Bacaterus / Film Karakter / 10 Film Terbaik yang di Sutradarai oleh Ron Howard

10 Film Terbaik yang di Sutradarai oleh Ron Howard

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Januari 2019

Ron Howard adalah salah satu sineas terkemuka Hollywood saat ini dan termasuk salah satu sutradara terbaik di generasinya. Dia adalah contoh sukses perfilman Hollywood, dimana dia memulai karir sebagai aktor, lalu kemudian menyutradarai serial TV dan akhirnya sukses di layar lebar.

Sangat jarang seorang insan film yang memiliki dua bintang di Hollywood Walk of Fame, dan Howard adalah orang yang jarang tersebut. Dia mendapat dua bintang karena kontribusinya di dunia televisi dan industri film pada umumnya.

Dilahirkan di Oklahoma pada 1 Maret 1954 dari keluarga sederhana yang hidup di dunia perfilman, membuatnya sangat paham dengan dunia akting. Ayahnya adalah mantan tentara yang kemudian menjadi aktor, penulis dan sutradara, sedangkan ibunya adalah seorang aktris.

Setelah mereka pindah ke Hollywood, adiknya pun ikut menjadi aktor dan suka bermain di beberapa film karya Ron Howard kelak. Dari kecil, Howard sudah berakting di layar kaca dalam acara The Andy Griffith Show selama delapan tahun dan sitcom Happy Days selama tujuh tahun.

Pengalaman ini sudah lebih dari cukup baginya untuk kemudian merambah layar lebar. George Lucas kemudian mengajaknya berperan dalam American Graffiti [1973], kemudian dia pun sempat beradu akting dengan John Wayne di The Shootist [1976].

Tidak lama kemudian, Howard mengambil sebuah loncatan untuk menjadi sutradara lewat film perdananya, Grand Theft Auto [1977]. Dan setelah itu, dia pun semakin baik dalam mengasah bakat penyutradaraannya dengan film-film yang berkualitas.

Berikut ini kami pilihkan sepuluh film yang merupakan karya terbaik dari sutradara yang memiliki production house sendiri, Imagine Entertainment bersama Brian Grazer ini.

10 Film Terbaik yang di Sutradarai oleh Ron Howard

1. Willow [1988]

willow

Setelah sukses dalam beberapa film awalnya di genre comedy, film ini bisa dibilang adalah proyek besar pertamanya dengan genre yang lebih serius, meski tetap mengandung unsur fun. Bercerita di dunia fantasi, dimana seorang Dwarf berpetualang untuk menyelamatkan bayi manusia dari kejaran ratu yang jahat dengan bantuan seorang ksatria dan beberapa rekannya dari kalangan makhluk lain.

Film yang ide ceritanya dibuat oleh George Lucas ini adalah yang pertama kali menggunakan Digital Morphing Technology dari Industrial Light & Magic yang mengantarkan film dengan bintang Warwick Davis dan Val Kilmer ini masuk nominasi di dua kategori special effects pada ajang Academy Awards.

2. Parenthood [1989]

parenthood

Film keluarga yang kabarnya berdasarkan pengalaman nyata yang pernah dilalui oleh Ron Howard sendiri ini bergenre comedy dengan bintang Steve Martin dan Dianne Wiest.

Filmnya sendiri bercerita tentang sebuah keluarga yang memiliki banyak masalah, antara lain datangnya keluarga jauh, membesarkan anak, tekanan pekerjaan, dan belajar menjadi orang tua yang baik bagi anaknya. Di ajang Academy Award, film ini masuk di dua kategori Oscar. Film ini kemudian dibuatkan serial TV-nya di tahun 1990 dan 2010.

3. Backdraft [1991]

Film yang masih memegang rekor sebagai film tentang pemadam kebakaran tersukses ini dibintangi oleh Kurt Russell dan William Baldwin yang menceritakan aksi mereka sebagai anggota pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan peristiwa demi peristiwa kebakaran sambil mengejar pelaku pembakarannya.

Film thriller pertama bagi Ron Howard ini cukup sukses dengan masuk di tiga nominasi Oscar. Film ini memiliki semua unsur sebuah film sukses lengkap dengan pemacu adrenalin, semangat patriotisme, hubungan persaudaraan dan cinta.

4. Apollo 13 [1995]

apollo

Film docudrama tentang ekspedisi luar angkasa NASA ini merupakan dramatisasi dari kisah nyata peluncuran Apollo 13 pada tahun 1970 yang gagal. Dibintangi oleh Tom Hanks, Kevin Bacon dan Bill Paxton, film ini memaparkan banyak detil tentang dunia NASA dan penerbangan luar angkasa, karena sebelumnya Howard melakukan banyak riset langsung ke NASA demi keakuratan filmnya.

Tidak sia-sia, film bergenre space adventure ini dinominasikan di Sembilan kategori Oscar dan berhasil membawa pulang dua diantaranya, yaitu Best Film Editing dan Best Sound.

5. A Beautiful Mind [2001]

a beautiful mind

Film biopic tentang ahli matematika yang mengidap schizophrenia ini mengantarkan Ron Howard untuk pertama kalinya meraih Oscar sebagai Best Director.

Kerja kerasnya dalam membuat film ini sangat patut diapresiasi karena kemampuannya dalam menyuguhkan sebuah film drama yang mampu menyentuh hati semua orang, terutama dalam memotivasi untuk bisa lebih baik lagi dalam menjalani hidup setelah mengalami keterpurukan.

Dinominasikan di delapan kategori Oscar, film dengan bintang Russell Crowe ini berhasil memenangkan empat diantaranya, yaitu Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay dan Best Supporting Actress.

6. Cinderella Man [2005]

cinderella man

Kisah tentang James Braddock, petinju amatir yang terlupakan yang membuat comeback dan menjadi juara serta inspirasi bagi masyarakat Amerika di era Great Depression. Kolaborasi Ron Howard dengan Russell Crowe sekali lagi berbuah manis dengan film drama olahraga yang menyentuh hati ini.

Lihatlah bagaimana Braddock melalui hidupnya yang susah dengan sabar dan tetap menjaga keluarganya dengan baik di tengah kemiskinan hingga ada kesempatan baginya untuk membuktikan kualitas dirinya lewat olahraga tinju.

Semua ditampilkan dengan sangat baik oleh Ron Howard. Meski tidak berhasil meraih Oscar, setidaknya film ini masuk di tiga nominasi dan banyak menuai pujian dari para kritisi film.

7. Frost/Nixon [2008]

frost nixon

Drama politik ini menceritakan dramatisasi dari beberapa interview yang dilakukan oleh David Frost terhadap mantan Presiden AS Richard Nixon yang terkena kasus Watergate. Film docudrama ini merupakan adaptasi dari pentas teater karya Peter Morgan yang diambil dari kisah dibalik rangakaian interview untuk acara TV yang dipandu oleh David Frost.

Ron Howard masuk nominasi Best Director di ajang Academy Award lewat film ini, beserta empat nominasi di kategori lainnya.

8. Angels & Demons [2009]

angel and demons

Film kedua dari Robert Langdon Film Series ini dinilai lebih baik dari The Da Vinci Code [2006] yang juga disutradarai oleh Howard. Tetapi karena nilai kontroversinya kurang, film yang merupakan adaptasi dari novel best-seller karya Dan Brown ini kurang begitu mendapat hasil box-office yang baik dari film sebelumnya.

Crime-thriller yang bertema religius ini memiliki cerita dan tensi yang menegangkan yang berhubungan dengan Gereja Vatikan. Seluruh kru dari film The Da Vinci Code kembali pada posisi masing-masing, seperti Brian Grazer sebagai produser, Akiva Goldsman sebagai penulis naskah dan Hans Zimmer sebagai penata musik.

9. Rush [2013]

rush

Film docudrama tentang persaingan antara James Hunt dan Niki Lauda di ajang Formula One di tahun 1976 ini memiliki tensi tinggi untuk ukuran film drama olahraga. Dibintangi dengan performa yang baik oleh Chris Hemsworth dan Daniel Bruhl, keseluruhan detil tentang dunia balap F1 dipaparkan dengan sangat jelas, dan kecelakaan di akhir film terlihat sangat nyata dan spektakuler.

Meski kulitas film ini bagus, sayangnya tidak sama sekali dilirik oleh para juri Academy Awards. Meski begitu, di beberapa festival film lainnya, film ini tetap berjaya.

10. In the Heart of the Sea [2015]

in the heart o fthe sea

Sebuah peristiwa yang terjadi di tahun 1820 di tengah lautan dimana sebuah kapal layar bertemu dengan seekor paus yang membuat kapalnya karam ini memadukan kembali kerjasama antara Ron Howard dan Chris Hemsworth setelah Rush [2013]. Kisah yang menginspirasi lahirnya novel Moby Dick karya Herman Melville ini dibesut dengan cukup baik oleh Howard dengan bujet $100 juta.

Sayangnya, pendapatan yang diraih tidak bisa menutupi bujet film meski kualitasnya di atas rata-rata. Mungkin karena penonton tidak betah untuk memahami film drama dengan tempo yang sedikit lambat.

Karena terlahir di keluarga yang menggeluti dunia akting, maka tidak heran jika anaknya juga kemudian mengikuti langkah sang ayah. Salah satu putrinya, Bryce Dallas Howard, saat ini sudah menjadi aktris yang diperhitungkan di industri Hollywood. Hal ini semakin membuktikan jika Ron Howard akan terus mencetak film demi film yang lebih baik lagi ke depannya. Kita harapkan kembali agar dia berhasil meraih Oscar lagi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar