Bacaterus / Film Barat / 10 Film dengan Tema Time Loop Terbaik Sepanjang Masa

10 Film dengan Tema Time Loop Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2018

Pernah mendengar istilah “time loop”? Time Loop ini adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan orang atau benda lainnya dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat atau berbarengan.

Terkadang orang yang masuk ke dalam time loop dapat berkali-kali mengalami hal yang sama dalam rentang waktu tersebut secara berulang-ulang. Memang agak sedikit membingungkan dengan teori ini yang keilmiahannya masih harus dibuktikan.

Berbeda dengan time travel (menjelajah waktu), dalam time loop kita tidak bisa kembali ke masa lalu atau juga maju ke masa depan, biasanya hanya berada di waktu sama dari masa ke masa. Tetapi banyak teori lain yang sedikit menyinggung time loop dengan time travel.

Contoh paling mudah ialah “pintu ajaib” milik Doraemon yang bisa membawa dirinya dan Nobita mengakses daerah manapun di bumi ini. Daripada terlalu pusing dengan teori yang “njelimet”, baiknya kita simak sepuluh film pilihan kami yang menampilkan time loop dengan berbagai macam visualisasi dan penggunaannya masing-masing.

10 Film Dengan Tema Time Loop Terbaik

1. Groundhog Day [1993]

groundhog

Seorang reporter cuaca yang hidupnya semrawutan tetapi memiliki ambisi yang tinggi untuk menjadi anchorman, mendapati hidupnya berulang-ulang di hari perayaan Groundhog Day di Pennsylvania.

Awalnya dia mengisi hari-harinya dengan perbuatan buruk seperti mabuk-mabukan dan berusaha untuk bunuh diri, hingga akhirnya dia memutuskan untuk berbuat baik setiap harinya. Film yang sudah menjadi klasik ini dibintangi oleh Bill Murray dan Andie MacDowell dan banyak menuai pujian dari para ahli fisika tentang tampilan teori time loop di dalamnya.

2. Donnie Darko [2001]

donnie darko

Film yang dibintangi Jake Gyllenhaal ini memang sangat membuat bingung ketika menontonnya, bahkan masih tidak mengerti hingga film berakhir. Banyak perdebatan yang terjadi hanya karena membahas makna film ini, apakah bertema psikologi, mimpi atau fiksi ilmiah? Atau hanya berupa imajinasi sang karakter utama saja?

Salah satu penjelasan yang diberikan oleh pihak studio yang memproduksi film ini mencoba mengurai secara ilmiah dengan mengajukan teori Tangent Universe, atau dunia paralel yang terjadi beriringan dengan dunia nyata. Dan kebanyakan adegan yang ditampilkan di film ini adalah dalam dunia paralel tersebut.

3. Jumper [2008]

jumper

Film yang dibintangi oleh Hayden Christensen ini adalah contoh mudah dalam mendefinisikan time loop, dimana seseorang yang memiliki kemampuan teleportasi bisa pindah ke daerah mana saja sesuai keinginan dia.

Untuk menambah kesan action, maka dimunculkan seorang pemburu jumper yang sudah banyak membunuh para ahli teleportasi natural ini dalam masa tugasnya. Film yang mengambil lokasi syuting di 20 negara ini meraih hasil box-office yang cukup baik, tetapi sampai sekarang belum ada rencana untuk membuat film sequel-nya.

4. Triangle [2009]

triangle

Film produksi bersama Inggris dan Australia ini menampilkan kisah sci-fi dengan horror dimana sekelompok orang terjebak dalam cuaca buruk dan pindah ke sebuah kapal besar yang ternyata memiliki misteri time loop di dalamnya.

Jika kita pusing dengan apa yang dipaparkan, itu wajar, karena memang begitulah ceritanya. Dalam sebuah artikel yang mencoba menguak dan menjelaskan makna film ini, mereka terjebak dalam time loop sehingga diri mereka terduplikat menjadi empat rangkap. Itu bisa terjadi karena mereka sudah empat kali masuk ke dalam time loop. Istilah triangle sendiri merujuk kepada Segitiga Bermuda atau Bermuda Triangle.

5. Source Code [2011]

source code

Jake Gyllenhaal kembali berperan sebagai karakter yang berada dalam time loop. Di film ini, visualisasi dan penggunaan time loop disesuaikan dengan definisi aslinya, dimana dia selalu kembali ke dalam sebuah peristiwa yang sama berulang kali untuk menemukan pelaku pemboman dalam sebuah kereta.

Ternyata dirinya adalah salah satu bagian dari program yang dilakukan oleh pemerintah dan militer. Sepanjang film berjalan, pastinya kita akan selalu bertanya-tanya dan menerka siapakah pelaku pemboman dan bagaimana ending film ini?

6. Looper [2012]

looper

Di tahun 2074, para mafia memiliki cara yang unik untuk membunuh korbannya tanpa jejak, yaitu dengan mengirim mereka ke masa lalu dengan menggunakan time loop. Dan di masa lalu, seorang pembunuh bayaran sudah menanti orang-orang kiriman dari masa depan dengan imbalan uang yang tidak sedikit.

Tetapi semua berubah ketika orang yang dikirim adalah dirinya di masa depan. Konsep time loop dalam film ini adalah sebuah pintu yang menghubungkan antara masa depan dan masa lalu. Film dengan bintang Joseph Gordon-Levitt dan Bruce Willis ini patut disimak dengan teliti.

7. Edge of Tomorrow [2014]

edge of tomorrow

Film ini memiliki premise yang sama dengan Source Code, hanya berbeda maksud dan tujuannya. Dibintangi oleh Tom Cruise, karakter yang diperankannya harus selalu kembali ke sebuah peristiwa yang sama hanya untuk mencari cara bagaimana untuk mengalahkan pasukan alien yang menyerang umat manusia.

Setiap kali dia tewas, dia akan kembali ke titik awal sehingga dia memiliki kesempatan berkali-kali lagi untuk berusaha menghindari kegagalan yang sama.

8. Predestination [2014]

predestination

Film ini sedikit banyak memaparkan tentang predestination paradox atau causal loop, dimana peristiwa masa lalu bisa diubah dan mempengaruhi masa depan seseorang. Ethan Hawke berperan sebagai agen yang memburu seorang kriminal hingga menembus ruang dan waktu, sehingga pada akhirnya mengubah jalan hidup dirinya sendiri di masa depan.

Film yang disutradarai oleh Spierig bersaudara ini menuai banyak pujian dari para kritikus film, tetapi sayangnya hanya dirilis terbatas dan tidak dilirik oleh Academy Awards.

9. Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children [2016]

miss peregrine

Film fantasy berorientasi keluarga ini menggambarkan time loop yang bisa dikendalikan. Miss Peregrine memiliki kemampuan untuk mengendalikannya demi melindungi anak-anak asuhnya dari serangan monster yang berusaha menghancurkan dunia mereka dan berkeinginan untuk mengambil ilmu yang dimiliki oleh mereka.

Dunia fantasi yang disuguhkan dan visualisasi ketika pergantian time loop sangat memanjakan mata dan mampu menghibur seluruh anggota keluarga pastinya.

10. Doctor Strange [2016]

doctor strange

Salah satu superhero Marvel ini memiliki kekuatan sihir yang dipelajarinya di Nepal dari kalangan biksu yang memiliki ilmu-ilmu yang kuno. Dia bisa membuka portal yang bisa membawanya ke tiga lokasi berbeda di London, New York dan Hong Kong, dimana di tiga tempat itu terdapat kuil-kuil suci golongan mereka.

Hampir senada dengan “jumper”, tetapi lokasi yang dituju oleh Doctor Strange sangat terbatas. Aksi superhero ini bisa ditunggu lagi kemunculannya dalam film-film Marvel Cinematic Universe berikutnya.

Mungkin muncul pertanyaan, apakah teknologi ini sudah ada? Atau hanya teori kosong belaka? Kalau kita lihat dalam Kitab Suci, terdapat kisah pemindahan singgasana Ratu Balqis oleh seorang ilmuwan di zaman Nabi Sulaiman. Hal ini membuktikan jika teknologi time loop sudah pernah ada di zaman dahulu dan saat ini sedang berusaha dikaji kembali oleh para ilmuwan modern.

Mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi, teknologi ini sudah bisa dinikmati oleh umat manusia kembali. Semoga nantinya semua teknologi bisa dimanfaatkan demi kemaslahatan umat manusia tentunya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar