Bacaterus / Film Mandarin / 9 Film Vampire China yang Legendaris dan Tidak Membosankan

9 Film Vampire China yang Legendaris dan Tidak Membosankan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika Anda adalah pecinta film yang lahir di era ’90-an, kemungkinan besar Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai film vampire asal China. Pasalnya, saat itu, film dengan genre horror dan komedi ini sangat sukses dan digemari banyak orang.

Tak heran jika beberapa film dengan gaya tersebut selalu hadir menghiasi layar kaca. Bahkan, ada pula film yang dikembangkan menjadi beberapa seri sehingga pemirsa bisa menontonnya lebih sering.

Umumnya, film horror asal China selalu menampilkan satu sosok hantu, yaitu vampire. Ia adalah hantu berbentuk jasad yang kembali bangkit dari kubur untuk mencari mangsa ataupun ingin membalas dendam.

Beragam cara menangkal vampire dihadirkan dalam film-film tersebut, mulai dari tingkah konyol seperti menahan nafas, hingga memberikan kalung yang berisi bawang putih, maupun menggunakan selembar kertas kuning berisi mantra.

Meskipun begitu, film vampire juga sering kali memiliki unsur komedi sehingga cocok untuk ditonton bersama keluarga dan anak-anak. Dan, berikut adalah deretan film vampire terbaik yang dapat mengajak Anda kembali bernostalgia versi Bacaterus.

1. Mr. Vampire (1985)

Siapa yang tidak tahu film Mandarin bertemakan horor dengan selipan komedi yang sangat terkenal satu ini? Karena popularitasnya, film “Mr. Vampire” ini sampai terbagi menjadi beberapa serial, yaitu hingga empat seri. Film yang dibintangi oleh Lam Ching Ying ini hadir dengan kisahnya yang beragam.

Berawal dari kekacauan yang terjadi di suatu pemakaman kuno pada sebuah desa, Master Ko yang diperankan Lam Ching Ying mendapat perintah untuk datang ke tempat tersebut. Soalnya, para jenazah di pemakaman tersebut ‘berulah’ dengan bangkit dari kuburnya.

Master Ko, sang ahli vampire itu, lantas mencari cara untuk memindahkan para jenazah sekaligus mengusir para vampire yang mengganggu kenyamanan penduduk.

Namun, Master Ko tidak sendirian. Dalam petualangannya, ia ditemani dua muridnya yang ceroboh dan kerap kali bertingkah konyol. Bukannya membantu Master Ko, mereka justru mendapat banyak kesulitan dan masalah baru ketika menjalankan tugasnya.

Ada pula seri lain dari film ini yang menggambar kisah tentang seorang arkeolog yang menemukan beberapa jenazah. Namun, karena sosok arkeolog itu juga bertingkah ceroboh, semuanya kembali berantakan. Bagaimana tidak, arkeolog itu rupanya mencabut mantra yang sudah ditempelkan di kepala jenazah sehingga jenazah tersebut bergentayangan menjadi vampire.

2. The Ultimate Vampire (1991)

Meskipun film bertajuk “The Ultimate Vampire” ini dirilis beberapa tahun setelah film “Mr. Vampire”, rupanya film ini adalah sequel a.k.a lanjutan dari film “Mr. Vampire” itu sendiri.

Sukses dirilis pada tahun 1991, film tersebut mengangkat kisah seorang ahli spiritual dan bela diri yang diperankan oleh (masih) aktor legendaris film vampire China, Lam Ching Ying. Ia kembali hadir bersama dengan para muridnya dan berusaha bersama-sama untuk menyelamatkan sebuah desa dari serangan vampire.

3. Mad Mad Ghost (1992)

Tak jauh berbeda dari film sebelumnya, “Mad Mad Ghost” juga hadir membawa genre horror dengan nuansa komedi yang membuat film ini banyak digemari. Film ini juga dibintangi oleh aktor yang sama, yaitu Lam Ching Ying. Yang berbeda, film kali ini jauh lebih banyak berisikan komedi dibandingkan “Mr. Vampire”.

Keseluruhan film “Mad Mad Ghost” bercerita tentang seorang guru yang merupakan ahli spiritual dan bela diri. Guru itu kemudian memberikan pengetahuan kepada beberapa muridnya tentang bagaimana cara melawan serangan vampire. Namun, lucunya, para murid justru bertingkah konyol ketika harus dihadapkan dengan para vampire, sehingga tak jarang mengocok perut para penonton.

4. Happy Ghost (1984)

Tak kalah seru dari film vampir yang lain, film dengan judul “Happy Ghost” ini juga sukses memikat hati pecinta film Mandarin bergenre horror. Pasalnya, film ini sampai dikembangkan hingga menjadi lima seri film.

Saking disukainya, tak jarang serial film ini dapat ditemui pada layar kaca ketika musim liburan. Meskipun film tersebut tergolong lawas karena dirilis sejak tahun 1984, ceritanya tetap melekat hingga kini.

Berawal dari kisah tentang petualangan tiga orang gadis yang pergi berkemah dan memutuskan untuk berteduh di sebuah kuil angker. Beragam kejadian pun muncul. Hal itu dimulai saat salah satu dari ketiga gadis itu dengan lancang mengambil sebuah tali yang rupanya memiliki kekuatan gaib.

Tak disangka, tali misterius itu adalah tali milik seorang pemuda bernama Bonnie yang mati karena bunuh diri. Sejak saat itu, Bonnie yang dikenal sangat genit pun bangkit dari kuburnya. Arwah Bonnie terus bergentayangan dan mengelilingi kehidupan tiga gadis tersebut. Namun, bukan menjadi hantu yang menyeramkan, Bonnie justru bersahabat dengan mereka.

5. Musical Vampire (1992)

Masih dengan Lam Ching Ying yang terkenal melalui aktingnya di berbagai film horror Mandarin, aktor tersebut kembali membintangi film berjudul “Musical Vampire” yang dirilis pada tahun 1992. Film yang disutradarai oleh Wilson Tong ini menceritakan kisah tentang seorang ilmuwan yang memiliki ide gila yaitu membangkitkan para vampire.

Namun, yang membedakan film ini dengan film-film vampire lainnya adalah, para vampire bisa bangun dari kematian dan dapat dikendalikan jika diperdengarkan suara musik. Untuk menghentikan segala kekacauan tersebut, datang seorang pendeta sakti yang berusaha untuk memusnahkan vampire jahat dengan beragam jurus yang dimilikinya.

6. Crazy Safari (1991)

Disutradarai oleh Billy Chan, film yang satu ini sudah tidak asing bagi Anda yang termasuk dalam pecinta film “Gods Must Be Crazy”. Pasalnya, film berjudul “Crazy Safari” ini memiliki jalan cerita yang hampir serupa, dan tetap dengan unsur komedi di dalamnya.

Film ini berkisah tentang seorang penyihir yang mencuri jasad seorang vampire kuno asal China, yang rupanya adalah sosok nenek moyang yang diyakini oleh beberapa orang. Dan, sejak saat, itu petualangan bergenre horor ini pun dimulai.

7. Magic Cops (1990)

Tak kalah terkenal, film berjudul “Magic Cops ini” juga hadir dengan cerita vampire. Meskipun film tersebut kerap kali disebut sebagai film yang menggunakan nama lain, yaitu film legendaris “Mr. Vampire 5” yang telah lama dirilis pada tahun 1990.

Film bergenre horror ini memiliki jalan cerita yang cukup unik. Kisahnya berawal dari seorang polisi yang diperintahkan untuk melawan seorang penyihir asal Jepang. Penyihir itu membuat kegaduhan karena kemampuannya dalam mengendalikan mayat hidup atau vampire.

8. The New Mr. Vampire (1987)

Ada pula film bergenre horror lain yang masih bercerita tentang vampire berjudul “The New Mr. Vampire”. Film yang pertama kali dirilis pada tahun 1987 ini disutradarai oleh Billy Chan dan Leung Chung.

Secara keseluruhan, film ini mengangkat kisah tentang seorang pria bernama Chin. Ia harus berjuang keras untuk menghadapi para vampire jahat. Sayang, untuk mengalahkan vampire-vampire tersebut, Chin hanya memiliki satu cara yaitu dengan menguburnya.

9. The Era of Vampires (2002)

Jika mayoritas film horror Mandarin yang mengangkat cerita vampire dirilis pada era sebelum ’90-an, film ini dapat dikatakan sebagai film paling baru seputar vampire Mandarin. Pasalnya, film berjudul “The Era of Vampires” ini pertama kali dirilis pada tahun 2002.

Tetap dengan genre yang sama yaitu horror dan komedi, siapa sangka, film yang awalnya memiliki judul “Tsui Hark’s Vampire Hunters” sebelum akhirnya diganti ini, sukses membuat para penonton kembali bernostalgia. Jika Anda ingin mengingatkan keseruan film yang pernah hadir di era 70 hingga 90-an, film ini recommended banget buat Anda tonton.

Memang China paling jago membuat film bertema vampir, semua itu terbukti dengan 9 film yang sudah kami sebutkan di atas. Bahkan, ada beberapa film legendaris yang tetap seru untuk ditonton kapan pun. Apakah Anda pernah menonton salah satu film di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *