Bacaterus / Film Edukasi / 10 Film Inspiratif Ini Bisa Memberimu Motivasi, Lho!

10 Film Inspiratif Ini Bisa Memberimu Motivasi, Lho!

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Adakalanya dalam hidup tiap orang tidak selalu berada diatas, ada fase dimana merasa gagal dan sangat membutuhkan hal yang membuat semangat kembali dalam menjalani hidupnya. Definisi dari inspiratif adalah sesuatu hal yang bisa memberikan pengaruh berupa semangat dan kekuatan untuk melakukan atau membuat sesuatu.

Nah apabila kamu salah satu yang sedang membutuhkan motivasi karena merasa sedang di situasi yang gagal, mulai lah melihat hal-hal yang inspiratif yang bisa kamu dapatkan salah satunya lewat film. Banyak film-film inspiratif yang bisa kamu dapatkan maknanya yang dalam dan tentu saja membuat kamu kembali semangat dalam menjalani hari, inilah film-film inspiratif yang bisa kamu tonton di rumah.

1. 3 Idiots

3 Idiots

* sumber: dailytimes.com.pk

Siapa yang tidak tahu film ini, 3 Idiots yang rilis tahun 2009 mengisahkan tentang persahabatan tiga pemuda yang diperankan oleh Farhan Qureshi (Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi), dan Rancho Shamaldas Chanchad (Aamir Khan). Film yang bergenre komedi romantis ini memberikan gambaran mengenai salahnya sistem pengajaran di kampus mereka.

Film ini mengajarkan kita untuk mencintai apa yang sedang dilakukan bukan karena tuntutan ataupun karena penilaian dari orang lain, bahwa menimba ilmu bukan tentang mendapatkan sebuah angka atau nilai melainkan untuk mengejar impian. Film ini disutradarai oleh Vidhu Vinod Chopra dan berada di bawah perusahaan produksi Vinod Chopra Films.

2. The Billionaire

The Billionaire

* sumber: www.justwatch.com

Film ini mengisahkan tentang perjuangan pemuda Thailand  yang dipanggil Top dan merupakan CEO dari perusahaan TaoKaeNoi. Kisahnya difilmkan dalam sebuah judul The Billionaire yang rilis tahun 2011 bergenre drama dan diperankan oleh Pachara Chirathivat sebagai Top yang mahir dalam permainan game online dan sering menemui kegagalan dalam hidupnya.

Kisah Top berada dalam posisi keberhasilan ketika menemukan hal baru dari temuannya terhadap jajanan rumput laut dan membuat kehidupan Top berubah. Film yang disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dibawah perusahaan produksi Nadao Bangkok benar-benar mampu menggambarkan proses jatuh bangun yang begitu realistis, penuh dengan petuah dan kata-kata motivasi.

3. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

* sumber: lokadata.id

Film yang banyak mendapatkan penghargaan baik di skala nasional maupun internasional layak untuk dijadikan motivasi kamu dalam meraih sebuah impian, disutradarai oleh Riri Riza dan merupakan film yang diangkat dari kisah nyata novelisnya yaitu Andrea Hinata dengan tahun rilis tahun 2008.

Film ini menceritakan tentang anak-anak miskin dari kampung di Belitung yang berjuang demi mendapatkan pendidikan di salah satu sekolah SD Muhammadiyah.

Kehidupan 10 anak yang penuh keterbatasan ini diperankan oleh anak belitung asli salah satu pemeran utamanya adalah Ikrarnagara dan pemeran utama lainnya Cut Mini, Slamet Rahardjo Djarot. Film yang bergenre roman ini mengajarkan kita untuk tidak pantang menyerah dalam menggapai cita-cita walau dalam keterbatasan, serta film ini diisi oleh keindahan persahabatan yang begitu kuat.

4. The Pursuit of Happyness

The Pursuit of Happyness

Siapa yang tidak tersentuh menonton film ini,? Film The Pursuit  of Happyness adalah film biografi drama menceritakan perjuangan sang ayah yang ditinggal istrinya dan harus menghidupi anak satu-satunya. Film yang disutradarai oleh Gabriele Muccino dan rilis tahun 2006.

Pengisi cast film ini ada Will Smith sebagai Christopher, Jaden Smith sebagai anak dari Christopher serta Thandie Newton sebagai Linda – istri dari Christopher.

Chris mencoba peruntungan berkarier sebagai pialang saham, dan menerima tawaran magang tanpa dibayar. Dalam masa magang itu, Chris mulai kehabisan uang dan bersama anaknya diusir dari rumah sewanya. Selesai magang, Chris menjadi peserta magang terbaik dan berhasil mendirikan perusahaan pialang sendiri hingga bisa sukses.

5. Habibie Ainun

Habibie Ainun

* sumber: www.netflix.com

Film yang merupakan diangkat dari kisah nyata dan merupakan film drama biopik Indonesia yang dirilis tahun 2012. Disutradarai oleh Faozan Rizal, peran Habibie dibawakan oleh Reza Rahardian serta peran Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Film ini diawali dengan masa kecil Habibie dan Ainun, lalu mereka bertemu kembali di Bandung dan melangsungkan pernikahan.

Hingga akhirnya Habibie sukses dan dipercayai sebagai presiden menggantikan Soeharto. Di satu sisi kesehatan Ainun semakin menurun karena kanker ovarium, dan membuat Ainun pun akhirnya dipanggil oleh yang Yang Kuasa. Betapa sangat indah dan menariknya kisah cinta sang mantan presiden ini, mengajarkan kita tentang arti kesetiaan dan kasih sayang kepada pasangan.

Baca juga: 10 Film Tentang Penemuan yang Menginspirasi dan Menghibur

6. Forrest Gump

Forrest Gump

* sumber: georgetownvoice.com

Diadaptasi dari sebuah novel, Forrest Grump adalah film drama yang rilis tahun 1994. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis. Tokoh utama sendiri diperankan oleh Tom Hank sebagai Forrest Gump. Forrest adalah seorang anak yang memiliki keterbelakangan mental yang membuat diolok-olok temannya, hingga bertemu dengan Jeny seorang gadis yang menerima kekurangan Forrest.

Setelah lulus kuliah Forrest berbisnis udang hingga sukses, sementara Jenny memilih menjadi aktris.  Jenny teman kecilnya kembali ke kehidupan Forrest dan ia langsung melamarnya, namun Jenny menolaknya. Hal ini membuat Forrest mulai berlari tanpa tujuan selama 3,5 tahun. Film ini mengajarkan kita untuk kembali menyelami tentang arti hidup dan tetap bersyukur apapun yang terjadi.

7. The Imitation Game

The Imitation Game

* sumber: vickster51corner.wordpress.com

Film ini diadaptasi dari kisah nyata dari kehidupan Alan Turing seorang ahli matematika dengan di sutradarai oleh Morten Tyldum dan rilis tahun 2014 dan bergenre historical thriller. Alan Turing diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Film berlatar perang dunia ini bercerita bagaimana Alan Turing berusaha memecahkan kode dari mesin pesan Enigma milik Jerman yang menjadi musuh Britania Raya.

Berhasilnya terbaca pesan Enigma oleh Alan tak semulus jalan hidupnya, sebagai seorang homoseksual ia diberi hukuman penjara atas ketidaksenonohannya dan menjalani pengebirian kimia, namun mental dan fisiknya malah semakin memburuk. Film ini diakhiri dengan pernyataan bahwa Alan bunuh diri pada tahun 1954, karyanya yang dinamai “mesin turing” sekarang dikenal sebagai komputer.

8. The Pianist

The Pianist

* sumber: letterboxd.com

The Pianist merupakan biografi drama yang dirilis tahun 2002 dan mengisahkan seorang pianis yang hidup pada zaman nazi bernama Szpilman yang diperankan oleh Adrien Brody. Film ini disutradarai oleh Roman Polanski. Dalam film ini dijelaskan tentang adanya pembatasan ras Yahudi di ruang publik, kemudian Yahudi mulai ditempatkan di sebuah distrik khusus dan dibantai di Trebelinka.

Saat pembataian, Szpilman berhasil diselamatkan oleh polisi Yahudi. Sejak itulah Szpilman mulai berjuang untuk hidup, dan terus berlari dari satu tempat ke tempat yang lain. Sampai ia berada di kota mati dan bertemu dengan tentara Jerman yang terkesima dengan kemampuan pianonya, kemampuan bermain piano lah yang membuat Szpilman bisa bertahan hidup.

9. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar

Film ini di mulai dari terjadinya kerusuhan di Indonesia pada tahun 1998. Merry Riana yang diperankan oleh Chelsea Islan adalah keturunan Tionghoa yang banyak mendapatkan diskriminasi waktu itu dikirim ke Singapura oleh ayahnya dengan hanya bermodalkan uang seadanya. Film yang bergenre drama komedi Indonesia rilis tahun 2014 dan disutradarai oleh Hestu Saputra dibawah perusahaan produksi MD Pictures.

Setibanya di Singapura, Merry Riana kebingungan karena tidak memiliki siapapun, yang akhirnya bisa bertemu dengan Alva menjadi pihak penjaminnya agar bisa kuliah. Merry Riana pun akhirnya mulai bekerja keras dari belajar saham hingga bekerja pada perusahaan asuransi. Karena kegigihannya, Merry Riana berhasil menjadi pengusaha sukses dan menjadi seorang motivator dan menikah dengan Alva.

10. A Beautiful Mind

A Beautiful Mind

* sumber: www.themoviedb.org

A Beautiful Mind adalah film biografi drama yang rilis tahun 2001 dan disutradarai oleh Ron Howard. Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang ahli matematika genius yang bernama John Forbes Nash dan diperankan oleh Russell Crowe. Nash berhasil menciptakan konsep ekonomi, selain itu Nash mengidap schizophrenia yang membuat hidupnya penuh halusinasi.

Nash masuk universitas bergensi Princeton University, dari sinilah Nash bertemu dengan Alicia Larde yang menjadi istrinya. Gangguan schizophrenia yang dialami oleh Nash mulai dirasakan oleh Alicia sehingga ia akhirnya memutuskan untuk mengatasinya sendiri dan mengabaikan halusinasinya. Pada tahun 1994, Nash mendapatkan perhargaan nobel dalam bidang ekonomi atas karyanya dalam teori permainan.

Nah itulah 10 film inspiratif yang bisa memotivasi kamu di kala sedang kurang semangat dan akan memberikan hal positif setelah menontonnya. Segera list film mana yang akan kamu tonton bisa kamu tonton bareng keluarga atau sahabat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *