Bacaterus / Film Asia / 10 Film Vietnam Romantis Terbaik yang Wajib Ditonton

10 Film Vietnam Romantis Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film romantis dengan ceritanya yang manis sekaligus membuat menangis, selalu diminati dari masa ke masa. Tidak terkecuali film Vietnam romantis yang akan dibahas berikut ini. Terutama jika kamu ingin mencoba pengalaman lain menonton film dengan bahasa berbeda dari yang bisa didengar sehari-hari.

Ternyata Vietnam memiliki film romantis yang tidak kalah seru dan mengesankan dari film romantis Korea. Penasaran kan? Simak daftar filmnya berikut ini.

1. Three Seasons (1999)

Three Seasons (1999)

Three Seasons merupakan sebuah karya menakjubkan serta eksotis dari seorang Tony Bui. Film ini sebenarnya merupakan film Amerika dengan latar keadaan Vietnam di masa lalu, masa kini dan masa depan pada pembaruan atau reformasi setelah perang. Three Seasons dinilai sebagai film dengan suguhan lintas budaya yang luar biasa.

Dalam film ini, kamu akan bertemu dengan beberapa tokoh serta cerita.  Sisi romantis dalam sebuah film tidak melulu berhubungan dengan cerita asmara para pemainnya. Three Seasons pun demikian. Sisi romantis dari film ini terletak pada emosional setiap karakter yang disuguhkan.

Kamu akan bertemu dengan Kien An yang diminta untuk memilih bunga teratai putih oleh seorang penyair penyendiri yang kehilangan muka serta jari akibat penyakit kusta. Juga cerita tentang Hai, seorang pengemudi Cyclo yang tergila-gila pada seorang pelacur.

Belum lagi cerita dari James Hager yang kembali ke Vietnam setelah 30 tahun untuk mencari anak perempuannya. Cerita dalam Three Seasons semakin lengkap dengan kisah Woody, seorang anak jalanan yang rindu bahkan untuk bertahan hidup. Penasaran?

2. The Lover (1992)

The Lover (1992)

Film Vietnam romantis bernuansa erotis berjudul The Lover dibuat berdasarkan novel semi-otobiografi oleh Marguerite Duras pada 1984. The Lover disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud dan dimainkan secara apik oleh Jane March dan Tony Leung Ka-fai.

Dalam film diceritakan bahwa kedua tokoh utama tersebut berbeda usia cukup jauh. Namun keduanya terlibat perasaan yang mendalam dan terlarang. Kedua tokoh bertemu saat salah satunya berada di sebuah kapal yang tengah menyebrangi Sungai Mekong. Gadis muda yang berusia 15 tahun tersebut memalsukan usianya menjadi 17 tahun. Sementara sang pria berusia 32 tahun.

Hingga akhirnya, sang gadis harus kembali ke Paris dan akan dijodohkan dengan seorang ahli waris Cina guna melunasi hutang. Bagaimana kelanjutan kisah mereka?

3. The Quiet American (2002)

The Quiet American (2002)

Film Vietnam romantis selanjutnya berjudul The Quiet American. Film ini merupakan adaptasi dari salah satu novel terlaris di Vietnam karya Graham Greene. The Quiet American disutradarai oleh Phillip Noyce dan dimainkan oleh Michael Caine, Do, Thi Hai Yen dan Brendan Fraser.

Film ini memiliki latar belakang tahun 1952 di Saigon, Vietnam. Ia bercerita tentang kisah cinta segitiga antara Thomas Fowler, seorang jurnalis Inggris berusia paruh baya dengan Phuong, seorang wanita Vietnam dan Alden Pyle yang merupakan seorang idealis muda Amerika.

Trik dan intrik dari latar belakang para tokoh menambah seru dan dramatis The Quiet American. Penasaran dengan ceritanya? Kamu bisa memasukkan film ini ke dalam daftar tonton segera!

4. The Scent of Green Papaya (1993)

The Scent of Green Papaya (1993)

Film berbahasa Vietnam yang tayang pada 1993 lalu dan diproduksi di Perancis ini disutradarai oleh Tran Anh Hung. Pemain yang terlibat antara lain Tran Nu Yen-Khe, Thi Loc Truong dan Man San Lu. Bukan main-main, The Scent of Green Papaya bahkan memenangkan penghargaan Camera d’Or di ajang Festival Film Cannes pada tahun yang sama.

Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang gadis muda bernama Mui yang bekerja pada sebuah keluarga. Sepuluh tahun kemudian, Mui berpindah kerja menjadi pelayan di rumah seorang pianis yang masih berkerabat dengan keluarga majikannya terdahulu.

Pianis yang sudah bertunangan tersebut, tanpa sadar menaruh ketertarikan pada Mui. Pertunangan mereka pun batal. Bagaimana kelanjutan kisah Mui? Jawabannya ada pada saat kamu menonton The Scent of Green Papaya.

5. Passport to Love (2009)

Passport to Love (2009)

Jika kamu ingin tertawa sekaligus dibuat tersipu malu, film Vietnam romantis dengan bumbu komedi berjudul Passport to Love ini sangat cocok disaksikan. Tayang pada 2009 lalu, Passport to Love disutradarai oleh Victor Vu dan diperankan oleh beberapa aktor serta aktris Vietnam ternama.

Aktor dan aktris yang terlibat yaitu Huy Khanh, Binh Minh, Ngoc Diep, Tang Bao Quyen serta beberapa lainnya. Passport to Love bercerita tentang dua orang teman yang pergi belajar ke Amerika. Di sana, kehidupan cinta mereka penuh trik dan alur yang tidak tertebak. Film ini cukup segar disaksikan dengan pasangan atau teman-teman.

6. The Rebel (2008)

The Rebel (2008)

The Rebel merupakan film action Vietnam dengan bumbu dramatis dan pengorbanan. Sangat pas untuk kamu yang memang menyukai film-film dengan adegan bela diri. Tayang pada 2008 lalu, The Rebel disutradarai oleh Charlie Nguyen dan dimainkan oleh Johnny Nguyen.

Dalam film ini, Johnny Nguyen berperan sebagai seorang kaum terpelajar Perancis yang merupakan agen Vietnam. Dia ditugaskan untuk menemukan serta membunuh seorang pimpinan pemberontak. Namun, di tengah jalan, dia malah berhadapan dengan Vo Thanh Thuy yang merupakan putri dari pemberontak tersebut.

Pengorbanan Thuy dalam melindungi ayahnya, membuat Nguyen berubah pikiran. Dia jadi berbalik membela dan melindungi Thuy dan tidak peduli dengan keselamatan dirinya.

7. The Girl From Yesterday (2017)

The Girl From Yesterday (2017)

Satu lagi film Vietnam romantis dengan bumbu komedi yang patut ditonton, berjudul The Girls From Yesterday. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Nguyen Nhat Anh.

Cerita dalam The Girl From Yesterday sangat ringan. Meski begitu, film ini sangat menghibur dengan jalan cerita dan romansanya yang menggemaskan. Berlatar tempat di sebuah pedesaan dan sekolah menengah, kamu akan jadi saksi dari kisah cinta seorang Thu yang menyukai Viet An. Penasaran bagaimana kelanjutannya? Saksikan sendiri filmnya!

8. Battle of The Brides (2011)

Battle of The Brides (2011)

Bisa membayangkan bagaimana rasanya jika pada hari pernikahan, datang empat pengantin wanita lain yang menuntut kejelasan hubungan dari suami kamu? Konflik menggelikan sekaligus menyedihkan ini bisa disaksikan dalam film Battle of The Brides.

Film Vietnam romantis komedi ini disutradarai oleh Victor Vu. Jalan ceritanya yang segar, membuatnya meledak di pasaran dan menjadi film terlaris di Vietnam sepanjang masa.

Battle of The Brides bercerita tentang seorang playboy bernama Thailand yang menjalin kisah dengan lima orang wanita sekaligus termasuk Linh yang akan dinikahinya. Bagaimana kehebohannya? Kamu bisa menemukan jawabannya sendiri dengan menonton Battle of The Brides.

9. Win My Baby Back (2019)

Win My Baby Back (2019)

Win My Baby Back atau Cua Lai Vo Bau tayang pada 2019 lalu. Film ini bercerita tentang kisah cinta sempurna antara Trong Thoai dan Nha Linh. Namun, kesempurnaan cinta mereka terganggu oleh datangnya mantan kekasih Nha Linh.

Kedatangannya menyebabkan hubungan sempurna antara sepasang kekasih tersebut terganggu. Terutama karena hati Nha Linh yang sepertinya masih berharap. Akankah Nha Linh melanjutkan kisahnya dengan Trong Thoai atau berpaling pada mantannya?

10. Summer in Closed Eyes (2018)

Summer in Closed Eyes (2018)

Summer in Closed Eyes atau Nham Mat Thay Mua He menjadi film Vietnam romantis selanjutnya yang harus kamu saksikan. Film ini tayang pada 2018 lalu dan disutradarai oleh Cao Thuy Nhi. Sementara pemainnya antara lain Phuong Anh Dao dan Takafumi Akutsu.

Summer in Closed Eyes bercerita tentang perjalanan seorang gadis bernama Ha (Summer) ke Kota Higashikawa, Hokkaido, Jepang untuk mencari ayahnya. Ha mencari ayahnya ke sebuah daerah yang masih tertutup salju meski sudah musim panas.

Di sini dia bertemu dengan Akira, seorang lelaki Jepang yang membuat perjalananya lebih berkesan. Seperti apa kelanjutan kisah antara keduanya? Kamu akan terkesan dengan bahasa fotografi dari film ini yang menggunakan film 35mm. Penasaran, kan?

Itu tadi 10 film Vietnam romantis yang bisa diandalkan saat kamu bosan dengan film-film romantis dari dalam negeri atau dataran Eropa. Semua cerita yang ditawarkan punya sisi manis tersendiri. Jadi, sudah siap marathon film lagi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *