Bacaterus / Film Kisah Nyata / 8 Film Terbaik yang Ceritanya Menjadi Kenyataan

8 Film Terbaik yang Ceritanya Menjadi Kenyataan

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Suka nonton film? Suka membayangkan film itu menjadi kenyataan? Saya yakin teman-teman di luar sana pernah mengharapkan itu semua terjadi. Bagaimana tidak? Film kerap kali menyuguhkan cerita yang sangat kita impikan, seperti cerita di film Cinderella atau di film The Notebook. Cerita yang memiliki akhir bahagia dan sempurna.

Tapi, apa jadinya kalau film yang menjadi kenyataan itu bukan cuma genre romance atau komedi saja, melainkan film bergenre horor, thriller atau action juga ikut terjadi di kehidupan kita? Apa kalian masih mau mengharapkan semua itu terjadi? Nah, berikut bacaterus.com beberapa film terbaik dan populer yang kisahnya menjadi kenyataan di dunia ini.

8 Film Terbaik yang Ceritanya Menjadi Kenyataan

1. Final Destination

Final Destination

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: James Wong
  • Pemeran: Devon Sawa, Ali Larter, Kerr Smith
  • Perusahaan Produksi: New Line Cinema, Zide-Perry Productions, Hard Eight Pictures

Kalian semua masih ingat sama film horor besutan James Wong yang satu ini? Film mengenai sekelompok pemuda yang berhasil mencurangi dan megacaukan rantai kematian akibat salah satu survivor mendapat semacam ‘penglihatan’.

Cerita bermula saat seorang siswa SMA Mount Abraham bernama Alex yang akan liburan ke Paris bersama seluruh teman sekelasnya. Saat dia masuk ke dalam kabin dan menunggu pesawat take off, Alex mendapatkan firasat kalau pesawat yang ia tumpangi saat itu akan meledak.

Hal ini membuat Alex histeris dan akhirnya keluar dari pesawat bersama dengan beberapa temannya. Tak lama kemudian pesawat Voleé Airlines 180 lepas landas menuju bandara Charles dé Gaulle, Paris. Namun siapa sangka, firasat Alex benar terbukti. Pesawat meledak sesaat setelah terbang dari bandara J.F. Kennedy.

Akibatnya, Alex dan kawan-kawan berhasil melangkahi kematian. Ini membuat malaikat maut murka sehingga beberapa minggu kemudian, para survivor ‘dijemput’ untuk kedua kalinya dengan cara yang menurut saya lebih menyakitkan.

film terbaik Final Destination kenyataan

Hal serupa terjadi pada pasangan suami istri bernama Kurt dan Johanna. Mereka berdua sedang berlibur di Brazil dan memutuskan untuk pergi ke Paris pada tanggal 31 Mei 2009 sebagai destinasi liburan mereka selanjutnya. Mereka menggunakan pesawat Air France dengan nomor penerbangan 447.

Namun sayang, setelah tiba di bandara Tom Jobim – Rio de Janeiro, Johanna dan suami terlambat sehingga tidak bisa ikut penerbangan tersebut. Selang 4 jam kemudian mereka mendapat kabar kalau pesawat yang tadinya akan mereka tumpangi jatuh di samudera Atlantik bersama dengan 228 penumpangnya.

Sontak hal ini membuat Johanna dan Kurt merasa bersyukur karena mereka masih diberi kesempatan hidup. Tapi malaikat maut tidak tinggal diam; 2 hari setelah jatuhnya Air France, Johanna dan Kurt yang akan pulang ke rumah mereka di provinsi Bolzano-Bozen, Italia, mengalami kecelakaan mobil parah dengan truk logging di kawasan Kufstein, Austria.

Kejadian ini merenggut nyawa Johanna, sedangkan suaminya, Kurt, mengalami luka serius sehingga harus dirawat secara intensif.

2. Titanic

Titanic

  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Drama, Romance
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran: Leonardo DiCaprioKate Winslet, Billy Zane
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Paramount Pictures, Lightstorm Entertainment

James Cameron merupakan sutradara handal. Atas kepiawaiannya dalam meramu sebuah cerita untuk suatu film, Titanic menjadi film legendaris sepanjang masa. Berkisah tentang sepasang kekasih bernama Jack & Rose yang menjalin cinta di atas kapal mewah Titanic.

Cerita cinta mereka berubah menjadi cerita perjuangan hidup setelah Titanic mengalami nasib buruk; kapal mewah itu menabrak karang es pada tanggal 14 April 1912, empat hari pasca pelayaran, tepatnya 375 mil di selatan Newfoundland.

Jack Dawson yang sangat mencintai Rose DeWitt Bukater, mati-matian berusaha melindungi wanita yang ia sayang untuk tetap selamat. Kejadian ini membuat 1.514 penumpangnya ikut tenggelam bersama kapal Titanic.

Kisah serupa terjadi pada kejadian karamnya kapal Costa Concordia pada tanggal 13 Januari 2012 di lepas pantai Italia, tepatnya di Isola del Giglio. Adalah Nicole Servel, wanita paruh baya yang mengulang kisah cinta Rose dan Jack, bersama dengan suaminya Francis Servel.

Nicole tidak pernah menyangka acara liburan mereka berubah menjadi cerita miris yang akan ia kenang seumur hidupnya. Nicole dan Francis sedang menikmati makan malam saat kapal Costa Concordia tiba-tiba miring ke kanan setelah membentur baru granit.

Dalam keadaan panik, semua penumpang berebut pelampung dan hanya menyisakan 1 pelampung. Karena begitu besar cintanya kepada Nicole, Francis menyerahkan pelampung terakhir kepada Nicole, supaya istrinya itu tetap selamat. Kejadian ini sangat mirip dengan cerita Titanic; baik cerita Rose & Jack ataupun cerita tenggelamnya Kapal.

Kapal Titanic tenggelam karena kapten kapal yang sembrono mempercepat laju kapal sampai 21knot/km. Padahal saat itu sedang banyak bongkahan es yang mengapung di samudera.

Kapal Costa Concordia juga tenggelam akibat ulah sang kapten yang ingin memperlihatkan anggunnya Costa Concordia kepada semua orang yang ada di pula Giglio, Italia. Akibatnya, kapal menyerempet batu granit karena badan kapal terlalu dekat dengan pantai.

3. Daylight

Daylight

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Sutradara: Rob Cohen
  • Pemeran: Sylvester Stallone, Amy Brenneman, Viggo Mortensen
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Davis Entertainment, Joseph M. Singer Entertainment

Film terbaik besutan Rob Cohen ini bercerita tentang kecelakaan lalu lintas di dalam terowongan bawah sungai Hudson yang menghubungkan kota New Jersey dan Manhattan. Sebuah truk mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan adanya ledakan yang merambat ke seluruh mobil yang ada di dekatnya.

Ledakan menghancurkan dua jalan masuk menuju terowongan sehingga membuat para survivor yang ada di dalam terowongan terjebak tidak bisa menyelamatkan diri. Film yang dibintangi Sylvester Stallone ini masuk ke dalam Box Office pada tahun 1996.

Kejadian kecelakaan di atas terjadi pula di dalam kehidupan nyata. Sebuah terowongan untuk akses jalan bebas hambatan Southern California yang menghubungkan San Francisco dan Los Angeles hancur terbakar setelah di dalamnya terjadi kecelakaan dahsyat antar 15 truk sekaligus dengan mobil lainnya.

Kejadian terjadi pada hari Jumat, 13 Oktober 2007 pukul 11 malam. Salah satu truk mengalami malfungsi sehingga terbalik dan menyulut api yang akhirnya membakar seluruh isi terowongan. Upaya pemadaman dan penyelamatan dilakukan dengan puluhan mobil pemadam dan lebih dari 100 orang petugas.

Dua puluh orang berhasil diselamatkan setelah api yang membumbung setinggi 100 kaki berhasil dipadamkan. Ron Haralson, kepala pemadam kebakaran Los Angeles, mengatakan bahwa pemadaman dilakukan 1 hari penuh akibat material yang terbakar sangat banyak. Seorang pemadam kebakaran juga mengatakan, bahwa ledakan yang terjadi serupa dengan ledakan sebuah bom.

4. The Tower

The Tower

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Drama
  • Sutradara: Ji-hoon Kim
  • Pemeran: Sang-kyung Kim, Kyung-gu Sol, Ye-jin Son
  • Perusahaan Produksi: CJ Entertainment

Kim Ji-Hoon membuktikan bahwa film yang ia buat bisa menyaingi film-film bergenre action thriller produksi Hollywood. Hal ini dibuktikan dengan adanya film ‘The Tower’ yang berhasil menarik minat 4 juta penonton hanya dalam 3 minggu penayangannya. Film ini menjadi film terbaik Korea pada akhir tahun 2012.

The Tower merupakan film fiksi yang menceritakan tentang bencana kebakaran yang melanda sebuah gedung apartemen tertinggi di jantung kota Korea Selatan bernama Tower Sky. Kejadian ini membuat sekitar 30000 orang yang ada di dalamnya terpaksa dievakuasi di tengah dinginnya suhu udara malam di Seoul.

Cerita yang terinspirasi dari film pendahulunya, The Towering Inferno (1974) ini menjadi kenyataan bagi para penghuni apartment mewah di gedung tempat tinggal mereka bernama The Torch. The Torch merupakan gedung apartment tertinggi di kawasan Marina, Dubai, UAE.

Dengan tinggi 361,5 meter, gedung apartment ini juga disebut sebagai gedung apartment tertinggi sekaligus termahal di dunia, mengingat harga apartment termurah di sana menembus angka $500.000 atau sekitar Rp 600.000.000.

Kalangan ekspaktriat yang menjadi korban mengatakan bahwa api sangat cepat merambat dari lantai 50 sampai lantai 79. Hanya dalam waktu sejam, 29 lantai itu hangus terbakar.

Hal ini serupa dengan kejadian di film The Tower. Kebakaran yang terjadi di lantai 64 sampai lantai 70 memakan korban jiwa yang kebanyakan ekspatriat juga. The Tower dan The Torch sama-sama gedung apartment tertinggi di dunia yang sama-sama terbakar hingga mengalami kerugian yang sangat besar.

5. Cinderella

Cinderella

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama, Family, Fantasy
  • Sutradara: Kenneth Branagh
  • Pemeran: Lily JamesCate Blanchett, Richard Madden
  • Perusahaan Produksi: Allison Shearmur Productions, Beagle Pug Films, Genre Films

Siapa yang tak kenal dengan cerita manis ini? Film animasi produksi Disney tahun 1950 yang kini kembali melejit setelah dibuat versi manusia yang diperankan oleh Lily James ini telah menebar pujian dari kritikus film.

Cinderella sendiri merupakan cerita adaptasi dari Italia berjudul ‘Cenerentola’ yang ditulis oleh Giambattista Basile. Cerita mengenai gadis cantik yang mengalami kemalangan hingga akhirnya bertemu pangeran yang merubah hidupnya.

Cerita ini dialami oleh penyanyi berbakat Mariah Carey yang terkenal akan kekuatan vokalnya yang mumpuni. Rentang vokalnya mampu menjangkau nada 5 oktaf (Bahkan rumor mengatakan Mariah Carey bisa menjangkau G#2-G#10 atau 7 oktaf).

Ia sanggup menggunakan teknik whistle register (teknik suara yang terdengar seperti siulan) untuk meraih nada tinggi. Cerita hidup Mariah Carey ternyata tidak semulus karirnya. Mariah Carey merupakan anak broken home. Orang tuanya, Alfred Roy Carey dan Patricia Hickey bercerai saat dirinya berusia 3 tahun.

Kejadian ini membuat Mariah Carey terpukul. Bersama ibunya, Mariah menjalani kehidupannya secara tertekan akibat keadaan ekonominya yang ambruk. Ibunya hanya bekerja seorang diri sebagai pelatih vokal dan penyanyi opera di New York. Keadaan keluarga Mariah yang mempunyai keturunan Afro juga mengakibatkan Mariah mengalami kekerasan rasis dari para tetangganya.

Namun setelah bertemu Tommy Mottola, seorang CEO di Colombia Records, kehidupan Mariah berubah. Motolla yang menyadari adanya faktor ‘X’ dalam diri Mariah menyanggupi untuk mengorbitkan Mariah sebagai penyanyi.

Hingga saat ini, Mariah tetap menjadi penyanyi paling berpengaruh karena kualitas vokalnya. Dia pun sampai di tunjuk oleh American Idol untuk menjadi salah satu juri mereka.

Cerita happy ending yang dialami Mariah sama persis dengan cerita Cinderella yang akihrnya bertemu dengan pangeran yang mengubah takdirnya. Mariah dan Cinderella sama-sama mengalami kehidupan yang sangat sulit sebelum mereka bahagia.

6. Snake On A Plane

Snake On A Plane

  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Action, Adventure, Crime
  • Sutradara: David R. Ellis
  • Pemeran: Samuel L. Jackson, Julianna Margulies, Nathan Phillips
  • Perusahaan Produksi: New Line Cinema, Mutual Film Company, Meradin Zweite Productions

Masih ingatkah kalian dengan film garapan David R. Ellis ini? Film ini bercerita mengenai dilepasnya 400 ular berbisa di atas pesawat Pacific Airlines dengan tujuan Hawaii – California guna membungkam salah satu saksi pembunuhan yang akan bersaksi di pengadilan.

Sang pembunuh tidak pandang bulu, mereka bukan hanya ingin melenyapkan John Saunders, sang saksi mata, melainkan melenyapkan semua penumpang yang berada dalam satu penerbangan dengannya.

Film yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson ini menjadi kenyataan untuk seluruh penumpang di Qantas Airlines. Penerbangan ini berangkat dari Cairns, Queensland ke Port Moresby, Papua Nugini. Saat melintas laut lepas, beberapa penumpang melihat ular piton sepanjang 3 meter meliuk di atas sayap pesawat.

Kontan hal ini membuat seluruh perhatian penumpang tertuju pada sang ular yang diyakini sebagai ular semak yang kerap kali ditemukan di Queensland. Bedanya, ular ini sama sekali tidak membahayakan para penumpang seperti dalam film Snakes on A Plane.

Malah sebaliknya, para penumpang merasa kasihan pada ular piton tersebut karena harus bertahan di udara dingin minim oksigen selama 2 jam penerbangan. Hingga akhirnya, ular tersebut mati karena kedingingan dan kurangnya asupan oksigen.

7. The Purge

The Purge

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: James DeMonaco
  • Pemeran: Ethan Hawke, Lena Headey, Max Burkholder
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Platinum Dunes, Blumhouse Productions

Film terbaik ini menceritakan tentang program penekanan angka kemiskinan di Amerika bernama ‘The Purge’.  Dalam film, pemerintah Amerika melegalkan kejahatan sekali dalam satu tahun guna memberantas orang-orang dari kelas bawah. Proses pemberantasan tersebut terjadi mulai pukul 7 malam hingga pukul 7 pagi keesokan harinya.

Dalam rentang waktu 12 jam atau selama proses ‘The Purge’ berlangsung, polisi, pemadam kebakaran dan ambulans tidak ada yang beroperasi. Ini membuat ancaman yang mengerikan bagi orang-orang yang ada di strata paling bawah.

James DeMonaco, sang sutradara, tidak akan pernah menyangka bahwa film garapannya benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Pada tanggal 25 April 2015 kemarin, terjadi kerusuhan masal berskala besar yang menimpa kota Baltimore, USA, guna memberantas kemiskinan dan menaikan perekonomian di kota itu.

Setidaknya, 15 bangunan hangus terbakar, 144 mobil hancur, 15 petugas polisi cedera, 200 orang tertangkap dan semua kegiatan di kota itu terhenti untuk beberapa hari. Ini diakibatkan oleh adanya kegiatan ‘The Purge’ yang diijinkan oleh walikota Baltimore, Stephanie Rawlings-Blake sendiri!

Sehingga aksi seperti dalam film ‘The Purge’ tersebut dilakukan oleh banyak orang. Bahkan dikutip dari Daily Mail, saat kerusuhan terjadi, seorang pemilik toko menelpon polisi untuk meminta bantuan hingga 50 kali namun tak ada respon.

8. Die Hard 3: With A Vengeance

Die Hard 3 With A Vengeance

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemeran: Bruce Willis, Jeremy Irons, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: Cinergi Pictures Entertainment, Twentieth Century Fox

Siapa yang tidak kenal dengan karakter John McClane dalam film Die Hard? John yang diperankan oleh Bruce Willis adalah seorang letnan polisi yang selalu mengalami kejadian buruk dalam bidang kriminal; mulai dari pembajakan hingga pemboman.

Namun karena John sangat pintar dalam membaca situasi dan bekerja dengan hati-hati dalam membasmi musuhnya, maka dia sulit untuk dibunuh. Sehingga ada kata-kata ‘Die Hard’ yang disematkan untuk John McClane.

Dalam film Die Hard 3: With A Vengeance, diceritakan bagaimana John harus menghadapi aksi balas dendam seorang pembom bernama Simon (Jeremy Irons). Pemboman terjadi di salah satu kawasan pertokoan di pusat kota Manhattan.

Sang sutradara, John McTiernan benar-benar membuat situasi di mana saat ledakan terjadi, semua aktifitas di sekitar TKP lumpuh total. Hal ini terjadi dalam dunia nyata; ketika peristiwa pemboman terjadi di Boston pada bulan April 2013 silam. Setidaknya kejadian itu memakan 264 korban.

Sama halnya dalam film Die Hard, dimana kegiatan pagi baru saja dimulai sampai ledakan besar terjadi hingga menghentikan seluruh aktifitas. Peristiwa pemboman di Boston terjadi ketika acara tahunan Boston Marathon berlangsung.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *