Bacaterus / Film Action Indonesia / 10 Film Terbaik Yayan Ruhian, Aktor Indonesia yang Mendunia

10 Film Terbaik Yayan Ruhian, Aktor Indonesia yang Mendunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Yayan Ruhian adalah salah satu aktor laga asal Indonesia yang telah berkiprah di dunia perfilman internasional bersama dengan kawan-kawan seperjuangannya, seperti Iko Uwais, Cecep Arif Rahman, dan Joe Taslim. Sebelum terjun ke dunia film, Yayan yang lahir di Tasikmalaya ini adalah seorang pesilat.

Keterampilannya dalam ilmu bela diri itulah yang membawanya terjun ke dunia film. Dengan dasar ilmu bela diri yang kuat, dipadukan dengan cerita film yang bagus, wajar saja kalau setiap penampilannya kerap mencuri perhatian. Tertarik untuk mengenal sosoknya lebih dalam? Mari kita ulas beberapa film terbaik yang dibintangi Yayan Ruhian berikut ini.

1. Merantau [2009]

Merantau

* sumber: www.imdb.com

Film Merantau mendapat perhatian banyak orang waktu perilisannya. Selain tampil beda, jalan cerita dan koreografinya juga digarap dengan sangat baik. Bisa dibilang, keberhasilan film inilah yang membuka peluang untuk film aksi Indonesia selanjutnya.

Berkisah tentang Yuda, seorang pemuda dari desa yang berangkat ke Jakarta. Di sana dia menggunakan kemampuan bela dirinya untuk melawan perbudakan. Dia bertemu dengan anak yatim piatu bernama Adit dan Asti yang jadi korban perdagangan manusia. Yayan Ruhian memerankan karakter Erik, bagian dari bisnis kriminal yang dihadapi Yuda.

2. The Raid: Redemption [2011]

The Raid Redemption

* sumber: www.imdb.com

Tidak bisa dipungkiri kalau penampilan Yayan Ruhian di film inilah yang membuat namanya membekas di kalangan penikmat film Indonesia. Karakter Mad Dog yang diperankan Yayan berhasil memukau penonton. Adegan-adegan brutal yang ditampilkan Mad Dog adalah salah satu adegan perkelahian terbaik untuk ukuran film lokal.

Film ini bercerita tentang penyerbuan. Targetnya adalah gedung apartemen yang menjadi tempat persembunyian para kriminal milik mafia kelas berat bernama Tama. Rama dan timnya mendapat perlawanan sengit dari para penghuni gedung itu, termasuk Mad Dog, algojo Tama yang dikenal sadis. Apakah Rama mampu bertahan dan keluar dalam keadaan hidup?

3. The Raid 2: Berandal [2014]

The Raid 2 Berandal

* sumber: www.imdb.com

Kesuksesan film pertamanya membuat banyak orang menginginkan sekuel dari The Raid. Maka film ini dibuat untuk menjawab tantangan itu. Film ini masih bercerita tentang Rama yang menjalankan misi untuk memberantas pejabat polisi korup. Berbeda dengan film pertamanya yang brutal dengan penyerbuannya, film kedua ini agak lebih halus.

Targetnya adalah kriminal bawah tanah yang berhubungan dengan pejabat korup. Maka, Rama ditugaskan untuk menyamar. Dia dijebloskan ke penjara supaya bisa menjadi bagian dari mereka. Rama akan membasmi mereka dari dalam. Yayan kembali hadir tapi dengan karakter yang berbeda. Dia memerankan Prakoso, bagian dari kelompok kriminal yang tidak kalah sadis.

4. Beyond Skyline [2017]

Beyond Skyline

* sumber: www.imdb.com

Penggemar film alien jangan sampai ketinggalan film ini. Di film ini ada dua aktor Indonesia yang akan memuaskan kamu dengan penampilannya di adegan-adegan perkelahian. Ceritanya tentang invasi alien yang kemudian menculik umat manusia. Corley, seorang detektif, melakukan perburuan untuk menghadapi para alien.

Corley bertemu dengan Sua yang diperankan Iko Uwais, pemimpin kelompok bawah tanah. Selain untuk menyelamatkan Bumi, dia bejuang keras karena anaknya menjadi salah satu yang diculik. Yayan Ruhian berperan sebagai The Chief, salah satu pemimpin kelompok yang berbeda dengan kelompok Sua.

5. Gangster [2015]

Gangster

* sumber: file.indonesianfilmcenter.com

Kalau melihat judulnya, yang ada di kepala kita mungkin cerita tentang aksi-aksi kriminal. Bisa jadi peredaran narkoba, kasus pembunuhan, atau perampokan. Film ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Ini tentang seorang anak dari desa yang pergi mencari cinta masa kecilnya sekaligus orang tua kandungnya di Jakarta.

Sebuah kejadian membuat Jamroni mengambil langkah besar. Dia pergi ke Jakarta, mencari Sari dan orang tua kandungnya yang mungkin masih hidup. Kepergiannya itu ternyata keputusan berbahaya. Dia bertemu dengan Retta, wanita yang sedang kabur dan diselamatkan Jamroni. Aksinya membuat dia harus berhadapan dengan Bang Jangkung, pembunuh bayaran yang diperankan Yayan Ruhian.

6. Star Wars: Episode VII – The Force Awakens [2015]

The Force Awakens

* sumber: www.imdb.com

Sampai hari ini, penggemar Star Wars terus bertambah. Bahkan, sampai lintas generasi. Film ini adalah sebuah karya yang tidak biasa dan tidak mati ditelan usia. Apa kamu salah satu penggemarnya? Kalau kamu masih asing sama Star Wars, garis besar ceritanya tentang kehidupan opera luar angkasa.

Kali ini, ceritanya tentang Republik yang sedang berusaha dihancurkan oleh kekuatan baru. Poe, Finn, dan Rey bergabung dengan kelompok Resistance demi melakukan perlawanan. Mereka juga harus mencari Luke, Jedi yang terakhir. Yayan memerankan karakter Tasu Leech, seorang pemimpin Kanjiklub. Mereka adalah salah satu kelompok jahat di jagat Star Wars.

7. Yakuza Apocalypse [2015]

Yakuza Apocalypse

* sumber: www.passion-cinema.com

Mendengar judulnya, ada kesan mengerikan yang akan kita dapatkan. Sebenarnya film ini adalah perpaduan antara aksi, fantasi, dan komedi. Elemen lucu, brutal, dan out of the box dipadukan menjadi satu cerita solid yang kemudian diceritakan ke dalam bentuk film. Kalau kamu sedang butuh hiburan yang tidak biasa, film ini boleh dicoba.

Ceritanya seputar perebutan kekuasan bos Yakuza, Kamiura yang ternyata adalah vampir. Kamiura yang diburu sempat mengubah Kageyama, pengikutnya yang paling setia, menjadi vampir yang haus darah dan dendam. Yayan memerankan karakter Kyoken yang culun tapi jago beladiri. Dia ada di pihak yang bersebrangan dengan Kamiura.

8. Wiro Sableng 212 [2018]

Wiro Sableng 212

* sumber: www.imdb.com

Generasi 90-an pastinya tidak asing dengan karakter Wiro Sableng. Bisa dibilang, sosok Wiro Sableng adalah karekter yang cukup membekas untuk generasi tersebut. Pada tahun 2018, cerita Wiro Sableng dibuat menjadi sebuah film layar lebar. Selain untuk menghadirkan nuansa nostalgia, pembuatan film ini juga berguna untuk memperkenalkan Wiro Sableng kepada generasi yang lebih muda.

Ceritanya tentang Wiro Sableng yang mendapat titah dari guruya, Sinto Gendeng. Dia diminta untuk meringkus mantan murid Sinto yang berkhianat, Mahesa Birawa yang diperankan oleh Yayan Ruhian. Dalam menjalankan titah itu, Wiro bertemu dengan dua sahabat baru, yakni Anggini dan Bujang Gila Tapak Sakti.

9. John Wick: Chapter 3 – Parabellum [2019]

John Wick Chapter 3

* sumber: www.imdb.com

Ini adalah film ketiga dari John Wick, sosok pembunuh bayaran yang dikenal tangguh. Kali ini, dia diburu oleh banyak orang setelah menghabisi nyawa anggota The High Table di dalam area The Continental. John Wick harus menghadapi banyak pembunuh bayaran hebat karena hidupnya dihargai sangat tinggi, belasan juta dollar.

Nantinya akan ada sosok miterius bernama Sofia yang membantu John Wick menghadapi orang-orang yang memburunya. Yayan menjadi salah satu orang yang berhadapan dengan John Wick. Yayan tidak sendiri, tetapi ditemani Cecep yang juga pesilat kebanggaan kita. Menariknya, mereka bertarung menggunakan kerambit, senjata asli Indonesia.

10. Iseng [2016]

Iseng

* sumber: id.bookmyshow.com

Kalau kamu ingin melihat sosok Yayan Ruhian tapi tanpa adegan brutal, film ini adalah jawabannya. Film ini terdiri dari tiga jalan cerita yang nantinya berhubungan. Masing-masing menceritakan kelas sosial yang berbeda-beda di kehidupan ibu kota Jakarta. Karakter yang ditampilkan pun unik-unik.

Ada detektif dan petugas yang berpengalaman, ada sekretaris genit yang menggoda gadis tomboy, ada tiga preman dan satu sopir, ada PSK dan sahabatnya, ada pemilik restoran dan kokinya, dan ada pengusaha dan simpanannya. Suatu malam, mereka semua saling terhubung. Yayan memerankan karakter Edi yang akan menjadi kejutan waktu kamu nonton filmnya.

Nah, itulah beberapa film keren yang di dalamnya terdapat aksi Yayan Ruhian yang keren untuk disaksikan. Semoga kedepannya semakin banyak aktor laga Indonesia yang sukses di perfilman dunia seperti Yayan Ruhian.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *