Bacaterus / Film Adaptasi Buku / 10 Film Adaptasi Novel Young Adult Adventure Terbaik

10 Film Adaptasi Novel Young Adult Adventure Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah banyak sekali novel-novel best-seller yang diadaptasi ke layar lebar dalam berbagai genre. Salah satu yang menjadi genre favorit adalah petualangan (adventure). Butuh keahlian yang lebih bagi sang penulis untuk mendeskripsikan dan mengilustrasikan tulisan mereka agar bisa masuk ke dalam pikiran pembaca dan mengembangkan imajinasi mereka. Genre ini sangat disukai oleh berbagai kalangan usia, khusus remaja usia 12-18 tahun yang biasa disebut young adult.

Di usia seperti ini, remaja memiliki rasa penasaran dan butuh asupan adrenalin yang tinggi sesuai dengan perkembangan hormon mereka. Maka tidak heran jika novel-novel petualangan untuk usia ini sarat dengan action, romance, pentingnya keluarga dan tidak lupa dunia fantasy untuk menjembatani dari psikologis usia anak-anak mereka.

Berikut ini Bacaterus pilihkan 10 serial novel best-seller untuk usia young adult yang sudah diadaptasi ke layar lebar dan menuai kesuksesan yang serupa bahkan lebih dari pendapatan novelnya sendiri.

Harry Potter [2001-2011]

Serial novel karya J.K. Rowling ini adalah sebuah fenomena dalam dunia penulisan, khususnya novel fiksi. Terdiri atas 7 buah novel, yang keseluruhannya sudah diadaptasi secara sukses, mengisahkan tentang petualangan penyihir cilik Harry Potter dan teman-temannya dalam melawan kejahatan dari raja kegelapan Voldemort sembari tetap belajar untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki.

Harry Potter young adult adventure

Dimulai dari Harry Potter and the Sorcerer’s Stone [2001] dan Harry Potter and the Chamber of Secrets [2002] yang disutradarai oleh Chris Columbus, Daniel Radcliffe, Rupert Grint dan Emma Watson memulai petualangan mereka sebagai Harry Potter, Ron Weasley dan Hermione Granger.

Dilanjutkan dengan Harry Potter and the Prisoner of Azkaban [2004], Harry Potter and the Goblet of Fire [2005], Harry Potter and the Order of the Phoenix [2007], Harry Potter and the Half-Blood Prince [2009], lalu ditutup dengan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 [2010] dan Harry Potter and the Deadly Hallows: Part 2 [2011]. Seluruh film ini berhasil masuk sebagai nominator dalam berbagai kategori di Academy Awards meski gagal meraih Oscar.

The Golden Compass [2007]

The Golden Compass

His Dark Materials adalah trilogy novel fantasy peraih banyak penghargaan karya Philip Pullman. Kisahnya yang meramu dunia fantasy dengan ilmu fisika, filosofi tinggi dan theology yang cukup kental membuat novel ini menarik untuk dibaca.

Sayangnya, film adaptasinya tidak sesukses novelnya. The Golden Compass [2007] yang diperankan oleh deretan aktor-aktris papan atas Hollywood seperti Nicole Kidman dan Daniel Craig, gagal dalam peredarannya di layar bioskop dunia, sehingga kelangsungan adaptasi kedua novel lanjutannya diragukan untuk bisa diwujudkan. Kabarnya, New Line Cinema hampir bangkrut karena memproduksi film yang memakan biaya yang cukup besar ini.

The Saga of Darren Shan [2009]

The Saga of Darren Shan

Mungkin banyak yang kurang kenal dengan serial novel tentang vampire karya Darren Shan ini. Total 12 novel sudah diterbitkan yang menceritakan perjalanan seorang remaja sebagai asisten vampire. Film adaptasinya, Cirque du Freak: The Vampire Assistant [2009], menampilkan banyak sekali aktor-aktris terkenal, seperti John C. Reilly dan Salma Hayek.

Sedangkan Darren Shan sendiri diperankan oleh Chris Massoglia. Film young adult adventure ini merangkum kisah tiga novel awalnya secara langsung. Kelanjutan adaptasi novel ini tidak jelas hingga sekarang dan masih meninggalkan 9 buah novel tersisa.

Percy Jackson [2010-2013]

Kisah dewa-dewa Yunani seperti Zeus, Neptunus dan kawan-kawannya adalah kisah yang tidak pernah lekang oleh zaman. Meskipun telah berkali-kali difilmkan tetap menarik untuk ditonton. Rick Riordan menciptakan karakter Percy Jackson yang merupakan manusia setengah dewa di zaman modern. Namanya sendiri diambil dari tokoh Perseus yang merupakan anak dari Zeus, sama seperti Hercules.

Logan Lerman dipercaya sebagai pemeran Percy Jackson di kedua filmnya, yaitu Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief [2010] dan Percy Jackson: Sea of Monsters [2013]. Masih ada tiga novel lagi yang belum diadaptasi dan belum ada rencana nyata untuk mewujudkannya.

The Twilight Saga [2008-2012]

Dunia vampire dan werewolves kembali diangkat dalam nuansa romantis oleh penulis Stephenie Meyer dalam empat buah novelnya yang sudah diadaptasi ke layar lebar dan meraup pendapatan yang besar meski menuai kritikan yang cukup pedas.

Robert Pattinson sebagai Edward Cullen sang vampire dan Kristen Stewart sebagai Bella Swan memiliki kisah cinta yang unik dan rumit ditambah dengan hadirnya Taylor Lautner sebagai Jacob Black sang werewolves.

Dimulai dari Twilight [2008], kemudian dilanjutkan dengan The Twilight Saga: New Moon [2009] dan The Twilight Saga: Eclipse [2010]. Novel terakhirnya dipecah menjadi dua film, yaitu The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1 [2011] dan The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 2 [2012].

The Hunger Games [2012-2015]

The Hunger Games

Serial novel karya Suzanne Collins ini bercerita dalam dunia dystopia setelah musibah besar yang melanda umat manusia dan mereka hidup dalam satu negara yaitu Panem. Setiap tahunnya, diadakan sebuah permainan yang disiarkan secara langsung di televisi dimana peserta dari perwakilan semua distrik harus saling membunuh untuk menjadi pemenangnya.

Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen memulai permainan mematikan ini di The Hunger Games [2012], kemudian dilanjutkan dengan The Hunger Games: Catching Fire [2013], lalu ditutup dengan The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 [2014] dan The Hunger Games: Mockingjay – Part 2 [2015].

Ender’s Game [2013]

Ender’s Game

Novel peraih Hugo Award di tahun 1986 karya Orson Scott Card ini bertema militer, perang dan ramalan “the chosen one”. Tema seperti ini seringkali dimunculkan dalam kisah-kisah fiksi dan fantasy. Butuh waktu lama untuk mengadaptasinya ke dalam film dan baru berhasil diwujudkan di tahun 2013 oleh sutradara Gavin Hood dengan deretan aktor-aktris Hollywood yang mentereng seperti Harrison Ford dan Ben Kingsley.

Lionsgate sebagai rumah produksinya masih mempertimbangkan kelanjutan serial yang masih memiliki tiga novel lanjutan lagi, apakah akan dibuatkan film sequel-nya atau dalam format serial televisi.

The Mortal Instrument [2013]

The Mortal Instrument

Enam buah serial novel karya Cassandra Clare ini termasuk salah satu novel fantasy untuk young adult terbaik dan terlaris. Sejauh ini, hanya satu film yang hadir sebagai adaptasinya, yaitu The Mortal Instruments: City of Bones [2013] yang diperankan oleh Lily Collins sebagai Clary Fray.

Karena film young adult adventure tersebut dianggap gagal dengan hanya sedikit keuntungan dan menuai kritikan tajam, maka rencana film sequel-nya dihentikan dan dialihkan menjadi serial televisi dengan judul Shadowhunters.

The Divergent Series [2014-2017]

The Divergent Series

Semangat muda adalah semangat pemberontak atas ketidakadilan yang terjadi. Begitulah kira-kira pesan yang tersirat di dalam serial novel karya Veronica Roth ini. Trilogy novel ini kemudian diadaptasi ke layar lebar menjadi empat film, yaitu Divergent [2014] yang memulai petualangan Beatrice Prior yang diperankan oleh Shailene Woodley dalam menghadapi perbedaan kelompok di dunia dystopia ini.

Kemudian dilanjutkan dengan The Divergent Series: Insurgent [2015] dan ditutup dengan dua film, The Divergent Series: Allegiant [2016] dan The Divergent Series: Ascendant [2017].

The Maze Runner [2014-2017]

The Maze Runner

Dunia dalam mayoritas novel-novel petualangan young adult mengambil setting di dunia dystopia atau antah-berantah. Sama halnya dengan novel karya James Dashner ini, dimana sekelompok remaja harus mencari jalan keluar dari tempat mereka disekap dalam tempat seperti labyrinth raksasa.

Dylan O’Brien menjadi bintang utama yang berperan sebagai Thomas dalam rangkaian film yang dimulai dari The Maze Runner [2014], Maze Runner: The Scorch Trials [2015] dan akan diakhiri dengan Maze Runner: The Death Cure [2017]. Selain trilogy tersebut, masih ada dua novel yang merupakan prequel-nya.

Itulah 10 serial film adaptasi novel young adult adventure terbaik yang pernah diproduksi Hollywood. Trend yang muncul sejak kesuksesan Harry Potter dimanfaatkan dengan baik oleh para sineas film dan mampu mencapai kesuksesan seperti novelnya.

Hanya saja ada beberapa serial novel yang tidak dilanjutkan karena kurangnya minat moviegoers dengan film berjenis ini. Novel fiksi akan selalu ada dan selalu berinovasi dengan cerita-cerita baru yang membuat ide perfilman Hollywood tidak akan kering karenanya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *