunung yang tak angker. Hampir semua gunung pasti memiliki cerita angker yang akan membuat bulu kuduk merinding. Jika Anda memiliki kerabat yang suka mendaki gunung, tanyakan saja kepada mereka mengenai pengalaman mistisnya selama pendakian. Dijamin, kerabat Anda pasti pernah mengalami kejadian mistis meskipun cuma sekali.

Berbicara mengenai gunung yang angker, Indonesia memiliki puluhan hingga ratusan gunung dan beberapa di antaranya memang menyimpan cerita mistis. Bacaterus akan membahas 8 gunung paling angker di Indonesia beserta mitosnya yang pasti membuat Anda takut sekaligus enggan untuk mendaki gunung.

8 Gunung Paling Angker di Indonesia

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu Gunung Paling Angker di Indonesia Beserta Mitosnya

Dikenal sebagai gunung paling angker di Pulau Jawa, Gunung Lawu tentu pantas berada dalam daftar gunung paling angker di Indonesia beserta mitosnya. Gunung ini memiliki pasar setan di jalur pendakian Candi Cetho.

Menurut pengakuan para pendaki, di malam-malam tertentu sering terdengar keramaian layaknya sebuah pasar. Jika beruntung, Anda akan bertemu pedagang jelemaan makhluk gaib yang ada di Gunung Lawu. Pedagang jadi-jadian tersebut akan bertanya, “Mau beli apa?” Mitosnya, para pendaki yang bertemu dengan pedagang gaib tersebut harus melempar uang atau barang pribadi agar tidak diikuti oleh makhluk halus.

2. Gunung Salak

Gunung Salak

* sumber: www.kaaget.com

Entah sudah berapa banyak kecelakaan pesawat terbang yang terjadi di Gunung Salak. Salah satu kecelakaan besar yang terjadi di Gunung Salak adalah tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. Menurut orang-orang pintar, sejumlah kecelakaan yang terjadi Gunung Salak tak luput dari ulah makhluk gaib penunggu gunung.

Kisah-kisah yang dialami oleh para pendaki juga semakin menegaskan keseraman gunung ini. Misalnya, kisah pendaki yang terbangun malam hari saat berkemah dan ia melihat pasukan tentara berwajah dingin mengelilingi tendanya. Saat si pendaki sedang ketakutan, terdengar lantunan doa dari sosok tak kasat mata yang mampu mengenyahkan hantu para tentara itu.

Di samping itu, sering juga terdengar suara gamelan misterius di Gunung Salak. Konon, orang yang berusaha mencari sumber suara gamelan tersebut akan tersesat dan tidak bisa menemukan jalan keluar.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

* sumber: kesiniaja.com

Gunung Sumbing juga mendapatkan predikat gunung paling angker di Indonesia beserta mitosnya. Mitos yang terkenal di gunung ini adalah larangan mendaki gunung dalam jumlah ganjil. Rombongan pendaki berjumlah 11 orang pernah mengalami pengalaman gaib di gunung ini.

Salah satu pendaki yang tergabung dalam rombongan itu memiliki indera keenam. Saat pendakian, si pendaki ini melihat rombongannya bertambah satu orang lagi menjadi 12 orang. Namun, pendaki ini diam saja dan mengajak temannya untuk meneruskan pendakian.

Sampai di puncak, anggota ke-12 hilang dengan sendirinya, tapi ia melihat ada pocong yang berdiri di antara teman-temannya. Sontak si pendaki ini mengajak teman-temannya berdoa bersama sampai penampakan pocong tersebut hilang.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno

* sumber: www.yukpiknik.com

Bila dibandingkan dengan Gunung Semeru, Gunung Arjuno mungkin tidak terlalu populer meskipun sama-sama berada di Jawa Timur. Namun, Gunung Arjuno diklaim sebagai salah satu gunung angker dan berbahaya.

Di dalam gunung ini terdapat sebuah kawasan bernama Alas Lali Jiwo. Setiap orang yang melintasi Alas Lali Jiwo harus tetap fokus agar tidak tersesat atau terpencar dari rombongannya. Warga setempat percaya bahwa orang yang hilang di Alas Lali Jiwo akan hilang selamanya alias tidak pernah ditemukan.

Tak hanya itu saja, pendaki juga dihimbau agar tidak mengeluh atau mengumpat selama mendaki Gunung Arjuno. Pasalnya, pendaki yang mengeluh dan mengumpat akan mengalami berbagai hal mistis yang mengerikan.

5. Gunung Gede

Gunung Gede

* sumber: gemapalamaniis.blogspot.co.id

Setiap hendak melakukan pendakian, para pendaki pasti dihimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang kurang sopan. Bahkan, ketika pendaki ingin buang air disarankan untuk mengucapkan salam atau permisi agar penunggunya tidak terganggu.

Gunung Gede termasuk gunung paling angker di Indonesia beserta mitosnya mengenai pendaki yang kesurupan karena buang air kecil sembarangan. Ceritanya, ada salah satu pendaki yang buang air kecil tanpa permisi. Mendadak ia kesurupan dan membuat rombongannya kebingungan.

Setelah sadar, si pendaki bercerita bahwa setelah buang air kecil ia melihat sosok pria berpakaian kerajaan yang berdiri di antara dua ekor harimau. Pria tersebut menatap si pendaki itu dengan wajah marah. Kemudian, pendaki tersebut tak sadarkan diri karena kesurupan.

Keesokan harinya ketika pendaki dan rombongannya turun melewati lokasi ia mengalami kesurupan, ia mendengar bisikan dengan Bahasa Jawa yang diiringi dengan geraman harimau.

6. Gunung Semeru

Misteri Gunung Semeru

Di balik keindahan pemandangannya, Gunung Semeru juga memiliki beberapa kisah mistis. Ranu Kumbolo yang diklaim sebagai tempat terindah di Gunung Semeru pun tak luput dari mitos seputar makhluk gaib yang kerap kali mengganggu pendaki yang bermalam di sekitarnya. Di Ranu Kumbolo sering muncul penampakan pocong dan hantu wanita di tengah danau.

Keangkeran Gunung Semeru semakin kuat tatkala ada sebuah pengalaman menyeramkan yang dialami oleh lima pendaki. Saat melakukan pendakian, kelima pemuda itu bertemu seorang pendaki wanita. Karena mengaku sendiri, akhirnya pendaki wanita tersebut bergabung dengan lima pemuda tersebut. Suasana akrab langsung terbangun di antara mereka berenam.

Namun pada malam hari, salah satu pendaki melihat wanita itu pergi meninggalkan kemah dan masuk ke hutan. Sontak pendaki itu membangunkan keempat kawannya untuk mencari wanita itu. Semalaman mereka tidak tidur mencari pendaki wanita tersebut.

Saat hari mulai terang, mereka menemukan ransel yang mirip milik si pendaki wanita di dasar jurang. Akhirnya, mereka menuruni jurang. Sesampainya di dasar jurang, mereka menemukan jasad yang sudah membusuk di samping ransel tersebut. Betapa kagetnya mereka ketika tim SAR datang dan menyampaikan bahwa jasad tersebut adalah wanita yang hilang sebulan lalu.

7. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong

Di Sulawesi Selatan ternyata ada sebuah gunung paling angker di Indonesia beserta mitosnya yang bikin Anda enggan untuk mendaki gunung tersebut. Adalah Gunung Latimojong yang memiliki mitos mengenai Hantu Poppo. Fisik Hantu Poppo digambarkan berwujud manusia, bermata merah, dan bisa terbang. Hantu ini selalu mencari mangsa pada malam hari.

Apabila Anda ingin berkemah di Gunung Latimojong sebaiknya Anda waspada ketika mendengar suara “Pok.. Pok.. Pok..” berulang kali. Pasalnya, itu adalah suara Hantu Poppo yang keberadaannya tidak jauh dari tempat Anda mendengarnya.

8. Gunung Argapura

Gunung Argapura

* sumber: www.catatanhariankeong.com

Popularitas Gunung Argapura mungkin masih kalah dengan Gunung Semeru dan Gunung Kelud yang sama-sama berada di Jawa Timur. Namun, mitos seram di Gunung Argapura tidak kalah dengan gunung-gunung lainnya.

Kabarnya, di gunung ini terdapat hantu noni Belanda. Hantu noni ini sering membawa pendaki yang mengambil bunga edelweis atau bertingkah tidak sopan selama pendakian. Seorang pendaki wanita pernah “dibawa” oleh hantu noni ini setelah ia memetik edelweis. Menurut cerita, ia dibawa ke sebuah pemukiman Belanda dan dinasehati agar lebih mawas diri saat mendaki gunung.

Berbagai kisah gunung paling angker di Indonesia beserta mitosnya ini memang membuat ngeri. Namun jangan sampai Anda enggan mendaki gunung hanya karena cerita-cerita seram yang beredar. Berdoalah sebelum pendakian dan jaga sikap maupun tutur kata agar tidak terjadi hal-hal buruk selama pendakian.

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Muhammad Rizki Awalul Walid berkata:

    Kagak nyangka, kalau gunung-gunung di atas memiliki cerita mistis di dalamnya. Membuat takut untuk pergi sana ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *