Bacaterus / KPOP / Inilah 10 Grup KPOP yang Paling Legendaris Sepanjang Masa

Inilah 10 Grup KPOP yang Paling Legendaris Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Maret 2019

Demam KPOP saat ini sudah merajalela di manapun, termasuk di Indonesia. Banyak kalangan non-KPOPers saat ini sudah mengenal KPOP, entah mulai dari musik, idol, penyanyinya, hingga dramanya. Namun, sebelum KPOP terkenal seperti saat ini, ternyata musik genre KPOP sudah sangat kuat dan melekat sejak zaman dulu lho.

Bahkan, sudah banyak boyband dan girlband yang tenar di tahun 90’an dan 2000’an. Ya, meskipun grup mereka saat itu belum mendunia seperti sekarang. Tapi sebenarnya, grup-grup KPOP legendaris inilah yang justru membuka celah KPOP ke dunia luar lho. Kira-kira, grup apa saja, sih, yang paling legendaris di dunia KPOP? Berikut Bacaterus punya daftarnya di sini.

10 Grup KPOP Legendaris

1. H.O.T

Jauh sebelum adanya EXO dan NCT, SM Entertainment sudah lebih dulu memperkenalkan boyband-nya yang bernama H.O.T. Grup ini sendiri memulai karirnya di tahun 1996 dengan lima orang anggota, yakni Moon Hee-joon, Jang Woo-hyuk, Tony An, Kangta, and Lee Jae-won. Hayo, apakah kalian tahu salah satu anggotanya?

Meskipun debutnya sudah lebih dari 10 tahun lalu, sampai saat ini H.O.T dikenal sebagai idol group yang membuka halluyu wave ke berbagai negara lho. Bagaimana tidak, H.O.T ini bukan hanya sukses di Korea saja, karena lagunya pun dinikmati di Jepang dan China lho.

Tapi sayangnya, kini H.O.T sudah tidak aktif sebagai grup lagi. Mereka memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan SM di tahun 2001 karena alasan pribadi. Meskipun sudah bubar, tapi H.O.T masih tetap kompak, bahkan pernah mengadakan konser reuni lho!

2. Turbo

Kalau kamu suka banget nonton acara Running Man pasti mengenal salah satu anggota dari Turbo. Ya, ini adalah sebuah boy group yang berisikan tiga orang anggota, yakni Kim Jong-Kook – anggota Running Man, Kim Jung-nam, dan Mikey.

Grup yang debut pada tahun awal 1997 ini bisa dibilang tergolong sukses dan sangat terkenal pada masanya lho. Lagu hits yang mereka bawakan bertajuk “My Childhood Dream” sangat diterima di masyarakat. Makanya, tidak heran jika mereka adalah salah satu grup terkuat pada era 90’an.

3. Sechs Kies

Sechs Kies

Sechs Kies melengkapi boyband yang debut setahun setelah H.O.T debut, tepatnya di tahun 1997. Boyband yang satu ini dibentuk oleh YG Entertainment. Pada awal debut, grup ini beranggotakan 6 orang, yakni Eun Ji-won, Lee Jai-jin, Kim Jae-duck, Jang Su-won, Kang Sung-hoon, dan Ko Ji-yong.

Sayangnya, kini Sechs Kies sudah bubar di tahun 2000. Meskipun begitu, mereka juga sempat mengadakan reuni di tahun 2016 dan melanjutkan kontraknya dengan YG Entertainment. Hanya saja di tahun 2018, Kang Sung-Hoon memilih hengkang dari grup dan agensinya.

4. S.E.S

Masih dengan grup asuhan SM Entertainment, kali ini mereka bukan menampilkan boyband melainkan girlband. Ya, bisa dibilang ini adalah “kakak” grup-nya SNSD, Red Velvet, F(X), dan girl group lainnya dari SM.

Nah, kalau soal debut, S.E.S ini debut setahun setelah H.O.T debut, tepatnya di tahun 1997 dengan beranggotakan tiga wanita cantik. Ketiga anggota tersebut adalah Bada, Eugene, dan Shoo. Ketiga anggota ini bukan hanya dikenal dengan parasnya yang cantik, tapi juga bakatnya yang luar biasa.

Bukan hanya itu saja, bahkan setelah debut pun mereka langsung memuncaki setiap tangga lagu dan sukses dengan cepat lho. Yang menariknya lagi, mereka pun melakukan debut di Jepang di awal tahun 1999 dengan lagu “Reach Out”. Tentu saja debutnya itu sangat sukses dan diterima dengan respon sangat positif.

Tapi sayangnya, kini grup S.E.S sudah tidak aktif lagi di dunia hiburan. Mereka memutuskan untuk bubar di tahun 2002 karena kontrak Bada dan Eugene yang telah berakhir. Di tahun 2006, Shoo pun menyusul dengan hengkang dari SM Entertainment.

Namun, meskipun mereka kini sudah bubar, tapi mereka sempat merilis lagu reuni dengan judul “PARADISE”. Apakah kamu pernah menonton MV terbarunya, chingu?

5. Shinhwa

Lagi, SM Entertainment sangat produktif dalam mencetak grup-grup idol terbarunya. Kali ini ada Shinhwa yang didebutkan pada tahun 1998 dengan 6 orang anggota, yakni Eric Mun, Lee Min-woo, Kim Dong-wan, Shin Hye-sung, Jun Jin, dan Andy Lee.

Sama seperti grup lainnya, Shinhwa juga dikenal sebagai grup KPOP legendaris karena memang mampu populer dengan kurun waktu yang cepat dan mudah diterima oleh masyarakat penikmat genre KPOP. Sayangnya, kini Shinhwa sudah tidak lagi berada di naungan SM.

Mereka memutuskan untuk membentuk perusahaan sendiri yang bernama Shinhwa Company. Namun sebelum itu, mereka sempat menandatangani kontrak dengan GOOD Entertainment di tahun 2004.

6. Fin.K.L

Mungkin tidak banyak yang tahu girlband yang satu ini. Bisa dibilang Fin.K.L ini saingannya grup S.E.S di era 90’an. Fin.K.L sendiri merupakan girl group yang dibentuk oleh DSP Entertainment dengan 4 orang anggota, yakni Lee Hyori, Ock Joo-hyun, Lee Jin, dan Sung Yu-ri.

Menariknya, di awal mereka debut tahun 1998, Fin.K.L sudah berhasil menyabet berbagai macam penghargaan di acara bergengsi, salah duanya adalah New Artist of the Year – Golden Disc Award tahun 1998 dan Best Female Group – Mnet Music Video Festival tahun 2000.

7. Baby V.O.X

Kalau ditanya soal saingan terberat Fin.K.L dan S.E.S tentu jawabannya Baby V.O.X. Grup ini digadang-gadang sebagai salah satu girlband terbaik dan terpopuler lho. Dengan 5 orang anggota, yakni Kim E-Z, Lee Hee-jin, Jang Hyun-jung, Cha Yu-mi, dan Jung Shi-woon, mereka mampu menggebrak pasar hiburan Korea dengan lagu debutnya “Hair Cut”.

Sayangnya, grup mereka cukup banyak melakukan pergantian member. Alasan pergantian member juga beragam, ada yang diganti karena alasan kesehatan dan ada juga yang keluar karena masalah internal. Banyaknya pergantian member ini ternyata membuat grup Baby V.O.X tidak sanggup bertahan lama dan harus rela bubar di tahun 2006.

8. G.O.D

Bukan hanya SM Entertainment yang aktif menelurkan idol-idol berbakat di tahun 90’an, karena JYP pun tidak mau kalah dengan mendebutkan G.O.D sebagai boyband legendarisnya di tahun 1999. Debutnya ini sangat diterima oleh para pecinta KPOP dengan lagu-lagunya yang selalu emosional.

Adapun lagu-lagu yang berhasil dipopulerkan G.O.D adalah Dear Mother, Road, dan One Candle. Pernah dengar lagunya belum? Oh iya, lagu-lagu mereka ini dinyanyikan oleh 5 orang anggota bersuara merdu, yakni Park Joon-hyung, Yoon Kye-sang, Danny Ahn, Son Ho-young, dan Kim Tae-woo.

9. Cleo

Cleo

Cleo, mungkin KPOPers zaman sekarang tidak banyak yang tahu soal girl group yang satu ini. Wajar saja, karena Cleo debut di tahun 1999 dengan 3 member, yakni Kim Ha-na, Park Ye-eun, dan Chae Eun-jung. Namun, di tahun 2000, Park Ye-eun hengkang dari grup dan diganti oleh Han Hyun-jung.

Dan ternyata, pergantian member pun masih berlangsung dengan keluarnya Chae Eun-Jung di tahun 2004. Lagi, akhirnya Cleo menambahkan satu anggota baru, yakni Jung Ye-bin. Sayangnya, baru satu tahun Ye-bin bergabung dengan grup, di tahun 2005 Cleo pun bubar. Kini, lagu mereka hanya bisa dikenang sebagai salah satu grup KPOP paling legendaris sepanjang masa.

10. TVXQ

TVXQ

Setelah sukses dengan H.O.T, Shinhwa dan deretan idol grup lainnya, SM Entertainment pun kembali lagi dengan boy group barunya yang diberi nama TVXQ. Grup KPOP yang legendaris ini memulai karirnya pada tahun 2003 dan masih aktif hingga kini lho!

Pada awalnya, TVXQ punya 5 orang anggota, yakni U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu. Sayangnya, 3 orang anggotanya memutuskan untuk hengkang karena alasan pribadi, yakni Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu.

Akibat hengkangnya 3 anggota, TVXQ pun memilih hiatus cukup lama dan mulai bangkit kembali di tahun 2011 dengan dua anggota saja. Meskipun hanya 2 anggota, ternyata fans TVXQ tidak pernah redup dan justru semakin bersinar hingga saat ini. Bahkan, TVXQ ini digadang-gadang sebagai boyband dengan jumlah fans terbanyak di Jepang lho!

11. SS501

Puas membahas grup-grup KPOP legendaris di tahun 90’an, kini datang sebuah grup KPOP yang sangat legend di tahun 2000-an, yakni SS501. Boyband satu ini dibentuk pada tahun 2005 dengan 5 orang anggota, Kim Hyun-joong, Heo Young-saeng, Kim Kyu-jong, Park Jung-min dan Kim Hyung-jun.

Mengapa mereka masuk dalam list legendaris? Pasalnya, SS501 ini mampu menggebrak pasar Jepang dengan lagunya yang bertajuk “Kokoro”. Bahkan, grup ini tercatat pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best New Artist dalam ajang Japan Gold Disc Award lho!

Nah, kalau kamu mau menikmati lagu-lagu dari SS501 ini masih tetap bisa, hanya saja grup ini sudah tidak aktif sejak tahun 2010. Tidak aktif bukan berarti bubar, ya. Kamu juga masih bisa, kok, mendengarkan lagu-lagu yang dibuat oleh beberapa anggota SS501.

12. Super Junior

Tidak lengkap rasanya berbicara mengenai grup KPOP legendaris tanpa menuliskan SuJu. Ya, siapa sih yang nggak kenal sama grup yang sukses membawakan lagu “Sorry Sorry” ini? Kayanya KPOPers zaman dulu maupun zaman sekarang masih tetap kenal dengan grup ini.

Grup yang awalnya debut dengan 12 orang ini mampu menggebrak pasar Jepang dan beberapa negara Asia lainnya, termasuk Indonesia, dengan lagunya yang sangat ear catching. Nah, SuJu ini mulai debut di tahun 2005 dengan lagu bertajuk “Twins Knock Out”. Pernah denger lagunya? Atau mau tahu informasi lebih banyak soal SuJu? Langsung kepoin di artikel 10 Fakta SuJu ini, ya!

13. Big Bang

Dikenal sebagai grup yang swag dan jago nge-rapp, rasanya Big Bang juga sangat layak untuk disebut sebagai salah satu grup KPOP paling legendaris sepanjang masa. Bagaimana tidak, setiap kali Big Bang mengeluarkan lagu apapun, pasti booming. Setuju?

Bukan hanya itu saja, Big Bang juga dikenal dengan grup yang semua anggotanya punya talenta bermusik tanpa batas. Apalagi soal membuat lagu, Big Bang paling jago deh! Mau tahu lebih banyak soal Big Bang? Jangan lewatkan artikel 10 Fakta Big Bang ini, ya!

14. Wonder Girls

Nobody nobody but you!

Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing dengan penggalan lirik lagu dari girl group asuhan JYP ini, ya? Nah, yang membawa Wonder Girls sangat tenar adalah lagu “Nobody” yang sangat addict untuk didengarkan berulang-ulang. Bahkan, lagu ini pun mungkin cukup tenar di kalangan Non-KPOPers, ya?

15. Kara

Di tahun 2007 bukan hanya Wonder Girls yang debut sebagai girl group paling legendaris. Pasalnya, ada grup bernama Kara yang debut di tahun yang sama dengan WG (Wonder Girls). Kara sendiri berisikan 4 orang anggota, yaitu Park Gyuri, Han Seung-yeon, Kim Sung-hee, dan Jung Nicole. Tapi sayangnya, di tahun 2008, Kim Sung-hee harus hengkang dari grup. Kara pun mengalami perubahan formasi dengan menambahkan 2 anggota, Goo Ha-ra dan Kang Jiyoung.

Meskipun mengalami perubahan anggota, tapi grup ini tetap solid dan terbukti mampu bersaing dengan grup-grup lainnya. Bahkan, Kara juga menjadi sebagai salah satu grup yang sukses dengan lagu-lagu yang ear catching. Salah satu lagu yang paling hits dari Kara adalah “Mister”. Pernah dengar lagunya, belum?

16. Girls Generation/SNSD

SNSD

Setelah sukses dengan S.E.S, di tahun 2007 akhirnya SM Entertainment mendebutkan sebuah girl group yang bernama Girls Generation atau yang lebih akrab dipanggil SNSD. Awal debut, SNSD beranggotakan 9 orang dan debut dengan lagu bertajuk “Into The New World”.

Semakin berkembang, SNSD pun semakin tenar dan populer. Apalagi dengan lagunya yang bertajuk “Gee”, SNSD pun semakin mengepakan sayapnya tidak hanya di Korea, tapi juga di industri musik Jepang. Dengan setiap lagunya yang sangat diterima masyarakat, SNSD pun tercatat memiliki sejumlah prestasi yang gemilang hingga sekarang lho!

17. 2PM

Nah, kalau JYP Entertainment tadi punya girlband legendaris bernama Wonder Girls, kini ada 2PM sebagai boyband legendarisnya JYP di tahun 2000-an. Grup yang satu ini dibentuk pada tahun 2008 dengan awal debut beranggotakan 7 orang. Sayangnya, satu member harus hengkang, yakni Jay Park. Dan untuk sekarang, 2PM masih bertahan dengan 6 anggota tanpa pergantian member.

Masih membicarakan awal debut, 2PM punya konsep yang sedikit berbeda dengan grup lainnya. Di 2PM kamu bisa melihat boyband dengan konsep macho dan manly dengan semua anggotanya yang memiliki abs. Nah, untuk lagu debutnya juga cukup terkenal yang berjudul “10 Points Out of 10 Points”. Pernah nonton musik videonya?

18. 2NE1

2NE1

YG Entertainment bukan hanya punya Blackpink sebagai girlband-nya. Pasalnya, ada 2NE1 salah satu girlband yang sangat sukses di masanya lho. Rasanya setiap lagu yang dikeluarkan 2NE1 tidak pernah flop dan selalu berhasil menyapu bersih setiap music chart di Korea.

Grup yang berisikan 4 orang anggota, Bom, CL, Dara, dan Minzy, sangat memikat para penonton dengan lagunya yang ear catching. Beberapa lagu yang sangat hits dari 2NE1 adalah Try to Follow Me, Go Away, Lonely, I Am the Best, Ugly, I Love You, Falling in Love, Missing You, dan Come Back Home. Mana lagu 2NE1 yang paling kamu suka?

19. 4Minute

Cube Entertainment salah satu agensi Korea Selatan yang juga memiliki girlband legendaris sepanjang masa. Nah, kalau kamu tahu Hyuna maka kamu bakal menemukan Hyuna di grup yang dibentuk tahun 2009 ini. Tapi, tentunya Hyuna tidak sendiri, karena masih ada 4 anggota lainnya, yakni Nam Ji-hyun, Heo Ga-yoon, Jeon Ji-yoon, dan Kwon So-hyun.

Awal debutnya, 4Minute memperkenalkan diri ke publik dengan lagu “Hot Issue”. Lagu tersebut langsung memuncaki tangga lagu berkat nadanya yang menarik dan adiktif. Berkat lagu-lagunya yang bagus juga, 4Minute berhasil mencapai puncak popularitas sebagai K-pop New Artist Award di Billboard Japan Music Awards tahun 2010. Hebat, kan?

20. After School

Dengan konsep graduated pada setiap member-nya, After School mampu menunjukan popularitas mereka dengan lagu “AH!” pada tahun 2009. Selain itu, lagunya yang bertajuk “Diva” juga mampu mendapatkan prestasi yang cukup membanggakan, yakni Rookie of The Month. Bukan cuma “Diva”, lagu “Bang” milik After School juga sangat populer pada masanya lho!

Tapi sayangnya, saat ini kamu sudah tidak dapat mendengarkan lagu-lagu After School yang terbaru. Pasalnya, kini After School sudah tidak aktif lagi. Dan kini, member yang tersisa pun hanya 4 orang, yakni Raina, Nana, E-Young dan Kaeun.

Ya, itulah tadi deretan grup-grup KPOP paling legendaris sepanjang masa versi Bacaterus. Nah, dari semua grup yang sudah disebutkan, mana grup yang paling kamu sukai? Atau kamu mau menambahkan grup KPOP legendaris lainnya? Bisa langsung tuliskan di kolom komentar, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar