Bacaterus / Serba Serbi / 7 Gitar Akustik Termahal di Dunia yang Punya Harga Fantastis

7 Gitar Akustik Termahal di Dunia yang Punya Harga Fantastis

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Desember 2018

Gitar akustik adalah salah satu alat musik populer yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sejarah mencatat, gitar akustik yang ada saat ini merupakan hasil ‘evolusi’ dari Vihuela, sebuah alat musik petik yang berasal dari abad ke-15.

Saat ini, gitar akustik sendiri telah menjamur di mana-mana. Ada berbagai brand gitar yang memproduksi gitar akustik berkualitas mulai dari Gibson, Fender, Martin, sampai Taylor. Yep, selain memproduksi gitar elektrik yang banyak digunakan oleh para musisi di seluruh dunia, termasuk Indonesia, para produsen gitar tersebut juga memproduksi berbagai macam gitar akustik dengan berbagai model yang juga banyak dipakai musisi dunia.

Kali ini, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai 7 gitar akustik termahal yang pernah terjual di dunia. Penasaran, kan, merk gitar apa saja yang menjadi gitar dengan harga termahal sejagat raya? Simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

7 Gitar Akustik Termahal di Dunia

1. CF Martin & Co

gitar akustik termahal Eric-Clapton’s-CF-Martin-Co-circa-1939-

* sumber: moneyinc.com

Pertama, ada gitar CF Martin & Co yang berasal dari tahun 1939 silam. Gitar CF Martin & Co ini merupakan gitar kesayangan dari musisi dan juga gitaris rock and roll asal Inggris, Eric Clapton.

Eric yang pernah menjadi pecandu narkoba, mendirikan yayasan rehabilitasi yang diberi nama Crossroads Rehabilitation Center. Musisi yang pernah memenangkan Grammy Award ini melakukan pelelangan untuk menggalang dana bagi yayasan rehabilitasi yang didirikan olehnya. Clapton lalu memutuskan untuk melelang gitar akustik Eric Clapton CF Martin & Co yang Ia punya.

Gitar CF Martin & Co tersebut diharapkan dapat terjual senilai USD 80.000 atau sekitar 1,1 milyar Rupiah. Namun ternyata, gitar legendaris milik musisi handal berusia 72 tahun, terjual seharga USD 791,500 atau jika dirupiahkan setara dengan 11,4 milyar. Hal ini menjadikan gitar akustik milik Clapton menjadi salah satu gitar akustik termahal yang pernah ada.

2. Gibson J-160

john lennon gibson

* sumber: www.catawiki.com

Siapa yang tidak kenal dengan John Lennon? Salah satu pentolan band asal Inggris, The Beatles ini pernah kehilangan gitarnya yang digunakan pada proses rekaman untuk album The Beatles yang berjudul Please Please Me with The Beatles yang dirilis pada tanggal 22 Maret 1963 di bawah naungan label Parlophone Records Limited yang juga telah mengorbitkan album milik band Coldplay yang bertajuk A Head Full of Dreams.

Ya, Lennon kehilangan gitarnya pada saat konser bersama The Beatles di tahun 1963 karena gitar tersebut tertinggal secara tidak sengaja. Gitar tersebut tidak diketahui rimbanya selama beberapa tahun, hingga pada tahun 1967, seorang pria bernama Tommy Pressley membelinya dari sebuah toko alat musik seharga 145 Euro atau setara dengan 2,3 juta rupiah.

Pressley tidak mengetahui bahwa gitar yang dibelinya adalah gitar milik John Lennon, sang musisi legendaris. Ia kemudian menjual gitar itu kepada rekannya, John McCaw. Pada tahun 2014 lalu, McCaw menemukan fakta bahwa gitar Gibson J-160 yang Ia beli dari Pressley adalah gitar milik John Lennon. McCaw menemukan fakta tersebut setelah Ia menyamakan seri gitar yang dimilikinya dengan gitar John Lennon yang hilang.

Akhirnya, McCaw menjual gitar legendaris tersebut seharga 2 juta Euro atau setara dengan 32,9 milyar rupiah. By the way, hasil penjualan gitarnya dibagi dua dengan isteri mendiang Lennon, Yoko Ono.

3. Martin D-18

elvis42D18

* sumber: www.myrareguitars.com

Next, ada gitar akustik Martin D-18. Musisi legendaris asal Amerika Serikat yang kerap tampil nyentrik, Elvis Presley adalah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan gitar akustik buatan Martin ini. Gitar yang diproduksi dari tahun 1942-1945 sempat diberikan kepada Country Music Hall of Fame sejak tahun 1974 hingga 1991 dengan status pinjaman.

Dilansir dari scottymoore, gitar akustik Martin D-18 legendaris yang sempat digunakan Elvis ini kemudian terjual dalam sebuah acara pelelangan dua tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 14 Mei 1993 kepada Michael Malone dengan harga USD 151,700 atau senilai 2,1 milyar Rupiah.

Oleh Malone, gitar akustik yang memiliki nilai sejarah ini kemudian diserahkan kepada The Rock And Roll Hall of Fame pada tahun 1998 sebelum akhirnya berada di tangan DMX Music, Inc.

4. CF Martin & Co 1966

guitar-clapton 1966

* sumber: www.insidermonkey.com

Satu lagi, gitar akustik milik musisi Eric Clapton dinobatkan sebagai salah satu gitar akustik paling mahal di dunia. Adalah gitar akustik CF Martin & Co 1966 yang merupakan salah satu gitar favorit Eric Clapton. Gitar ini didapatkan Clapton saat Ia sedang melakukan tour di Nashville pada tahun 1970. Gitar CF Martin ini sempat Ia gunakan saat proses rekaman album 461 Ocean Boulevard di Criteria Studio Miami pada tahun 1974 silam.

Gitar akustik CF Martin & Co ini dilelang pada tahun 2004 dan menurut insidermonkey, dari pelelangan tersebut telah terkumpul dana sebesar USD 7,438,624 atau setara dengan 2,1 trilyun Rupiah.

5. Martin D-45 (1936-1942)

1936-’42-Martin-D-45

* sumber: moneyinc.com

Gitar yang menyandang predikat gitar akustik termahal di dunia lagi-lagi produksi Martin. Yup, ada Gitar Martin D-45 yang dibuat pada masa Perang Dunia, yakni antara tahun 1933 hingga 1942. Yang membuat gitar akustik ini mahal adalah karena bahan baku Brazilian Rosewood yang digunakan sebagai bahan baku pembuatannya.

Brazilian Rosewood sendiri dikabarkan merupakan jenis kayu yang amat sangat mahal. Gitar akustik Martin D-45 yang dibuat puluhan tahun silam ini diperkirakan memiliki harga senilai USD 320,000 hingga USD 400,000 atau sama dengan 4,6 hingga 5,7 milyar Rupiah.

6. Martin OM-45 Deluxe

Martin-OM-45-Deluxe--750x422

* sumber: moneyinc.com

Selain gitar akustik martin D-45 yang diperkirakan buatan tahun 1936-1942, gitar akustik Martin seri OM-45 Deluxe yang dibuat di tahun 1930 juga adalah salah satu gitar akustik termahal di dunia. Adalah Gitar Martin seri OM-45 milik musisi country yang juga merupakan seorang aktor asal Amerika Serikat, Roy Rogers. Semula, Rogers membeli gitar ini seharga USD 30 atau sekitar Rp.400.000,- pada tahun 1933.

Gitar Martin OM-45 milik Roy Rogers kemudian dilelang di tahun 2009 dan pihak penyelenggara berhasil mengumpulkan dana setidaknya sekitar 8 milyar rupiah. Sangat fantastis, bukan?

7. Martin OM-45 Deluxe 11930

11930-Martin-OM-45-

* sumber: moneyinc.com

Terakhir, ada gitar akustik Martin OM-45 Deluxe 11930 yang berhasil terjual dengan harga USD 300,000 di sebuah acara pelelangan yang diadakan oleh founder Museum of Musical Instrument, Hank Risan.

Menurut moneyinc, gitar ini dilelang berbarengan dengan beberapa gitar lainnya, salah satunya gitar Gibson SJN Country Western 1967 yang pernah digunakan oleh pentolan The Rolling Stones, Mick Jagger. Mulanya, penyelenggara memprediksi gitar Martin ini akan berhasil dilelang dengan harga lebih tinggi, yakni USD 1,75 hingga USD 2 juta.

Nah, itulah ketujuh gitar akustik termahal yang ada di dunia. Semua gitar termahal di atas rata-rata memiliki nilai sejarah tersendiri karena sempat dipakai oleh para musisi terkenal. Tidak heran, orang sampai rela membeli gitar-gitar tersebut dengan harga yang bisa dibilang kurang masuk akal. Namun, karena nilai sejarahnya tadi yang dicari, maka wajar saja bila orang-orang tersebut rela merogoh kocek dalam-dalam demi memperoleh gitarnya.

Apakah kamu tertarik untuk memiliki salah satu dari ketujuh gitar akustik termahal di atas? Atau sudah punya gitar akustik dan belum tahu cara membersihkan gitar akustik, silakan cari tahu di artikel Tips dan Cara Membersihkan Gitar Akustik ini. Jangan lupa sampaikan komentar kamu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment