Bacaterus / Tempat Unik / 10 Gedung Tertinggi di Jakarta yang Bikin Kamu Takjub

10 Gedung Tertinggi di Jakarta yang Bikin Kamu Takjub

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mengingat Ibu Kota Indonesia, DKI Jakarta? Mungkin fasilitas yang lengkap, kehidupan mewah, hingga tempat pusat berbagai bidang bisnis. Namun, selain dari itu Jakarta juga dikenal dengan gedung-gedung pencakar langit yang menakjubkan. Hal ini membuat para wisatawan kerap susah ngedip ketika melihat langit Jakarta yang dihiasi gedung-gedung tinggi.

Nah, akan tetapi kamu tahu enggak sih gedung apa yang paling tinggi di Jakarta? Yuk cari tahu di bawah ini, berikut adalah sepuluh gedung yang paling tinggi di Jakarta. Yakin deh setelah tahu kamu akan takjub dibuatnya. Check this out!

1. Gama Tower

Gama Tower

* sumber: www.dekoruma.com

Mungkin untuk pertama kalinya di Jakarta gedung tertinggi adalah Sarinah pada 1963 akan tetapi setelah puluhan tahun berlalu hal itu pasti berbeda. Yups, kini gedung tertinggi di Jakarta dipegang oleh Gama Tower atau nama sebelumnya Cemindo Tower.

Gama Tower selesai dibangun pada 2015 dengan memakan waktu sekitar empat tahun. Gedung pencakar langit ini mempunyai ketinggian arsitektural 288,6 meter dan pucuk 310 meter dan memiliki 69 lantai. Gedung yang terleka di Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan ini digunakan untuk kantor dan hotel.

Bahkan selain mendapat julukan sebagai gedung tertinggi di Jakarta, Gama Tower juga dinobatkan sebagai gedung tertinggi di Indonesia lho. Apakah kamu pernah menikmati keindahan Jakarta dari Gama Tower?

2. Tresury Tower

Tresury Tower

Di posisi kedua dimiliki oleh gedung yang berada di Sudirman Central Business District, apalagi kalau bukan Tresury Tower. Gedung ini dinobatkan sebagai gedung tertinggi kedua di Jakarta lantaran mempunyai tinggi 279, 5 meter. Gedung yang mempunyai 61 lantai ini digunakan sebagai perkantoran.  Namun untuk menikmati keindahan di lantai tertinggi berada di ketinggian 260,6 meter.

Gedung ini memakan waktu pembangunan selama lima tahun lamanya, dari 2011 hingga pada 2018 Tresury Tower selesai dibangun.

3. Menara Astra

Menara Astra

Selanjutnya ada gedung Menara Astra yang berada di Jalan Jendral Sudirman Kav. 5-6. Gedung ini jadi yang tertinggi di Jakarta karena gedung ini mempunyai tinggi 261,5 meter dan juga memiliki 63 lantai. Menariknya, gedung ini punya sebuah landasan helikopter di atas menara.

Selain itu, gedung yang digunakan untuk perkantoran ini juga muat 1.000 orang di aula pertemuan. Dibangun sejak tahun 2014 dan selesai pada 2017 gedung ini memakan biaya pembangunan mencapai Rp 8 triliun!

4. Wisma 46

Wisma 46

* sumber: pesona.travel

Sejak tahun 1996 hingga sekarang Wisma 46 jadi salah satu gedung tertinggi di Jakarta. Namun, posisinya saja yang kadang berubah. Ya, bagaimana enggak? Gedung pencakar langit ini mempunyai tinggi 262 meter hingga pucuk antena. Wisma 46 ini mempunyai 51 lantai yang digunakan untuk perkantoran namun untuk lantai bawah, satu dan dua diisi oleh bank, kafe, hingga resto.

Uniknya gedung yang sudah berumur puluhan tahun ini mempunyai desain yang modern dan unik, yaitu dengan bentuk melengkung seperti pena dan tertutup seluruhnya oleh kaca persegi. Selain itu, gedung yang jadi nomor 4 tertinggi di Jakarta sebagai ikon dari Kota Jakarta setelah Tugu Monas lho.

5. Sahid Sudirman Center

Sahid Sudirman Center

Nampaknya kawasan Sudirman jadi salah satu tempat bisnis di Jakarta dengan banyak gedung pencakar langitnya ya, salah satunya pula Sahid Sudirman Center. Gedung ini masuk di daftar gedung tertinggi di Jakarta di posisi ke-lima. Hal ini dikarenakan Sahid Sudirman Center mempunyai ketinggian mencapai 258 meter dan memiliki 59 lantai.

Sahid Sudirman Center yang selesai dibangun pada tahun 2015 digunakan sebagai gedung multifungsi dengan utamanya untuk perkantoran.

6. Raffles Jakarta

Raffles Jakarta

* sumber: all.accor.com

Nama Ciputra enggak asing lagi di bidang bisnis properti, salah satunya terkenal di area Jakarta. Maka dari itu, Ciputra Group enggak akan melewatkan untuk mempunyai gedung tertinggi di Jakarta, yang bernama Raffles Jakarta atau Ciputra World Hotel Tower. Gedung ini berada di kawasan Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dengan mempunyai ketinggian sekitar 257 meter dan 52 lantai Ciputra World Hotel Tower juga dianggap salah satu hotel mewah di Jakarta. Makanya enggak heran ketika Raja Salman dari Arab Saudi mengunjungi Indonesia dirinya menginap di hotel ini pada 2017 silam.

7. The Pakubuwono Signature

The Pakubuwo Signature

* sumber: mowilex.com

Jika gedung lainnya biasa digunakan untuk perkantoran atau hotel, maka The Pakubuwono Signature memiliki perbedaannya. Ya, gedung yang mempunyai ketinggian 252 meter dan 52 lantai justru digunakan sebagai tempat tinggal. Makanya gedung ini yang mendapat posisi ke-tujuh jadi gedung tertinggi di Jakarta juga sebagai gedung hunian tertinggi di Indonesia.

8. Sinarmas MSIG Tower

Sinarmas MSIG Tower

* sumber: www.matakota.id

Sinarmas nampak sebagai perusahaan yang juga bergerak di bidang properti enggak mau ketinggalan mempunyai gedung pencakar langit. Salah satunya adalah Sinarmas MSIG Tower atau yang sering dikenal dengan Chase Tower. Gedung ini mempunyai ketinggian mencapai 245 meter dan 48 lantai.

Gedung ini tentunya digunakan sebagai gedung perkantoran dan juga tempat kantor pusat Sinarmas MSIG. Dibangun sejak 2012, Sinarmas MSIG Tower mulai berfungsi pada 2015 gedung ini dirancang oleh arsitektur terkenal dari Los Angeles dengan memiliki konsep modern sekaligus ramah lingkungan.

9. World Capital Tower

World Capital Tower

* sumber: www.aedas.com

Selanjutnya, gedung pencakar langit ada World Capital Tower yang berada di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Ya, disebut sebagai gedung tinggi di Jakarta posisi ke-sembilan karena gedung ini mempunyai tinggi 244,3 meter dan memiliki 54 lantai.

World Capital Tower ini digunakan sebagai gedung perkantoran di Jakarta. Kelebihan gedung ini pada di lobi utama, yaitu dilengkapi alat pendeteksi bom dan properti seperti logam dan kaca dibuat anti bom dengan tebal 19 mm.

10. Menara Casa Domaine

Menara Casa Domaine

* sumber: housingestate.id

Terakhir ada Menara Casa Domaine yang mempunyai tinggi 230 meter dan dengan lantai 61 lantai. Namun, gedung ini enggak digunakan untuk perkantoran akan tetapi untuk tempat tinggal. Maka dari itu, Menara Casa Domaine juga dinobatkan dengan gedung hunian tertinggi ke-2 di Jakarta.

Selain itu, Menara Casa Domaine juga berdiri di atas tanah dengan luas sekitar 1,2 hektare. Makanya enggak heran kalau gedung ini juga mempunyai fasilitas yang lengkap, seperti klub kesehatan, sky terrace, kolam renang, jalur pejalan kaki, hingga paviliun yoga.

Nah, itulah sepuluh gedung tertinggi di Jakarta, ada yang baru dibangun ada juga yang umurnya sudah puluhan tahun. Dilihat dari itu memang wajar ya jika Jakarta dikenal sebagai kota yang lengkap, mewah, dan hits. So, apakah kamu pernah mengunjungi salah satu gedung tertinggi tersebut? Ceritakan di kolom komentar dong!

Mampir juga di artikel misteri Menara Saidah, gedung terangker di Jakarta ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *