Bacaterus / Entertainment / Film India / 10 Film Terbaik yang Diperankan oleh Salman Khan

10 Film Terbaik yang Diperankan oleh Salman Khan

Apa yang teringat dari seorang Salman Khan? Pasti ototnya. Faktor ini yang menjadi modalnya dari awal karirnya hingga sekarang dan membuatnya banyak berperan dalam film-film bergenre action. Meski begitu, dia juga lebih banyak bermain dalam film-film bergenre romantic comedy.

Abdul Rashid Salim Salman Khan dilahirkan di Mumbai pada 27 Desember 1965. Dia terlahir di dalam keluarga film yang mengalir dari darah ayahnya, Salim Khan, seorang penulis naskah terkenal di masanya. Tidak butuh waktu yang lama baginya untuk menjadi bintang, terutama dengan wajah yang tampan dan badan yang kekar.

Bersama dua Khan lainnya, Shah Rukh dan Aamir, dia menguasai perfilman Bollywood dengan film-film hits-nya di era 1990-an. Dan hingga kini, karirnya tidak pernah turun, bahkan semakin meningkat seiring dengan terasahnya kadar akting yang dia punya, dan inilah 10 film terbaik sepanjang karirnya.

10 Film Terbaik Salman Khan

1. Maine Pyar Kiya [1989]

Film yang membuka pintu kesuksesan bagi Salman Khan ini terbilang unik, karena dilakukan oleh banyak debutan. Sutradara Sooraj R. Barjatya dan aktris Bhagyashree mengawali debut karir mereka di film yang juga merupakan debut peran utama bagi Salman Khan ini.

Film ini langsung menjadi hits dan berada di puncak teratas film terlaris di tahun itu juga untuk dekade 1980-an. Tidak hanya itu saja, bahkan album soundtrack-nya pun menjadi hits. Di ajang FilmFare Awards, film ini menang di enam kategori, salah satunya adalah Best Film, dan Salman sendiri masuk sebagai nominator di kategori Best Male Debut.

2. Hum Aapke Hain Koun…! [1994]

Ternyata, salah satu film tersukses Salman Khan ini adalah pionir bagi perfilman Bollywood dalam menampilkan film yang tidak menampilkan banyak adegan kekerasan. Ceritanya sendiri sangat simple dan seringkali diulang di beberapa produksi film sebelumnya, yaitu tentang pernikahan dan menyatukan dua keluarga yang berbeda karakter.

Tetapi, film sederhana ini membawa banyak perubahan dan penghargaan. Di ajang FilmFare Awards, lima piala berhasil diraih, antara lain di kategori Best Film, Best Director dan Best Actress. Salman Khan sendiri kembali masuk nominasi untuk kategori Best Actor.

Duet Salman Khan dan Madhuri Dixit di film ini sangat padu, sehingga menghasilkan keterikatan kepada kita sebagai penonton. Jumlah lagu yang banyak, yaitu 14 lagu, adalah sebuah anomali dalam perfilman Bollywood, tetapi soundtrack ini menjadi hits dengan suguhan vokal dari sang maestro, Lata Mangeshkar.

3. Karan Arjun [1995]

Pertemuan antara Salman Khan dan Shah Rukh Khan di film ini sangat dinanti, apalagi ditambah dengan bertaburnya bintang lainnya, seperti Kajol, Mamta Kulkarni, dan Amrish Puri, yang menambah daya jual film action dengan bumbu musical dan bertema religius ini.

Sutradara Rakesh Roshan mengarahkan film ini dengan baik dan berhasil masuk nominasi di berbagai kategori di ajang FilmFare Awards. Sayangnya, hanya dua piala yang berhasil mereka bawa pulang, itupun bukan dari kategori utama, yaitu Best Action dan Best Editing.

4. Pyaar Kiya To Darna Kya [1998]

Aroma nepotisme sangat terasa dalam produksi film ini. Sutradara Sohail Khan dan aktor Arbaaz Khan merupakan adik dari Salman Khan sendiri. Hal ini membuktikan jika mereka memang memiliki darah film yang mengalir di jiwa mereka.

Chemistry antara Salman Khan dan Kajol sangat padu dan membuat ada aroma persaingan dengan Shah Rukh Khan yang selalu sukses jika berduet dengan Kajol. Lagu-lagu di film ini cukup populer dan berhasil didapuk sebagai Most Popular Song di ajang FilmFare Awards.

5. Kuch Kuch Hota Hai [1998]

Siapa yang tidak tercengang dan terpesona dengan kehadiran Salman Khan di film Bollywood yang sangat populer ini? Dia begitu pantas memerankan karakter itu dan terkesan sangat natural. Dan yang patut disimak ialah adegan di ending film yang mampu memaksa air mata terjatuh saat dirinya mengikhlaskan kekasih hatinya untuk menikah dengan orang lain.

Meskipun hanya sebagai supporting actor, tetapi ternyata Salman mampu mencuri perhatian penonton. Perannya di film ini seringkali dianggap sebagai salah satu peran terbaiknya. Wajar saja jika dia berhasil mendapat piala pertamanya di FilmFare Awards sebagai Best Supporting Actor.

Ternyata, aroma persaingan antara Salman Khan dan Shah Rukh Khan untuk diduetkan dengan Kajol, yang berhembus sebelum film ini dirilis, mampu menaikkan rasa penasaran moviegoers dan menjadi salah satu faktor pengatrol suksesnya film ini, di tangga box-office Bollywood.

6. Hum Dil De Chuke Sanam [1999]

Setelah banyak berperan dalam film-film komersil, untuk kali ini, Salman terlibat dalam sebuah produksi film yang bernilai seni tinggi. Sanjay Leela Bhansali memang sudah dikenal sebagai sutradara yang memiliki cita rasa seni yang tinggi dan berbeda dengan sineas lainnya.

Film yang kisahnya diadopsi dari novel Bengali karya Maitreyi Devi yang berjudul Na Hanyate ini mengambil daerah perbatasan Gujarat-Rajashtan sebagai lokasi syutingnya dan Budapest, Hungaria sebagai lokasi pengganti untuk adegan di Italia.

Dan akhirnya, film ini mampu berbicara banyak di berbagai ajang penghargaan film, tidak hanya di India saja, tetapi juga di skala internasional. Di FilmFare Awards, film ini meraih 9 piala, antara lain sebagai Best Movie, Best Director, dan Best Actress. Salman sendiri masuk sebagai nominator di kategori Best Actor.

7. Tere Naam [2003]

Film romantic drama ini seringkali dianggap sebagai film dengan performa akting terbaik dari Salman Khan. Penghayatannya dalam memerankan karakter utama, Radhe Mohan, yang berdasarkan kisah nyata dari rekan sang penulis naskah sendiri ini sangat baik dan believable.

Penjiwaannya sejak dari merasa jatuh cinta, tergila-gila akan cinta, dan berakhir di pusat rehabilitasi mampu ditampilkan dengan meyakinkan oleh Salman. Sayangnya, meski masuk sebagai nominasi di banyak kategori, tidak ada satupun piala yang berhasil diraih di ajang FilmFare Awards.

8. Baghban [2003]

* sumber: www.rediff.com

Di salah satu film terbaik Amitabh Bachchan ini, Salman berperan sebagai anak angkat dari karakter utama. Aktingnya yang memikat mampu menambah kekuatan cerita film yang kembali mempertemukan Amitabh Bachchan dan Hema Malini setelah 20 tahun.

Meski terkesan memiliki karakter yang hampir serupa dengan yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dalam Kabhi Khushi Kabhie Gham… [2001], tetap saja ada cirri khas tersendiri yang dimiliki dan dibawakan oleh Salman. Hasilnya, dia kembali masuk sebagai nominator di kategori Best Supporting Actor di ajang FilmFare Awards.

9. Bajrangi Bhaijaan [2015]

Film comedy drama yang penuh petualangan ini diproduksi sendiri oleh Salman. Kisah persahabatan, cinta, dan kejujuran, mampu diolah dengan baik di film yang kembali mengungkit cerita antara sosok Hindu India dan Islam Pakistan. Kisah antara dua negara ini memang tidak pernah habis untuk diceritakan.

Film ini kemudian sukses secara kualitas dan komersil, di mana di beberapa ajang penghargaan film internasional, film ini masuk sebagai nominator-nya. Juga di negara sendiri, film ini dinominasikan di tiga kategori, salah satunya adalah Salman Khan di kategori Best Actor.

10. Sultan [2016]

Film yang disutradarai oleh Aditya Chopra ini menampilkan Salman sebagai pegulat yang sukses dalam karirnya tetapi membuat kehidupan pribadinya tidak baik. Bersama Anushka Sharma yang menjadi kekasih hatinya di film produksi Yash Raj ini, Salman menampilkan akting yang cukup luar biasa dan membawa kesuksesan bagi film ini.

Termasuk sebagai salah satu film Bollywood termahal dan terlaris, film ini masih kurang berjaya di ajang penghargaan film, baik di India maupun di internasional, meski sudah masuk sebagai nominator. Salah satunya adalah nominasi bagi Salman Khan di kategori Best Actor di ajang FilmFare Awards.

Meski dalam kehidupan pribadinya selalu diekspos oleh media, terutama dalam hal-hal yang negatif, seperti kecelakaan maut yang menewaskan satu jiwa karena kelalaiannya dalam mengendarai mobil, sehingga membuatnya harus mendekam dalam penjara untuk beberapa waktu. Bahkan juga kisah cintanya yang tidak pernah berakhir bahagia.

Di luar itu semua, Salman adalah sosok yang sangat peduli terhadap masalah kemanusiaan. Dengan yayasan yang dibinanya, Being Human, Salman mencoba membantu pemerintah dalam mengatasi masalah pendidikan dan kesehatan bagi rakyat miskin di India. Semoga karirnya semakin menanjak dan mampu mengatasi sisi negatif yang menerpa dirinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment