Bacaterus / Humidifier / Bukan Sekadar Menjaga Kelembapan, Ini 10 Fungsi Humidifier

Bukan Sekadar Menjaga Kelembapan, Ini 10 Fungsi Humidifier

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai fungsi air purifier. Maka kali ini Bacaterus akan mengulas mengenai Air Humidifier. Air Humidifier sendiri merupakan alat elektronik yang berfungsi melembapkan udara dalam ruangan. Alat bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara sampai kelembapan udara mencapai batas ideal.

Nah, bila kamu berencana membeli alat elektronik yang satu ini. Kamu wajib mengetahui 10 fungsi humidifier, alat pelembab ruangan yang bermanfaat bagi keluarga. Agar kamu semakin tahu fungsi dan manfaat dari yang satu ini. Berikut adalah ulasannya.

1. Melembapkan Kulit dan Bibir

Air Humidifier

* sumber: www.casaindonesia.com

Kualitas udara yang baik memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Udara sendiri menjadi salah satu faktor yang kerap menjadi penyebab sejumlah gangguan bagi kesehatan. Nah, udara kering diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah yang tidak menyenangkan terhadap tubuh bagian dalam dan juga pada bagian luar tubuh seperti kulit dan bibir.

Ketika udara panas meningkat, maka tingkat kelembapan kulit akan menurun. Sehingga menyebabkan kulit dan bibir menjadi kering, gatal, bahkan sampai mengelupas. Nah, untuk mencegah itu maka penggunaan air humidifier di rumah bisa menjadi solusi yang tempat. Mengingat fungsi alat ini sendiri dapat melembapkan ruangan sehingga dapat mengembalikan kelembapan kulit secara alami.

2. Melindungi Mata

Melindungi Mata

* sumber: wanita22.com

Selain dapat membuat kulit bermasalah. Udara kering juga dapat membuat mata cepat kering serta membuatnya iritasi. Seperti yang kita ketahui di udara yang kering terdapat partikel atau palutan asing yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Diantaranya bisa mengakibatkan iritasi mata yang ditandai dengan berbagai gejala seperti mata gatal, merah, bahkan bisa terjadi bengkak.

Bila hal tersebut terus dibiarkan, maka kemungkinan mata mengalami infeksi akan jauh lebih besar. Nah, untuk menangani masalah tersebut, maka kamu bisa menggunakan air humidifier. Alat ini sendiri diketahui dapat mencegah penyebaran palutan asing seperti debu akibat udara kering.

3. Melindungi Tenggorokan

Melindungi Tenggorokan

* sumber: m.klikdokter.com

Meskipun udara ruangan yang kering dianggap hal sepele oleh sebagian orang, namun perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa jadi penyebab utama masalah bagi pita suara. Udara kering sendiri dapat membuat tenggorokan terasa kering, gatal bahkan dapat menimbulkan rasa sakit bahkan menyebabkan kehilangan suara.

Bila kondisi ini terus berlangsung tanpa ada penanganan. Maka lambat laun tenggorokan akan semakin parah dan mungkin berujung pada rusaknya pita suara. Nah, air humidifier diketahui telah terbukti efektif dalam mencegah berbagai virus yang dapat menyebabkan peradangan di saluran tenggorokan.

Mengingat ruangan yang memiliki tingkat kelembapan yang baik dapat  merelaksasi otot pernafasan. Sehingga tenggorokan pun akan lebih nyaman dan jauh lebih terlindungi.

4. Mengatasi Masalah Sinusitis

Mengatasi Masalah Sinusitis

* sumber: m.klikdokter.com

Bernafas adalah aktivitas normal setiap makhluk hidup. Meskipun demikian bagi penderita penyakit sinusitis, hal tersebut akan sangat menyiksa. Sinus sendiri terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan selaput lendir dalam hidung meradang.

Hal tersebut bisa diakibatkan oleh udara ruangan yang terlampau kering. Sehingga membuat orang yang mengalami gangguan sinusitis merasakan ketidaknyamanan pada hidung, terutama ketika sedang bernafas. Selain itu, sinusitis juga dapat menyebabkan beberapa penyakit penyerta seperti sakit kepala atau hidung berdarah. Hal tersebut tentu bisa sangat menakutkan.

Nah, air humidifier sendiri bekerja memaksimalkan tingkat kelembapan udara sehingga penderita penderita sinusitis pun akan lebih nyaman saat bernafas. Karena udara lembab dapat menjadi salah satu cara untuk mencegahnya tersumbatnya saluran hidung.

5. Meminimalisir Penyebaran Virus

Meminimalisir Penyebaran Virus

* sumber: www.pikiran-rakyat.com

Virus atau bakteri memang menyebar melalui udara. Sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian bagi setiap keluarga. Air humidifier sendiri diketahui dapat membantu dalam menghindari virus penyebab penyakit flu sejak dini.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Academy of Science menyatakan bahkan udara kering memiliki korelasi yang cukup kuat terhadap penyebaran serta kelangsungan organisme tersebut di udara.

Keberadaan air humidifier sendiri diketahui dapat menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan bagi virus pembawa penyakit influenza, sehingga peluang untuk terserang penyakit flu akan jauh lebih kecil.

6. Meringankan Gejala Penyakit

Fungsi Air Humidifier

* sumber: www.selera.id

Udara dengan tingkat kelembapan yang baik dapat meringankan beberapa gejala penyakit, terutama yang berhubungan dengan penyakit saluran pernafasan atas seperti pilek, flu, batuk, dan juga demam. Air humidifier sendiri diketahui cukup efektif dalam membantu dalam proses penyembuhan.

Mengingat udara dalam ruangan yang terhirup ke dalam hidung jauh lebih aman dan bebas dari palutan asing berbahaya yang dapat memperparah kondisi seseorang yang sedang mengalami gangguan pernapasan maupun tenggorokan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

* sumber: m.klikdokter.com

Aktivitas tidur yang cukup memang dapat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri diketahui mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Hanya saja udara juga bisa menjadi salah satu masalah yang dapat mengganggu aktivitas tidur.

Sehingga untuk mengatasinya, masyarakat kerap menggunakan air humidifier. Selain cukup efektif dalam meningkatkan kelembapan ruangan. Udara yang bersih juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman sehingga kualitas tidur akan lebih terjaga.

8. Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

Mengurangi Kebiasaan Mendengkur

* sumber: m.klikdokter.com

Kebiasaan mendengkur seseorang memang dapat mengganggu kenyamanan saat tidur. Mendengkur sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengeluarkan suara keras ketika tidur. Kondisi ini terjadi bisa karena beberapa faktor. Udara kering sendiri menjadi salah satu faktor yang jarang disadari oleh masyarakat sebagai penyebab utama hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui udara kering dapat menyebabkan tenggorokan membengkak dan membuat hidung menjadi tersumbat. Hal inilah yang membuat aktivitas bernafas melalui hidung akan mengalami masalah.

Sehingga membuat orang yang mengalaminya harus menarik nafas melalui mulut ketika tidur. Nah, kondisi inilah yang pada akhirnya dapat memperparah kebiasaan mendengkur. Oleh karena itu air humidifier sendiri sangat cocok untuk mengatasi kondisi tersebut.

9. Menjaga Kesuburan Tanaman Hias

Menjaga Kesuburan Tanaman Hias

* sumber: menanam.com

Selain bermanfaat bagi manusia. Air humidifier juga bermanfaat bagi jenis tanaman hias yang hidup dalam udara lembab. Nah, bagi para pecinta tanaman hias dalam rumah. Maka alat yang satu ini pun memang wajib untuk dimiliki di rumah.

Mengingat alat ini bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan udara dalam sebuah ruangan. Sehingga membuat  tanaman hias yang biasa hidup dengan ketersediaan udara lembab bisa bertahan hidup cukup lama serta memiliki kesempatan berkembang jauh lebih baik dalam ruangan.

10. Melindungi Furnitur dan Lantai

Melindungi Furnitur dan lantai

* sumber: wallpapergordyn.com

Selain untuk tanaman hias, alat ini juga berfungsi untuk menjaga berbagai furnitur atau lantai yang terbuat dari bahan kayu. Seperti kita ketahui furnitur atau lantai berbahan dasar kayu mudah bereaksi terhadap kelembaban udara dalam ruangan.

Udara kering sendiri bisa menyebabkan benda-benda yang terbuat dari kayu mudah untuk mengalami retak dan belah. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, alat ini sendiri cukup baik dalam menjaga furnitur atau lantai supaya tetap awet dan tahan lama.

Nah, itulah 10 fungsi humidifier, alat penjaga kelembapan ruangan yang bermanfaat bagi keluarga yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kehadiran alat elektronik yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Sehingga tak ada salahnya bila memakai salah satu list barang elektronik yang harus dimiliki di rumah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *