Bacaterus / Film Thriller / 7 Film Thriller Korea Berkualitas yang Wajib Banget Ditonton

7 Film Thriller Korea Berkualitas yang Wajib Banget Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Juli 2019

Menonton film tidak harus melulu dari Amerika. Ada banyak film berkualitas yang dirilis oleh negara-negara lainnya, salah satunya film-film dari Korea Selatan. Selain terkenal dengan produk perawatan kecantikannya, juga sudah bukan rahasia umum lagi kalau Korea saat ini juga merupakan salah satu negara dengan produk-produk entertainment yang berkualitas.

Jika kamu memang senang menonton film dan thriller, mystery, serta suspense adalah kata kunci favoritmu saat menonton, kali ini kamu harus menyimak baik-baik ulasan Bacaterus.com. Ssstt, jangan remehkan film-film  thriller-nya negeri Ginseng ini, ya, karena ada beberapa film yang bahkan diikutsertakan dalam event bergengsi di tingkat internasional. Hmm, penasaran, kan?

Ada sepuluh rekomendasi film thriller Korea terbaik yang Bacaterus rangkum hanya untuk memuaskan rasa penasaranmu. Let’s check these out!

1. Joint Security Area

Diangkat dari novel berjudul DMZ yang ditulis oleh Park Sang Yeon, film ini mengangkat tema yang cukup hangat: perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Film yang dirilis pada tahun 2000 ini meraih penghargaan sebagai Blue Dragon Film Awards 2000 dan Grand Bell Awards 2001.

“Joint Security Area” menceritakan tentang investigasi insiden terbunuhnya 2 tentara Korea Utara di wilayah perbatasan. Selama investigasi, ada banyak versi cerita dan pengakuan yang mengaburkan fakta sesungguhnya dari insiden yang membuat hubungan antara kedua negara ini memanas.

Pada tahun 2001, “Joint Security Area” menjadi film yang mengantongi keuntungan terbanyak. Selain itu, film ini juga menyabet banyak penghargaan. Selain kedua penghargaan yang telah disebutkan di atas, ada banyak nominasi yang disematkan pada film ini. Hmm, tidak diragukan lagi, “Joint Security Area memang layak untuk menjadi film pilihan yang menemani akhir pekanmu.

2. I Saw the Devil

Korea Selatan tidak hanya piawai dalam membuat kita baper saat menonton dramanya, namun juga sukses membuat kita bergidik ngeri dengan film-film thriller-nya. “I Saw The Devil adalah salah satunya. Digadang-gadang sebagai “film Korea tersadis abad ini”, majalah internasional sekelas Rolling Stone bahkan memuat film ini ke dalam kategori Top 20 of Scariest Movies You’ve Never Seen.

“I Saw The Devil” bercerita tentang seorang pembunuh berantai bernama Jang Kyung-chul yang membunuh Jang Joo-yun secara sadis. Jang Joo-yun adalah tunangan Kim Soo-hyun, seorang agen rahasia nasional (semacam FBI-nya Korea). Kim Soo-hyun berjanji untuk menemukan pembunuh kekasihnya dan membalas dendam.

Film ini cukup brutal, sadis, dan termasuk ke dalam kategori disturbing karena adegan-adegan kekerasannya: pukulan, bacokan, hingga mutilasi. Karena tingkat kekerasannya,film ini tidak disarankan untuk ditonton oleh ibu hamil, anak-anak dan remaja di bawah umur, mereka yang takut melihat mayat ataupun darah, dan juga yang memiliki penyakit jantung.

Meski tergolong film gore, kesadisan “I Saw The Devil” cukup memukau karena ditampilkan dengan artistik dan stylish, dan sukses membuat film ini berbeda dari film yang sekedar menampilkan kekerasan ala film kelas B yang asal bacok dan asal berdarah. Buat kamu yang menginginkan kualitas di dalam sebuah film slasher, “I Saw The Devil” adalah film yang tepat buatmu!

3. The Chaser

“The Chaser” merupakan film thriller Korea lainnya yang patut diperhitungkan. Dirilis pada tahun 2008, “The Chaser” juga menyabet banyak penghargaan. Sebut saja 4th Baeksang Arts Awards, 6th Chunsa Film Art Awards, dan segudang penghargaan lain.

Film ini menceritakan tentang seorang eks polisi yang dipecat dan kemudian beralih haluan karir dengan menjadi germo bernama Joong-ho. Joong-ho mengalami masalah karena satu demi satu PSK yang ia pekerjakan hilang. Joong-ho kemudian mengirim Mi-jin, salah satu PSK-nya, untuk melayani seorang pelanggan yang ia curigai sebagai dalang dari menghilangnya gadis-gadis di tempatnya.

Jika memecahkan misteri merupakan hal yang membuatmu menyenangi sebuah film, maka film ini adalah film yang tepat buatmu. Seperti judulnya, “The Chaser” merupakan “pengejaran” yang seru antara Joong-ho dan sang pelaku. Dapatkah Joong-ho menangkap pelakunya? Apakah Mi-jin ditemukan dalam keadaan selamat? Hmm, simak sendiri, ya, ceritanya.

4. The Handmaiden

“The Handmaiden” adalah salah satu film thriller berkualitas lainnya. Mendapatkan rating IMDb 8.1 dan Rotten Tomatoes 95% serta menyabet Vulcan Award for Technical Contribution pada tahun 2016, The Handmaiden memang sukses mengaduk-ngaduk emosi dan juga menuntun penontonnya pada tutur cerita penuh misteri dengan beberapa bagian dan sudut pandang.

Dibagi ke dalam tiga bagian cerita, “The Handmaiden” menceritakan tentang seorang pelayan yang sebetulnya adalah penipu, Seok-hee, yang melayani seorang nyonya asal Jepang bernama Hideko demi memperebutkan hartanya. Namun, bukannya sukses menipu dan membawa lari harta Hideko, Seok-hee dan Hideko malah saling jatuh cinta.

Film ini bisa dikatakan sebagai film yang cukup tabu (karena menyinggung unsur cinta sesama jenis) dan mengguncang emosi para penontonnya. Film ini tidak disarankan ditonton oleh anak-anak dan remaja di bawah umur karena adegan-adegannya yang vulgar dan kekerasan yang ditampilkannya.

Sebagai film yang terinspirasi dari novel berjudul “Fingersmith”, film ini bagus dan berkualitas. Penuh dengan plot twist, isu yang diangkat deep, gaya penceritaan yang matang, dan sinematografi yang berkualitas, wajar saja jika film ini diundang ke Cannes Film Festival pada tahun 2016. Film ini sangat recommended bagi kamu yang menginginkan perpaduan kualitas dan thriller.

5. Forgotten

Jika “The Handmaiden” di atas menceritakan tentang kisah misteri dan percintaan yang cukup tabu, kali ini “Forgotten” menceritakan tentang kisah misteri yang berlatar belakang keluarga. Namun, jangan harap kisah ini akan se-hangat kisah keluarga ala-ala Keluarga Cemara, ya. Namanya juga thriller, jadi tidak akan heran jika kisah yang diangkat ini cukup gelap, mencekam, atau bahkan plot twist.

Kisah ini menceritakan tentang kakak beradik, Jin-seok, sang adik, dan Yoo-seok, sang kakak. Jin-seok, setelah menyaksikan kakaknya diculik dan kemudian kakaknya kembali setelah 19 hari berlalu seperti tidak terjadi apa-apa, percaya bahwa kakaknya dan keluarganya bukanlah keluarganya. Jin-seok bahkan melarikan diri dari rumahnya dan pergi ke kantor polisi.

Seperti apa kelanjutannya? Silakan simak sendiri, ya, Teman-teman. “Forgotten” cukup memukau para penonton dengan misteri tentang “ingatan yang terlupakan” dan kenyataan apa yang sebenarnya terjadi di balik ingatan tersebut. Disuguhi aktor-aktor tampan (Ha-Neul Kang dan Mu-Yeol Kim) serta sebuah kisah misteri yang menjanjikan, “Forgotten” layak menjadi pilihan untuk menemani akhir pekan kalian.

6. Confession of Murder

Bukan thriller namanya jika filmnya tidak memancing tanda tanya dan jika tidak ada bentuk kriminal atau pun misteri yang disajikan. Nah, begitu pula dengan “Confession of Murder”. Film keluaran 2012 ini bercerita tentang seorang laki-laki tampan bernama Lee Doo-seok yang mengaku bahwa dia seorang pembunuh. Dia bahkan menulis sebuah buku, “I Am the Murderer, dan buku tersebut laku keras.

I Am the Murderer” menceritakan tentang pengakuan pembunuhan 10 wanita dari kisaran tahun 1986 hingga 1990. Kasus ini merupakan kasus yang sudah kadaluarsa karena batas waktunya hanya 15 tahun, dan detektif yang menangani kasus ini, detektif Choi, gagal mengejarnya.

Tentu saja pengakuan pembunuh ini amat mengguncang keluarga korban. Keluarga korban bersekongkol merancang rencana balas dendam, dan Lee malah wara-wiri di layar kaca menikmati ketenaran dan keuntungan dari bukunya yang best seller.

Namun, meski Lee bersikeras mengaku bahwa dialah pelaku pembunuhan berantai, detektif Choi menyangkalnya. Jadi, siapakah pelaku pembunuhan yang sesungguhnya? Hmm, penasaran, kan?

7. Perfect Number

Ingin perpaduan thriller dan romance? “Perfect Number” adalah film yang tepat. Berbeda dengan romance Korea yang kebanyakan menceritakan tentang Oppa atau Ahjussi ganteng beserta calon mertua yang super kaya dan agak menjengkelkan, film ini lebih menceritakan bagaimana seorang yang introvert dan jenius menjadi secret admirer tetangganya sendiri.

“Perfect Number” menceritakan tentang seorang guru Matematika, Kim Seok-go, yang jenius dan diam-diam naksir tetangganya, Baek Hwa-sun. Baek Hwa-sun adalah janda cerai yang bekerja di sebuah kafe tempat Seok-go membeli makan siang setiap harinya. Bagi Seok-go, menyapa Hwa-sun setiap pagi sudah merupakan kebahagiaan tersendiri.

Nasib naas bagi Baek Hwa-sun, meskipun dia sudah bercerai dari suaminya, namun mantan suaminya masih senang datang ke rumah mereka dan memukuli Hwa-sun serta keponakannya. Suatu hari, saat mantan suaminya memukuli Hwa-sun dan keponakannya, Hwa-sun secara tidak sengaja membunuh mantan suaminya!

Seok-go yang sudah dibutakan oleh cinta bukannya melaporkan pembunuhan tersebut pada kepolisian, namun ia justru menutupi alibi Hwa-sun. Nah, di sinilah makna dari judul “Perfect Number”. Seok-go berusaha membuat alibi yang sesempurna mungkin dengan logika matematika.

Perpaduan misteri, cara memecahkan teka-tekinya Seok-go, dan juga romantisme adalah nilai plus dari film yang dirilis pada tahun 2012 ini. Film ini tepat sekali ditonton bersama pasangan sembari bersantai di akhir pekan.

Nah, film thriller mana, nih, yang akan kalian tonton dari rekomendasi di atas? Semoga rekomendasi film thriller dari Bacaterus kali ini memuaskan, ya. Ada saran mengenai film thriller Korea lainnya? Jika ada, silakan bagikan di kolom komentar. Selamat menonton!

Kalau kamu juga menyukai film bergenre horor, baca juga artikel film horor Korea terseram ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar