Bacaterus / Film Anime / Mulai Suka Nonton Anime? Yuk, Ketahui 10 Genre Anime ini!

Mulai Suka Nonton Anime? Yuk, Ketahui 10 Genre Anime ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2019

Saat membicarakan anime dan manga dari Jepang, banyak orang yang kebingungan dengan berbagai istilah yang asing di telinga. Salah satu istilah yang sering membuat orang kebingungan adalah genre dari anime. Bagi Anda yang baru saja mencoba menikmati anime Jepang, berikut adalah beberapa jenis genre dalam anime yang perlu Anda ketahui.

10 Genre Anime yang Harus Diketahui

1. Aksi

Action

* sumber: www.imdb.com

Genre action dalam anie menggambarkan banyak adegan aksi yang intens. Seringkali Anda akan melihat banyak pertempuran yang menegangkan dan adegan pertarungan. Serial anime dengan genre ini dapat membuat adrenalin Anda terpacu setelah melihat adegan-adegan perkelahian dalam gerak cepat.

Beberapa jenis anime aksi juga telah banyak ditayangkan di televisi lokal. Bahkan, Anda juga mungkin sudah mengenal anime-anime tersebut, seperti anime Naruto, Bleach, dan Rurounin Kenshin. Anime aksi lainnya yang bisa Anda coba tonton antara lain, Akame Ga Kill, Fullmetal Alchemist, dan Darker than Black.

Jika Anda ingin menonton anime aksi bersama anak-anak, pastikan untuk memeriksa batasan umurnya dulu. Banyak anime ber-genre action yang juga menampilkan adegan sadis dan penuh darah. Jangan sampai anak-anak merasa ketakutan saat menontonnya atau bahkan mungkin mencoba menirunya.

2. Komedi

* sumber: simplephobia.wordpress.com

Dari jenis genre-nya saja Anda pasti bisa menebak seperti apa animenya. Genre yang satu ini dapat memberikan hiburan menarik yang dapat membuat Anda tertawa saat menontonnya. Penggemar anime komedi ini biasanya orang yang ingin menonton anime dengan jalan cerita yang ringan dan bisa membuat mereka tertawa sepanjang film.

Anime komedi ini juga harus Anda pilih dengan hati-hati. Sebab, banyak anime komedi yang menggunakan unsur seksual sebagai objek komedinya.  Tapi, kelucuan yang disajikan dalam anime ini tergantung dari selera humor Anda.

Banyak sekali anime ber-genre komedi yang bisa Anda coba tonton seperti Gintama, Asobi Asobase, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, The Devil Is A Part Timer, Daily lives of High School Boys, dan Nichijou. Ingin tahu rekomendasi anime komedi lainnya? Silakan kunjungi artikel 10 Anime Paling Lucu ini.

3. Drama

* sumber: www.redbubble.com

Hal terbaik yang diberikan anime ber-genre drama adalah air mata dan efek emosional yang kuat. Anime jenis ini seringkali menghubungkan emosi penonton dengan pengalaman sang karakter utama. Karena itulah, penonton dapat merasakan emosi yang dialami oleh karakter tersebut.

Tujuan dari anime drama ini sebenarnya adalah untuk menyentuh hati penontonnya, baik hanya membuat mereka tersentuh atau justru membuat emosi mereka meledak. Tanda dari keberhasilannya adalah jalan ceritanya yang dapat membuat Anda menangis.

Jika Anda tertarik untuk mencari hiburan yang penuh emosi, Anda bisa beberapa anime seperti Nana, Chuunibyou demo Koi ga Shitai!, Kanon, Air, dan Clannad. Anda juga coba anime produksi Studio Ghibli yang penuh emosi seperti Spirited Away dan Graveyard of Fire Flies.

4. Slice of Life

Slice of life

* sumber: www.deviantart.com

Untuk Anda yang tidak suka dengan film dengan jalan cerita yang penuh fantasi, mungkin Anda bisa mencoba anime dengan genre ini. Anime ber-genre slice of life menyajikan cerita dalam kehidupan sehari-hari tanpa ada hal-hal yang mustahil terjadi di dunia nyata.

Anda akan menikmati cerita layaknya kehidupan nyata. Konflik yang terjadi pun seperti pengalaman hidup yang mungkin pernah Anda alami. Kisah yang diambil biasanya berputar sekitar kehidupan keluarga, teman, atau kehidupan di sekolah.

Anda mungkin bisa membandingkan anime jenis ini dengan sinetron atau FTV yang banyak ditayangkan di televisi, namun dengan jalan cerita yang lebih realistis. Uniknya, jika jalan cerita yang tersaji benar-benar mirip dengan hidup Anda, mungkin Anda seperti menonton kisah hidup Anda sendiri.

Beberapa contoh dari anime dengan genre slice of life yang bisa Anda tonton antara lain Barakamon, Non Non Biyori, Koufuku Graffiti, Lucky Star, dan Wagnaria!! Anda juga bisa menikmati anime slice of life yang dipadukan dengan bumbu komedi, seperti Great Teacher Onizuka, School Rumble, atau Angel Beats.

5. Fantasi

Fantasi

* sumber: geekandsundry.com

Genre fantasi dalam anime biasanya berhubungan dengan dunia fantasi, kejadian dan lokasi yang tidak nyata. Biasanya, cerita anime ini berlatar di dunia sihir di mana sang karakter memulai sebuah petualangan. Terkadang, karakter ini berasal dari dunia nyata. Sihir dan elemen-elemennya biasanya menjadi bagian tak terpisahkan dari ceritanya.

Anda dapat menebak latar cerita anime fantasi ini jika suasana dan lingkungannya terlihat aneh dan seperti khayalan sehingga membuat Anda terasa berada dalam dunia mimpi. Memang latar yang digunakan seringkali tentang dunia yang sempurna di mana hidup yang dijalani karakternya terlihat lebih mudah daripada dunia nyata.

Beberapa jenis anime ini mungkin akan menampilkan adegan adegan yang cukup vulgar atau sadis. Beberapa contoh dari anime fantasi adalah No Game no Life, Nanatsu no taizai, inuyasha, Escaflowne, dan Slayer.

6. Magic

* sumber: anime.goodfon.com

Genre ini mungkin sedikit mirip dengan yang sebelumnya. Namun, anime dengan genre magic sudah pasti memiliki elemen sihir di dalam ceritanya.  Tema yang paling sering muncul dalam ceritanya biasanya berhubungan dengan magical girl atau gadis penyihir. Tema ini sangat populer hingga mungkin saja nanti akan menjadi genre tersendiri.

Untuk Anda yang senang dengan dunia sihir, coba saja tonton Puella Magi Madoka Magica, Magical Doremi, Magi: Labyrinth of Magic, little Witch Academia, atau Maria the Virgin Witch. Jika Anda ingin menonton anime dengan jalan cerita yang ringan dengan bumbu komedi, coba saja Isekai wa Smartphone Tomo Ni atau Death March Kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku.

7. Supernatural

Supernatural

* sumber: melodynime.wordpress.com

Apakah Anda suka dengan film dengan jalan cerita yang penuh misteri dan makhluk-makhluk mitos seperti iblis atau sihir? Cobalah anime ber-genre supernatural. Anda akan disajikan anime dengan latar penuh misteri, mistis, aneh, segala hal yang sulit dicerna oleh logika.

Cerita yang disajikan biasanya berlatar di dunia di mana sang karakter utama berpetualang membasmi iblis dan penyihir jahat. Contoh anime dengan genre supernatural adalah Mushishi, Blue Exorcist, Durarara!!, Bakemonogatari, dan Noragami.

8. Horor

* sumber: www.larutadelsorigens.cat

Dari namanya sudah ditebak anime seperti apa yang akan ditampilkan. Genre ini selalu berhubungan dengan hantu, monster, zombie, dan adegan sadis. Faktor terpenting dalam genre horor ini adalah jalan ceritanya yang dapat membuat penonton ketakutan. Coba saja tonton Junji Ito Collection, Parasyte -the maxim, Another, School-Live!, atau Hell Girl.

9. Psikologi

* sumber: wallpapercave.com

Genre ini menawarkan cerita yang menawarkan sebuah permainan pikiran. Anda akan dibuat berpikir keras untuk mencerna jalan ceritanya. Anime dengan genre ini antara lain Death Note, Mirai Nikki, Zetsuen no Tempest, Monster, dan Paranoia Agent.

10. Sci-fi

* sumber: nerdbot.com

Untuk para penggemar robot, genre ini sangat cocok karena menampilkan berbagai elemen teknologi dalam ceritanya. Anime sci-fi yang bisa Anda nikmati misalnya Evangelion, Space Dandy, Cowboy Bebop, Knight of Sidonia, dan Outlaw Star.

Masih ada genre lainnya yang bisa Anda pilih, seperti Romance dan Mistery. Belum lagi berbagai sub-genre yang dapat menambah variasi tontonan anime Anda. Perlu Anda ketahui bahwa sebuah anime dapat dikategorikan ke dalam beberapa genre. Jadi, Anda bisa mendapatkan beberapa genre dalam satu anime. Jadi, manakah genre anime favoritmu?

Oh iya, kalau kamu baru mulai suka dengan anime, jangan lewatkan juga fakta unik dan menarik seputar anime. Yuk, baca informasi selengkapnya dalam artikel 10 Fakta Tentang Anime ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar