10 Film Terbaik Winky Wiryawan, Aktor Sekaligus Disc Jockey

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bernama asli Nurayendra Irwindo, Winky Wiryawan awalnya dikenal sebagai seorang DJ. Namun, rupanya pria yang lahir di Bandung, 9 Desember 1973 ini punya bakat akting yang mumpuni. DJ Winky semakin mantap berkarier di dunia akting. Tidak heran jika kita kerap melihatnya wara-wiri di sinetron dan film Indonesia. 

Sebelum menjajal dunia akting, Winky merambah dunia iklan terlebih dahulu. Beberapa brand besar pernah menggunakannya sebagai bintangi iklan, seperti Ponds, Relaxa dan Nescafe.

Dari iklan, barulah Winky mendapat tawaran untuk main film. Bakat akting Winky semakin terasah dengan banyaknya proyek film yang dibintanginya. Nah, kamu bisa menemukan Winky Wiryawan dalam film ini. 

1. The Doll 3 

film winky wiryawan-1_

Winky Wiryawan hadiri kembali dalam film horor. Kali ini dia beradu peran dengan Jessica Mila. Winky berperan sebagai Aryan, tunangan Tara (Jessica Mila).

Hubungan Aryan dengan Tara terganggu sebab muncul sebuah boneka yang ternyata merupakan medium arwah Gian (Zizie Zidane). Setelah kedua orang tua Tara meninggal dalam sebuah kecelakaan, Tara tidak sanggup kehilangan Gian. 

Itulah sebabnya dia mencoba membangkitkan Gian yang tewas bunuh diri karena mengalami trauma mendalam kehilangan orang tua dengan cara tragis. Tara mendatangi seorang dukun yang membuat Gian merasuki sebuah boneka. 

Tara kembali mendapat gairah dalam hidup karena Bobby, boneka yang dirasuki arwah Gian, seolah membuat Gian benar-benar Kembali. Namun, boneka itu bersikap posesif terhadap Tara sehingga ia memusuhi Aryan dan putrinya. Mereka bahkan nyaris kehilangan nyawa karena perbuatan Gian. 

2. Jeritan Malam

film winky wiryawan-2_

Ini adalah kali ke sekian Winky bekerja sama dengan sutradara Rocky Soraya. Dalam film horor ini, Winky tampil sebagai Indra. Dia adalah teman satu kantor Reza (Herjunot Ali). Film ini mengikuti kisah Reza, seorang pemuda yang ingin mandiri dan berkarir cemerlang. Dia menerima tawaran dimutasi ke kantor cabang di Jawa Timur. 

Akan tetapi mess tempat tinggal Reza menyimpan misteri yang mengerikan. Ketidakpercayaan Reza terhadap hal-hal mistis membuatnya menggali lebih dalam tentang keganjilan yang kerap terjadi di mess itu. 

Indra dan Dikin (Fuad Idris) ikutan terseret ke dalam rencana Reza yang ingin mengungkap misteri mess. Awalnya, Reza ingin teman-temannya percaya bahwa hantu itu tidak ada. Namun, apa yang terjadi setelah Reza melakukan ritual gaib itu? 

3. Lorong

film winky wiryawan-33_
  • Tahun Rilis: 2019 
  • Genre: Horror, Thriller 
  • Produksi: MVP Pictures 
  • Pemeran: Winky Wiryawan, Prisia Nasution, Nova Eliza, T Rifnu Wikana
  • Sutradara: Hestu Saputra 

Pasca melahirkan, Mayang (Prisia Nasution) mendapat kabar buruk dari Reza (Winky Wiryawan) bahwa bayi pertama mereka tidak selamat. Akan tetapi, Mayang sangsi sehingga dia memutuskan untuk mencari bayinya ke seluruh rumah sakit tempat dia bersalin. Namun, perilaku Mayang dianggap tidak lazim dan dia diduga mengalami halusinasi. 

Tidak puas dengan pencariannya di rumah sakit, Mayang meminta bantuan polisi untuk menemukan bayinya. Namun, usahanya terhenti sebab dr. Vera (Nova Eliza) yang membantunya bersalin membawa bukti bahwa sang bayi memang telah meninggal saat persalinan. 

Perilaku Mayang tidak bisa lagi dikendalikan. Reza berpikir bahwa Mayang terguncang sehingga dia kerap berhalusinasi tentang roh yang mengganggunya. Benarkah apa yang dilihat Mayang hanya halusinasi seperti yang diduga oleh Reza? Atau memang ada arwah penasaran yang ingin menyampaikan sesuatu kepada Mayang? 

4. Rocker Balik Kampung

film winky wiryawan-3_
  • Tahun Rilis: 2018 
  • Genre: Comedy, Drama 
  • Produksi: MSH Films 
  • Pemeran: Winky Wiryawan, Bisma Karisma, Maryam Supraba, Iang Darmawan
  • Sutradara: Uli Rahman 

Film ini mengikuti kisah Joe Santani (Winky Wiryawan), seorang musisi rock yang kariernya nyaris tamat. Dia sudah kehilangan kreativitasnya dalam bermusik dan kehilangan semangatnya. Suatu hari Ujang (Iang Darmawan) sowan ke rumahnya untuk menyampaikan amanat bahwa Abah Rahman (Shanjaya), tetua di kampungnya meminta Joe untuk pulang. 

Joe pun mengiyakan sembari berharap perjalanan mudik ini akan memberinya inspirasi baru untuk musiknya. Di kampung Sinar Asih, Joe bertemu dengan Andini (Maryam Supraba), teman kecilnya. Joe dan Andini punya banyak memori manis di Kampung Sinar Asih. 

Namun, Joe dihadapkan pada masalah pelik yang berkaitan dengan kampungnya itu. Kampung Sinar Asih mengalami krisis minyak. Selain itu, kondisi Abah Rahman pun tidak baik sehingga dia tidak bisa memimpin kampung. Joe dipanggil untuk menggantikan dirinya dan mengatasi krisis di kampung itu. 

5. Perempuan Punya Cerita 

film winky wiryawan-4_
  • Tahun Rilis: 2007 
  • Genre: Drama 
  • Produksi: Kalyana Shira Film 
  • Pemeran: Fauzi Baadila, Susan Bachtiar, Otto Djauhari, Kirana Larasati 
  • Sutradara: Upi Avianto, Nia Di Nata, Lasja Fauzia 

Film ini mengangkat kisah tentang Girl Power. Ada 4 cerita yang diangkat selama 105 menit penayangannya. Masing-masing kisah mempunyai beragam latar belakang dan gaya penceritaan berbeda tapi semuanya mempunyai kesamaan, yakni tentang permasalahan wanita Indonesia dengan tradisi dan budayanya. 

Cerita pertama, yaitu Cerita Pulau. Lalu, dilanjutkan dengan cerita kedua yang berjudul Cerita Yogyakarta. Selanjutnya Cerita Cibinong dan Cerita Jakarta menutup kisah dalam film ini. Dalam film yang masing-masing disajikan selama 25 menit ini, Winky Wiryawan turut hadir dan mendapat peran minor sebagai Reno. 

6. Dilema

film winky wiryawan-5_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Crime, Drama 
  • Produksi: 87 Films, Wge Pictures 
  • Pemeran: Kenes Andari, Abimana Aryasatya, Wulan Guritno, Reza Rahadian, Roy Marten, Slamet Raharjo, Ario Bayu, Winky Wiryawan, Jajang C Noer, Pevita Pearce, Baim Wong
  • Sutradara: Robert Ronny, Ertanto Robby Soediskam, Adilla Dimitri, Yudi Datau, Rinaldy Puspoyo 

Dilemma adalah sebuah antologi film yang mempunyai 4 kisah di dalamnya. Masing-masing kisah digarap oleh sutradara yang berbeda.

Akan tetapi, premis dalam film ini sama, yakni tentang kota Jakarta dan masyarakatnya yang dipertemukan oleh takdir, kejahatan, cinta dan ambisius serta kebaikan. Cerita tersebut dibalut dengan suasana duka dan bahagia dari masing-masing tokoh. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram