Bacaterus / Film Action Indonesia / Inilah 7 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Iko Uwais

Inilah 7 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Iko Uwais

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Uwais Qorny atau yang akrab disapa Iko Uwais adalah seorang aktor laga dengan paras yang tampan. Pria kelahiran 12 Februari 1983 ini memulai karirnya bukan sebagai aktor, melainkan olahragawan pencak silat.

Iko sangat serius menekuni seni bela diri. Hal tersebut terbukti dari beberapa prestasi yang ia raih, mulai dari menjadi peringkat ketiga turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta sampai dengan pesilat terbaik kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional.

Boleh dibilang Iko Uwais terjun ke dalam dunia perfilman dengan tidak sengaja. Sutradara Gareth Evans menemukan bakat silat Iko ketika ia melakukan pengambilan gambar untuk sebuah film dokumenter tentang silat di sekolah silat Iko. Karisma yang dimiliki suami Audy Item ini membuat Gareth Evans tertarik untuk menjadikan Iko Uwais sebagai pemeran utama dalam film berjudul Merantau.

Tak ada yang menyangka bahwa aktor tampan yang pernah beradu peran dalam sebuah film box office internasional ini dulunya adalah seorang supir. Ya, sebelum menjadi aktor Iko memang bekerja sebagai supir di sebuah perusahaan telekomunikasi.

Ia berhenti ketika menandatangani kontrak dengan Gareth Evans. Hingga saat ini, total ada 7 film yang dibintangi Iko Uwais. Film apa sajakah itu? Simak ulasan lengkap yang sudah dirangkum Bacaterus di sini.

1. Merantau [2009]

Merantau Film yang Dibintangi Iko Uwais

* sumber: www.asianfilmvault.com

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Action
  • Sutradara: Gareth Evans
  • Pemeran: Uwais Qorny, Sisca Jessica, Christine Hakim, Donny Alamsyah
  • Perusahaan Produksi: Merantau Films, SinemArt

Film yang dibintangi Iko Uwais pertama kali adalah Merantau. Dalam film yang disutradari oleh Gareth Evans ini, Iko langsung mendapat peran utama dan beradu peran dengan aktris senior Christine Hakim.

Sinopsis film ini mengisahkan tentang Yuda (Iko Uwais) yang harus merantau dari kampung halamannya, Minangkabau, karena sebuah tradisi yang mengharuskan anak lelaki merantau ketika menginjak usia dewasa.

Yuda meninggalkan ibunya, Wulan (Christine Hakim) dan kakaknya, Yayan (Donny Alamsyah). Jakarta adalah kota yang dituju oleh Yuda. Di kota tersebut Yuda bertemu yatim piatu Adit (Yusuf Aulia) dan kakaknya yang bernama Astri (Sisca Jessica). Namun, kedua yatim piatu tersebut adalah korban human trafficking. Yuda bermaksud menyelamatkan Adit dan Astri dari perdagangan manusia tersebut.

Namun, tindakannya itu membuat Yuda harus berurusan dengan pemimpin organisasi human trafficking tersebut. Apalagi, mereka bertiga harus lari dari kejaran preman dan mucikari yang ingin mengambil kembali Adit dan Astri.

2. The Raid [2012]

The Raid

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Martial Arts
  • Sutradara: Gareth Evans
  • Pemeran: Iko Uwais, Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian
  • Perusahaan Produksi: PT. Merantau Films, XYZ Films

The Raid adalah film kedua Iko Uwais sekaligus film yang melambungkan nama aktor tampan tersebut. Film yang juga disutradarai oleh Gareth Evans ini sempat dipublikasikan di Festival Film International Toronto dan mendapat banyak pujian dari para kritikus film.

Film The Raid menceritakan tentang gembong narkoba yang beroperasi di sebuah apartemen kumuh. Pemimpin gembong narkoba ini bernama Tama Riyadi (Ray Sahetapy) tidak pernah tersentuh oleh aparat penegak hukum.

Suatu hari, tim polisi senjata dan taktik khusus (SWAT) berencana menggerebek apartemen tersebut. Rama (Iko Uwais) yang merupakan tim SWAT di bawah kepemimpinan Sersan Jaka (Joe Taslim) ikut berada dalam operasi penggerebekan.

Namun, di setiap lantai terdapat anak-anak buah Tama yang siap menghadang. Bahkan, anak buah Tama juga sangat menguasai teknik bela diri. Mampukah tim kepolisian menangkap Tama dan anak-anak buahnya? Berhasilkan mereka keluar dari markas Tama?

3. Man of Tai Chi [2013]

Man of Tai Chi

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama, Martial Arts
  • Sutradara: Keanu Reeves
  • Pemeran: Keanu Reeves, Tiger Chen, Iko Uwais, Karen Mok, Simon Yam
  • Perusahaan Produksi: China Film Group, Wanda Media, Village Roadshow Pictures Asia, Universal Studios

Man of Tai Chi adalah film yang dibintangi Iko Uwais pertama kali dalam ranah internasional. Film ini disutradarai sekaligus dibintangi oleh aktor tampan Hollywood, Keanu Reeves.

Meskipun penampilan Iko di film ini cuma sebentar, tapi sudah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Iko saat bermain dalam film yang juga dibintangi Keanu Reeves dan Karen Mok. Di Man of Tai Chi, Iko Uwais memerankan tokoh Gilang Sanjaya, yang menjadi lawan Tiger di atas ring.

Cerita film ini berfokus pada seniman tai chi muda bernama Tiger (Tiger Chen) yang berbakat. Donaka Mark (Keanu Reeves) berusaha menghindari kejaran polisi karena ia menjalankan pertarungan klub ilegal di bawah tanah.

Sampai suatu saat Donaka bertemu Tiger dan membujuknya untuk menjadi bintang seni bela diri untuk mendapatkan uang dengan cara mudah. Tiger bergelut dengan perasaannya sendiri untuk mengambil tawaran Donaka.

4. The Raid 2: Berandal [2014]

The Raid 2 Berandal

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Fiction, Crime
  • Sutradara: Gareth Evans
  • Pemeran: Iko Uwais, Julie Estelle, Yayan Ruhian, Arifin Putra
  • Perusahaan Produksi: Merantau Films, XYZ Films, SinemArt

Sekuel dari film The Raid ini kembali mempercayakan peran utamanya pada Iko Uwais. Dalam The Raid 2: Berandal, Iko kembali memerankan tokoh Rama, seorang polisi senjata dan taktik khusus (SWAT) yang direkrut oleh Bunawar (Cok Simbara), kepala polisi yang jujur dan bersih, untuk menyamar menjadi narapidana.

Di penjara, Rama bertemu dengan Uco (Arifin Putra), seorang putra dari pimpinan gangster kelas kakap di Jakarta. Ketika keluar dari penjara, Uco menawarkan pekerjaan di dunia hitam kepada Rama dengan iming-iming kekayaan dan kemewahan.

Sampai suatu ketika Uco berambisi menyaingi kesuksesan ayahnya sebagai pemimpin gangster dan hal ini langsung dimanfaatkan oleh Bejo (Alex Abbad), gangster baru yang sangat ambisius. Bejo menghasut Uco untuk mengkhianati ayahnya dan hal ini membuat tekad awal Rama menjadi polisi yang menyamar kian sulit karena ia semakin terjebak dalam dunia hitam.

5. Star Wars: The Force Awakens [2015]

Star Wars The Force Awakens

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Sutradara: J. J. Abrams
  • PemeranHarrison Ford, Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver
  • Perusahaan Produksi: Lucasfilm Ltd., Bad Robot Productions

Adalah suatu kebanggaan bagi Iko Uwais bisa bermain dalam film box office yang sudah memiliki banyak fans setia, seperti Star Wars. Ya, Iko mendapatkan peran cameo untuk Star Wars: The Force Awakens yang disutradari oleh J.J. Abrams.

Dalam film ini, Iko Uwais juga beradu peran dengan dua aktor laga dari Indonesia, yakni Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman. Peran Iko dalam film ini adalah Razoo Qin-Fee, anggota Kanjiklub, salah satu geng jahat yang sangat terkenal di jagat Star Wars. Meskipun hanya mendapat peran kecil, Iko sangat bangga dengan apresiasi masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti mendukungnya.

6. Headshot [2016]

Headshot

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Sutradara: Kimo Stamboel, Timo Tjahjanto
  • Pemeran: Iko Uwais, Chelsea Islan, Sunny Pang
  • Perusahaan Produksi: Infinite Frameworks Studios, Screenplay Infinite Films

Percaya atau tidak, Headshot menjadi film yang dibintangi Iko Uwais pertama kali yang disutradarai oleh orang Indonesia. Kembali, Iko mendapat peran utama dalam film laga ini.

Sinopsis Headshot bermula pada seorang pemuda yang terbangun setelah koma berbulan-bulan. Pemuda itu dirawat oleh seorang murid kedokteran bernama Ailin (Chelsea Islan). Karena pemuda tersebut kehilangan ingatan, Ailin menamai pemuda itu Ishmael (Iko Uwais). Setelah itu mereka berdua menjadi semakin dekat.

Akan tetapi, kedekatan mereka terusik oleh geng kriminal berbahaya. Sampai pada suatu titik Ailin diculik, Ishmael bertekad menyelamatkan nyawa wanita yang sudah memberinya kehidupan baru tersebut. Seketika Ishmael menjadi “mesin pembunuh” saat harus berurusan dengan geng kriminal yang menculik Ailin.

7. Beyond Skyline [2017]

Beyond Skyline

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Sci-Fi, Action, Adventure
  • Sutradara: Liam O’Donnell
  • Pemeran: Frank Grillo, Bojana Novakovic, Callan Mulvey, Iko Uwais, Pamelyn Chee, Yayan Ruhian
  • Perusahaan Produksi: Hydraulx, North Hollywood Films, Infinite Frameworks Studios, Mothership Pictures

Di tahun 2017, Iko Uwais kembali mendapat kepercayaan bermain dalam film internasional yang juga diputar di Indonesia. Pada film ini, Iko Uwais beradu acting dengan Frank Grillo, aktor yang juga membintangi beberapa judul film The Purge dan Captain America (Winter Soldier dan Civil War).

Beyond Skyline menceritakan usaha Mark (Frank Grillo), seorang detektif yang ingin membebaskan anaknya yang dibawa dalam sebuah kapal perang alien. Sua (Iko Uwais) membantu misi Mark untuk memperoleh kembali anaknya dan menyelamatkan warga lainnya.

Nah itulah daftar film terbaik yang dibintangi oleh Iko Uwais. Jika Anda menyukai film laga, sejumlah film yang dibintangi Iko Uwais ini bisa menjadi referensi untuk tontonan Anda selanjutnya.

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

    1. Ini film barunya bareng Mark Wahlberg ya. Ga sabar buat nonton. 🙂

    2. Jelek filmnya… keren Headshot buatan Indonesia lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *