Bacaterus / Jajanan Hits / 10 Jajanan Gorengan Hits yang Lagi Ngetrend di Tahun 2020

10 Jajanan Gorengan Hits yang Lagi Ngetrend di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa, sih, yang tidak suka gorengan? Gorengan bukan hal yang asing lagi bagi orang Indonesia, bahkan bisa dikatakan gorengan adalah cemilan sehari-hari karena sangat mudah ditemui di tepi-tepi jalan, di mana pun dan kapan pun. Harganya pun sangat terjangkau dengan rasa yang tidak kalah enak dengan kudapan lainnya.

Berbagai inovasi di dunia kuliner khususnya gorengan juga semakin bermunculan. Kali ini, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai lima gorengan kekinian yang wajib kamu cicipi di tahun ini.

1. Banana Nugget

Banana nugget

* sumber: www.dokuprice.com

Sudah tahu, kan, olahan pisang yang sedang nge-hits satu ini? Gorengan satu ini telah menjadi camilan favorit, dibuktikan dengan semakin banyak toko-toko kue yang menjual Banana Nugget ini, salah satunya adalah The Banaboo.

The Banaboo menawarkan aneka nugget pisang dengan berbagai macam topping, seperti macha oreo, tiramisu cheese, strawberry almond, dan masih banyak varian rasa lainnya.

The Banaboo tersebar di seluruh daerah ibukota dan sekitarnya. Untuk kamu yang memang ingin langsung berkunjung ke outlet The Banaboo, kamu bisa berkunjung ke outlet Kelapa Gading, Serpong Utara, Ciputat, Tebet, Bogor, Depok, Pluit, Bintara, Condet, Bekasi Jaya, dan sekitarnya. Follow saja akun instagramnya di @thebanaboo untuk informasi lebih lengkap.

Bagi kamu yang sibuk, malas antre, atau masih merasa outletnya jauh untuk dikunjungi, langsung saja ke pesan via ojek online. Dengan harga sekitar Rp25 ribu, kamu bisa menikmati nugget pisang yang garing, manis, dan renyah ‘kriuk’ ini.

2. Tahu Cabe Garam

Tahu Cabe Garam

* sumber: www.picuki.com

Tahu tentu bukanlah makanan yang asing untuk lidah orang Indonesia. Bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki banyak cara untuk diolah. Mulai dari digoreng, dikukus, dan lain-lain.

Nah, berkaitan makanan yang nge-hits di tahun ini, ada juga lho menu olahan tahu yang sedang disukai oleh banyak orang, namanya Tahu Cabe Garam. Hidangan satu ini sebetulnya juga dijual di restoran-restoran sebagai menu camilan, salah satunya di Tong Tji Tea House yang berlokasi di Cihampelas Walk, Bandung.

Tahu Cabe Garam sendiri adalah camilan berbahan dasar dari tahu yang diolah dengan menggunakan adonan tepung asin (berasal dari garam) serta digoreng, dan disajikan dengan potongan cabai, bawang merah dan bawang putih. Soal rasa, Tahu Cabe Garam memiliki rasa yang gurih dan pedas yang segar, dan sangat cocok dimakan saat berkumpul bersama teman-teman, kerabat maupun keluarga.

3. Risol Mayo

cara membuat risoles mayonaise

Risol, atau juga sering disebut dengan Risoles, adalah jajanan yang mudah ditemukan di toko kue dan di pasar. Hingga kini, Risol masih menjadi camilan favorit yang dinikmati oleh berbagai kalangan.

Risol pun tidak hanya disajikan dengan isian sayuran dan bihun, ada banyak varian risol yang dimodifikasi sesuai dengan selera pecinta makanan sekarang. Salah satunya adalah Risol Mayo?

Yup! Olahan risol ini memang menggunakan saus mayonaise sebagai isiannya. Namun, banyak juga lho jenis isian yang ditambahkan, contohnya smoke beef, suwiran ayam, kentang, telur, sosis, keju mozzarella dan lain-lain. Kalau kamu penasaran untuk mencoba salah satu menu ini, kamu bisa mencobanya di Risoles Balubur yang berlokasi di Jalan Taman Sari.

4. Batagor

Batagor Kingsley

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Pencinta kuliner khas Bandung tentu nggak akan asing dengan batagor ‘kan? Batagor yang merupakan singkatan dari ‘bakso tahu goreng’ adalah salah satu hidangan yang diadaptasi dari kuliner khas Tionghoa-Indonesia. Meskipun batagor sangat populer di kota-kota lain, tapi tetap saja batagor sangat identik sebagai jajanan atau makanan khas Bandung, tempat aslinya.

Bahan dasar dari batagor biasanya adalah ikan tenggiri yang diolah menjadi adonan (biasa dicampur dengan bahan lain, seperti ayam dan udang) dan dibungkus oleh kulit pangsit atau tahu. Batagor umumnya disajikan dengan bumbu kacang, namun ada juga yang disajikan dengan kuah sup, seperti baso.

Bagi kamu yang ingin mencicipi langsung makanan ini, kamu bisa cek langsung rekomendasi  tempat makan Batagor terenak di Bandung menurut tim Keluyuran.

5. Tahu Bulat

Tahu Bulat

* sumber: www.merdeka.com

Ini juga pasti sudah banyak yang tahu. Ya, tahu bulat memang sangat hits, bahkan kamu bisa dengan mudah menemukan penjajak tahu bulat di mana pun. Biasanya, penjual tahu bulat akan memanfaatkan sebuah mobil bak terbuka sambil mengeluarkan suara “tahu bulat digoreng dadakan!”

Nah, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli tahu bulat, karena jajanan ini dijual dengan harga Rp500 saja per-satu tahu bulat. Sangat murah, bukan?

6. Cilor

cilor

Nah, jajanin ini pasti banyak yang suka. Selain murah meriah, cilor ini punya tesktur yang unik, kenyal dari aci dengan rasa yang gurih. Lebih nikmat lagi apabila cilor diberi saus. Gimana, nih, pernah coba cilor? Untuk membeli cilor, biasanya makanan ini bisa ditemukan di daerah sekolahan.

7. Cumi Goreng Tepung

cumi goreng tepung

*

Seafood lovers pasti sudah kenal dengan gorengan ala street food satu ini. Master Squid, snack olahan cumi-cumi ini bisa jadi pilihan kalian di kala bosan dengan pilihan cemilan yang biasanya. Daging cumi yang juicy di dalam, dibalut dengan tekstur garingnya tepung yang diberi taburan bumbu yang gurih pedas, dijamin sukses menambah selera makan kalian.

Kalian bisa coba menu Giant Squid dengan tambahan extra cheese, level kepedasan pun bisa pilih sendiri mulai dari mild, hottie dan extreme hot. Pilihan bumbunya pun banyak, mulai dari salt and pepper, BBQ, seaweed, dan green onion. Selain Giant Squid, harus juga coba menu Squinnions, campuran cumi goreng dan onion rings.

Master Squid bisa kalian pesan melalui ojek online lho. Bagi kalian yang tinggal di sekitar daerah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Cirebon, Jambi, dan Lampung. Kalian juga bisa follow instagramnya di @mastersquid.id untuk info lebih lengkap.

8. Bola Ubi Kopong

bola ubi kopong

* sumber: bolaobikameumeut.wordpress.com

Siapa yang belum tahu camilan satu ini? Jajanan yang lagi happening ini adalah jajanan khas bandung yang cocok banget dimakan di saat cuaca lagi dingin-dinginnya. Cocok untuk dimakan bersama atau kalau lagi pelit, dimakan sendiri pun juga boleh karena rasanya yang memang enak.

Olahan ubi yang berbentuk bulat ini tekstur yang renyah dan garing saat digigit, tapi jangan kaget karena memang dalamnya kopong alias kosong, meskipun kosong tetap manis dan kenyalnya tidak akan mengecewakan. Memang tidak semuanya kosong, kalian bisa pilih bola ubi dengan isi gula merah didalamnya, jadi begitu digigit gula merah yang sedap akan lumer di lidah.

Toko kue yang menjual bola ubi yang terkenal di Bandung, Bollo Bola Ubi Kopong, berada di dalam Paskal Food Market. Untuk kalian yang di luar Bandung jangan kecewa, kalian bisa follow @bollo.id yang sudah buka franchise di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Bisa dipesan via aplikasi ojek online juga, lho!

Namun, pernahkan Anda menyicipi oreo yang digoreng? Nah, inilah jajanan gorengan yang lagi hits, oreo goreng, di mana oreonya akan diberi tepung roti dan panir. Setelahnya, oreonya akan digoreng. Rasanya? Renyah, manis, dan bikin nagih banget! Jangan lupakan beberapa topping seperti es krim, meses, dan juga gula putih halus.

9. Cimin

Cimin

* sumber: cookpad.com

Tepung tapioka, atau dalam bahasa Sunda lebih dikenal dengan sebutan aci, adalah bahan makanan yang sering sekali kita jumpai di jajanan sekolah maupun pinggiran jalan, mulai dari cireng, cilok, cilor, cimol, cilung, dan lain-lainnya. Kini, ada juga jajanan unik yang populer yang terbuat dari aci yaitu cimin.

Cimin yang merupakan singkatan dari aci mini adalah jajanan khas Jawa Barat yang dibuat dari adonan aci kecil yang berbentuk kotak, dan dimasak dengan campuran telur di sebuah loyang kecil. Untuk rasa, pembeli dapat menentukan rasa yang dipilih lewat bumbu yang dicampur ke dalam cimin, seperti rasa ayam bawang, keju, balado, barbeque, jagung dan lain-lain.

10. Sotong

Sotong

* sumber: www.idntimes.com

Kalau kamu pernah membeli Tahu Bulat, ada beberapa camilan lain yang kamu bisa dapatkan dari penjual tahu bulat, salah satunya adalah Sotong. Jajanan ini terbuat dari cumi/sotong yang diolah menggunakan adonan tepung.

Soal rasa, sotong memiliki rasa yang asin dan gurih ditambah teksturnya yang kenyal membuat makanan ini sangat enak dinikmati sebagai menu camilan saat berkumpul.

Naah itu dia ragam jenis gorengan hits kali ini yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Penasaran ‘kan dengan rasanya? Untuk kalian foodies yang belum mencoba salah satu cemilan hits yang diulas di atas, jangan sampai tidak mencoba, sebelum jajanan hits ini menghilang dan digantikan jajanan hits baru lainnya. Bagi kalian yang punya referensi gorengan atau jajanan hits, jangan ragu share di kolom komentar ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *