Bacaterus / Film Romantis / Takut dengan Vampire? Tonton Dulu 8 Film Vampire Romantis Ini

Takut dengan Vampire? Tonton Dulu 8 Film Vampire Romantis Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film-film Hollywood memang seringkali sangat jauh dari realita tetapi ceritanya tetap diterima dengan baik oleh para penonton. Film tentang hantu adalah salah satunya. Walaupun bukan sesuatu yang dekat dengan realita, genre itu laku di pasaran.

Salah satu mahluk yang kerap muncul dalam film horor adalah vampire. Kehadiran mahluk penghisap darah itu tentu membawa suasana menakutkan untuk para penontonnya. Namun yang akan kita bahas bukanlah film vampire yang menyeramkan, melainkan film vampire romantis. Film tentang vampire nggak melulu soal seram, contohnya adalah 8 film vampire romantis ini!

1. Twilight (2008)

Twilight (2008)

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama, Fantasy, Romance
  • Sutradara: Catherine Hardwicke
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Billy Burke
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Temple Hill Entertainment, Maverick Films

Twilight merupakan film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Stephenie Meyer. Menceritakan tentang Bella Swan, seorang manusia yang jatuh cinta pada seorang vampire bernama Edward Cullen. Hubungan percintaan mereka membuat sebagian bangsa vampire marah dan mengancam keselamatan Bella.

Apa yang akan dilakukan Cullen untuk menyelamatkan kekasihnya? Kisah itulah yang menjadi nilai jual film ini. Film ini menjanjikan cerita yang tentu saja jauh dari realita tetapi terasa sangat nyata. Bukti kalau ceritanya memang solid sehingga para penonton bisa menerima Twilight sebagai karya fiksi yang baik.

Laku secara komersial membuat Twilight menjadi salah satu film vampire romantis paling populer. Oleh karena itu, sekuel filmnya dibuat menjadi lima bagian dengan rilisan pertama tahun 2008 dan rilisan terakhir tahun 2012 yang dikenal dengan Twilight Saga. Semua filmnya masih menunjuk Swan dan Cullen sebagai tokoh sentral namun dengan konflik yang berbeda.

2. Dracula (1979)

Dracula (1979)

  • Tahun Rilis: 1979
  • Genre: Drama, Horror, Romance
  • Sutradara: John Badham
  • Pemeran: Frank Langella, Laurence Olivier, Donald Pleasence
  • Perusahaan Produksi: The Mirisch Corporation, Universal Pictures

Pada tahun 1462 Vlad Dracula meninggalkan istrinya Elisabeta untuk berperang. Ketika dia berperang, musuhnya mengirim surat bahwa Vlad sudah meninggal dalam peperangan. Elisabeta yang merasa depresi memutuskan untuk bunuh diri. Vlad marah mengetahui istrinya mati karena konspirasi dan bertekad menghidupkan istrinya lagi dengan kekuatan kegelapan.

Pada tahun 1897, seorang notaris bernama Jonathan Harker pergi ke London untuk menemui kliennya, Count Dracula. Harker merasa aneh terhadap kliennya, mulai dari asal-usul, pekerjaan, hingga lingkungan. Keanehan bertambah saat Count melihat foto Harker bersama kekasihnya, Mina, yang wajahnya sangat mirip dengan Elisabeta.

3. Let The Right One In (2008)

Let The Right One In (2008)

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Crime, Drama, Fantasy
  • Sutradara: Tomas Alfredson
  • Pemeran: Kåre Hedebrant, Lina Leandersson, Per Ragnar
  • Perusahaan Produksi: EFTI, Sandrew Metronome Distribution Sverige AB, Filmpool Nord

Eli, seorang anak berusia 12 tahun dianggap aneh oleh teman-temannya. Mereka nggak tahu bahwa Eli sebenarnya adalah vampire yang sudah berusia 200 tahun. Dia juga mempunyai sifat seperti vampire yang haus akan darah dan akan terbakar kalau terpapar cahaya matahari secara langsung.

Eli tinggal di sebuah apartemen dan mempunyai tetangga bernama Oskar yang tinggal bersama ibunya. Oskar adalah seorang anak laki-laki yang sering menjadi korban perundungan dan baru bisa merasakan menyenangkannya mempunyai teman ketika bersama Eli. Eli mendorong Oskar agar lebih berani ketika dirundung teman-temannya.

Ketika hubungan mereka semakin dekat, kota tempat mereka tinggal digegerkan oleh banyaknya penemuan mayat. Film ini sempat dibuat remake-nya pada tahun 2010 dengan judul Let Me In. Kalau ingin kisah cinta remaja yang nggak biasa, film ini akan jadi pilihan yang tepat.

4. Near Dark (1987)

Near Dark (1987)

  • Tahun Rilis: 1987
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Sutradara: Kathryn Bigelow
  • Pemeran: Adrian Pasdar, Jenny Wright, Lance Henriksen
  • Perusahaan Produksi: F/M, Near Dark Joint Venture

Caleb adalah seorang pemuda dari kota kecil yang hobi bersenang-senang. Di sebuah pub dia bertemu wanita cantik bernama Mae. Setelah dirayu, mereka mulai berciuman dan Mae malah menggigit leher Caleb. Setelah mendapat gigitan, Caleb merasa ada sesuatu yang berubah dalam dirinya.

Caleb kemudian keluar dan merasakan tubuhnya terbakar sebelum diselamatkan oleh Mae yang menariknya ke dalam mobil. Di mobil itu bukan hanya ada Mae, melainkan komplotan vampire. Komplotan itu sering bertindak brutal di jalanan dengan menggigit banyak korban.

Caleb yang dianggap sebagai orang yang ingin menjadi anggota baru dirasa mengancam oleh mereka yang justru ingin menghabisi Caleb, tapi Mae terlanjur jatuh cinta. Bagaimana selanjutnya perjuangan mereka? Film ini menyajikan kisah romantis dengan cara yang unik.

5. Midnight Son (2010)

Midnight Son (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Scott Leberecht
  • Pemeran: Zak Kilberg, Maya Parish, Jo D. Jonz
  • Perusahaan Produksi: Free Lunch Productions

Seorang pemuda di Los Angeles bekerja sebagai penjaga keamanan pada malam hari. Namanya adalah Jacob yang mempunyai penyakit aneh yaitu kulitnya terbakar kalau terkena sinar matahari dan suka menghisap darah hewan. Kehidupannya berubah setelah mengenal seorang bartender bernama Mary.

Jacob menyembunyikan kehidupannya yang aneh dari Mary. Kelakuannya yang menyerupai vampire membuatnya mulai berubah dengan mulai mengkonsumsi darah manusia. Kebutuhannya mulai terpenuhi dengan bantuan Marcus yang sering menjual darah.

Suatu ketika Jacob memukul Marcus karena nggak berhasil memberinya darah. Marcus yang dendam menembak Jacob tapi pelurunya melukai Mary. Jacob nggak mau kehilangan Mary dan mengambil peluru dari tubuhnya dengan sebuah gigitan yang menjadikan Mary vampire. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Simak di waktu luangmu, ya!

6. To Die For (1989)

To Die For (1989)

  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Horror, Romance, Thriller
  • Sutradara: Deran Sarafian
  • Pemeran: Brendan Hughes, Sydney Walsh, Amanda Wyss
  • Perusahaan Produksi: Arrowhead Productions

Seorang agen perumahan real estate di Los Angeles bernama Kate Wooten mendapat seorang klien yang meminta rumah di daerah Hollywood Hills. Anehnya dia ingin rumah yang terisolasi. Pria itu adalah Vlad Tepes. Kate berhasil mendapatkan rumah yang Vlad mau, dan Vlad tinggal di sana dengan Celia Kett, teman Kate yang dijadikan asisten rumah tangga.

Di sisi yang lain, seorang pria muncul di kehidupan Vlad dan Kate. Pria itu adalah Tom yang kekasihnya pernah direbut Vlad 100 tahun yang lalu. Vlad dan Kate mulai menyukai satu sama lain. Sayangnya, Celia merasa cemburu. Bagaimana kisah percintaan selanjutnya antara Vlad dan Kate? Kamu bisa mengetahuinya dengan menonton film vampire romantis ini.

7. The Hunger (1983)

Dark Shadows (2012)

  • Tahun Rilis: 1983
  • Genre: Drama, Horror
  • Sutradara: Tony Scott
  • Pemeran: Catherine Deneuve, David Bowie, Susan Sarandon
  • Perusahaan Produksi: Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Peerford Ltd.

Miriam Blaylock adalah seorang vampire yang pernah menghisap darah di Mesir untuk mendapatkan keabadian. Dia mempunyai rekan seorang pemain cello bernama John yang ditemuinya pada abad ke-18 di Prancis. Lalu 200 tahun kemudian, John mulai menderita insomnia dan merasakan dirinya menua dengan cepat.

Dia merasa janji Miriam palsu, bahwa dia bukannya akan abadi sebagai pemuda melainkan abadi tubuhnya. Merasa John sudah nggak cocok dengannya, Miriam kemudian menjadikan Sarah vampire seperti dia. Masalahnya, Sarah merasa kehidupan vampire nggak sesuai dengan keinginannya dan membuatnya menghadapi konflik besar dengan Miriam.

8. Dark Shadows (2012)

Dark Shadows (2012)

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Fantasy, Horror
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, Eva Green
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Village Roadshow Pictures,

Pada tahun 1752, sepasang suami isri, Joshua dan Naomi Collins bersama anaknya Barnabas pindah dari Liverpool ke Amerika. Di tempat barunya mereka membuat rumah megah yang diberi nama Collinwood Manor.

Seorang asisten di rumah barunya yang bernama Angellique Bouchard menyukai Barnabas, sayang cintanya bertepuk sebelah tangan. Angellique yang ternyata seorang penyihir mengutuk setiap wanita yang dekat dengan Barnabas akan mati dan mengutuk Barnabas menjadi vampire yang dikubur hidup-hidup setelah dia menghasut warga.

Setelah 200 tahun dikubur hidup-hidup, Barnabas bisa bebas dari petinya karena secara nggak sengaja ditemukan oleh para pekerja bangunan. Dia menghabisi semua pekerja bangunan dan mencari kediaman Collinwood.

Dia menemukan orang tuanya sudah meninggal dengan cara yang nggak wajar, kemudian dia mempelajari ilmu hitam untuk menemukan pelakunya. Di tengah usahanya, Barnabas jatuh cinta pada seorang wanita bernama Josette. Angellique yang masih hidup merasa nggak terima dan berniat mengacaukan hubungan antara Barnabas dan Josette.

Serunya menonton film fiksi adalah cerita yang disajikannya sangat beragam. Termasuk dengan adanya elemen cerita yang dengan sengaja ditabrakkan. Seperti film vampire yang biasanya mengandung elemen horor dibumbui dengan elemen romantis. Lalu terciptalah film vampire romantis seperti beberapa film yang diulas di atas.

Kalau kamu terlalu takut menonton film horror tapi ingin cerita yang nggak biasa, film vampire romantis bisa jadi pilihan yang tepat. Ada film yang bikin kamu penasaran? Atau mungkin, kamu punya informasi tambahan seputar film vampire romantis? Kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *