bacaterus web banner retina

10 Film yang Mirip Fifty Shades, Romantis nan Erotis

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 12 Oktober 2021

Fifty Shades of Grey (2015) merupakan film romantis, erotis yang memperlihatkan adegan-adegan BDSM  antara dua pemain utamanya yaitu Christian Grey (Jamie Dornan) dan Anastasia Steele (Dakota Johnson). Sebab beberapa adegan yang sangat panas, film ini tidak lulus sensor di Indonesia sehingga tidak mendapat izin untuk tayang.

Fifty Shades of Grey merupakan adaptasi dari novel karya E. L. James berjudul Fifty Shades of Grey. Novel tersebut terbit pada 2011 lalu dan hadir dalam bentuk trilogi. Ia memuncaki angka penjualan buku fiksi paling laris di seluruh dunia. Setidaknya terjual lebih dari 40 juta kopi dan sebanyak 37 negara membeli hak penerbitannya.

Novel Fifty Shades of Grey bahkan melampaui rekor penjualan seri Harry Potter karya J. K Rowling yang juga fenomenal. Kesuksesannya ini membuat beberapa studio film di Hollywood berlomba-lomba ingin mengadopsinya menjadi sebuah film. Hingga akhirnya Universal Pictures dan Focus Features yang memenangkan perlombaan tersebut.

Film Fifty Shades of Grey digarap oleh sutradara Sam Taylor Johnson sementara untuk naskahnya ditulis Kelly Marcel. Film ini bercerita tentang hubungan romantis yang melibatkan Anastasia Steele (Dakota Johnson) dan Christian Grey (Jamie Dornan). Keduanya memiliki latar belakang yang jauh berbeda.

Ana adalah seorang mahasiswi berusia 21 tahun yang lugu dan polos. Grey sendiri merupakan seorang pengusaha muda yang cerdas, tampan namun memiliki trauma masa kecil sehingga membuatnya suka sekali memaksakan kehendak. Keduanya bertemu dalam situasi yang tidak sengaja.

Hubungan mereka pun berlanjut. Grey lama-lama menunjukkan sifat aslinya yang suka memaksakan kehendak, termasuk dalam bercinta. Grey memiliki fantasi liar yang dia paksakan pada Ana. Namun karena sudah terlanjur jatuh cinta, Ana mengikutinya.

Adegan-adegan erotis yang dilakukan pemain utamanya menjadi hal paling diingat dalam film ini. Namun Fifty Shades of Grey tentu tidak hanya berisi mengenai hal tersebut. Ada pesan yang ingin disampaikan melalui karakter serta jalan ceritanya.

Jika Anda ingin tahu apa saja film romantis erotis, film yang mirip Fifty Shades berikut ini adalah jawabannya. Penasaran? Ini dia ulasannya!

1. Secretary

Secretary

Lee Holloway (Maggie Gyllenhaal) seorang putri bungsu yang canggung dan sensitif. Keluarganya berantakan, akibat hal itu dia menyakiti dirinya sendiri hingga dirawat di rumah sakit. Keluar dari sana, tak lama dia melamar pekerjaan sebagai sekretaris untuk seorang pengacara eksentrik bernama E. Edward Grey (James Spader) kemudian dia pun diterima.

Grey tertarik pada sikap Lee yang selalu patuh padanya. Lee sendiri merasa menemukan sesuatu di dirinya dengan perlakuan Grey terutama saat bercinta. Lee bahkan sempat dilamar kekasihnya tetapi melarikan diri dan mendatangi Grey. Keduanya menjalin hubungan yang lebih serius kemudian menikah.

2. The Piano Teacher

The Piano Teacher

Film yang mirip Fifty Shades selanjutnya adalah The Piano Teacher (2001). Film ini juga bercerita tentang dua orang yang sedang jatuh cinta. Mereka adalah Erika Kohut (Isabelle Huppert) dan Walter Klemmer (Benoȋt Magimel). Erika berprofesi sebagai seorang guru piano yang sudah berusia matang namun belum menikah.

Dia tinggal bersama ibunya yang sudah tua. Erika sosok perempuan penyendiri dan cukup meyakinkan karena gelarnya sebagai profesor. Di balik itu dia adalah wanita yang memanifestasikan kesepian serta represi seksualnya dalam penyimpangan yang disebut voyeurism, sadomasochism dan self harm.

Pada sebuah pertunjukan dia bertemu dengan Walter Klemmer; seorang insinyur muda yang mahir memainkan piano. Walter kemudian mendaftar sebagai murid Erika. Erika memperlihatkan sikap yang tidak antusias padahal secara diam-diam dia tertarik dan menyakiti Anna Schober; wanita yang sempat dilihatnya bersama Walter.

Setelah mengetahui yang sebenarnya terjadi, Walter justru malah memperlihatkan ketertarikannya pada Erika. Walter menginginkan Erika secara seksual, tapi Erika menggunakan cara lain. Wanita tersebut menulis sebuah surat yang berisi imajinasi-imajinasinya. Hal ini yang kemudian mengejutkan Walter dan membuatnya kecewa.

3. A Dangerous Method

A Dangerous Method

A Dangerous Method merupakan film berlatar belakang masa lalu, tepatnya tahun 1904 tentang seorang wanita penderita hysteria bernama Sabina Spielrein (Keira Knightley). Dia pergi menemui Carl Jung (Michael Fassbender) yang merupakan seorang psikoanalisis.

Jung yang sudah beristri menyangkal ketertarikannya pada Sabina. Namun, seorang pasien bernama Otto Gross (Vincent Cassel) memengaruhinya untuk memanjakan diri. Jung pun berselingkuh dengan gadis tersebut. Hubungan menjadi lebih rumit kala Sabina menginginkan anak dari Jung.

Jung menceritakan masalahnya ini pada Freud. Dua sahabat ini kemudian mulai lebih sering berselisih soal psikoanalisis. A Dangerous Method diadaptasi oleh Christopher Hampton dari stage play The Talking Cure. The Talking Cure sendiri diadaptasi dari buku non fiksi karya John Kerr berjudul A Most Dangerous Method: The Story of Jung, Freud and Sabina.

4. 9 ½ Weeks

9 ½ Weeks

Film romantis nan erotis tahun 1980-an ini dipercaya cukup banyak memberi pengaruh terhadap cerita Fifty Shades. Film 9 ½ Weeks mengisahkan seorang pria bernama John Gray (Mickey Rourke) seorang wanita pekerja galeri seni SoHo bernama Elizabeth McGraw (Kim Basinger).

Mereka pertama kali bertemu di sebuah toko kelontong di Kota New York. Elizabeth tertarik pada sebuah syal berharga mahal, John pun mengesankan wanita itu dengan menghadiahkan syal tersebut padanya. Mereka kemudian menjalin hubungan.

Gray memaksakan tuntutannya pada Elizabet saat bercinta. Wanita berusia 30 tahun awal ini mulanya menolak hingga lama-lama dia mulai mengikuti Gray. Lelaki itu tetap berimajinasi dan menjadikan Elizabeth sebagai sasaran untuk memuaskan nafsunya.

Hubungan antara Gray dan Elizabeth juga melibatkan emosi. Elizabeth yang ingin mengenalkan Gray pada teman-temannya selalu ditolak. Lelaki itu hanya mau menemui Elizabeth pada malam hari. Beberapa kali hubungan keduanya pun memanas dan penuh amarah.

5. The Night Porter

The Night Porter
Tahun Rilis 1974
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Dirk Bogarde Charlotte Rampling

Film yang mirip Fifty Shades selanjutnya adalah The Night Porter yang tayang pada 1974 lalu. Film ini berlatar tahun 1957 ketika PD II berlangsung. Seorang mantan perwira Nazi bernama Maximilian Theo Aldofer (Dirk Bogarde) menyamar sebagai dokter untuk mengambil foto-foto sensasional di kamp konsentrasi.

Sementara itu Lucia (Charlotte Rampling) adalah seorang korban yang selamat dari Holocaust. Dia mengalami ambiguous sadomasochistic relationships oleh Max. pada saat bersamaan, Max juga bisa bertindak selaku pelindungnya. Film ini tidak hanya memuat hubungan romantis erotis melainkan juga konflik lain yang menegangkan.

6. Cruel Intentions

Cruel Intentions

Cruel Intentions diadaptasi dari sebuah novel tahun 1782 yang ditulis oleh Pierre Choderlos berjudul Les Liasisons Dangereuses. Ia mengisahkan seorang playboy bernama Sebastian Valomnt (Matthes Ryan Phillippe) yang tertarik secara seksual terhadap kakak tiri perempuannya bernama Kathryn Merteuil (Sarah Michelle Gellar).

Kathryn pun mengetahui hal ini. Dia malah menentang Sebastian untuk lebih dulu menakulkan Annette Hargrove (Reese Witherspoon) dan tidur dengannya. Annette sendiri dikenali sebagai seorang perempuan yang sulit didekati apalagi untuk diajak bercinta. Sebastian mengabulkannya dan malah terjebak cinta terhadap Annette.

7. The Last Seduction

The Last Seduction
Tahun Rilis 1994
Genre , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Linda Fiorentino Peter Berg Bill Pullman

Film ini bercerita tentang seorang perempuan yang bekerja sebagai manajer telemarketing di New York bernama Bridget Gregory (Linda Fiorentine). Clay Gregory (Bill Pullman) sang suami tengah berlatih menjadi dokter dan terlibat dengan seorang lintah darat. Kedua suami istri ini terlibat pertikaian hingga Clay menampar istrinya.

Bridget kabur dari rumah dan pergi ke Chicago. Di Beston perempuan itu bertemu Mike Swale (peter Berg), seorang pria setempat yang kembali dari pernikahan di Buffalo. Tidak disangka mereka berdua menjalin hubungan dan Mike menjadikan Bridget sebagai pemuas nafsunya saja. Film ini penuh trik dan intrik yang menarik.

8. SM-rechter

SM-rechter

Film SM-rechter diangkat dari kisah nyata mantan hakim kasus kriminal bernama Mechelen Koen Aurousseau serta Magda Wolters van der Wey yang merupakan istrinya. Bertindak sebagai penulis dan sutradara adalah Erik Lamens. Film ini tayang pada 11 Maret 2009 di bioskop Vlaamse.

Berkisah tentang Koen Allegaerts (Gene Bervoets) yang menuruti permintaan Magda De Herdt (Veerle Dobbelaere), istrinya, untuk melakukan tindakan-tindakan menyakitkan saat bercinta. Awalnya Koen enggan namun akhirnya menjadi lebih antusias. Mereka bahkan pergi ke klub sadomasikis dan menyewa jasa seorang guru.

Akibat hal tersebut Koen dipecat dan didakwa atas dugaan penyerangan terhadap istrinya. Hakim ini bahkan dituduh sebagai germo yang “menjual” istrinya dalam industri prostitusi. SM-rechter merupakan film berbahasa Belanda yang tayang selama 88 menit.

9. Kinky

Kinky

Kinky (2018) menjadi film yang mirip Fifty Shades selanjutnya. Film ini tidak kalah erotis dan romantis. Digarap oleh Jean Claude La Marre, Kinky bercerita tentang seorang dokter perempuan yang berbakat, pemalu dan lajang bernama Dr. Joyce Carmicheal (Dawn Richard).

Joyce juga diketahui merupakan salah satu ahli bedah Afrika-Amerika yang paling terkenal di Atlanta. Dia tidak memiliki banyak kehidupan sosial, tidak memiliki suami atau pacar. Hingga suatu hari dia bertemu Tyrone Bernard (Robert Ri’chard) yang merupakan seorang investor dan miliarder. Mereka kemudian menjalin hubungan yang romantis sekaligus sangat panas.

10. 365 Days

365 Days

Terakhir yang belakangan tidak kalah fenomenal dari Fifty Shades adalah 365 Days. Film ini bergenre drama dengan adegan romantis dan erotis. 365 Days dibuat berdasarkan novel pertama dari trilogi karya Blanka Lipinska. Ia datang dari Negara Polandia dan tayang di Netflix.

Film yang mirip Fifty Shades ini menyoroti kehidupan Don Massimo Torricelli (Michele Morrone) sebagai pewaris bisnis mafia keluarganya di Silsilia. Dia menjadi pewaris bisnis keluarga sebab sang ayah tewas dibunuh.

Sementara itu seorang direktur penjualan di salah satu hotel di Warsawa, Polandia, bernama Laura Biel (Anna Maria Sieklucka) sedang berselisih dengan kekasihnya. Usaha Biel untuk memperbaiki hubungan dengan berlibur ke Silsilia tidak membuahkan hasil yang manis.

Dia lantas pergi meninggalkan kekasihnya tersebut dan tanpa sengaja bertemu dengan Massimo. Lelaki itu kemudian menculik dan meminta Biel mencintainya dalam waktu 365 hari. Tindakan tersebut dilakukan Massimo karena ternyata dia pernah mencintai Biel. Keduanya bertemu di pantai saat sang ayah wafat.

Itu dia 10 film yang mirip Fifty Shades dari berbagai negara dan tahun. Kesamaan dari film-film di atas adalah jalan cerita yang romantis nan erotis. Dari 10 film tersebut, mana yang ingin ditonton lebih dulu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram