Bacaterus / FYI / 10 Gedung Tertinggi di Dunia dengan Pemandangan Luar Biasa

10 Gedung Tertinggi di Dunia dengan Pemandangan Luar Biasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota-kota yang menjadi pusat bisnis di suatu negara biasanya akan dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi yang menjadi kantor pusat. Gedung-gedung tersebut biasanya dibuat sangat tinggi hingga menjadi ikon dari kota tersebut.

Ingin tahu gedung tertinggi di dunia yang memiliki pemandangan luar biasa? Simak ulasan gedung-gedung tertinggi yang ada di dunia yang juga menjadi ikon dari sebuah kota berikut ini ya.

1. Gedung Burj Khalifa – Uni Emirat Arab

Gedung Burj Khalifa – Uni Emirat Arab

Gedung Burj Khalifa yang menjadi ikon dari Kota Dubai pembangunannya dimulai pada 06 Januari 2004, dan mulai dipergunakan pada tanggal 04 Januari 2010. Pembangunannya menelan biaya hingga 1.5 juta dolar Amerika, dan diarsiteki oleh Adrian Smith dari Skidmore, Owing & Merrill.

Gedung pencakar langit ini memiliki ketinggian 828 meter, gedung ini dibangun dengan tujuan untuk mengembangkan ekonomi negara dari yang berbasis minyak bumi ke bidang turisme dan bidang jasa. Gedung ini memiliki perumahan, kolam renang, sembilan hotel, dan tentu saja pusat perbelanjaan.

Jika kamu bermimat untuk melakukan tur di gedung pencakar langit ini, ada dua paket yaitu Paket Reguler dan VIP. Untuk Paket reguler kamu harus membayar 125 dirham, anak usia 4-12 tahun 95 dirham. VIP sebesar 350 dirham, harus diingat harga naik saat kamu berkunjung di waktu prime time.

2. Menara Shanghai – Republik Rakyat Tiongkok

Menara Shanghai – Republik Rakyat Tiongkok

Menara Shanghai terletak di daerah Luijiazui, Pudong, pembangunan gedung pencakar langit ini di bangun mulai pada tanggal 29 November 2008 , dan selesai tanggal 6 September 2014. Gedung ini juga memiliki sebuah dek observasi di lantai 562, dan dibuka untuk umum tanggal 26 April 2017.

Menara Shanghai yang telah menjadi ikon kota ini, tingginya sekitar 632 meter, dan terdapat 127 lantai. Menara ini di desain dengan agar dapar mengurangi beban angin sebanyak 24 persen, selain itu menara ini di desain agar ruangan dapat menerima cahaya alami sehingga lebih hemat listrik.

Jika kamu tertarik mengunjunginya, kamu perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar 180 Yuan untuk dewasa, 90 Yuan untuk anak-anak. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 08.30 – 22.00 waktu setempat. Untuk menuju menara, naik Metro Line 2 Jurusan Lujiazui keluar dari pintu exit 6.

3. Menara Jam Megah Mekkah – Arab Saudi

Menara Jam Megah Mekkah – Arab Saudi

Menara Jam di Mekkah ini letaknya tepat berada di depan Masjidil Haram, merupakan bagian dari bangunan sebuah hotel yang terdapat dalam komplek Abraj al Bait. Menara jam ini memiliki ketinggian 601 meter, yang semula akan dibangun dengan ketinggian 743 meter.

Jika melihat sekilas desain dari menara jam ini mirip dengan jam Big Ben yang ada di Inggris, hanya saja menara jam ini memiliki ukuran 3 kali lipat lebih besar. Komplek Abraj al Bait ini terdapat hotel dengan 3.000 kamar, selain itu juga terdapat 20 lantai pusat perbelanjaan.

Bangunan menara jam ini sesungguhnya mendapatkan banyak kritikan. Kesetaraan, kesederhanaan, dan keanggunan dari Masjidil Haram kini seolah tertutup oleh kemegahan dari Abraj al Bait. Selain itu bangunan menara ini dianggap merubah Mekkah menjadi sebuah kota tanpa identitas sejarah.

4. Gedung Ping An Finance – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Ping An Finance - Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Pin An Finance merupakan gedung yang sangat tinggi yang terdapat di kota Shenzen. Guandong. Ketinggian gedung pencakar langit ini sekitar 599 meter, dan didesain oleh Firma Arsitektur dari Amerika Kohn Pedersen Fox Associates, dan selesai dibangun pada tahun 2017.

Gedung Ping An ini berisikan ruang kantor, hotel, pusat perbelanjaan kelas atas, tempat konferensi dan ritel. Free Sky adalah sebuah dek observasi yang terdapat di gedung  yang terdiri atas 116 lantai ini. Dan tentu saja gedung ini merupakan markas besar Asuransi Ping An.

Jika kamu ingin mengunjungi dek observainya, kamu harus membayar tiket seharga 200 Yuan untuk dewasa, setengah harga untuk manula, dan anak-anak dengan tinggi 1,2 – 1,5 meter. Untuk anak dibawah umur 6 tahun dan tinggi kurang dari 1,2 meter, mereka bisa masuk dengan gratis.

5. Gedung Goldin Finance 117 – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Goldin Finance 117 - Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Goldin Finance 117 saat ini masih dalam pembangunan, gedung ini berlokasi di Xiqing District, Tianjin. Pembangunannya dimulai pada tahun 2008, dan jika sesuai jadwal maka bangunan ini akan selesai pada tahun 2020 dengan ketinggian 596 cm.

Fasilitas yang yang akan mengisi gedung pencakar langit ini adalah ruang perkantoran, dari lantai 7 – 92 adalah kantor dengan Grade A. Pada lantai atas akan ada hotel bintang lima dengan menawarkan pemadangan kota. Selain itu akan ada kolam renang, ruang observasi , dan restoran yang berputar.

6. Menara Lotte World – Korea Selatan

Menara Lotte World – Korea Selatan

Lotte World adalah gedung pencakar langit yang berlokasi di kota Seoul Korea Selatan. Menara Lotte World adalah menara paling tinggi di Korea Selatan dengan tinggi 555 meter. Menara ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 11 April 2017, dan terdapat 123 lantai.

Lotte world juga memiliki dek observasi yang terdapat di lantai 117 – 123 dengan nama Seoul Sky, di dek observasi ini kamu juga bisa melihat panorama dari kota Seoul. Kamu bisa menikmati pemandangan sambil menikmati camilan atau kopi di kafe yang terdapat di Loungenya.

Untuk Menikmati dek observasi kamu harus membayar tiket seharga 27 ribu won untuk dewasa, dan anak usia 3-12 tahun seharga 24 ribu won, dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Jika kamu masuk tanpa reservasi tiketnya seharga 50 ribu won, jam operasionalnya pukul 09.30 – 23.00.

7. Gedung One World Trade Center – Amerika Serikat

Gedung One World Trade Center – Amerika Serikat

Gedung pencakar langit One World Trade Center adalah sebuah gedung tertinggi yang ada di kota New York City, dan juga di Amerika Serikat. Pembangunan gedung ini rampung pada tahun 2014. Nama dari gedung ini sendiri sama dengan nama menara utara World Trande Center  yang asli.

Ketinggian dari gedung ini sekitar 541 meter, yang melewati ketinggian dari gedung Empire State Building. Pada gedung One World Trade Center ini juga terdapat dek observasi, letaknya berada tempat yang paling atas dan kamu juga bisa mengunjunginya.

Dek observasi berada di lantai 100 – 102, dibuka untuk umum pada hari jumat. Harga tiket masuk untuk dewasa seharga 32 dolar, manula 30 dolar, sedangkan untuk anak usia 6-15 membayar 26 dolar, dan anak usia  5  tahun ke bawah gratis.

8. Gedung Guangzhou CTF Finance Center – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Guangzhou CTF Finance Center – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung yang terletak di kota Guangzhou  adalah bangunan yang dipergunakan untuk berbagai usaha, seperti kantor, pusat perbelanjaan, dan juga hotel. Gedung ini selesai dibangun pada bulan Oktober tahun 2016 dengan ketinggian sekitar 530 meter.

Gedung Guangzhou CTF ini memiliki 95 lift dan ada dua lift yang memiliki kecepatan 71.9 km per jam, kamu bisa mencapai lantai 95 dengan waktu 43 detik dari lantai 1. Lift ini  dibuat oleh perusahaan Jepang Hitachi, dan setiap kantor, hotel, dan apartemen memiliki lift yang terpisah.

9. Gedung Tianjin CTF Finance Center – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Tianjin CTF Finance Center – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung Tianjin ini berlokasi di Binhai New Area, Tianjin, pemabngunan gedung ini dimulai pada tahun 2013, dan selesai pada tahun 2019. Ketinggian dari gedung ini sekitar 530 meter, dan terdapat 97 lantai, dengan 266 apartement dan 365 kamar hotel.

Gedung Tianjin memiliki fasad yang melengkung yang memberikan kesan berkilauan pada permukaan bangunannya.  Bangunan ini didesain dengan bentuk yang aerodinamis untuk  mengurangi kekuatan angin yang berpengaruh pada  struktur bangunan.

10. Gedung China Zun – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung China Zun – Republik Rakyat Tiongkok

Gedung China Zhun atau CITIC Tower merupakan gedung pencakar langit yang terletak di Pusat Bisnis Beijing. Tinggi dari gedung ini adalah 528 meter dan terdapat 109 lantai. Pembangunan gedung ini dimulai pada tanggal 19 September 2011, dan selesai pada tahun 2018.

Bentuk gedung ini terinspirasi dari sebuah tempat anggur pada zaman kuno yang bernama zun. Gedung ini akan tetap menjadi gedung tertinggi di kota Beijing karena pemerintah membatasi proyek-proyek gedung tinggi di pusat bisnis ini, yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan.

Gedung-gedung yang menjulang tinggi ini, menghiasi langit kota dengan desainnya yang unik, tempat yang membuat kamu bisa melihat panorama seluruh kota dari ketinggian. Gedung tinggi ini juga menjadi simbol dari kemajuan ekonomi dari sebuah negara. Gedung tinggi mana yang menarik perhatianmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *