Bacaterus / Gitar / Inilah 12 Gitar Elektrik Termahal yang Pernah Ada di Dunia

Inilah 12 Gitar Elektrik Termahal yang Pernah Ada di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Agustus 2019

Setelah sebelumnya membahas tentang gitar akustik termahal yang punya harga selangit, kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai gitar elektrik termahal yang pernah ada. Nah, gitar-gitar elektrik yang masuk dalam daftar rata-rata merupakan gitar yang dijual dalam pelelangan.

Harga gitarnya pun amat sangat fantastis karena pernah digunakan oleh musisi-musisi terkenal di jagat raya. Penasaran, gitar elektrik apa sajakah itu? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Fender ” The Black Strat” Stratocaster

the black strat gitar elektrik termahal

* sumber: www.pastemagazine.com

Salah satu gitar elektrik termahal yang pernah ada adalah milik gitaris band legendaris Pink Floyd, David Glimour. Gitar elektrik Fender Stratocaster yang diberi nama “The Black Strat” tersebut berhasil terjual dengan harga 3.975 juta USD atau setara dengan 55 miliar Rupiah dalam sebuah pelelangan.

Gitar elektrik milik Glimour ini pernah digunakan untuk rekaman album hits dari Pink Floyd di antaranya adalah The Dark Side of The Moon, The Wall, Animals dan Wish You Were Here. Dana hasil pelelangan gitar ini disumbangkan ke sebuah yayasan yang mengkampanyekan perlawanan terhadap perubahan iklim.

Dilansir dari pastemagazine, Gitar Fender “The Black Strat” Stratocaster 1969 ini dilelang bersamaan dengan gitar akustik Martin D-35¬† milik Glimour yang juga berhasil terjual dengan harga mencapai 1.095 juta USD.

2. Fender “Reach Out to Asia” Stratocaster

reachout fender

* sumber: financesonline.com

Selanjutnya, ada gitar elektrik Fender “Reach Out To Asia” Stratocaster, yang sebelumnya menduduki posisi pertama sebagai gitar elektrik termahal yang pernah ada. Gitar ini adalah gitar stratocaster dari Fender yang ditandatangani para legenda musik dunia. Sebut saja pentolan The Rolling Stones, yakni Mick Jagger dan penyanyi Eric Clapton.

Selain itu, mantan pentolan band Oasis yakni Liam Gallagher, personil The Beatles Paul McCartney, David Glimour hingga Bryan Adams dan gitaris band Queen, Bryan May juga ikut menandatangani bodi gitar tersebut.

Pada tahun 2005, gitar ini dilelang dalam pelelangan yang digawangi penyanyi Bryan Adams dan dibeli dengan harga mencapai 2.7 juta USD atau setara dengan 34 miliar Rupiah oleh pemerintah Negara Qatar.

Menurut financesonline, dana yang didapatkan dari pelelangan didonasikan pemerintah Qatar untuk membantu jalannya program Reach Out to Asia, sebuah program rehabilitas untuk para korban bencana Tsunami Samudera Hindia yang terjadi di tahun 2004.

3. 1968 Fender Stratocaster 

jimi hendrix strato

* sumber: financesonline.com

Terjual dengan harga mencapai 2 juta USD, Gitar Fender Stratocaster 1968 milik musisi Jimi Hendrix menempati posisi ketiga sebagai gitar elektrik termahal yang pernah ada. Gitar ini pernah digunakan Hendrix di festival musik Woodstock yang diselenggarakan di tahun 1969 silam.

1968 Fender Stratocaster kepunyaan pria kelahiran Seattle, Amerika Serikat tersebut dibeli oleh co-founder Microsoft, Paul Allen di tahun 1998 setelah sebelumnya dikabarkan hilang selama beberapa dekade.

4. Gibson 1959 Les Paul

gary moore les paul

* sumber: www.stringjoy.com

Selanjutnya, ada gitar elektrik besutan Gibson, 1959 Les Paul milik Peter Green, salah satu pentolan band rock legendaris Fleetwood Mac. Gitar yang juga pernah digunakan oleh gitaris asal Irlandia, Gary Moore ini jatuh ke tangan personil band rock Metallica, Kirk Hammet yang membelinya dengan harga mencapai 2 juta USD di tahun 2014 lalu.

5. Washburn 22 Series Hawk

bob marley washburn gitar elektrik termahal

* sumber: financesonline.com

Siapa yang tidak kenal dengan Bob Marley? Legenda musik reggae ini ternyata pernah memiliki tujuh unit gitar saat masih muda. Salah satunya adalah gitar Washburn 22 Series Hawk. Stringjoy menyebutkan, gitar ini sempat diberikan Marley kepada teknisi gitarnya, Gary Clausen.

Kini, gitar yang dianggap sebagai harta nasional oleh pemerintah Jamaica ini tidak diketahui keberadaannya. Namun, gitar Washburn 22 Series Hawk milik musisi eksentrik ini dikabarkan terjual dengan harga mencapai 2 juta USD.

6. Jerry Garcia’s “Wolf”

wolf jerry garcia

* sumber: www.stringjoy.com

Musisi yang sekaligus merupakan pentolan band Grateful Dead, Jerry Garcia membeli sebuah gitar elektrik dari pembuat gitar, Doug Irwin. Gitar yang diberi nama Wolf itu awalnya dibeli dengan harga 1.500 USD.

Kemudian, gitar tersebut dilelang di tahun di tahun 2002 dan terjual seharga 789.500 USD yang jika dirupiahkan harganya mencapai 11 miliar. Gitar ini lalu dilelang kembali untuk amal di tahun 2017 dan berhasil terjual dengan harga 1.9 juta USD atau setara dengan 26 miliar Rupiah.

7. 1964 Fender Stratocaster

bob dylan gitar elektrik termahal

* sumber: www.guitarplayer.com

Next, ada 1964 Fender Stratocaster, gitar yang pernah digunakan penyanyi legendaris Bob Dylan di Newport Folk Festival pada tahun 1965 silam. Gitar yang dianggap legendaris karena pernah digunakan pelantun lagu Mr. Tambourine Man ini akhirnya dibeli oleh kolektor gitar Jim Irsay seharga 965.00 USD atau setara dengan 13 miliar Rupiah. Sangat fantastis, bukan?

8. “Blackie” Stratocaster Hybrid

eric clapton blackie

* sumber: financesonline.com

Musisi Eric Clapton membuat sebuah gitar elektrik yang diberi nama Blackie. Gitar elektrik yang merupakan gabungan dari tiga gitar Fender Stratocaster yang dibelinya, lalu dibongkar dan diambil komponen pentingnya ini digunakan Clapton untuk tampil di berbagai acara musik hingga dipakai saat rekaman.

Gitar Blackie berhasil terjual seharga 959.000 USD atau setara dengan Rp. 13.4 miliar dalam acara pelelangan yang digelar di tahun 2004 untuk yayasan amal Crossroads, yang tak lain dan tak bukan adalah yayasan milik Clapton sendiri.

For your information, Clapton membeli enam gitar elektrik dari Fender. Tiga diantaranya dibongkar dan komponennya digunakan untuk membuat gitar Blackie yang ‘pensiun’ di tahun 1985, sedangkan tiga gitar lainnya diberikan pada musisi terkenal seperti gitaris The Beatles, George Harrison, gitaris band The Who, Pete Townshend dan satu lagi diberikan pada musisi Steve Winwood,

9. Jerry Garcia’s “Tiger”

gitar akustik termahal tiger jerry garcia

* sumber: www.stringjoy.com

Selain gitar elektrik Wolf, Jerry Garcia juga punya satu unit gitar lainnya, yakni gitar yang diberi nama Tiger. Gitar yang juga dibuat oleh Doug Irwin ini pernah digunakan Garcia di tahun 70-80’an. Gitar ini dilelang bersamaan dengan gitar elektrik Wolf di tahun 2002 dan berhasil terjual dengan harga 957.500 USD atau sekitar Rp. 13 miliar.

10. 1964 Rose-Morris Rickenbacker 1996

rose morris john lennon

* sumber: www.guitarplayer.com

1964 Rose-Morris Rickenbacker 1996 adalah gitar yang pernah digunakan oleh vokalis The Beatles, John Lennon. Menurut guitarplayer, gitar 1964 Rose-Morris Rickenbacker 1996 ini merupakan pengganti dari gitar Lennon yang sebelumnya 1964 Rickenbacker 325 yang mulai rusak.

Gitar ini sempat digunakan Lennon untuk manggung dan rekaman sebelum akhirnya diberikan pada Ringo Starr, drummer The Beatles di tahun 1968. Gitar 1964 Rose-Morris Rickenbacker 1996 ini dilelang di bulan Desember tahun 2015 silam. Kolektor gitar Jim Irsay berhasil membawa pulang gitar legendaris ini dengan membelinya seharga 910.000 USD atau setara dengan Rp. 12, 7 miliar.

11. 1964 Gibson ES-335 TDC

gibson 335 eric clapton

* sumber: www.gak.co.uk

Selain Blackie, Eric Clapton juga punya gitar lain yang jadi jagoannya. Bukan dari brand Fender, melainkan dari pesaingnya, Gibson. Adalah 1964 Gibson ES-335 TDC, gitar yang didapatkan Clapton di tahun 1964 silam dan sempat digunakan olehnya untuk manggung. Gitar ini akhirnya dilelang di tahun 2004 dan berhasil terjual seharga 847.500 USD.

Dana yang diperoleh dari lelang kemudian didonasikan untuk yayasan amal miliknya. For your info, Clapton sebenarnya melelang gitar ini dengan harga di bawah 100.000 USD namun berhasil terjual dengan harga yang lebih fantastis.

12. The “Lenny” Stratocaster

stevie ray vaughan lenny

* sumber: www.guitarplayer.com

Gitar milik musisi Stevie Ray Vaughan masuk ke dalam daftar gitar elektrik termahal yang pernah ada. Ya, gitar Fender Stratocaster yang merupakan hadiah dari sang istri, Lenny, digunakan oleh Vaughan sepanjang masa karirnya. Untuk menghormati sang istri, Vaughan memberi nama gitar tersebut dengan nama istrinya. Gitar Stratocaster ini dihargai 632. 500 USD atau sekitar Rp. 8 miliar.

Nah, itulah daftar 12 gitar elektrik termahal yang pernah ada. Dari semua gitar elektrik keren di atas, gitar manakah yang ingin kamu miliki dan kamu gunakan?

Kalau kamu mengetahui informasi menarik lainnya seputar gitar elektrik termahal yang ada di dunia, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *