bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Barat / 10 Film Paling Seru Garapan Sutradara & Produser Tim Burton

10 Film Paling Seru Garapan Sutradara & Produser Tim Burton

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 23 April 2021

Kamu mungkin tidak terlalu mengenal, siapa gerangan Timothy Walter Burton, atau Tim Burton. Dia adalah seorang sutradara, produser, penulis, dan juga seniman yang tersohor.

Tim Burton memulai karirnya sejak tahun 1971 bersama Disney namun kemudian hengkang dan berdiri sendiri atas namanya. Kamu tahu Helena Bonham Carter? Yang main jadi Bellatrix di Harry Potter? Helena adalah istri dari Tim Burton.

Lalu, kamu masih belum merasa kenal dengan Tim Burton? Bagaimana jika Bacaterus sebutkan kalau film sekelas Dumbo, Alice in Wonderland, Charlie and the Chocolate Factory, dan Corpse Bride adalah garapan pria tersebut?

Genre film yang dibuat Tim Burton memang selalu berbau gothic/noir, suram, dan terselip dark jokes. Ingin tahu apa saja film Tim Burton yang terbaik? Bacaterus telah merangkumnya di sini.

1. Miss Peregrine's Home for Peculiar Children

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Fiksi fantasi, Supernatural, Paranormal, Misteri, Horor
  • Produksi: Chernin Entertainment, Tim Burton Productions, TSG Entertainment, Scope Pictures, St. Petersburg Clearwater Film Commission
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Asa Butterfield, Eva Green, Ella Purnell, Allison Janney, Judi Dench, Samuel L. Jackson, Nicholas Cage

Karya terbaru Tim Burton sebagai sutradara adalah Miss Peregrine's Home for Peculiar Children. Film ini diangkat dari novel dengan judul sama karya Ransom Riggs. Cerita ini berkutat pada kumpulan anak-anak yang istimewa.

Jake (Asa Butterfield) adalah seorang remaja yang memiliki, sebut saja sedikit masalah. Setelah kematian kakeknya, Jake hanya tinggal dengan ayahnya. Merasa khawatir dengan anaknya, sang ayah mengikuti saran psikiater, yaitu membawa Jake berlibur ke tempat terpencil yang terbebas dari hiruk pikuk perkotaan.

Ketika berjalan-jalan, Jake melihat gua di bibir pantai. Ternyata, itu merupakan gua ajaib yang menghubungkan dunianya dengan dimensi lain. Di balik gua tersebut, Jake menemukan kastil yang sangat megah. Di sana ada Ms. Peregrin (Eva Green) dan anak-anak sebaya Jake. Tapi, mereka tidak biasa. Tidak normal. Well, kamu bisa mengatakan mereka istimewa.

Setiap anak di kastil itu memiliki kekuatan super layaknya mutan. Ada seorang anak yang selalu menggunakan sepatu besi pemberat, karena tubuhnya seringan balon helium yang akan terbang ke langit jika tidak ditahan. Ada anak perempuan yang sangat imut dan tampak biasa saja, akan tetapi ternyata memiliki mulut monster di bagian belakang kepalanya.

Belum selesai, ada anak remaja yang tangannya bisa mengeluarkan api, sehingga diharuskan untuk selalu menggunakan sarung tangan khusus. Lalu, ada seorang anak yang transparan, sehingga dia harus selalu menggunakan kemeja dan coat agar tubuhnya bisa kelihatan. Masih ada banyak anak-anak aneh lainnya di kastil tersebut.

Semua anak-anak itu tidak terekspos oleh dunia luar karena dijaga oleh Ms. Peregrin. Akan tetapi, tetap ada monster-monster yang mengincar para anak ajaib di kastil itu. Monster-monster itu adalah manusia yang ingin hidup abadi.

Namun, setiap kali kastil akan dibom oleh tentara nazi, Ms. Peregrin memutar waktu untuk kembali ke tiga hari sebelum pemboman, sehingga tiga hari itu selalu berputar untuk selamanya.

2. Dumbo

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Film anak, Petualangan, Fantasi
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Tim Burton Productions, Infinite Detective Productions, Secret Machine Entertainment
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Colin Farrell, Michael Keaton, Danny DeVito, Eva Green, Alan Arkin

Review & Sinopsis Dumbo

Film selanjutnya adalah Dumbo. Disney sudah menggarap ulang film-film lama mereka menjadi film live act, salah satunya adalah film gajah lucu si Dumbo ini. Dengan catatan, film ini tidak 100% sama seperti film animasinya yang rilis 1941 silam, ya. Untuk sinopsis dan review film Dumbo bisa kamu baca lewat link di atas.

3. Alice in Wonderland

  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Fantasi, Sastra
  • Produksi: Roth Films, The Zanuck Company, Team Todd
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Anne Hathaway, Stephen Fry, Crispin Glover, Michael Sheen, Alan Rickman, Martin Csokas
  • Film yang Berhubungan: Alice in Wonderland: Through the Looking Glass (2016)

Kamu mungkin tahu inti cerita Alice in Wonderland, yaitu seorang gadis yang bermimpi masuk ke dunia aneh. Film Disney ini diangkat menjadi film live act juga, dan tentu saja sutradaranya Tim Burton.

Menceritakan tentang Alice Kingsleigh (Mia Wasikowska) yang menghadiri pesta kebun di perkebunan Lord Ascot. Di sana, tiba-tiba ia mendapatkan lamaran pernikahan (yang tidak ia inginkan) dari Hamish Ascot (Leo Bill).

Karena tidak ingin menikahi pria itu, namun tuntutan keluarga berkata lain, Alice pun memilih kabur dan mengejar kelinci berompi biru yang kebetulan ia lihat. Karena terlalu fokus, Alice terjerembab masuk ke lubang kelinci. Lubang itu membawa Alice ke Wonderland. Makhluk pertama yang Alice temukan adalah White Rabbit yang tadi ia kejar-kejar.

Alice bertemu makhluk-makhluk lainnya juga seperti Dormouse, Dodo, Tall Flowers, juga Tweedledum dan Tweedledee (dan makhluk lainnya seiring film berjalan). Mereka berpikir kalau Alice adalah "Alice yang benar" alias seseorang yang diramalkan bisa mengakhiri kekejaman Red Queen (Helena Bonham Carter) dan mengembalikan kekuasaan White Queen (Anne Hathaway).

Selama peperangan itu, Alice juga diingatkan kalau ia pernah datang ke Wonderland 13 tahun yang lalu. Perang dimenangkan, Alice pun pulang ke dunianya dengan berjanji untuk berkunjung ke Wonderland suatu hari nanti.

Alice juga menolak lamaran Hamish Ascot karena ia ingin berdiri untuk keluarganya sendiri. Lord Ascot terkesan akan kegigihan Alice dan mengajaknya untuk belajar sebagai muridnya.

4. Charlie and the Chocolate Factory

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Dongeng, Anak, Humor, Fiksi fantasi
  • Produksi: The Zanuck Company, Plan B Entertainment, Village Roadshow Pictures, Theobald Film Productions
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Johnny Depp, Freddie Highmore, David Kelly, Helena Bonham Carter, Noah Taylor, Missi Pyle, James Fox, Deep Roy, Christopher Lee

Kayaknya semua orang pernah menonton Charlie and the Chocolate Factory sewaktu kanak-kanak dulu, iya, kan? Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Roald Dahl.

Menceritakan Charlie Bucket (Freddie Highmore), seorang bocah miskin yang tinggal di rumah reyot berisi empat kakek-nenek renta dan ayah ibunya. Pada saat itu sedang ada semacam parade, festival, atau lebih tepatnya disebut perlombaan?

Pabrik coklat paling terkenal, ajaib, dan misterius di dunia yang bernama Wonka's Chocolate Factory menyebarkan lima tiket emas yang tersembunyi di cokelatnya. Bagi pemilik tiket emas itu berkenan mengunjungi pabrik coklat tersebut. Charlie merupakan satu dari lima anak yang berhasil menemukan tiket emas tersebut.

Sebelumnya, Willy Wonka (Johnny Depp) selaku pemilik perusahaan menutup pabriknya karena ada mata-mata yang ingin menghancurkan bisnisnya. Makanya ketika pabrik itu beroperasi lagi dan mengadakan hadiah jalan-jalan untuk pemilik tiket emas, tentunya menjadi rebutan semua orang.

Hal yang tidak diketahui para pemenang tiket emas adalah, mereka masuk ke dalam kontes juga. Satu orang terakhir yang bertahan akan mendapatkan hadiah spesial dari Willy Wonka. Kontestan selain Charlie yang miskin adalah Augustus Gloop yang rakus, Veruca Salt anak orang kaya yang manja, Violet Beauregarde yang arogan, dan Mike Teavee yang pemarah.

5. Batman Returns

  • Tahun rilis: 1992
  • Genre: Laga, Petualangan, Fantasi, Pahlawan super, Fiksi kriminal
  • Produksi: Warner Bros.
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Michael Keaton, Danny DeVito, Michelle Pfeiffer, Christopher Walken, Michael Gough, Pat Hingle, Michael Murphy
  • Film yang Berhubungan: Batman (1989)

Apakah kamu penggemar Batman? Baik film Batman yang pertama maupun sekuelnya ini sama-sama disutradarai oleh Tim Burton, loh. Batman Returns adalah kelanjutan dari film Batman yang rilis pada tahun 1989.

Berkat film Batman Returns ini, Tim Burton dipuji-puji oleh kritikus, karena ternyata ni adalah film Batman terbaik yang pernah dirilis. Di film ini kamu akan melihat Oswald Chesterfield Cobblepot dan Cat Woman juga.

6. Dark Shadows

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Horor, Komedi, Cerita seru, Drama, Fantasi, Misteri
  • Produksi: Village Roadshow Pictures, Infinitum Nihil, GK Films, The Zanuck Company
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, Helena Bonham Carter, Eva Green, Jackie Earle Haley, Jonny Lee Miller, Chloë Grace Moretz, Bella Heathcote

Berdasarkan Dark Shadows karya Dan Curtis, film ini menceritakan tentang seseorang yang dikutuk menjadi vampir. Ceritanya begini, Barnabas Collins (Johnny Depp) adalah seorang manusia biasa yang memiliki watak playboy.

Mungkin daya tarik itulah yang membuat pembantunya, Angelique Bouchard (Eva Green) jatuh hati. Saat menyatakan perasaannya, Angelique ditolak mentah-mentah oleh Barnabas.

Namanya juga playboy, Barnabas memiliki banyak teman perempuan. Ia pun tidak segan untuk membawa dan bermesaan dengan wanita yang disukainya di hadapan Angelique. Hal itu membuat sang pembantu cemburu buta dan membuat wanita yang dicintai Barnabas mati dengan cara terjun dari jurang. Barnabas sangat sedih hingga ikut bunuh diri.

Tapi, entah kenapa Barnabas masih tetap 'hidup', walaupun ia mengalami perubahan bentuk tubuhnya, seperti menjadi seorang vampir. Itu semua berkat kutukan Angelique. Sang pembantu merasa pembalasan dendamnya belum selesai. Ia pun menghasut para warga untuk mengubur Barnabas hidup-hidup di dalam peti mati nan jauh di hutan. Waktu dipercepat hingga 200 tahun kemudian.

Barnabas kembali ke kediaman Collins yang tentunya telah mengalami pergantian generasi. Ia bertemu dengan cucunya, Elizabeth Collins (Michelle Pfeiffer) dan mereka berdua membuat perjanjian untuk tidak membocorkan identitas Barnabas. Pria vampir itu pun kembali menjalankan bisnis keluarga tapi hanya beraktivitas pada malam hari saja.

Konflik muncul ketika kediaman Collins kedatangan tamu yang ternyata merupakan reinkarnasi Angelique. Tentu Angelique yang sekarang pun tetap jatuh cinta pada Barnabas, namun kali ini Barnabas membalas cintanya dan mereka saling berhubungan.

Akan tetapi, di kediaman tersebut ada Victoria (Bella Heathcote) yang ternyata merupakan titisan kekasih Barnabas yang bunuh diri itu.

7. 9

  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Animasi, Laga, Fiksi ilmiah, Petualangan, Fantasi, Drama, Paska apokaliptik, Misteri
  • Produksi: Relativity Media, Lux Animation, Twins Financing
  • Sutradara: Shane Acker
  • Pemeran: Elijah Wood, John C. Reilly, Jennifer Connelly, Christopher Plummer, Crispin Glover, Martin Landau, Fred Tatasciore

Judulnya sangat singkat, ya, 9. Ini adalah film animasi fantasi & aksi yang tidak disutradarai oleh Tim Burton, tapi ia berlaku sebagai produser di sini. Film berjudul 9 ini bisa dibilang versi panjang dari short movie berjudul sama yang rilis pada tahun 2005. Latar waktunya adalah paska apokaliptik, di mana seluruh manusia di bumi telah punah akibat perang dengan kaum mesin.

Planet bumi porak-poranda, tak ada lagi manusia yang tersisa kecuali seorang ilmuwan. Ia berusaha menyelamatkan umat manusia dengan memindahkan roh manusia ke dalam boneka-boneka kecil yang diberi nama dengan angka. Boneka terakhir yang dibuatnya diberi tanda #9 (baca: Number Nine).

Berbeda dengan boneka-boneka lainnya, #9 diberi kunci oleh sang ilmuwan. Kunci itu berfungsi untuk membangkitkan 'kekuatan yang maha dahsyat', yang bisa membangkitkan kembali manusia-manusia di bumi dan mengalahkan mesin untuk selama-lamanya.

8. Corpse Bride

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Animasi, Roman, Musikal, Drama, Fantasi
  • Produksi: Burton Projects, Laika, Patalex II Productions
  • Sutradara: Tim Burton, Mike Johnson
  • Pemeran: Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Emily Watson, Tracey Ullman, Paul Whitehouse, Joanna Lumley, Albert Finney

Film animasi ini tidak terlihat unyu-unyu, melainkan ada aura mistisnya, benar-benar gaya Tim Burton. Corpse Bride berlatar di sebuah desa (fiktif) di Britania Raya pada era Victoria. Cerita bermula ketika Victor Van Dort, putra pedagang ikan, dan Victoria Everglot, putri bangsawan yang jatuh miskin & terabaikan, sedang mempersiapkan perjodohan mereka.

Pernikahan ini tentu akan menaikkan kelas sosial orang tua Victor dan diprediksi bisa memulihkan kekayaan keluarga Victoria. Meskipun mereka berdua langsung jatuh cinta, Victor yang awkward dan sering gugup merusak 'latihan' sumpah pernikahan mereka. Victor pun melarikan diri ke hutan. Lalu, ia mempraktikkan sumpahnya dengan sangat lancar ke ranting pohon.

Sangat totalitas, Victor juga memasukkan cincin ke ranting tersebut seolah-olah itu adalah tangan calon istrinya. Namun, tiba-tiba saja ada suara yang membalas lamaran Victor, berkata "I do". Suasana pun semakin mencekam dan ranting pohon itu berubah menjadi tangan yang ternyata milik Emily, seorang wanita yang telah meninggal dan bangkit dari kuburnya.

Karena merasa sudah menjadi istri Victor, Emily membawa pria tersebut ke Tanah Orang Mati. Ingin kembali ke Victoria, calon istrinya yang sesungguhnya, Victor pun menipu Emily untuk mengembalikan mereka ke Tanah Kehidupan dengan dalih ingin Emily untuk bertemu orang tuanya. Victor meminta Emily menunggu di hutan selagi ia menjemput 'orang tua'nya.

Padahal, Victor lari ke Victoria dan menjelaskan semuanya. Emily pun mengetahui hal itu dan menyeret kembali Victor ke alam baka dalam keadaan marah dan kecewa. Victoria mengatakan semuanya pada orang tuanya, namun tidak ada yang mempercayai cerita Victoria. Mereka menganggap Victor telah meninggalkan Victoria demi gadis lain.

Tiba-tiba saja ada seorang pria datang mengaku kaya raya dan ingin mempersunting Victoria. Namanya adalah Lord Barkis Bittern. Berdamai dengan Emily, Victor pun mendengar kabar pernikahan Victoria dengan Barkis dari kusir keluarganya yang baru saja meninggal.

Kesal dengan berita ini, Victor memutuskan untuk menikahi Emily secara sungguhan. Hal ini mengharuskan dia mengulangi sumpah pernikahannya di dunia orang hidup dan meminum racun mematikan untuk bergabung dengan Emily dalam kematian.

Orang-orang mati pun bersiap untuk upacara dan menuju 'ke atas' alias ke dunia manusia. Orang-orang yang masih hidup kaget ketika melihat mayat-mayat bangkit dari kubur. Lord Barkis panik dengan keadaan tersebut. Ia kemudian mempercepat pernikahannya dengan Victoria karena ia hanya ingin kekayaan, soalnya sebenarnya Barkis tidak memiliki apa-apa.

9. Planet of the Apes

  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: Laga, Fiksi ilmiah, Petualangan, Cerita seru
  • Produksi: The Zanuck Company
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran: Mark Wahlberg, Tim Roth, Helena Bonham Carter, Michael Clarke Duncan, Paul Giamatti, Estella Warren

Kamu pasti tahu film di mana kera bisa berbicara dan berperilaku seperti manusia. Ya, Planet of the Apes adalah film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Tim Burton. Ini adalah film ke-6 dari series film Planet of the Apes.

Ceritanya, seorang astronot bernama Leo Davidson mengalami kecelakaan. Ia pun melakukan pendaratan di sebuah planet yang berisi para kera cerdas. Tapi, di sini kera memperlakukan manusia sebagai budak.

10. The Nightmare Before Christmas

  • Tahun rilis: 1993
  • Genre: Animasi, Film anak-anak, Film musikal, Film fantasi
  • Produksi: Skellington Productions
  • Sutradara: Henry Selick
  • Pemeran: Danny Elfman, Chris Sarandon, Catherine O'Hara, William Hickey, Glen Shadix, Ken Page, Ed Ivory

Dalam film The Nightmare Before Christmas ini, Tim Burton berlaku sebagai produser juga penulis cerita. Ini merupakan film animasi stop motion pertama yang ditayangkan di layar lebar secara internasional, loh.

Film ini juga sekaligus menjadi karya terbaik dari Tim Burton. Saking suksesnya, karakter Jack Skellington dan kawan-kawannya masih beken banget sampai sekarang.

Itulah sepuluh film terbaik yang di-direct, diproduseri, dan ditulis oleh Tim Burton. Seru-seru, ya, ide cerita dan visual filmnya? Mana film Tim Burton yang paling menarik menurut kamu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram