Bacaterus / Pembersih Udara / 10 Fungsi Air Purifier yang Bermanfaat untuk Kesehatan

10 Fungsi Air Purifier yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Udara segar adalah salah satu kebutuhan utama manusia yang kualitasnya semakin hari semakin menurun, terutama di kota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi. Nah, untuk memenuhi kebutuhan udara segara bagi keluarga. Maka air purifier pun kerap dijadikan solusi yang tepat.

Air purifier sendiri merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk membersihkan udara dari sejumlah polutan berbahaya yang bisa terhirup oleh manusia. Nah, biar kamu mengenal lebih jauh tentang teknologi canggih yang satu ini. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 Fungsi air purifier yang bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Berikut adalah pemaparannya.

1. Mencegah Bakteri dan Virus di Dalam Rumah

Mencegah Bakteri dan Virus di Dalam Rumah

* sumber: www.smarthome.news

Udara merupakan media yang cukup efektif bagi penyebaran bakteri dan virus penyebab penyakit. Kedua makhluk mikroorganisme tersebut memang sulit untuk dideteksi dan kerap membawa sejumlah masalah bagi kesehatan manusia.

Nah, untuk meminimalisir jumlah bakteri dan virus di dalam rumah. Masyarakat sendiri kerap menggunakan air purifier. Dimana menurut penelitian yang telah dilakukan di Retroscreen Virologi, Inggris. Air purifier diketahui mampu menurunkan jumlah aktivitas virus dan bakteri di dalam udara.

2. Mengurangi Pemicu Penyakit Asma

Mengurangi Pemicu Penyakit Asma

Asma adalah sebuah penyakit saluran pernapasan yang ditandai dengan berbagai gejala seperti sulit bernapas, nyeri dada, batuk, bahkan disertai dengan mengi (suara mendengik). Asma sendiri bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia.

Dari sejumlah kasus asma yang pernah terjadi. Rumah menjadi salah satu tempat yang paling banyak memicu terjadinya penyakit ini. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal mulai dari debu, binatang peliharaan, asap, kotoran dan lain-lain. Bila pemicu tersebut tidak ditangani dengan baik maka kemungkinan terjadi serangan asma pada anggota keluarga akan semakin besar.

Nah, untuk itu air purifier bisa menjadi solusi pencegahan asma yang cukup efektif. Dimana komponen Filter HEPA yang terdapat dalamnya berfungsi menghilangkan jenis-jenis pemicu asma yang telah disebutkan di atas.

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Menghilangkan Bau Tak Sedap

* sumber: faktualnews.co

Meskipun bukan masalah yang besar, namun keberadaan bau tak sedap memang bisa sangat mengganggu, bahkan mungkin membahayakan kesehatan bila dibiarkan tanpa penanganan. Sehingga untuk mengatasi masalah bau tak sedap yang kerap ditemukan di dalam rumah. Air purifier pun sering dijadikan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Air purifier sendiri telah terbukti ampuh dalam menghilangkan berbagai macam bau tak sedap. Hal itu berdasarkan serangkaian tes pengukuran yang telah dilakukan oleh pihak Japan Spinners Inspecting Foundation.

4. Mencegah Asap Rokok

Mencegah Asap Rokok

* sumber: www.suara.com

Seperti yang kita ketahui asap rokok mengandung zat berbahaya yang bisa mengancam kesehatan bila sampai terhirup ke dalam paru-paru. Asap rokok sendiri kerap menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kronis seperti penyakit tuberculosis dan penyakit jantung.

Hal tersebut tentu sangat membahayakan, apalagi bila sampai terhirup oleh anak-anak dan orang tua. Air purifier sendiri memiliki filter HEPA dan karbon aktif yang berfungsi menyaring partikel hingga 0,3 mikron serta mampu menyerap dan menahan asap rokok yang ada di dalam rumah agar tidak terhisap oleh anggota keluarga.

5. Mengurangi Kadar Karbondioksida di Rumah

Mengurangi Kadar Karbondioksida di Rumah

* sumber: www.siagabencana.com

Seperti yang telah kita ketahui bahwa oksigen adalah senyawa yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Sementara karbondioksida adalah senyawa buangan yang diketahui sangat berbahaya bagi kesehatan.

Menghirup Karbondioksida dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan sejumlah penyakit seperti sesak napas, sakit kepala, pusing, mual, tidak sadarkan diri, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Air purifier sendiri memiliki Filter HEPA yang berfungsi sebagai pemurni udara yang mampu mengurangi jumlah Karbondioksida yang ada di dalam rumah dan meningkatkan kadar oksigen.

Baca juga: Merk Air Purifier yang Bagus untuk Membersihkan Udara

6. Membasmi Jamur

Membasmi Jamur

* sumber: blog.frontiersin.org

Fungsi air purifier selanjutnya adalah untuk membasmi jamur yang bisa menjadi penyebab utama timbulnya penyakit kulit. Para ahli sendiri kerap mengaitkan keberadaan jamur dengan sejumlah faktor, seperti cuaca lembap dan juga panas.

Nah, setelah pengujian yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories. Air purifier pun ketahui mampu mengurangi pertumbuhan jamur yang ada di dalam rumah. Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian dengan menyemburkan ion PCI di dalam sebuah ruangan berukuran 2,6 meter kubik. Dimana hasilnya menunjukkan penghambatan pertumbuhan jamur yang cukup signifikan.

7. Membasmi Nyamuk Berbahaya

Membasmi Nyamuk Berbahaya

* sumber: hitexpert.id

Nyamuk adalah serangga yang kerap ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Keberadaan serangga kecil ini memang cukup meresahkan bagi anggota keluarga. Selain menyebabkan bentol akibat bekas gigitan, serangga kecil yang satu ini juga bisa menularkan bibit penyakit berbahaya seperti demam berdarah, cikungunya dan malaria.

Nah, di pasaran sendiri terdapat beberapa tipe air purifier yang dilengkapi dengan perangkap nyamuk yang cukup efektif dan cenderung lebih aman dalam memberantas nyamuk dibandingkan dengan penggunaan insektisida.

8. Mencegah Timbulnya Alergi

Mencegah Timbulnya Alergi

* sumber: www.honestdocs.id

Reaksi alergi dapat dipicu oleh berbagai pencetus, mulai dari hewan peliharaan, debu, atau udara. Pada dasarnya reaksi alergi sendiri terjadi sebagai respon tubuh terhadap zat iritan atau polutan yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mengatasi timbulnya reaksi alergi akibat hal-hal tersebut Maka air purifier sangat cocok mengingat dalam alat ini terdapat sistem filtrasi yang cukup baik. Beberapa jenis air purifier sendiri bahkan memiliki pemurnian sampai 3 tahap, mulai  dari pra-filter, filter High-Efficiency Particulate Air (HEPA), dan Ionizer yang berfungsi melepaskan ion negatif ke atmosfer.

9. Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

* sumber: www.top10-zone.com

Udara yang bersih diketahui dapat membuat pikiran jauh lebih tenang dan jernih. Beberapa air purifier sendiri dilengkapi dengan Ionizer, yang diketahui dapat membantu memperbaiki mood dan membuat suasana ruangan lebih nyaman.

Udara bersih yang terbebas dari polutan berbahaya memang dapat berdampak pada berkurangnya kadar kartisol yang akan membuat tubuh jauh lebih rileks dan nyaman. Hal itu pula yang membuat air purifier cukup efektif mengurangi stres.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

* sumber: www.chatelaine.com

Air purifier diketahui dapat menghasilkan noise calm. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur yang jauh lebih baik. Seperti yang kita ketahui udara yang dipenuhi zat polutan dapat mengganggu kualitas hidup. Selain menimbulkan kecemasan terserang penyakit, bau tak sedap pun bisa membuat perasaan tidak nyaman dan mempengaruhi kualitas tidur.

Nah, beberapa tipe air purifier pun sangat cocok digunakan di dalam kamar tidur karena dapat menghilangkan racun dan gas kimia berbahaya yang dapat mengganggu jalannya pernapasan. Selain itu beberapa tipe air purifier juga dilengkapi dengan suara menenangkan. Sehingga membuat tidur jauh lebih nyenyak.

Demikianlah informasi mengenai 10 fungsi air purifier yang bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Keberadaan alat elektronik yang satu ini memang dapat membuat kualitas udara bagi keluarga jauh lebih baik dan lebih sehat. Semoga informasi yang telah Bacaterus bahas di atas bisa bermanfaat bagi kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *