10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi oleh Wulan Guritno

Ditulis oleh Lady S

Generasi 90-an pasti familiar dengan paras cantik Wulan Guritno. Artis dengan nama asli Sri Wulandari Lorraine Joko Guritno ini merupakan aktris keturunan Jawa dan Inggris yang lahir pada 14 April 1980.

Nama Wulan Guritno sudah banyak wara-wiri di berbagai judul film Indonesia. Ia bahkan sempat masuk nominasi ajang penghargaan film bergengsi seperti Festival Film Indonesia. Kalau kamu salah satu penggemar karya-karyanya, simak beberapa film terbaik yang pernah ia bintangi berikut ini.

1. Gie

film wulan guritno-1_

Film ini diangkat dari catatan nyata perjuangan seorang demonstran bernama, Soe Hok Gie. Ia adalah seorang aktivis dan penulis yang aktif mengkritisi pemerintahan pada era 1960-an.

Gie (Nicholas Saputra) adalah sosok pemuda yang jujur dan berani dalam bersikap. Pria keturunan Tionghoa ini berjuang menyuarakan kegelisahannya terhadap pemerintahan Soekarno.

Akibat tindakannya tersebut, ia sampai mendapat banyak teror yang mengancam nyawanya. Namun pada akhirnya, pemerintahan Soekarno pun bisa tergeser dan berganti ke pemerintahan Soeharto.

Di film ini, Wulan Guritno berperan sebagai Sinta. Meskipun hanya sebagai pemeran pendukung, namun berkat kemampuan aktingnya ini, Wulan Guritno berhasil dinominasikan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2005.

2. Otomatis Romantis

film wulan guritno-2_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Komedi, Romantis
  • Produksi: ISI Production
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Pemain: Tora Sudiro, Marsha Timothy, Tukul Arwana, Wulan Guritno

Mengangkat genre komedi romantis, film Otomatis Romantis ini berkisah tentang seorang editor majalah ternama bernama Nadia (Marsha Timothy).

Keluarganya dianggap kurang beruntung dalam percintaan karena mereka mendapat pasangan yang dianggap kurang ‘good looking’. Padahal wanita-wanita di keluarga Nadia punya wajah dan fisik yang rupawan.

Hal itu membuat Nadia jadi takut menikah. Sampai akhirnya ia bertemu dan jatuh hati pada Bambang (Tora Sudiro). Secara fisik, Bambang punya tampang yang good looking. Hanya saja, Bambang berasal dari keluarga miskin. Bambang bahkan bekerja sebagai tukang fotokopi di kantor Nadia.

Di film ini, Wulan Guritno berperan sebagai kakak Nadia yang bernama Nabila. Sosok Nabila ini menjadi pelengkap cerita yang cukup menarik karena dia berpasangan dengan Dave yang diperankan oleh Tukul Arwana.

3. Demi Dewi

film wulan guritno-3_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Magma Entertainment
  • Sutradara: Charles Gozali
  • Pemain: Wulan Guritno, Winky Wiryawan, Sandy Taroreh, Widyawati

Bisa dibilang, film ini merupakan film terbaik Wulan Guritno selama kiprahnya menjadi aktris. Wulan Guritno didapuk menjadi pemeran utama dalam film berjudul Demi Dewi ini. Ia berperan sebagai Anna.

Film ini sendiri bercerita tentang Anna (Wulan Guritno), seorang ibu tunggal yang memiliki buah hati bernama Dewi. Kehidupan mereka tadinya berjalan normal karena meskipun ibu tunggal, Anna bisa menghidupi anaknya dengan baik. Hingga suatu hari, Dewi diculik oleh seseorang.

Si penculik yang bernama Leo (Winky Wiryawan) meminta tebusan uang. Meskipun awalnya Leo berniat untuk mendapat uang dari hasil penculikan, Leo tetiba luluh ketika ia tahu bahwa Dewi memiliki penyakit.

Sayangnya, saat Leo sudah berniat mengembalikan Dewi, di saat yang sama, Anna sudah bersiap menghancurkan Leo dengan caranya sendiri.

Berperan sebagai Anna, Wulan Guritno tampil memukau di film ini. Ia bahkan berhasil menyabet penghargaan bergengsi di ajang Indonesia Movie Actors Award sebagai Pemeran Utama Wanita Terfavorit.

4. Nagabonar Jadi 2

film wulan guritno-4_
Tahun Rilis 2007
Genre
Sutradara
Pemeran Deddy Mizwar Tora Sudiro Wulan Guritno Michael Muliardo

Kembali beradu peran dengan Tora Sudiro, kali ini Wulan Guritno bermain dalam film sekuel berjudul Nagabonar Jadi 2. Ia berperan sebagai wanita yang disukai Bonaga bernama Monita.

Nagabonar Jadi 2 sendiri adalah film besutan Deddy Mizwar yang menceritakan tentang hubungan seorang ayah bernama Nagabonar (Deddy Mizwar) dan anaknya, Bonaga (Tora Sudiro).

Bonaga yang merupakan seorang pengusaha sukses, memenangkan tender dari perusahaan Jepang yang akan melakukan pembangunan di sebuah lahan perkebunan kelapa sawit. Sialnya, lahan perkebunan kelapa sawit yang diincar perusahaan Jepang itu dimiliki oleh Nagabonar.

Bonaga pun melakukan berbagai upaya agar sang ayah mau menjual lahan perkebunan kelapa sawit tersebut. 

5. Jakarta Vs Everybody

film wulan guritno-5_

Melihat dari track record-nya, Wulan Guritno hampir selalu muncul dengan film baru setiap tahunnya. Bahkan saat pandemi COVID-pun, Wulan Guritno tetap aktif berkarya dan berakting dalam film yang berkualitas, salah satunya berjudul Jakarta vs Everybody. Di film ini, ia berperan sebagai Pinkan.

Film Jakarta vs Everybody menceritakan tentang Dom, pemuda berusia 23 tahun yang merantau ke Jakarta. Ia bercita-cita ingin menjadi seorang aktor ternama. Namun tentunya jalan Dom tidak mudah. Jakarta yang terkenal dengan kehidupan kerasnya memberikan Dom pelajaran berharga tentang hidup.

Tampil memukau di film ini, Wulan Guritno sempat viral dalam potongan-potongan film yang beredar di sosial media. Ini karena adegan panas yang ia lakukan dengan Jefri Nichol. Meskipun begitu, film ini merupakan salah satu film terbaiknya karena totalitas akting yang ia lakukan.

6. Bukan Cinta Biasa

film wulan guritno-6_
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Komedi
  • Produksi: WannaB Pictures
  • Sutradara: Benni Setiawan
  • Pemain: Wulan Guritno, Ferdy Taher, Olivia Jensen Lubis

Film selanjutnya adalah film yang membawa nama Olivia Jensen dikenal publik. Disini, Wulan Guritno berperan sebagai ibu dari Olivia yang bernama Lintang. Film bergenre drama komedi ini mengisahkan hubungan ayah dan anak yang sudah terpisah selama 15 tahun.

Nikita (Olivia Jensen) selama ini hidup bersama sang ibu, Lintang. Sang ayah yang bernama Tommy (Ferdy Taher) adalah seorang penyanyi vokalis band yang terkenal jauh sebelum Nikita lahir. Tommy tidak pernah mengetahui bahwa ia memiliki seorang anak, hingga suatu hari, Nikita pergi menghampiri Tommy.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram